Baru Pertama Beli Mobil, Ini Tipsnya

Tak dapat dipungkiri, memiliki mobil pribadi merupakan salah satu impian semua orang. Meskipun tergolong kebutuhan tersier, namun memiliki mobil pribadi dapat mempermudah mobilitas dan kenyamanan saat beraktivitas. Selain itu, Anda juga lebih mudah saat bepergian bersama rombongan jika memiliki mobil sendiri.

Tidak hanya itu saja, memiliki mobil pribadi juga bisa meningkatkan status seseorang di mata masyarakat. Oleh karena itu, tidak jarang yang rela menabung dan berhemat selama bertahun-tahun demi memenuhi ambisi memiliki mobil pertama. Terkadang ada yang rela menjual aset lainnya demi mendapatkan mobil pribadi.

Namun karena perjuangan untuk membeli mobil yang tidak mudah, sebagian orang malah merasa bingung saat akan memilih mobil. Terlebih lagi jika sebelumnya belum pernah membeli mobil sama sekali. 

Jika dilakukan tanpa berpikir, bisa saja salah membeli mobil dan berakhir dengan kekecewaan karena mobil tidak sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Meski ada yang berpikir bisa dijual lagi, namun Anda akan tetap rugi karena harga akan jauh lebih turun dibandingkan harga beli. Selain itu, tidak semua orang bisa menjual mobil dengan baik. Karena hal tersebut, jalan satu-satunya adalah memilih mobil dengan baik agar puas dan tidak merasa kecewa.

Agar tidak kebingungan lagi, ada beberapa tips memilih mobil untuk pemula yang belum pernah sama sekali membeli mobil. Tips ini diberikan oleh situs resmi Honda sehingga cukup akurat untuk Anda ikuti. Langsung saja, simak dan pahami tipsnya versi Cermati.com berikut ini:

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

1. Tentukan Tipe Mobil sesuai Aktivitas

  tipe mobil

Mobil hampir seperti gadget yang terdiri dari berbagai macam tipe dan juga merek. Hal tersebut bisa menjadi salah satu sebab mengapa Anda kebingungan saat akan membeli mobil. 

Karena mobil berfungsi sebagai alat transportasi agar mobilitas yang Anda lakukan berjalan dengan lancar maka gunakan aktivitas sebagai acuan.

Tipe mobil sebenarnya didesain menyesuaikan kebutuhan konsumen yang bermacam-macam. Jadi jangan hanya tertarik dengan model mobil atau performa mobil saja. 

Sesuaikan pilihan tipe dengan aktivitas yang Anda miliki. Memilih tipe mobil sesuai dengan aktivitas akan membuat mobil lebih efektif.

Beberapa macam tipe mobil yang sering kita temui di pasaran diantaranya Multi Purpose Vehicle (MVP), Sport Utility Vehicle (SUV), Sedan, Hatchback, Sport Car, Coupe, dan lain sebagainya. Ketahui terlebih dahulu fungsi dari masing-masing tipe mobil tersebut. Selanjutnya pilih salah satu mobil yang Anda rasa sesuai dengan aktivitas yang paling sering dilakukan.

Misalnya saja Anda membutuhkan mobil keluarga dengan jumlah keluarga yang cukup banyak maka mobil yang paling cocok untuk dipilih adalah MPV dengan tiga baris kursi. Namun jika membutuhkan mobil yang mampu berada di berbagai jenis jalanan maka yang paling cocok untuk dipilih adalah SUV. 

Jika Anda membeli mobil hanya untuk bergaya atau memenuhi kebutuhan tersier maka mobil tipe Sedan bisa menjadi pilihan. Mobil Sedan tidak akan cocok digunakan untuk mobil keluarga karena memiliki kapasitas yang sedikit, dan tidak cocok berada di segala jalanan karena hanya bisa melewati jalanan yang halus. Sedan bisa rusak jika digunakan pada jalanan yang terjal.

2. Tentukan Fitur yang Diinginkan

  fitur mobil

Fitur sebenarnya berhubungan dengan minat dan selera seseorang. Adanya fitur yang sesuai selera akan menambah kenyamanan ketika menggunakan mobil tersebut. 

Misalnya saja untuk Anda yang hobi mendengarkan musik, maka fitur yang harus ada pada mobil adalah speaker. Speaker akan membuat musik yang dinyalakan pada mobil terdengar lebih asik dan nyaman.

Namun berbeda lagi untuk yang memiliki bayi dan sering bepergian dengan bayi, maka fitur yang cocok ada pada mobil adalah ISO-FIX. Fitur tersebut dapat membuat bayi aman jika Anda ajak jalan-jalan karena dapat mengaitkan kursi bayi pada dudukan belakang. Untuk fitur lainnya, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan. Anda bisa bertanya pada yang lebih ahli untuk mendapatkan fitur terbaik sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Keseringan Lupa Lokasi Parkir? Coba Atasi dengan 4 Tips ini

3. Tentukan Budget

  budget mobil

Tips terakhir untuk yang baru pertama kali membeli mobil adalah menyesuaikan kebutuhan dan fitur dengan budget yang dimiliki. Sediakanlah budget yang mencukupi untuk melakukan DP atau Down Payment pada mobil yang Anda inginkan. Setidaknya Anda harus memiliki 20% uang dari total harga mobil yang ingin dibeli untuk membayar DP.

Usahakan tidak membeli mobil di atas kemampuan yang dimiliki. Hal tersebut nantinya malah akan memberatkan Anda. Susunlah anggaran keuangan dengan baik dimana kebutuhan sehari-hari masih harus dijadikan prioritas utama.

Baca Juga:  Jangan Lakukan 4 Hal Ini Kalau Gak Mau Mobil SUV Baru Anda Cepat Rusak

Pilih Mobil yang Sesuai dengan Aktivitas, Fitur, dan Budget

Mendapatkan mobil sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan memang tidak mudah. Apalagi jika budget yang dimiliki terbatas. Namun dengan memperhatikan aktivitas, fitur, dan juga budget, Anda bisa mendapatkan mobil sesuai keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga: 10 Pilihan mobil keluarga terbaru dan terjangkau di tahun 2019