Kantor Pelayanan Pajak: Jenis, Fungsi, dan Daftar Lengkap KPP di Indonesia

Sebagai salah satu sumber pemasukan terbesar negara, setiap warga negara yang menjadi wajib pajak tentu perlu disiplin dan taat dalam membayar pajak. Untuk memudahkan masyarakat, layanan pajak online juga dapat digunakan untuk membayar atau melaporkan pajak. Namun untuk pembayaran langsung dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak, yang bisa juga disingkat sebagai KPP. 

Secara singkat, kantor pelayanan pajak (KPP) adalah unit bagian dari Dirjen Pajak atau DJP. Tugasnya adalah untuk melayani masyarakat dalam hal perpajakan. Namun, tahukah kamu jika KPP ini terbagi ke dalam sejumlah jenis yang masing-masing memiliki tugas berbeda?

Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang jenis kantor pelayanan pajak dan fungsinya, termasuk daftar kantor pajak terdekat di seluruh Indonesia, simak penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: Cara Isi dan Lapor SPT Pajak Online atau E-Filing 1770 SS

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Sejarah Perkembangan KPP di Tanah Air 

loader

Perkembangan kantor pajak di Indonesia tentu beriringan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan pajak itu sendiri. Kebutuhan inilah yang pada akhirnya membuat instansi tersebut mengalami perubahan dan pengembangan struktur KPP. 

Di tahun 2002 lalu, KPP melakukan modernisasi serta perubahan struktur organisasi menjadi sebuah instansi yang berorientasi terhadap fungsi. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan kantor Kantor Pelayanan Pajak Konvensional dengan Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak. 

Masih pada tahun tersebut, DJP melakukan pembentukan 2 KPP Wajib Pajak Besar atau yang dikenal luas dengan nama Large Tax Office (LTO). Lalu pada tahun 2003, pembentukan 10 KPP Khusus juga dilakukan oleh DJP. 

Pada tahun 2004, DJP melakukan pembentukan KPP Madya atau Medium Tax Office (MTO). Lalu di tahun 2006, DJP mulai membuka KPP Modern untuk memberikan pelayanan pajak bagi masyarakat luas. Kantor pajak ini kemudian lebih populer dengan nama KPP Pratama atau Small Tax Office (STO). 

KPP adalah salah satu institusi pemerintah yang mengalami perkembangan yang cepat, dimana hal ini tentu saja bertujuan untuk memberikan pelayanan pajak yang lebih maksimal kepada para wajib pajak di tanah air. 

Jenis Kantor Pajak di Indonesia dan Fungsinya

Pada dasarnya, ada 4 jenis kantor pelayanan pajak di Indonesia. Setiap KPP memiliki fungsinya masing-masing sesuai subjek atau objek pajak yang telah diatur dalam undang-undang. Adapun jenis-jenis kantor pelayanan pajak terdiri dari:

1. KPP Besar

Jenis kantor pajak yang pertama adalah KPP besar yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, penyuluhan, serta pengawasan terkait wajib pajak pada bidang pajak penghasilan, pertambahan nilai, penjualan barang mewah, serta pajak tak langsung lain. 

KPP besar sendiri bisa dibagi ke dalam 4 jenis, yakni:

  • KPP WP Besar 1 yang melayani sektor jasa penunjang dan pertambangan.
  • KPP WP Besar 2 yang melayani sektor perdagangan, industri, serta jasa.
  • KPP WP Besar 3 yang melayani BUMN atau perusahaan negara di sektor perdagangan dan industri.
  • KPP WP Besar 4 yang melayani BUMN atau perusahaan negara di sektor jasa serta wajib pajak besar individu atau pribadi.

3 fungsi yang utama dari KPP Besar, antara lain:

    • Mengoordinasi dan memberi bimbingan sekaligus evaluasi Dirjen Pajak pada pelaksanaan tugasnya.
    • Konsultasi, menggali potensi pajak, pengawasan, serta mendukung teknis komputer.
    • Mengamankan rencana kerja serta penerimaan pada bidang perpajakan.

2. KPP Madya

Sedangkan untuk KPP Madya bertugas melaksanakan pelayanan, penyuluhan, serta pengawasan pada wajib pajak pada bidang PPN, PPh, PPnBM, serta pajak tak langsung lain sesuai wilayah kewenangannya yang diatur undang-undang. Fungsi dari kantor pajak jenis ini adalah sebagai berikut.

    • Menetapkan serta menertibkan produk hukum perpajakan.
    • Administrasi dokumen perpajakan, penerimaan serta pengolahan Surat Pemberitahuan.
    • Pendaftaran wajib pajak.
    • Penyuluhan perpajakan.

3. KPP Pratama

Jenis kantor pajak yang ketiga, KPP Pratama mempunyai tugas melakukan pelayanan, pengawasan, dan penyuluhan pada wajib pajak pada bidang PPN, PPh, PPnBM, serta pajak tak langsung lain. PBB dan Bea Perolehan Hak terhadap Tanah & Bangunan juga menjadi kewenangan dari kantor pajak jenis ini. Secara umum, tugas dari KPP Pratama adalah:

    • Mengumpulkan, mencari, dan mengolah data, termasuk mengamati potensi pajak, menyajikan informasi pajak, mendata objek serta subjek pajak, dan menilai objek PBB.
    • Menetapkan dan menerbitkan produk hukum pajak.
    • Administrasi dokumen perpajakan, menerima dan mengolah surat pemberitahuan, maupun penerimaan surat lain. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 206.2/PMK.01/2014 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 167/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak, maka  struktur KPP Pratama adalah sebagai berikut: 

Sub Bagian Umum dan Kepatuhan Internal Ini merupakan bagian yang bertugas untuk menangani urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha, rumah tangga, pengelolaan kinerja pegawai, pemantauan pengendalian intern, pemantauan pengelolaan risiko, pemantauan kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, tindak lanjut hasil pengawasan, dan penyusunan rekomendasi perbaikan proses bisnis.
Seksi Pengolahan Data dan Informas

Ini merupakan seksi yang bertugas untuk melakukan pengumpulan, pencairan, pengolahan data, pengamatan potensi perpajakan, penyajian informasi perpajakan, perekaman dokumen perpajakan, urusan tata usaha penerimaan perpajakan, pengalokasian Pajak Bumi dan Bangunan, pelayanan dukungan teknis komputer, pemantauan aplikasi eSPT dan e Filling, pelaksanaan Sistem Informasi dan Manajemen Objek Pajak (SISMIOP) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan pengelolaan kinerja organisasi.

Seksi Pelayanan Seksi ini bertugas untuk melakukan penetapan dan penerbitan produk hukum perpajakan, pengadministrasian dokumen dan berkas-berkas perpajakan, penerimaan dan pengolahan Surat Pemberitahuan (SPT), pelaksanaan pendaftaran wajib pajak dan penerimaan surat-surat perpajakan lainnya.
Seksi Penagihan. Seksi penagihan bertugas untuk menangani urusan penatausahaan piutang pajak, penundaan dan angsuran tunggakan pajak, penagihan aktif, usulan penghapusan piutang pajak dan menyimpan dokumen-dokumen penagihan.
Seksi Pemeriksaan Seksi pemeriksaan ini bertugas untuk penyusunan rencana pemeriksaan, pengawasan pemeriksaan, penerbitan dan penyaluran Surat Perintah Pemeriksaan Pajak dan administrasi pemeriksaan perpajakan lainnya.
Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan. Tugas seksi ini adalah melakukan pengamatan potensi perpajakan, pendataan objek dan subjek pajak, pembentukan basis data nilai objek pajak dalam menunjang ekstensifikasi, bimbingan dan pengawasan wajib pajak baru, dan melakukan penyuluhan tentang perpajakan
Seksi Pengawasan dan Konsultasi 1 Seksi ini bertugas untuk menangani proses penyelesaian permohonan wajib pajak, bimbingan dan konsultasi teknis perpajakan kepada wajib pajak dan usulan pengurangan PBB.
Seksi Pengawasan dan Konsultasi II, III, IV

Setiap seksi ini bertugas untuk melakukan pengawasan kepatuhan kewajiban perpajakan wajib pajak, penyusunan profil wajib pajak, analisis kinerja wajib pajak, rekonsiliasi data wajib pajak dalam melakukan intensifikasi dan himbauan kepada wajib pajak.

4. KPP Layanan Pajak Khusus

Terakhir, DJP juga membentuk 10 KPP khusus, antara lain KPP BUMN, WP atau Wajib Pajak Badan & Orang Asing, PMA, dan perusahaan yang tercatat pada BEI atau Bursa Efek Indonesia. Fungsi dari KPP ini tak berbeda dengan jenis kantor pajak lain. Hanya saja, KPP Khusus bekerja untuk mengawasi beberapa WP Badan yang telah ditentukan. 

Di tahun 2003 lalu, DJP juga melakukan pembentukan 10 KPP Khusus. KPP Khusus ini meliputi: KPP BUMN, Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA), WP Badan dan Orang Asing serta perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Seksi ekstensifikasi pada STO menjadi pembeda antara KPP tersebut dengan yang lainnya. Seksi ekstensifikasi sendiri adalah bagian yang akan berhubungan dengan penambahan jumlah wajib pajak dan perluasan Objek Pajak dalam administrasi Ditjen Pajak. 

Aktivitas ekstensifikasi tersebut akan dilaksanakan oleh KPP Pratama lewat seksi ekstensifikasi perpajakan. Berdasarkan hal tersebut, maka bisa dikatakan bahwa KPP STO adalah ujung tombak untuk DJP dalam menambah rasio perpajakan di tanah air. 

KPP adalah instansi pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan pajak bagi seluruh warga Indonesia. Untuk menjalankan tugasnya dengan baik, KPP juga memiliki unit organisasi dengan ukuran yang lebih kecil, misalnya Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Baca Juga: Salah Perhitungan Pajak? Simak Cara Pembetulan SPT Tahunan Pribadi di E-Filling

Daftar Kantor Pajak di Indonesia

Setiap daerah atau kota pasti memiliki kantor pelayanan pajak terdekat yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat. Berikut adalah daftar lengkap KPP di Indonesia agar mampu mendapatkan referensi kantor pelayanan pajak terdekat untuk kamu kunjungi. 

No.

Nama KPP

Kota/Daerah

1

KPP Badan & Orang Asing 1

Jakarta Selatan

2

KPP BUMN

Jakarta Selatan

3

KPP Madya

Balikpapan

4

KPP Madya

Bandung

KPP Madya

Batam

KPP Madya

Bekasi

KPP Madya

Denpasar

KPP Madya

Jakarta Barat

KPP Madya

Jakarta Pusat

10 

KPP Madya

Jakarta Selatan

11 

KPP Madya

Jakarta Timur

12 

KPP Madya

Jakarta Utara

13 

KPP Madya

Makassar

14 

KPP Madya

Malang

15 

KPP Madya

Medan

16 

KPP Madya

Palembang

17

KPP Madya

Pekanbaru

18 

KPP Madya

Semarang

19 

KPP Madya

Sidoarjo

20 

KPP Madya

Surabaya

21 

KPP Madya

Tangerang

22 

KPP Minyak dan Gas Bumi

Jakarta Selatan

23 

KPP Penanaman Modal Asing 1

Jakarta Selatan

24 

KPP Penanaman Modal Asing 2

Jakarta Selatan

25 

KPP Penanaman Modal Asing 3

Jakarta Selatan

26 

KPP Penanaman Modal Asing 4

Jakarta Selatan

27 

KPP Penanaman Modal Asing 5

Jakarta Selatan

28 

KPP Penanaman Modal Asing 6

Jakarta Selatan

29 

KPP Perusahaan Masuk Bursa

Jakarta Selatan

30 

KPP Pratama

Ambon

31 

KPP Pratama

Argamakmur

32 

KPP Pratama

Atambua

33 

KPP Pratama

Badung Selatan

34 

KPP Pratama

Badung Utara

35 

KPP Pratama

Balige

36 

KPP Pratama

Balikpapan

37 

KPP Pratama

Banda Aceh

38 

KPP Pratama

Bandung Bojonegoro

39 

KPP Pratama

Bandung Cibeunying

40 

KPP Pratama

Bandung Cicadas

41 

KPP Pratama

Bandung Karees

42 

KPP Pratama

Bandung Tegallega

43 

KPP Pratama

Bangka

44 

KPP Pratama

Bangkalan

45 

KPP Pratama

Bangkinan

46 

KPP Pratama

Banjarbaru

47 

KPP Pratama

Banjarmasin

48 

KPP Pratama

Bantaeng

49 

KPP Pratama

Bantul

50 

KPP Pratama

Banyuwangi

51 

KPP Pratama

Barabai

52 

KPP Pratama

Batam

53 

KPP Pratama

Batang

54 

KPP Pratama

Batu

55 

KPP Pratama

Batulicin

56 

KPP Pratama

Baturaja

57 

KPP Pratama

Bau-Bau

58 

KPP Pratama

Bekasi Selatan

59 

KPP Pratama

Bekasi Utara

60 

KPP Pratama

Bengkalis

61 

KPP Pratama

Bengkulu

62 

KPP Pratama

Biak

63 

KPP Pratama

Binjai

64 

KPP Pratama

Bintan

65 

KPP Pratama

Bireuen

66 

KPP Pratama

Bitung

67 

KPP Pratama

Blitar

68 

KPP Pratama

Blora

69 

KPP Pratama

Bogor

70 

KPP Pratama

Bojonegoro

71 

KPP Pratama

Bontang

72 

KPP Pratama

Boyolali

73 

KPP Pratama

Bukittinggi

74 

KPP Pratama

Bulukumba

75 

KPP Pratama

Ciamis

76 

KPP Pratama

CIanjur

77 

KPP Pratama

Ciawi

78 

KPP Pratama

Cibinong

79 

KPP Pratama

Cibitung

80 

KPP Pratama

Cikarang Selatan

81 

KPP Pratama

Cikarang Utara

82 

KPP Pratama

Cilacap

83 

KPP Pratama

Cilegon

84 

KPP Pratama

Cileungsi

85 

KPP Pratama

Cimahi

86 

KPP Pratama

Cirebon

87 

KPP Pratama

Curup

88 

KPP Pratama

Demak

89 

KPP Pratama

Denpasar Barat

90 

KPP Pratama

Denpasar Timur

91 

KPP Pratama

Depok

92 

KPP Pratama

Dumai

93 

KPP Pratama

Ende

94 

KPP Pratama

Garut

95 

KPP Pratama

Gianyar

96 

KPP Pratama

Gorontalo

97 

KPP Pratama

Gresik Selatan

98 

KPP Pratama

Gresik Utara

99 

KPP Pratama

Indramayu

100 

KPP Pratama

Jakarta Cakung 1

101 

KPP Pratama

Jakarta Cakung 2

102 

KPP Pratama

Jakarta Cempaka Putih

103 

KPP Pratama

Jakarta Cengkareng

104 

KPP Pratama

Jakarta Cilandak

105 

KPP Pratama

Jakarta Duren Sawit

106 

KPP Pratama

Jakarta Gambir 1

107 

KPP Pratama

Jakarta Gambir 2

108 

KPP Pratama

Jakarta Gambir 3

109 

KPP Pratama

Jakarta Gambir 4

110 

KPP Pratama

Jakarta Grogol Petamburan

111 

KPP Pratama

Jakarta Jatinegara

112 

KPP Pratama

Jakarta Kalideres

113 

KPP Pratama

Jakarta Kebayoran Baru 1

114 

KPP Pratama

Jakarta Kebayoran Baru 2

115 

KPP Pratama

Jakarta Kebayoran Baru 3

116 

KPP Pratama

Jakarta Kebayoran Lama

117 

KPP Pratama

Jakarta Kebon Jeruk 1

118 

KPP Pratama

Jakarta Kebon Jeruk 2

119 

KPP Pratama

Jakarta Kelapa Gading

120 

KPP Pratama

Jakarta Kemayoran

121 

KPP Pratama

Jakarta Kembangan

122 

KPP Pratama

Jakarta Koja

123 

KPP Pratama

Jakarta Kramat Jati

124

KPP Pratama

Jakarta Mampang Prapatan

125

KPP Pratama

Jakarta Matraman

126

KPP Pratama

Jakarta Menteng 1

127 

KPP Pratama

Jakarta Menteng 2

128 

KPP Pratama

Jakarta Menteng 3

129 

KPP Pratama

Jakarta Pademangan

130 

KPP Pratama

Jakarta Palmerah

131

KPP Pratama

Jakarta Pancoran

132

KPP Pratama

Jakarta Pasar Minggu

133

KPP Pratama

Jakarta Pasar Rebo

134

KPP Pratama

Jakarta Penjaringan

135

KPP Pratama

Jakarta Pluit

136

KPP Pratama

Jakarta Pulo Gadung

137

KPP Pratama

Jakarta Sawah Besar 1

138

KPP Pratama

Jakarta Sawah Besar 2

139

KPP Pratama

Jakarta Senen

140

KPP Pratama

Jakarta Setiabudi 1

141

KPP Pratama

Jakarta Setiabudi 2

142

KPP Pratama

Jakarta Setiabudi 3

143

KPP Pratama

Jakarta Sunter

144 

KPP Pratama

Jakarta Tamansari 1

145 

KPP Pratama

Jakarta Tamansari 2

146

KPP Pratama

Jakarta Tambora

147

KPP Pratama

Jakarta Tanah Abang 1

148 

KPP Pratama

Jakarta Tanah Abang 2

149 

KPP Pratama

Jakarta Tanah Abang 3

150 

KPP Pratama

Jakarta Tanjung Priok

151 

KPP Pratama

Jakarta Tebet

152

KPP Pratama

Jambi

153

KPP Pratama

Jayapura

154

KPP Pratama

Jember

155 

KPP Pratama

Jepara

156

KPP Pratama

Kabanjahe

157

KPP Pratama

Karanganyar

158

KPP Pratama

Karawang Selatan

159

KPP Pratama

Karawang Utara

160 

KPP Pratama

Kayu Agung

161

KPP Pratama

Kebumen

162 

KPP Pratama

Kedaton

163

KPP Pratama

Kediri

164 

KPP Pratama

Kendari

165

KPP Pratama

Kepanjen

166

KPP Pratama

Ketapang

167 

KPP Pratama

Kisaran

168

KPP Pratama

Klaten

169 

KPP Pratama

Kolaka

170 

KPP Pratama

Kosambi

171

KPP Pratama

Kotabumi

172 

KPP Pratama

Kotamobagu

173 

KPP Pratama

Kuala Tungkal

174

KPP Pratama

Kudus

175

KPP Pratama

Kuningan

176 

KPP Pratama

Kupang

177 

KPP Pratama

Lahat

178 

KPP Pratama

Lamongan

179 

KPP Pratama

Langsa

180 

KPP Pratama

Lhokseumawe

181

KPP Pratama

Lubuk Linggau

182 

KPP Pratama

Lubuk Pakam

183 

KPP Pratama

Luwuk

184 

KPP Pratama

Madiun

185 

KPP Pratama

Magelang

186 

KPP Pratama

Majalaya

187 

KPP Pratama

Majene

188 

KPP Pratama

Makassar Barat

189

KPP Pratama

Makassar Selatan

190 

KPP Pratama

Makassar Utara

191

KPP Pratama

Malang Selatan

192 

KPP Pratama

Malang Utara

193 

KPP Pratama

Mamuju

194 

KPP Pratama

Manado

195 

KPP Pratama

Maros

196 

KPP Pratama

Mataram Barat

197 

KPP Pratama

Mataram Timur

198 

KPP Pratama

Maumere

199 

KPP Pratama

Medan Barat

200

KPP Pratama

Medan Belawan

201 

KPP Pratama

Medan Kota

202 

KPP Pratama

Medan Petisah

203

KPP Pratama

Medan Polonia

204 

KPP Pratama

Medan Timur

205

KPP Pratama

Mempawah

206 

KPP Pratama

Merauke

207 

KPP Pratama

Metro

208 

KPP Pratama

Meulaboh

209 

KPP Pratama

Mojokerto

210 

KPP Pratama

Muara Bunga

211 

KPP Pratama

Muara Teweh

212 

KPP Pratama

Natar

213 

KPP Pratama

Ngawi

214 

KPP Pratama

Padang

215 

KPP Pratama

Padang Sidempuan

216 

KPP Pratama

Palangkaraya

217 

KPP Pratama

Palembang Ilir Barat

218 

KPP Pratama

Palembang Ilir Timur

219 

KPP Pratama

Palembang Seberang Ulu

220 

KPP Pratama

Palopo

221 

KPP Pratama

Palu

222

KPP Pratama

Pamekasan

223 

KPP Pratama

Pandeglang

224 

KPP Pratama

Pangkal Pinang

225

KPP Pratama

Pangkalan Kerinci

226 

KPP Pratama

Pangkalanbun

227 

KPP Pratama

Pare

228 

KPP Pratama

Pare-Pare

229 

KPP Pratama

Pasuruan

230 

KPP Pratama

Pati

231 

KPP Pratama

Payakumbuh

232 

KPP Pratama

Pekalongan

233 

KPP Pratama

Pekanbaru Senapelan

234

KPP Pratama

Pekanbaru Tampan

235 

KPP Pratama

Pematang Siantar

236

KPP Pratama

Penajam

237 

KPP Pratama

Ponorogo

238 

KPP Pratama

Pontianak

239 

KPP Pratama

Poso

240

KPP Pratama

Prabumulih

241 

KPP Pratama

Praya

242

KPP Pratama

Probolinggo

243 

KPP Pratama

Purbalingga

244 

KPP Pratama

Purwakarta

245 

KPP Pratama

Purwokerto

246

KPP Pratama

Purworejo

247 

KPP Pratama

Raba Bima

248 

KPP Pratama

Rantau Prapat

249 

KPP Pratama

Rengat

250

KPP Pratama

Ruteng

251 

KPP Pratama

Salatiga

252 

KPP Pratama

Samarinda

253

KPP Pratama

Sampit

254 

KPP Pratama

Sanggau

255 

KPP Pratama

Sekayu

256 

KPP Pratama

Semarang Barat

257 

KPP Pratama

Semarang Candisari

258 

KPP Pratama

Semarang Gayamsari

259

KPP Pratama

Semarang Selatan

260 

KPP Pratama

Semarang Tengah 1

261 

KPP Pratama

Semarang Tengah 2

262 

KPP Pratama

Semarang Timur

263 

KPP Pratama

Serang

264 

KPP Pratama

Serpong

265 

KPP Pratama

Sibolga

266 

KPP Pratama

Sidoarjo Barat

267

KPP Pratama

Sidoarjo Selatan

268

KPP Pratama

Sidoarjo Utara

269 

KPP Pratama

Singaraja

270

KPP Pratama

Singkawang

271 

KPP Pratama

Singosari

272

KPP Pratama

Sintang

273 

KPP Pratama

Situbondo

274 

KPP Pratama

Sleman

275

KPP Pratama

Solok

276

KPP Pratama

Soreang

277 

KPP Pratama

Sorong

278

KPP Pratama

Subang

279 

KPP Pratama

Subulussalam

280 

KPP Pratama

Sukabumi

281

KPP Pratama

Sukoharjo

282 

KPP Pratama

Sumbawa Besar

283 

KPP Pratama

Sumedang

284 

KPP Pratama

Surabaya Genteng

285

KPP Pratama

Surabaya Gubeng

286 

KPP Pratama

Surabaya Karang Pilang

287

KPP Pratama

Surabaya Krembongan

288 

KPP Pratama

Surabaya Mulyorejo

289 

KPP Pratama

Surabaya Pabean Cantikan

290 

KPP Pratama

Surabaya Rungkut

291 

KPP Pratama

Surabaya Sawahan

292 

KPP Pratama

Surabaya Simokerto

293 

KPP Pratama

Surabaya Sukomanunggal

294 

KPP Pratama

Surabaya Tegalsari

295 

KPP Pratama

Surabaya Wonocolo

296 

KPP Pratama

Surakarta

297 

KPP Pratama

Tabanan

298 

KPP Pratama

Tahuna

299 

KPP Pratama

Tangerang Barat

300 

KPP Pratama

Tangerang Timur

301

KPP Pratama

Tanjung

302 

KPP Pratama

Tanjung Balai Karimun

303 

KPP Pratama

Tanjung Karang

304

KPP Pratama

Tanjung Pandan

305 

KPP Pratama

Tanjung Pinang

306 

KPP Pratama

Tanjung Redeb

307

KPP Pratama

Tapak Tuan

308 

KPP Pratama

Tarakan

309 

KPP Pratama

Tasikmalaya

310 

KPP Pratama

Tebing Tinggi

311 

KPP Pratama

Tegal

312 

KPP Pratama

Teluk Betung

313 

KPP Pratama

Temanggung

314 

KPP Pratama

Tenggarong

315

KPP Pratama

Ternate

316 

KPP Pratama

Tigaraksa

317 

KPP Pratama

Timika

318 

KPP Pratama

Tabelo

319

KPP Pratama

Toli-Toli

320 

KPP Pratama

Tuban

321 

KPP Pratama

Tulungagung

322 

KPP Pratama

Waingapu

323 

KPP Pratama

Watampone

324 

KPP Pratama

Wates

325 

KPP Pratama

Wonosari

326 

KPP Pratama

Yogyakarta

327 

KPP WP Besar 1

Jakarta pusat

328 

KPP WP Besar 2

Jakarta Pusat

329 

KPP WP Besar Orang Pribadi

Jakarta Selatan

Sumber: https://www-v1.online-pajak.com/daftar-kantor-pajak

Tak Bingung Bayar Pajak dengan Ketahui Lokasi Kantor Pelayanan Pajak Terdekat

KPP adalah Kantor Pelayanan Pajak yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi para wajib pajak dalam menyelesaikan berbagai urusan terkait dengan pajak mereka. Kehadiran KPP diharapkan bisa membantu masyarakat untuk lebih tertib pajak, sehingga berbagai masalah terkait pajak bisa diselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengisi dan Lapor SPT Pajak Online atau E-Filing 1770 S