Perhatikan 4 Hal Ini agar Investasi Emas Online Berjalan Aman

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati. Banyak orang memilih untuk investasi emas karena dinilai memiliki harga yang cenderung mengalami kenaikan. Jika disimpan dalam waktu yang cukup lama, emas akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan harga saat membeli.

Untuk transaksi jual beli emas pun bisa dilakukan di toko emas atau melalui tabungan emas pegadaian. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, jual beli emas sekarang bisa dilakukan secara online. Sudah banyak marketplace yang menyediakan layanan untuk jual beli emas dengan berbagai penawaran menarik, baik dari segi harga, bentuk, maupun ukuran emas.

Nah, jika tertarik untuk melakukan investasi emas secara online, kamu tentu perlu berhati-hati. Pasalnya, transaksi ini cukup berisiko. Selain karena nilainya yang relatif besar, jual beli melalui jarak jauh ini juga dijadikan peluang adanya penipuan seperti emas palsu atau transaksi bodong yang merugikan.

Nah, agar tak sampai terjadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli emas secara online. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Baca Juga: Investasi Emas: Pilih Fisik atau Dervatif? Ini Perbedaanya

Tips Investasi Emas Online agar Berjalan Lancar

Dimanjakan dengan kemajuan teknologi memang hal yang menyenangkan. Segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah, tak terkecuali dalam membeli emas. Hanya bermodalkan gadget yang memadai, kamu sudah bisa membeli dan berinvestasi emas dengan harga dan penawaran yang menguntungkan.

Namun, apakah semua transaksi online ini aman? Jawabannya tentu tidak. Untuk itu, sebelum memutuskan berinvestasi emas di pasar online, kamu perlu waspada dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini.

  1. Penjual Emas

    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah meskipun dijual secara online, penjual emas bukanlah perusahaan penyedia e-commerce tersebut. Jadi, ada pihak ketiga yang bekerja sama dengan menyediakan emas untuk diperjualbelikan.

    Untuk itu, sebelum memutuskan membeli emas, pastikan kamu mengetahui perusahaan mana yang berperan sebagai penyedia emas. Pastikan track record-nya jelas dan terpercaya. Kamu bisa mengeceknya melalui review dari pembeli atau mencarinya di laman internet.

    Sebaiknya hindari penjual emas yang memberikan penawaran yang terlalu rendah dibandingkan dengan yang lain. Apalagi jika dilakukan oleh perusahaan yang kurang dikenal atau baru. Periksa dengan teliti agar terhindar dari risiko penipuan.

  2. Harga Emas

    Saat hendak berinvestasi dengan emas, harga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Setiap orang tentu menginginkan harga beli yang relatif rendah. Semakin murah harga emas, semakin banyak yang akan diinvestasikan, bergantung pada budget yang tersedia.

    Perlu diketahui bahwa setiap e-commerce memberikan penawaran harga yang berbeda-beda, bergantung pada nilai per gram-nya. Namun, perbedaan tersebut biasanya terpaut tak terlalu jauh. Nilai yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 0,0001 gram hingga 1 kg, bergantung masing-masing perusahaan.

    Jadi, sebelum membeli emas, kamu perlu melakukan survei terlebih dahulu mengenai harga emas ter-update dari masing-masing penyedia. Kemudian, kamu bisa membandingkannya antara satu dengan yang lain. Bersikaplah teliti agar mendapatkan penawaran harga terbaik dan keuntungan yang didapatkan lebih maksimal.

  3. Perhatikan Grafik Harga

    loader

    Ilustrasi Grafik Harga

    Satu hal yang penting dipahami sebelum melakukan investasi emas adalah pahami pergerakan grafik harga. Cara ini perlu dilakukan agar kamu paham bagaimana pergerakan investasi ini kedepannya. Sehingga, kamu bisa lebih memperhitungkan lagi baik atau buruknya investasi dengan emas.

    Cari tahu mengenai perkembangan harga emas melalui e-commerce yang menyediakan transaksi jual beli emas online. Biasanya, update harga akan diberikan dalam jangka harian, mingguan, bulanan, maupun 3 bulan. Dengan begitu, calon pembeli akan lebih mudah mengetahui fluktuasi harga secara ringkas dan up to date.

  4. Promosi

    Banyak perusahaan penjualan emas online memberikan promosi menggiurkan untuk calon pembelinya. Cara ini terbukti ampuh untuk menarik pembeli. Dengan promosi ini pun, baik perusahaan penyedia maupun pembeli juga sama-sama mendapatkan keuntungan.

    Sebagai pembeli, carilah promosi melalui laman media sosial perusahaan penyedia. Di sana akan disebutkan syarat dan ketentuan maupun yang harus dipenuhi. Jika beruntung kamu akan mendapatkan potongan harga atau pun cashback yang lumayan. Menarik, kan?

    Tapi ingat, tetap berhati-hati dan teliti dalam memilih promo, ya. Pastikan promo yang diberikan resmi dan belum melampaui tenggat waktu. Dengan begitu, keuntungan yang ditawarkan bisa tetap kamu dapatkan.

Baca Juga: Trading Emas Online Di Pasar Forex: Tata Cara, Kelebihan dan Risikonya

Pentingnya Investasi untuk Proteksi Keuangan di Masa Depan

Investasi memang hal yang sangat penting dilakukan. Dengan berinvestasi, ada banyak keuntungan yang didapatkan, salah satunya terhindar dari risiko finansial di masa depan. Tak harus dengan properti atau uang yang bernilai besar, emas pun bisa menjadi instrumen investasi yang menjanjikan.

Apapun instrumennya, pastikan untuk bijak dan teliti sebelum berinvestasi. Jangan mudah tergiur promosi tertentu, apalagi yang dilakukan di platform online. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko kerugian yang timbul dari investasi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Pilihan Investasi untuk Freelancer yang Menguntungkan