Kenali Dulu Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu penunjang yang dibutuhkan agar handphone bisa beroperasi dengan baik, pemilihan provider memang menjadi hal yang patut diprioritaskan. Hal ini karena provider dapat menentukan kelancaran seseorang dalam berkomunikasi melalui handphone. Tak cukup sampai di situ, jenis layanan yang ditawarkan masing-masing provider pun menjadi faktor yang patut dipertimbangkan, ya.

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis kartu SIM yang ditawarkan provider dan bisa digunakan oleh masyarakat, yaitu jenis kartu prabayar dan pascabayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai perbedaan antara kartu prabayar dan pascabayar. Ini perlu dilakukan agar kamu tak salah menentukan jenis mana yang akan menjadi pilihan.

Baca juga: Kelebihan Beli Pulsa Secara Online vs Offline

Beli pulsa murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Pulsa Termurah Sekarang!  

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

loader

Kartu Prabayar dan Pascabayar

Sesuai dengan namanya, kata pra mengandung arti sebelum, sedangkan pasca berarti sesudah. Dengan kata lain, kartu prabayar adalah SIM yang penggunanya harus membayar terlebih dahulu baru bisa menikmati layanan yang ditawarkan. Sedangkan kartu pascabayar adalah layanan yang diberikan pada pengguna untuk menggunakan kartu terlebih dahulu, baru membayar tagihan sesuai yang tertera pada sistem.

Keduanya memang tak memiliki perbedaan yang berarti, hanya pada waktu pembayaran. Namun, prioritas layanannya pun dianggap lebih mudah jika menggunakan kartu pascabayar. Itulah mengapa kartu pascabayar cocok untuk yang memerlukan layanan prioritas.

Tak hanya itu, layanan kartu pascabayar juga cocok untuk yang tak suka ribet dengan urusan administrasi karena seluruh data sudah terekam secara otomatis melalui sistem.

Namun, jika bolak-balik mengisi pulsa bukanlah hal yang merepotkan, kamu disarankan memilih kartu prabayar. Apalagi jika menyukai berbagai penawaran paket dengan harga murah, kartu prabayar sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

Baca juga: Tips Hemat Pulsa dan Kuota agar Tak Merana di Tanggal Tua

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Nah, selain perbedaan tersebut, masing-masing dari jenis layanan di atas juga memiliki kekurangan dan kelebihan, lho. Berikut beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan prabayar dan pascabayar.

Kartu Prabayar

Kelebihan

Kekurangan

Praktis dan simpel karena tidak perlu repot membayar tagihan setelah menggunakan layanan.

Tidak dapat memilih nomor yang diinginkan. Pengguna menggunakan nomor yang ditawarkan provider

Cara pendaftaran untuk mengaktifkan kartu cukup mudah, hanya perlu memasukkan NIK KTP dan nomor kartu keluarga.

Tidak ada informasi mengenai banyaknya pulsa yang digunakan. Jika akan menggunakanan layanan yang membutuhkan kuota yang cukup tinggi, kamu harus menyiapkan pulsa yang banyak pula.

Kamu dapat mengisi ulang pulsa dan mengaktifkan kembali layanan kapanpun dengan nominal sesuka hati. Setiap provider tentunya memiliki range harga yang berbeda-beda untuk tiap jenis layanan.

Harga kalkulasi paket cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kartu pascabayar. Jika kebutuhan atas layanan di handphone meningkat, pengeluaran untuk pembelian paket pun juga meningkat.

Kartu Pascabayar

Kelebihan

Kekurangan

Dapat mengatur limit penggunaan. Ketika jumlah pemakaian sudah melebihi batas, kamu bisa menghentikan penggunaan untuk menghindari membengkaknya tagihan.

Kamu akan dihadapkan pada pendaftaran yang cukup rumit. Ini karena data yang dibutuhkan akan lebih kompleks.

Traffic penggunaan data atau layanan dapat diakses secara transparan dan mudah sehingga kamu tidak dibuat bingung mengenai besarnya tagihan.

Pada beberapa kesempatan, kamu akan mendapatkan telepon atau SMS dari beberapa perusahaan. Bisa jadi, hal itu akan sangat mengganggu.

Kamu akan diberikan kesempatan untuk memilih sendiri nomor kartu. Biasanya, seseorang akan memilih nomor yang mudah diingat, nomor cantik, atau juga bisa memilih nomor dengan 10 atau 11 digit saja.

-

Jaringan layanan pascabayar cenderung lebih stabil dan luas jangkauanya jika dibandingkan dengan layanan prabayar.

-

Cocok untuk orang yang malas bolak-balik mengisi pulsa karena pembayaran tagihan hanya akan diberikan pada kamu di awal atau akhir bulan.

-

Jika dihitung secara akumulatif, harga paket kartu pascabayar ini cenderung lebih murah.

-

Baca Juga:Kelebihan Beli Pulsa Secara Online vs Offline

Ketahui Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Sebelum Membeli

Jadi, setelah membayar ulasan di atas, apakah kamu masih bingung menentukan pilihan antara prabayar atau pascabayar? Sebenarnya, kedua layanan tersebut sama-sama baik, hanya saja kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Meskipun tampak sepele, hal ini tak boleh dianggap enteng, lho. Kamu harus membertimbangkan besarnya anggaran, untung rugi, serta layanan yang ditawarkan. Jangan sampai salah pilih, ya!