Kartu Prabayar atau Pascabayar? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu penunjang yang dibutuhkan agar handphone bisa beroperasi dengan baik, pemilihan provider memang menjadi hal yang patut diprioritaskan. Hal ini karena provider dapat menentukan kelancaran seseorang dalam berkomunikasi melalui handphone. Tak cukup sampai di situ, jenis layanan yang ditawarkan masing-masing provider pun menjadi faktor yang patut dipertimbangkan, ya.

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis kartu SIM yang ditawarkan provider dan bisa digunakan oleh masyarakat, yaitu jenis kartu prabayar dan pascabayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai perbedaan antara kartu prabayar dan pascabayar. Ini perlu dilakukan agar Anda tak salah menentukan jenis mana yang akan menjadi pilihan.

Sesuai dengan namanya, kata pra mengandung arti sebelum, sedangkan pasca berarti sesudah. Artinya, jika menggunakan kartu prabayar, Anda harus membayar terlebih dahulu baru bisa menikmati layanan yang ditawarkan. Berbeda jika memilih layanan pascabayar, Anda bisa menggunakan layanan terlebih dahulu, baru membayar tagihan sesuai yang tertera pada sistem. 

Keduanya memang tak memiliki perbedaan yang berarti, hanya pada waktu pembayaran. Namun, prioritas layanannya pun dianggap lebih mudah jika menggunakan kartu pascabayar. Itulah mengapa kartu pascabayar cocok untuk Anda yang memerlukan layanan prioritas.

Tak hanya itu, layanan kartu pascabayar juga cocok dengan Anda yang tak suka ribet dengan urusan administrasi karena seluruh data sudah terekam secara otomatis melalui sistem. 

Namun, jika bolak-balik mengisi pulsa bukanlah hal yang merepotkan, Anda disarankan memilih kartu prabayar. Apalagi jika Anda juga menyukai berbagai penawaran paket dengan harga murah, kartu prabayar sangat cocok untuk dijadikan pilihan. 

Nah, selain perbedaan tersebut, masing-masing dari jenis layanan di atas juga memiliki kekurangan dan kelebihan, lho. Berikut beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan prabayar dan pascabayar. 

Baca Juga: Cara Registrasi Kartu Prabayar Agar Tidak Kena Blokir

sim card

Kartu Prabayar atau Pascabayar?

Kartu Prabayar

Kelebihan

Kekurangan

Lebih praktis dan simple (tidak perlu repot membayar tagihan setelah menggunakan layanan).

Sebagian orang memiliki ketertarikan untuk memilih nomor handphone-nya sendiri. Namun, jika memilih layanan kartu prabayar, kesempatan seperti itu tak akan didapat. 

Artinya, Anda hanya bisa menggunakan nomor yang sudah dipilihkan atau ditawarkan oleh perusahaan.

Cara pendaftaran untuk mengaktifkan kartu cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan NIK KTP dan nomor kartu keluarga, barulah bisa menikmati layanan tersebut.

Tidak ada informasi mengenai banyaknya pulsa yang digunakan. Artinya, jika akan menggunakanan layanan yang membutuhkan kuota yang cukup tinggi, Anda harus menyiapkan pulsa yang banyak pula. 

Anda dapat mengisi ulang pulsa dan mengaktifkan kembali layanan kapanpun dengan nominal sesuka hati. Setiap provider tentunya memiliki range harga yang berbeda-beda untuk tiap jenis layanan.

Harga kalkulasi paket cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kartu pascabayar. Jika kebutuhan atas layanan di handphone meningkat, pengeluaran untuk pembelian paket pun juga meningkat.

Baca Juga: Kelebihan Beli Pulsa Secara Online vs Offline

Kartu Pascabayar

Kelebihan

Kekurangan

Dapat mengatur limit penggunaan. Artinya, ketika jumlah pemakaian sudah melebihi batas, Anda bisa menghentikan penggunaan untuk menghindari membengkaknya tagihan.

Anda akan dihadapkan pada pendaftaran yang cukup rumit. Ini karena data yang dibutuhkan akan lebih kompleks. 

Traffic penggunaan data atau layanan dapat diakses secara transparan dan mudah, sehingga Anda tidak dibuat bingung mengenai besarnya tagihan.

Pada beberapa kesempatan, Anda akan mendapatkan telepon atau SMS dari beberapa perusahaan. Seperti asuransi atau bank yang ingin menawarkan produk mereka. Bagi sebagian orang, hal itu memang sangat mengganggu. 

Anda akan diberikan kesempatan untuk memilih sendiri nomor kartu. Biasanya, seseorang akan memilih nomor yang mudah diingat, nomor cantik, atau juga bisa memilih nomor dengan 10 atau 11 digit saja.

 

Jaringan layanan pascabayar cenderung lebih stabil dan luas jangkauanya jika dibandingkan dengan layanan prabayar.

 

Cocok untuk orang yang malas bolak-balik mengisi pulsa. Ini karena pembayaran tagihan hanya akan diberikan pada Anda di awal atau akhir bulan. 

 

Jika dihitung secara akumulatif, harga paket kartu pascabayar ini cenderung lebih murah. 

 

Jadi, setelah membayar ulasan di atas, apakah Anda masih bingung menentukan pilihan antara prabayar atau pascabayar? Sebenarnya, kedua layanan tersebut sama-sama baik, hanya saja Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Meskipun tampak sepele, hal ini tak boleh dianggap enteng, lho. Anda harus membertimbangkan besarnya anggaran, untung rugi, serta layanan yang ditawarkan. Jangan sampai salah pilih, ya!