Jarang Diketahui, Logo Mobil Ternama Dunia Ini Ternyata Memiliki Makna Filosofis

Sebagai salah satu negara dengan kondisi lalu lintas terpadat di dunia, Indonesia menjadi salah satu target pasar para produsen otomotif ternama dunia. Penyebabnya tak lain karena masyarakat Indonesia doyan membeli kendaraan, baik roda dua atau roda empat, guna memudahkan aktivitas sehari-hari. 

Memiliki alat transportasi pribadi juga seringkali dianggap sebagai penunjuk tingkat sosial yang lebih tinggi diantara masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan harga komoditas tersier tersebut tidak murah dan dapat menunjukkan kondisi finansial seseorang. Tak ayal banyak orang yang ingin memiliki kendaraan dengan brand ternama dan harga yang lebih mahal.

Berbicara soal brand kendaraan, Anda pasti tahu bahwa setiap merek mobil memiliki logo dari perusahaan yang memproduksinya. Nah, logo yang terpampang di setiap kendaraan yang diproduksi oleh sebuah perusahaan otomotif itu tidak hanya berperan sebagai penunjuk identitas brand saja, loh. 

Terdapat makna yang mendalam dan filosofis dibalik lambang yang dibuat oleh para produsen kendaraan ternama dunia. Bahkan, ada logo yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan oleh pembuatnya. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak makna filosofis dibalik logo mobil ternama dunia berikut ini. 

Baca Juga:  Baru Pertama Beli Mobil, Ini Tipsnya

7 Makna Logo Mobil-Mobil Mahal di Dunia

1. Makna Lambang Empat Cincin Milik Audi

loader

Audi adalah sebuah perusahaan mobil asal Jerman yang didirikan di tahun 1899 oleh August Hoch. Sebagai salah satu brand mobil ternama dunia, logo empat cincin yang dimiliki oleh Audi tentu luas dikenal oleh masyarakat.

Namun, dibalik lambang tersebut, terdapat cerita panjang tentang berdirinya perusahaan otomotif ini. Diawali dengan si pendiri yang harus meninggalkan perusahaan pertama besutannya karena suatu alasan dan akhirnya memulai untuk merintis perusahaan keduanya. Perusahaan kedua yang dibangun oleh Hoch inilah yang diberi nama Audi.

Hingga pada tahun 1932, perusahaan kedua Hoch ini bergabung dengan perusahaan pertamanya dan dua perusahaan lainnya. Merger perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk memproduksi kendaraan dengan merek terkenal hingga kini, Audi.

Berdiri karena hasil penyatuan empat perusahaan, Audi memutuskan untuk membuat logo dengan empat cincin yang menyatu sebagai penggambaran proses merger tersebut. Jadi, itulah cerita cikal bakal terbentuknya logo ikonik milik Audi yang tetap digunakan dan tidak dirubah hingga kini. 

2. Logo Lamborghini yang Berkaitan dengan Hobi Si Pendiri 

loader

Siapa yang tidak kenal dengan brand yang identik dengan produksi mobil sport dengan harga selangit ini? Ya, sudah sejak lama Lamborghini dikenal sebagai merek mobil yang hanya mampu dibeli dan dimiilki oleh para konglomerat dunia. 

Lamborghini sendiri memiliki lambang dengan gambar seekor hewan bertanduk dan liar, banteng. Pemilihan hewan tersebut sebagai logo perusahaan Lamborghini ternyata tidak sembarangan. Melainkan, berhubungan dengan hobi yang dimiliki oleh pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini. 

Ferrucio amat menyukai salah satu cabang olahraga khas Spanyol, Matador, yang mengatraksikan hewan tersebut. Bahkan, bagi yang tidak menyadari, kebanyakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini diambil dari nama banteng terkenal dunia loh. Nama-nama seperti Murcielago dan Aventador adalah nama banteng bersejarah atau yang pernah mendapatkan penghargaan di ajang perlombaan Matador tingkat dunia. 

3. BMW dengan Logo yang Berasal dari Industri Pertama Perusahaan

loader

Selanjutnya ada brand BMW yang memiliki logo sebuah lingkaran yang dibagi menjadi empat bagian sama rata. Lambang yang dimiliki oleh salah satu perusahaan otomotif paling disegani dunia ini identik dengan warna biru dan putih yang saling berseberangan, serta warna hitam di sekelilingnya. 

Singkat cerita, lambang BMW ini dipilih karena dirasa menyerupai bentuk baling-baling yang ada pada pesawat terbang zaman dahulu. Lantas, apa hubungan perusahaan mobil dengan logo berupa baling-baling pesawat?

Pertanyaan tersebut dapat dengan mudah dijawab dengan sejarah dari perusahaan otomotif tersebut. BMW dulunya adalah sebuah produsen mesin pesawat terbang asal Jerman di masa perang dunia pertama. 

Namun, seiring dengan berhentinya masa kelam tersebut, BMW juga mengalami penurunan pesanan mesin pesawat lagi. Tak mau tumbang begitu saja, perusahaan tersebut beralih menjadi produsen mobil yang masih tegak berdiri sampai sekarang. Jadi, itulah sejarang ringkas mengenai makna dari logo yang dimiliki oleh BMW tersebut.

4. Resmi Sejak Tahun 1990, Logo Toyota Berhubungan dengan Konsumennya

loader

Lanjut ke perusahaan mobil asal Jepang, Toyota ternyata juga memiliki logo yang sederhana namun bermakna mendalam. Digunakan sejak tahun 1990, logo Toyota tersebut ternyata memiliki arti sebagai lambang persatuan antara benak perusahaan tersebut dengan hati para konsumennya. 

Tak hanya ikonik dan mudah diingat oleh konsumen mobil di seluruh dunia, logo Toyota tersebut ternyata menyampaikan visi dan misi perusahaan tersebut. Jadi, mulai kini, Anda dapat melihat lambang Toyota tersebut dan langsung terpikirkan bahwa mobil produksi perusahaan tersebut dirilis dengan menyesuaikan kebutuhan para konsumennya.

Informasi tambahan, sebagian orang beranggapan jika logo Toyota tersebut menggambarkan huruf T, O, Y, dan A. Keempat huruf tersebut jika dikombinasikan akan membentuk kata Toyota. Jadi, nama brand mobil tersebut tertulis dalam logo yang sederhana tersebut. 

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga

5. Simbol Kemewahan pada Logo Mercedes Benz

loader

Bermarkas di Jerman, Mercedes Benz dikenal sebagai salah satu produsen mobil mewah di dunia. Jika seseorang mengendarai mobil dengan merek ini, sudah pasti yang terbesit dalam pikiran adalah seorang konglomerat yang memiliki posisi penting dalam sebuah perusahaan besar.

Namun, terlepas sebagai simbol kemewahan, Anda pasti mengenali logo yang dimiliki oleh Mercedes Benz. Memiliki lambang bintang dengan tiga sisi dan biasa diletakkan di bagian tengah depan mobil adalah ciri khas dari brand mobil mewah ini.

Pemilihan logo tersebut serta letak penempatannya ternyata bukan tanpa alasan. Logo Mercedes Benz tersebut ternyata adalah simbol kemapanan ekonomi untuk para pemilik mobil dengan merek tersebut. 

Dilansir dari salah satu majalah otomotif, pemilihan logo bintang tersebut ditengarai oleh sebuah kartu pos milik Gottlieb Daimler kepada istrinya. Dalam kartu pos tersebut, Daimler menggambar bintang dengan tiga segi sebagai penunjuk alamat rumahnya serta sebagai simbol atas cahaya yang akan menyinari pabrik miliknya. Dari cerita itulah mengapa Mercedes Benz memilih logo ikonik tersebut di setiap mobil keluarannya.

6. Terlihat Seperti Huruh H, Lambang Hyundai Bermakna Lebih Dalam

loader

Di Indonesia, brand mobil Hyundai hendaknya sudah populer dikenal banyak orang. Perusahaan asal Korea Selatan ini nyatanya sudah lama berlalu lalang di industri otomotif dalam negeri. Logo dari merek mobil ini pun amat mudah ditemui di jalanan.

Akan tetapi, tak banyak orang yang mengerti bahwa logo Hyundai ini memiliki makna yang cukup dalam. Sebagian orang mungkin beranggapan jika logo ini hanyalah sebuah huruf H yang menjadi singkatan dari nama Hyundai.

Namun, jika ditelisik lebih dalam, logo mobil ini sebenarnya menggambarkan sebuah jabatan tangan yang dilakukan oleh dua orang. Simbol orang berjabat tangan tersebut melambangkan sikap saling percaya antara konsumen Hyundai dengan perusahaan tersebut. 

Warna biru dan silver yang dipilih juga memiliki maksud tersendiri. Warna biru dianggap sebagai lambang keunggulan, keandalan, serta supremasi dari merek Hyundai tersebut. Sedangkan silver dianggap menggambarkan kreativitas, kecanggihan, dan juga kesempurnaan dari produk yang Hyundai buat. 

7. Dipercaya Memiliki Efek Magis, Cerita Dibalik Logo Ferrari

loader

Pecinta mobil sport dan mewah tentu tidak asing dengan logo yang dimiliki oleh Ferrari. Ya, logo dengan gambar kuda yang terlihat melompat atau berjingkrak dengan dua kaki tersebut menjadi ciri khas dari brand supercar tersebut.

Kebanyakan orang mungkin beranggapan jika lambang milik Ferrari tersebut hanyalah cerminan dari kemewahan dan kemegahan dari brand yang diusung. Padahal, alasan Enzo Ferrari memilih logo tersebut dipercayai memiliki kekuatan magis di dalamnya. 

Berawal dari ibu dari pahlawan perang Italia, Countess Paolina, yang menyarankan Enzo untuk menggunakan gambar kuda jingkrak sebagai logo pada mobil balap besutannya. Paolina memberitahu Enzo jika lambang tersebut dapat membawa keberuntungan pada perusahaannya.

Kepercayaan tersebut semakin mantap diyakini karena sang pahlawan Italia juga menempelkan logo tersebut di pesawat tempurnya. Jadi, karena Enzo ingin bisnisnya dapat berjalan dengan lancar, maka dipilihlah logo kuda jingkrak tersebut sebagai lambang dari perusahaan Ferrari miliknya. 

Baca Juga: Ini Kelebihan Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas

Logo yang Dimiliki oleh Brand Mobil Ternama Dunia Ternyata Bermakna Mendalam

Logo mobil dari merek yang telah mendunia kebanyakan didesain dengan memiliki ciri khas dan gampang diingat masyarakat luas. Namun, jika menilik dari sejarah perusahaan dan cerita yang ada, logo tersebut ternyata memiliki makna yang lebih dalam dan filosofis. 

Jadi, logo mobil ternama dunia tersebut tidak serta merta dibuat, tapi juga menggambarkan visi, misi, dan ambisi yang dimiliki oleh perusahaan.