Jangan Anggap Remeh, Ini 10 Manfaat Investasi yang Bakal Mengubah Hidupmu

Tak sedikit orang yang menganggap, bahwa tabungan sudah cukup dijadikan pengaman kondisi finansial hingga di masa yang akan datang. Padahal, tak ada satupun orang yang bisa memprediksi masa depan sehingga kamu disarankan untuk terus berinvestasi. 

Seiring berkembangnya zaman, ada banyak jenis investasi yang bisa kamu coba. Di antaranya seperti saham, reksadana, deposito, emas, obligasi, hingga properti. Namun sayangnya, kepemilikan investasi semacam ini kerap diremehkan banyak orang. 

Lantas, apa sih sebenarnya manfaat dari investasi ini? Yuk simak dulu ulasan berikut selengkapnya. Ada beberapa manfaat investasi yang ternyata bisa mempengaruhi hidup kamu secara signifikan, antara lain:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menjauhkan dari risiko terjadinya inflasi

Tak bisa dipungkiri, inflasi akan selalu terjadi seiring berjalannya waktu. Perlu kamu ketahui, kondisi semacam ini sangat mempengaruhi nilai mata uang. Nah, investasi bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menjauh dari dampak inflasi tersebut. 

Jika kamu memilih jenis investasi yang tepat, bukan tidak mungkin kamu justru bisa membuat pertumbuhan uang yang jauh lebih besar. 

2. Menambah penghasilan secara signifikan

loader

Salah satu manfaat investasi yang tak boleh diremehkan adalah kemampuannya dalam memberikan kamu penghasilan tambahan. Dengan kata lain, kamu memiliki sumber penghasilan lebih dari satu. Sehingga tak perlu lagi menggantungkan hidup hanya pada gaji yang didapatkan setiap bulannya. 

3. Menambah nilai mata uang

Bisa dipastikan, uang yang kamu simpan di bank akan dipotong terus menerus akibat adanya sistem bunga. Dengan begitu, kondisi keuangan kamu membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa dikatakan stabil. 

Lain halnya jika kamu berinvestasi. Sebab, investasi memungkinkan kamu untuk mengatur uang sekaligus meningkatkan nilainya secara singkat. Artinya, uang kamu bakal lebih banyak dengan keuntungan berlimpah.

4. Mempengaruhi kepentingan bisnis

loader

Jika kamu seorang pengusaha, maka investasi jadi salah satu poin penting yang mampu mempengaruhi kepentingan bisnis tersebut, baik dalam skala kecil maupun besar. Pada dasarnya, prinsip investasi ini sama seperti halnya bisnis yaitu, menganalisis sejumlah risiko, menangkap peluang, dan lain sebagainya. 

Berkat kehadiran investasi ini, kamu bukan hanya mampu mengembangkan modal dan bisnis saja, tapi juga mengubah kamu menjadi seorang pengusaha yang sukses di bidangnya. 

5. Membantu mempersiapkan kebutuhan di masa depan

Manfaat lain dari investasi ini adalah membantu kamu dalam mempersiapkan modal yang terkait dengan kebutuhan masa depan. Misalnya seperti, kesehatan, pendidikan, pernikahan, dan lain sebagainya. Melalui investasi semacam ini, bisa dipastikan kamu akan terbantu dalam menghadapi berbagai kenaikan biaya nantinya.

6. Merdeka secara finansial

loader

Rasanya, tak ada satupun orang yang tak ingin merasakan betapa bahagianya memiliki kebebasan secara finansial. Secara harfiah, kondisi satu ini bisa diartikan sebagai keadaan di mana kamu memiliki keuangan yang mampu mencukupi segala kebutuhan hidup. Nah, salah satu mendapatkan kebebasan semacam ini adalah dengan berinvestasi. 

7. Berpeluang merasakan efek compounding

Ketika memutuskan untuk melakukan investasi tertentu, kamu tengah berpeluang untuk memaksimalkan keuntungan dengan adanya efek compounding. Diketahui, efek compounding ini merupakan bunga yang didapatkan dari investasi sebelumnya. Inilah yang membuatnya juga sering disebut sebagai bunga bergulung. 

Efek compounding bisa juga diartikan sebagai kondisi saat kamu mendapat pengembalian sejumlah modal lengkap dengan keuntungan sekaligus bunganya. Kemudian, kamu menginvestasikan modal yang sama pada putaran yang lain sehingga bunga yang tadinya telah diperoleh kembali menghasilkan bunga.  

8. Memperluas wawasan

loader

Tak hanya bermanfaat dari sisi finansial di masa yang akan datang saja, berinvestasi ternyata juga menyimpan manfaat bagi diri sendiri sebagai seorang individu. Bukan hanya mendapatkan relasi di bidang yang sama, tapi wawasan tentang finansial dan ekonomi yang kamu miliki juga bakal kian meluas.  

9. Menjanjikan masa depan yang cerah

Ketika kamu menginjak usia senja nantinya, secara otomatis penghasilan yang didapatkan bakal berkurang drastis jika dibandingkan dengan masa-masa produktif. Oleh sebab itu, berinvestasi sejak muda bisa jadi cara paling tepat untuk membantu mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. 

10. Membantu melatih tanggung jawab sekaligus belajar mengambil keputusan

loader

Pada dasarnya, berinvestasi melatih kamu untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab sekaligus belajar mengambil keputusan. Contoh sederhananya seperti ini, mau tidak mau kamu pasti akan bertanggung jawab jika mengalami kerugian dengan membuat suatu rencana cadangan. 

Selain itu, kamu juga akan belajar untuk berani mengambil keputusan finansial dan melatih kemampuan dalam menganalisa untung rugi suatu bentuk investasi. 

Pahami Seluk-beluk Investasi, Agar Manfaatnya Lebih Bisa Dirasakan

Satu hal yang perlu kamu ingat dalam berinvestasi adalah semakin tinggi keuntungan yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula tingkat risikonya. Oleh sebab itu, sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi, pahami dulu syarat dan risiko yang bisa saja terjadi nantinya.  

Sehingga manfaat investasi benar-benar bisa mengubah hidup kita. Terlebih jika dijalankan dengan sebagaimana mestinya. Percayalah, jika mampu memilih jenis investasi yang tepat dan paham dengan setiap alurnya, kita akan mampu mencapai kebebasan finansial. Semoga bermanfaat!