Jadi Member Paling Tajir, Begini Sepak Terjang Joy Red Velvet di Panggung Hiburan

Nama Park Soo Young alias Joy tak terlepas dari girlband kenamaan Korea Selatan, Red Velvet. Rapper dan penyanyi berparas menawan ini dikenal sebagai salah satu pentolan Red Velvet yang punya banyak fans dari berbagai negara. 

Selain sukses besar bersama Red Velvet, Joy makin bersinar dengan album solo Hello yang rilis pada 2021 lalu. Ia pun kerap membintangi drama dan film, selain tampil di sejumlah variety show seperti Handsome Tiger hingga We Got Married.

Berkiprah di industri entertainment membuat namanya masuk nominasi berbagai ajang bergengsi. Salah satunya seperti Seoul Music Awards OST Awards, Golden Disk Award Song Division, dan Mnet Asian Music Award untuk OST Terbaik.

Kabarnya, Joy adalah member terkaya di Red Velvet. Ia berhasil mengantongi 5 juta Dollar AS (Rp71,2 miliar) sejak berkarier di panggung hiburan. Pada Februari 2020 lalu, ia telah menyumbangkan 10 juta Won kepada Community Chest of Korea untuk membantu warga yang terpapar Covid-19 di Korea Selatan.

Baca Juga: Profil Wendy Red Velvet, Pernah Gagal Audisi Hingga Tak Direstui Jadi Idol

Biodata Joy Red Velvet

View this post on Instagram

A post shared by Joy (@_imyour_joy)

Joy Red Velvet ialah lulusan School of Performing Arts Seoul pada tahun 2015. Kakak dari dua adik perempuan ini memang sudah senang bernyanyi sejak kecil. Banyak orang yang memuji bakatnya menyanyi serta paras manisnya.

Selain itu, Joy kecil sudah menyukai musik trot modern. Hingga kemudian wanita yang pernah memenangkan sejumlah kontes kecantikan ini pun mengikuti Audisi Global SM 2012 di Seoul.

Wanita yang lahir di Jeju, Korea Selatan, pada 3 September 1996, ini lantas menjadi trainee sekitar dua tahun lamanya. Saat itulah ia mendapatkan nama panggung Joy dari para trainer agensinya.

Menjadi Lead Rapper dan Awal Debut

Joy resmi dikenalkan sebagai member keempat Red Velvet pada Juli 2014. Pada Agustus 2014, ia bersama Wendy, Irene, Seulgi (minus Yeri) merilis debut single berjudul Happiness.

Meski aslinya menyukai warna merah, namun Joy dikenal oleh Reveluv (fans fanatik Red Velvet) dengan identitas warna hijau sebagai ciri khasnya di girlband tersebut. Kemampuan olah vokalnya yang menawan dibarengi Joy dengan keahlian rap yang tak terkalahkan.

Tak hanya itu, wanita berzodiak Virgo ini pun memiliki visual yang memikat. Sehingga tak heran jika banyak brand kenamaan seperti eSpoir, Aveda, Estee Lauder, hingga Calvin Klein yang menawarinya kontrak iklan, pemotretan, atau bentuk kerja sama lainnya sampai sekarang.

Mencetak Banyak Prestasi Bersama Red Velvet

View this post on Instagram

A post shared by Joy (@_imyour_joy)

Selama sepak terjangnya bersama Red Velvet, Joy telah berhasil meraih sejumlah prestasi dan pencapaian membanggakan. Mereka telah menelurkan beragam single dan juga mini album yang hits di pasaran dan selalu menggebrak dengan performa kerennya.

Selain Happiness yang menjadi single perdana, Red Velvet sukses dengan berbagai single keren yang khas dan unik. Di antaranya ialah Automatic, Ice Cream Cake, Russian Roulette, Rookie, Red Flavour, dan masih banyak lagi.

Di Korea Selatan, album fisik Queendom (2021) sukses laris manis mencapai angka penjualan yang fantastis dan paling tinggi di Hanteo. Video musik mereka pun menjadi yang paling banyak ditonton dalam kurun waktu 24 jam pertama di YouTube.

Red Velvet pun berhasil meraup prestasi di kancah permusikan internasional. Mereka menjadi girlband K-Pop pertama dalam sejarah yang kelima albumnya berhasil merajai posisi puncak Worldwide iTunes Album Chart.

Fakta lainnya, Red Velvet menjadi girlband besutan Negeri Ginseng pertama yang menduduki #1 US iTunes Chart dengan empat albumnya berturut-turut. Mereka juga sukses bertengger di puncak iTunes Top Albums Chart di 50 negara, termasuk Belanda, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Sri Lanka, Brunei Darussalam, dan lainnya.

Baca Juga: Tak Semulus yang Terlihat, Begini Perjuangan Seulgi Red Velvet Meraih Impiannya

Film Joy Red Velvet

Tak hanya sukses menjajal industri musik, kemampuan akting seorang Joy Red Velvet pun kerap menarik perhatian publik. Sejauh ini, Joy telah hadir dengan apik dalam rangkaian film dan serial drama. 

Pada tahun 2015, ia muncul sebagai dirinya sendiri dalam film dokumenter SM Town, yaitu SM Town Stage. Joy lantas hadir sebagai cameo di episode 16 serial Descendants of the Sun (2016) yang tayang di KBS2.

Hingga pada tahun 2017, ia dipercaya menjadi pemeran utama dalam The Liar and His Lover dan meraup sukses. Tayang di tvN, dalam drama tersebut Joy berperan sebagai Yoon So Rim.

Selanjutnya, Joy kembali unjuk gigi dengan memerankan tokoh utama Eun Tae Hee dalam The Great Seducer (2018). Kemudian di tahun 2020, ia menjadi dubber tokoh Ari dalam film animasi berjudul Trolls World Tour.

Pada akhir tahun 2021 lalu, Joy diketahui kembali berakting di drama JTBC, seperti The One and Only (Just One Person) dan lainnya.

Sukses dengan Solo Kariernya

View this post on Instagram

A post shared by Joy (@_imyour_joy)

Menyusul personel Red Velvet lainnya, Joy ikut merilis debut solonya pada medio 2021 lalu. Penyuka menu pizza ini menelurkan mini album bertajuk Hello dengan sejumlah lagu remake di era 1990 dan 2000-an.

Terdapat total enam lagu dalam mini album tersebut, yakni Hello, Je T’aime, If Only, Day By Day, Be There For You, dan Happy Birthday To You. Untuk lagu If Only dibawakan dalam bentuk duet bersama Paul Kim.

Keseluruhan lagu tersebut berhasil bertengger di Gaon Digital Chart. Joy pun sukses mencapai puncak dalam Melon Female Solo Artist Chart. Lagu Hello mencapai Top 10 Billboard’s K-Pop Hot 100.

Di akhir tahun 2021, mini album Hello masuk nominasi Album of the Year Daesang di Melon Music Awards 2021. Joy sendiri masuk nominasi solois MMA Top 10 Artist Bonsang selama dua tahun berturut-turut.

Ia juga menjadi nominator Artis Tahun Ini dalam Gaon Music Awards, serta Bonsang Lagu Digital Terbaik dalam Golden Disc Awards. Selain itu, NME menyebut lagu Hello sebagai salah satu dari 25 lagu K-Pop Terbaik di tahun 2021.

Kolaborasi dan Duet untuk Soundtrack Drama

Sebelumnya, wanita yang kerap disapa dengan nickname Malgeumi, DoongDoongie, dan Sexy Dynamite ini sempat mengisi original soundtrack sejumlah drama dan berduet dengan penyanyi tenar lainnya.

Di tahun 2016, Joy menyanyikan Young Love yang diciptakannya sendiri dalam duet bersama Sungjae, Always In My Heart (featuring Seulong), dan First Christmas dengan Doyoung. Kemudian di tahun 2017, ia membawakan Yeowooya dan I’m Okay (bersama Lee Hyun Woo). Kedua lagu tersebut merupakan OST dari serial drama The Liar and His Lover yang dibintanginya.

Memasuki tahun 2018, wanita bergolongan darah A ini kembali menyanyikan single bertajuk Nonsense. Single tersebut merupakan OST dari The Great Seducer yang dilakoni Joy. Masih di tahun yang sama, Joy mengeluarkan Dream Me bersama Mark NCT, yang merupakan soundtrack dari The Ghost Detective

Kemudian di tahun 2020 lalu, wanita tinggi tubuhnya mencapai 168cm dan berat badan 46kg ini merilis Introduce Me a Good Person. Lagu tersebut didapuk sebagai soundtrack dari Hospital Playlist. 

Berpacaran dengan Crush

View this post on Instagram

A post shared by Joy (@_imyour_joy)

Seperti diketahui, suara Joy Red Velvet yang merdu dan lembut mempunyai ciri khas tersendiri. Itulah sebabnya banyak musisi yang tertarik untuk mengajaknya berkolaborasi. Salah satunya ialah Crush yang kini beralih menjadi kekasihnya.

Baru-baru ini, agensi P-Nation dan SM Entertainment telah memberikan konfirmasi bahwa Joy resmi berpacaran dengan Crush. P-Nation diketahui merupakan agensi Crush bernaung.

Kilas balik, Joy dan Crush sempat berkolaborasi dalam lagu berjudul Mayday pada bulan Mei 2020. Sejak itulah keduanya menjadi semakin dekat. Hubungan pertemanan senior-junior itu pun lantas berkembang kian akrab.

Sejumlah media melaporkan, Crush dan Joy tetap menjalin kedekatan setelah proyek lagu Mayday selesai. Media kerap menangkap momen kencan mereka.

Joy memang pencinta hewan. Ia bahkan pernah menjadi relawan di tempat penampungan hewan. Anjing peliharaannya sendiri diberi nama Haetnim.

Sementara itu, Crush alias Shin Hyo Seob, telah dikenal sebagai musisi Hip Hop/ R&B asal Korea Selatan. Pria kelahiran 3 Mei 1992 ini memulai karier dengan rilisan single bertajuk Red Dress (2012). Adapun pada 1 April 2021 lalu, Crush baru merilis karya terbarunya, Sometimes

Berhasil Atasi Rasa Kurang Percaya Diri

Dengan sejumlah prestasinya di kancah permusikan mancanegara, banyak orang akan terheran-heran jika tahu fakta sebenarnya. Di luar dugaan, Joy pernah mengakui bahwa ia sering merasa tak percaya diri dengan keterampilan bernyanyinya. 

Walaupun demikian, nyatanya Joy berhasil mengatasi semua itu. Ia terus giat berlatih hingga meraih sukses dan mengantongi beragam pencapaian nan gemilang. Sukses terus untuk karier Joy dan semoga langgeng hubungannya dengan Crush.

Baca Juga: Kisah Sukses Itzy, Girlband KPop Terkini yang Dongkrak Pendapatan JYP Entertainment