10 Contoh Pertanyaan Interview User dan Tips Menjawabnya

Interview user seringkali menjadi tahap yang “menakutkan” bagi para pencari kerja. Bagaimana tidak, ini merupakan tahap akhir yang menentukan apakah pelamar akan diterima bekerja atau justru ditolak oleh pihak perusahaan. Sangat penting bagi pelamar untuk memahami dengan baik apa itu interview user.

Pada dasarnya, interview user adalah salah satu tahap yang paling penting dan paling ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tentu sudah begitu dekat ketika menjalani proses ini, meskipun sebagian besar pelamar justru seringkali gugup saat menghadapinya.

Interview dengan user akan mempertemukan pelamar langsung dengan calon atasannya sehingga pihak perusahaan bisa melihat dengan jelas kecocokan pelamar untuk posisi yang sedang ditawarkan. Mempelajari berbagai pertanyaan interview user dan jawabannya menjadi salah satu tips interview user yang bisa dilakukan agar lolos pada tahap ini.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

Persiapkan Diri untuk Menghadapi Interview User

loader

Interview dengan User

Interview user adalah tahap wawancara penting yang akan menjadi celah pihak perusahaan untuk mengenal dan melihat kemampuan pelamar dengan lebih dekat dan jelas. Pastikan untuk mempersiapkan diri menghadapi proses interview dengan user, agar pekerjaan impian bisa didapatkan.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan interview user dan jawabannya yang kerap muncul dalam sesi interview:

  1. Bisa Ceritakan Tentang Diri Kamu?

    Ini merupakan pertanyaan umum yang seringkali keluar saat interview dengan user, meskipun pada sesi wawancara sebelumnya pertanyaan seperti ini tentu sudah ada.

    Jadikan pertanyaan interview user ini sebagai momen untuk memperkenalkan diri secara profesional dengan waktu sekitar 60 detik. Fokuskan pada perkembangan karirmu yang terbaru, seperti prestasi atau pencapaian yang sudah didapatkan selama ini.

  2. Apa Motivasi Kamu dalam Bekerja?

    Pertanyaan interview user dan jawabannya yang satu ini biasanya dilontarkan untuk mencari tahu motivasi kamu dalam bekerja, tentunya di luar penghasilan yang didapatkan.

    Tips interview user untuk menjawab pertanyaan yang satu ini adalah dengan memberikan jawaban positif, seperti menyukai berbagai tantangan baru dalam pekerjaan, senang terlibat dalam tim yang besar, dan yang lainnya.

  3. Apa Saja yang Kamu Tahu Tentang Perusahaan Ini?

    Salah satu pernyataan yang sering dilontarkan interview user adalah yang satu ini, sebab ini termasuk pertanyaan umum dalam wawancara. Penting bagi pelamar untuk mempersiapkan jawaban yang tepat sejak awal. 

    Agar bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik, pelamar wajib mencari informasi umum tentang perusahaan terlebih dahulu, seperti bidang bisnis yang dijalankan perusahaan, perkembangan perusahaan selama beberapa waktu ke belakang, budaya kerja, dan yang lainnya.

  4. Di mana Kamu Lihat Dirimu 5 Tahun yang akan Datang?

    Pertanyaan ini juga terbilang umum saat melakukan interview dengan user. Namun, penting bagi pelamar untuk memiliki rasa percaya diri saat menjawab pertanyaan yang satu ini, sebab biasanya pihak perusahaan ingin memastikan apakah posisi yang ditawarkan sesuai dengan rencana jangka panjang karir pelamar itu sendiri.

    Penting untuk selalu mengingat bahwa perusahaan menginginkan karyawan yang kompeten dan akan bekerja untuk jangka panjang. Pelamar harus memberikan tujuan karir yang jelas ke depannya, tentunya yang berkaitan dengan posisi yang sedang dilamar di perusahaan tersebut.

  5. Apakah Saat Ini Kamu juga Sedang Melamar di Perusahaan Lain?

    Pertanyaan interview user dan jawabannya ini harus dipikirkan dengan baik dan dijawab dengan jujur oleh pelamar. Hal ini biasanya ditanyakan oleh pihak perusahaan, untuk memastikan apakah pelamar fokus dan hanya melamar di perusahaan itu saja atau justru menunggu penawaran dari perusahaan lainnya.

    Jawaban yang jujur akan membuat pihak perusahaan lebih mudah untuk mengambil keputusan. Misalnya, jika pelamar sudah mendapatkan penawaran dari perusahaan lain, pihak perusahaan bisa saja mempercepat proses dan segera menerima pelamar untuk bekerja di sana, kondisi seperti ini bisa saja terjadi jika pelamar memang dianggap kompeten untuk posisi tersebut.

  6. Bisa Ceritakan Tentang Proyek Sukses yang Kamu Tangani?

    Melalui pertanyaan ini, interview user sedang mencoba untuk melihat kemampuan kerja pelamar, termasuk memberikan penilaian terhadap proyek yang pernah ditangani oleh pelamar tersebut.

    Fokuslah pada pertanyaan yang disampaikan user dan jelaskan poin tersebut dengan tidak berlebihan. Ceritakan dengan singkat tentang proyek yang pernah dijalankan dengan sukses, termasuk permasalahan dan juga solusi yang digunakan untuk menyelesaikannya.

  7. Bisa Ceritakan Skills yang Kamu Miliki untuk Posisi ini?

    Ini juga termasuk pertanyaan yang hampir selalu keluar saat menjalani apa itu interview user sehingga pelamar harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik.

    Tips interview user untuk poin yang satu ini adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu apa saja skill yang akan dibutuhkan untuk posisi yang sedang dilamar di perusahaan tersebut. Pastikan skill dimiliki memang sesuai dengan posisi yang sedang dilamar, agar peluang diterima menjadi lebih besar.

  8. Kenapa Kamu Berniat Meninggalkan Pekerjaan Kamu yang Sekarang?

    Ini termasuk salah satu pertanyaan jebakan yang bisa saja menjadi pertimbangan user dalam memberi keputusan. Interview user adalah calon atasan langsung pelamar, jadi wajar saja jika yang bersangkutan ingin mengetahui rekam jejak calon bawahannya.

    Hindari untuk pembicaraan negatif tentang perusahaan atau atasan sebelumnya, ini merupakan tindakan tidak profesional. Tips interview user untuk pertanyaan ini adalah dengan memberikan pandangan positif terhadap posisi yang sedang dilamar, termasuk keinginan untuk bergabung dengan perusahaan yang lebih baik kedepannya.

  9. Berapa Jumlah Gaji yang Kamu Harapkan?

    Saat interview dengan user, pertanyaan seputar gaji tentu menjadi hal yang biasa, sebab mereka paham secara detail tingkat kesulitan pekerjaan yang akan dihadapi pada posisi yang ditawarkan tersebut.

    Atasi dengan baik pertanyaan interview user dan jawabannya ini dengan mencari tahu informasi tentang kisaran gaji untuk posisi yang sedang dilamar, baik itu di perusahaan tersebut maupun di perusahaan lainnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan dan pengalaman kerja juga sebab jumlah gaji tentu harus realistis dan tidak berlebihan.

  10. Apakah Kamu Punya Pertanyaan Seputar Interview Ini?

    Ini biasanya tahap akhir dan tentunya pelamar tidak bingung lagi tentang apa itu interview user dan apa saja yang mereka tanyakan. Jika pelamar memiliki pertanyaan, ini menjadi kesempatan baik dalam interview user untuk menanyakannya.

    Interview user adalah wawancara yang biasanya dilakukan langsung oleh calon atasan, jadi tidak ada salahnya untuk menanyakan beberapa pertanyaan penting, seperti dengan siapa kelak pelamar akan bekerja, bagaimana pihak perusahaan akan memberitahukan hasil wawancara, dan yang lainnya.

Baca juga: 35 Pertanyaan Wawancara Kerja Bahasa Inggris, Arti dan Tips Menjawabnya

Tips Menjalani Interview User dengan Sukses

Berikut ini adalah beberapa tips interview user yang bisa diterapkan oleh pelamar:

  • Cari informasi dan pahami profil perusahaan yang akan dilamar tersebut secara mendalam sejak awal.
  • Ceritakan tentang diri kamu dengan jelas dan singkat, tetapi pastikan penjelasan ini tetap profesional dan berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilamar.
  • Pahami dengan baik semua tugas yang akan dilakukan untuk posisi yang sedang dilamar, pastikan posisi ini sesuai dengan kemampuan kerjamu.
  • Kenali diri dan kemampuan kerja yang dimiliki, agar lebih mudah untuk menjawab berbagai pertanyaan dalam interview user.
  • Siapkan dan bawa semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses interview, termasuk alat tulis dan yang lainnya.
  • Berlatihlah untuk menjawab berbagai pertanyaan umum yang biasanya akan muncul dalam sesi interview.
  • Siapkan dan kenakan pakaian dan perlengkapan pendukungnya yang tepat, nyaman dan sopan saat interview.
  • Persiapkan diri dan datanglah tepat waktu atau setidaknya 15-30 menit sebelum interview dimulai dan jangan pernah terlambat saat akan menjalani interview.
  • Bersikaplah tenang dan profesional selama menjalani interview.

Baca juga: Ini Perbedaan Interview HRD dan User yang Harus Kamu Pahami

Lakukan Interview User dengan Persiapan yang Matang

Interview user merupakan salah satu tahap penting dalam mencari pekerjaan. Penting untuk menjalani sesi wawancara ini dengan baik, mengingat sesi ini akan dilakukan langsung oleh calon atasan di perusahaan yang sedang dilamar. Persiapkan diri dan lakukan apa itu interview user dengan baik sehingga keinginan untuk mendapatkan pekerjaan bisa segera diwujudkan dengan baik.