6 Rahasia Sukses Mark Zuckerberg, CEO Facebook Alias Meta

Facebook Inc telah berganti nama menjadi Meta Platform Inc. Perubahan nama tersebut disampaikan CEO Facebook, Mark Zuckerberg baru-baru ini.

Siapa yang tidak kenal Facebook? Situs jejaring sosial atau media sosial lintas generasi yang telah diunduh 5 miliar kali di Androin atau Play Store.

Nama besar Facebook tidak lepas dari tangan dingin pendirinya Mark Zuckerberg. Jebolan Universitas Harvard ini masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes dengan harta kekayaan sebesar USD 119,1 miliar atau sekitar Rp 1.691 triliun.

Baca Juga: Inovatif dan Futuristik, Begini Cerita Elon Musk Jadi Tokoh Teknologi Paling Favorit Saat Ini

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pernah Gagal, tapi Tidak Menyerah

loader
Mark Zuckerberg, CEO Facebook yang berganti nama menjadi Meta

Zuckerberg memang salah satu pengusaha paling sukses di muka bumi ini. Namun semua itu tidak diperoleh secara instan atau dalam waktu singkat. Suami dari Priscilla Chan itu juga pernah mengalami kegagalan di perjalanan kariernya.

Saat kuliah di Harvard, Zuckerberg menelurkan karya pertamanya yang disebut CourseMatch. Keterbatasan aplikasi ini akhirnya membuat dia mengembangkan Facemash.

Dia juga harus menghadapi sidang kampus karena peretasan data yang dilakukan. Kegagalan kedua aplikasi tersebut yang kemudian melahirkan Facebook.

Alih-alih menyerah, Zuckerberg keluar dari kampus dan mengembangkan Facebook hingga berjaya seperti sekarang ini. Berikut rahasia sukses Mark Zuckerberg yang patut kamu ikuti dalam membangun bisnis.

1. Ciptakan produk yang berguna bagi banyak orang

Jika ingin sukses dalam bisnis, ciptakan produk yang dapat digunakan banyak orang. Inilah yang dilakukan Zuckerberg dengan Facebook. Bagaimana dia menciptakan sebuah platform yang memungkinkan banyak orang bertemu dan berkomunikasi dengan mudah secara online.

Kamu pun dapat mengikuti jejaknya. Apapun produknya, tidak harus media sosial. Mungkin perabot rumah tangga, peralatan elektronik, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Prinsip ala Bill Gates Ini Bisa Membuat Anda Kaya Raya

2. Mulai dari hal kecil dan mudah dilakukan

Menciptakan sesuatu yang besar memang nampak hebat. Namun hal tersebut tentu tidak mudah dan pasti membutuhkan proses.

Daripada merencanakan hal besar, tetapi hanya sebatas wacana atau omongan doang alias omdo, lebih baik memulai hal kecil. Itu akan jauh lebih bagus.

Zuckerberg tidak serta merta menghasilkan Facebook dalam waktu singkat. Butuh proses panjang dan perjuangan. Dari dua aplikasi kecil yang berbuntut masalah, tetapi akhirnya memiliki satu media sosial besar yang sudah mendunia.

loader
Facebook

3. Mencintai pekerjaan

Hidup tidak selalu tentang uang, begitu juga dengan kesuksesan. Bagi seorang Zuckerberg, melakukan sesuatu yang disukai dan dicintai adalah sesuatu lebih penting dan berharga ketimbang uang.

Pria ini tidak tertarik untuk melepas Facebook kepada orang lain, meskipun hal tersebut akan memberinya banyak uang.

Mencintai apa yang kamu kerjakan adalah sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Ini bahkan bisa menjadi visi dan misi untuk mencapai hal lebih besar di masa yang akan datang.

4. Terbuka pada perubahan dan tidak lupa tujuan awal

Sikap fleksibel menjadi salah satu kunci kesuksesan Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook hingga seperti sekarang. Meski fokus pada tujuan awal untuk menghubungkan banyak orang dengan lebih mudah, Facebook juga dikembangkan dari segi bisnis.

Zuckerberg selalu terbuka untuk mengikuti perkembangan zaman, termasuk dengan menghadirkan berbagai fitur baru yang memudahkan para pengguna Facebook. Hal ini sekaligus memberi kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak peluang bisnis di dalam aplikasi tersebut.

loader
Facebook alias Meta

5. Tetap fokus meskipun banyak rintangan

Rintangan akan selalu ada dan bisa datang kapan saja, namun semua hal ini tidak menjadi penghalang bagi seorang Zuckerberg. Pantang menyerah dan terus fokus pada tujuan awal, dia selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan dan menciptakan sesuatu yang lebih baik lagi pada Facebook.

Sikap fokus seperti ini akan membantu untuk mengatasi berbagai rintangan yang datang, bahkan meski sulit dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Baca Juga: 7 Tips Kaya Dari Warren Buffet

6. Bergerak cepat dan hilangkan semua kekhawatiran

Dalam perjalanannya, Facebook juga pernah mengalami beberapa kali kegagalan. Namun Zuckerberg tidak berhenti berkarya dan terus berjuang untuk memperbaikinya.

Hal ini memungkinkannya menangkap lebih banyak peluang yang bisa membuat Facebook menjadi lebih baik lagi. Perbaikan-perbaikan yang konsisten dan cepat pada akhirnya bisa membuat aplikasi tersebut dikenal masyarakat dunia.

Teruslah Berjuang dan Pantang Menyerah

Membangun kesuksesan memang tidak selalu mudah, apalagi jika berangkat dari titik nol. Hal seperti ini juga pernah dialami Mark Zuckerberg, yang pada akhirnya bisa sukses membawa Facebook mendunia.

Apapun bisnis dan bidang yang kamu tekuni, teruslah berjuang dan pantang menyerah, agar hasilnya nyata dan maksimal.

Baca Juga: Profil Lo Kheng Hong, Miliarder Saham Indonesia yang Pernah Hidup Susah