Profil Wendy Red Velvet, Pernah Gagal Audisi Hingga Tak Direstui Jadi Idol

Red Velvet menjadi salah satu girl band dari Korea Selatan yang meramaikan belantika musik K-Pop dan salah satu member yang selalu jadi sorotan adalah Wendy. Dengan total kekayaan mencapai 4 juta Dollar AS (lebih dari Rp56 miliar), Wendy juga disebut sebagai member paling tajir.

Sejak kecil, pemilik nama lengkap Song Seung Wan ini memang sudah menunjukkan bakat besar di ranah musik.  Bahkan dirinya sudah bercita-cita untuk menjadi penyanyi profesional sedari umurnya masih lima tahun. Wanita kelahiran Seoul, 21 Februari 1994, ini kemudian memulai debutnya bersama Red Velvet di tahun 2014. 

Di bawah naungan SM Entertainment, Red Velvet menorehkan banyak prestasi yang mengharumkan nama Negeri Ginseng. Mereka juga telah menyelenggarakan sejumlah konser akbar, di antaranya Red Room (2017) dan Redmare (2018), hingga turut berpartisipasi dalam SM Town Live World Tour IV (2014-2015), SM Town Live World Tour V (2016), dan SM Town Live World Tour VI (2017).

Baca Juga: Tak Semulus yang Terlihat, Begini Perjuangan Seulgi Red Velvet Meraih Impiannya

Menguasai Beragam Instrumen

View this post on Instagram

A post shared by Wendy (@todayis_wendy)

Sempat tinggal di Kanada, Wendy pun lulus audisi dari sana hingga akhirnya dapat terjun berkiprah di industri musik K-Pop. Terlahir dari keluarga pecinta seni khususnya musik membuat Wendy dapat mengasah potensinya sejak dini. 

Selain diberkahi dengan visual cantik dan menarik, wanita yang sempat tak mendapat restu orang tua untuk menjadi idol itu ternyata jenius. Ia menguasai sejumlah instrument musik. Dengan skill dan pesonanya yang menawan, ia membuat para fans semakin terkesan karena kelihaiannya dalam bermain saxophone, piano, flute dan gitar. 

Tak hanya menguasai olah vokal yang matang, warna suaranya pun terbilang merdu, lembut, dan indah. Hal ini terbukti dari syahdunya lagu Written in the Stars yang dinyanyikan duet dengan John Legend. 

Demikian juga dalam lagu Vente Pa’ Ca yang dinyanyikan bersama Ricky Martin, dan Spring Love featuring Eric Nam. Suaranya terdengar sangat cocok mengalun bersama beragam aransemen dan berbagai tempo.

Polyglot Berprestasi Tinggi

Berotak encer, Wendy punya segudang skill serta prestasi akademis yang menarik untuk disimak. Rupanya, wanita yang gemar memasak di waktu senggangnya ini telah menguasai empat bahasa, yakni Korea, Inggris, Perancis dan Spanyol. 

Menurut kabar terbarunya, Wendy sedang mempelajari Bahasa Mandarin dan Jepang agar ia dapat lebih lancar lagi bercengkerama dengan para fans. Ia tidak hanya menawan di atas panggung, tapi juga cemerlang dalam bidang akademisnya.

Sewaktu masih di sekolah menengah, ia pernah menerima berbagai sertifikasi penghargaan atas prestasinya yang memukau. Salah satu sertifikat penghargaan tersebut bahkan ada yang ditandatangani oleh Presiden Amerika Serikat saat itu, Barack Obama.

Menjadi Bintang Bersama Red Velvet

View this post on Instagram

A post shared by Wendy (@todayis_wendy)

Mengusung genre R&B yang diramu dengan K-Pop dan EDM membuat musik Red Velvet mempunyai kesan unik dan menarik. Girl band yang terdiri dari formasi Wendy, Irene, Yeri, Joy, dan Seulgi ini berhasil menempatkan diri mereka sebagai salah satu Hallyu Stars masa kini.

Kerap dibandingkan dengan BlackPink, Billboard dan Time bahkan menyebut Red Velvet sebagai salah satu grup K-Pop yang paling tenar di dunia. Selama perjalanan kariernya, Wendy bersama Red Velvet telah merilis full album bertajuk The Red (2015), Perfect Velvet (2017), dan The Perfect Red Velvet (2018).

Sedangkan album kompilasi bertajuk The ReVe Festival: Finale diluncurkan pada tahun 2019. Adapun sejumlah karya menarik lainnya ialah beberapa mini album. Di antaranya yaitu Ice Cream Cake (2015), The Velvet dan Russian Roulette di tahun 2016, serta Rookie dan The Red Summer (2017) serta lainnya.

Kemudian di tahun 2018, #Cookie Jar, RBB, dan Summer Magic dikeluarkan ke pasaran. Hingga di tahun 2019, Sappy dirilis dan menjadi salah satu karya laris dari Red Velvet. Mereka menjadi girl band K-Pop pertama yang memuncaki chart lagu Amerika. Sejak debutnya, The ReVe Festival Day 1 dan The ReVe Festival Day 2 memuncaki berbagai tangga lagu Amerika Serikat dan dunia.

Jadi Idola Asia dan Seluruh Dunia

Meledak di pasaran, album The ReVe Festival: Finale berhasil berada di posisi puncak tangga Album iTunes di lebih dari 40 negara. Di antaranya ialah Kanada, Amerika Serikat dan Brazil.

Sedangkan The Red tak hanya berhasil merajai Billboard’s Album Charts dan Gaon Korean Chart, tapi juga masuk dalam 10 Best K-Pop Album 2015 Billboard. Sementara video musik Dumb Dumb menjadi satu-satunya lagu yang tak berbahasa Inggris dan masuk 10 Best Music Videos 2015 versi Rolling Stones Magazine, Amerika.

Beraneka mini album Red Velvet seperti Russian Roulette, Rookie, Psycho, hingga The Red Summer sering bertengger di posisi puncak chart lagu lokal Korea. Mulai dari Genie, Melon, Mnet, Bugs, Soribada, iChart, hingga Flo yang disapu bersih oleh Red Velvet. 

Baca Juga: Blackpink, Girl Group Korea Pertama yang Menghiasi Cover Majalah Billboard

Menyabet Berbagai Penghargaan Prestisius

View this post on Instagram

A post shared by Wendy (@todayis_wendy)

Kerja keras dan kreativitas Wendy dan Red Velvet berbuah manis sewaktu mereka mulai memenangkan beragam penghargaan. Lagu Ice Cream Cake membuat Red Velvet meraih predikat Grup Wanita dengan Dance Terbaik dari Mnet Asian Music Award

Di tahun yang sama, mereka juga diganjar menjadi Artis Pendatang Baru Terbaik dari Penghargaan Musik Seoul. Menapaki karier yang bersinar, album mereka, Happiness juga mengantongi New Rising Star dari Golden Disc Award 2015.

Selain berhasil meraih predikat Grup Wanita Terbaik dari Mnet Asian Music Award 2017, Red Velvet juga pernah memenangkan Golden Disk Award Song Division di tahun 2016 dan 2018. Lagu mereka yang menyabet penghargaan tersebut ialah Ice Cream Cake dan Red Flavor. 

Pada tahun 2017, Red Velvet kembali memenangkan Golden Disk Award CeCi Asia Icon Award. Sedangkan di tahun 2019, lagu mereka yang bertajuk Close To Me berhasil mendapatkan Teen Choice Award untuk kategori Choice EDM Song.

Sementara itu, selama tiga tahun berturut-turut Red Velvet juga memboyong penghargaan Musik Seoul Piala Bonsang di tahun 2018, 2019 dan 2020. 

Mengalami Cedera Serius Saat Gladiresik

Tepat setahun lalu, Wendy Red Velvet sempat mengalami kecelakaan yang berakibat fatal. Mengalami cedera serius, sang bintang celaka ketika berlatih untuk penampilan solonya di SBS Gayo Daejeon. 

Diduga, hal itu disebabkan oleh desain area panggung yang tidak mengindahkan keteledoran keselamatan dan keamanan umum performer. Selain itu, pihak kru acara pun tak mengutamakan kesediaan tangga lift bagi pertunjukan. Akibatnya, Wendy terjatuh dari ketinggian kurang lebih 8 kaki (2,5 meter).

Nahas, ia pun harus mengalami keretakan tulang pipi, patah di pergelangan tangan, serta patahnya tulang panggul. Semua cedera tersebut dialami di bagian kanan badannya. Alhasil, ia pun harus membatalkan seluruh jadwal kegiatan dan pekerjaannya. 

Hingga memasuki Februari 2020, kondisi Wendy mulai membaik. Setelah menjalani perawatan dan menginap di RS, ia akhirnya keluar dan melanjutkan pemulihan dengan rawat jalan.

Kiat Sukses Ala Wendy Red Velvet

View this post on Instagram

A post shared by Wendy (@todayis_wendy)

Selain meraih sukses bersama Red Velvet, Wendy kini telah melebarkan sayapnya sebagai penyanyi solo. Ia pernah berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi senior seperti Ricky Martin hingga John Legend dan Eric Nam.

Di awal Maret 2014, ia pernah merilis Because I Love You secara solo yang menjadi soundtrack drama berjudul Mimi. Kemudian dalam lagu Return, Wendy bekerja sama dengan rapper kondang, Yuk Ji-Dam. 

Ia juga berduet dengan Seulgi untuk Don’t Push Me (2016). Hingga di tahun 2017 lalu, ia merilis I Can Only See You (OST Hwarang: The Poet Warrior Youth). 

Seluruh kesuksesan yang telah diraihnya tak akan mungkin tercapai jika ia tak berusaha total. Setelah akhirnya berhasil mendapat restu dari orang tua untuk menjadi idol, ia harus melalui beberapa kegagalan audisi. Termasuk menjalani diet sangat ketat hingga berlatih keras saat persiapan sebelum debut.

Namun akhirnya semua itu dapat ia lampaui dan kini berhasil meraup kekayaan dan mendulang ketenaran. Kisah sukses Wendy Red Velvet pun telah menjadi inspirasi bagi banyak orang dan para penggemarnya.

Baca Juga: Mau Jadi Next Blackpink atau BTS? Begini Tips Biar Lolos Audisi Kpop Idol