95 Kata-Kata Bijak Singkat Tentang Kehidupan yang Bisa Buat Hidupmu Jadi Lebih Bermakna

Kehidupan manusia tak terlepas dari berbagai peristiwa, tantangan, rintangan, kesempatan, dan pengalaman. Semua itu bisa dijadikan pelajaran setiap insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Pengalaman adalah guru terbaik yang mengajarkan banyak hal, sehingga seseorang tidak jatuh di lubang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Beberapa orang mungkin pernah merasakan atau sedang menjalani fase kehidupan yang berat dan menyakitkan. Hidup seperti drama yang tak berkesudahan. Apalagi bagi mereka yang kurang bersyukur, pasti akan menganggap bahwa kehidupan ini sebagai sebuah kutukan berat.

Bila kamu tengah merasakan hal seperti itu, mungkin kamu membutuhkan  kata-kata bijak soal kehidupan. Kata-kata tersebut dapat kamu renungkan sehingga menjadi bahan introspeksi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

1. Hidup Ini Sederhana, Jangan Dibikin Rumit 

loader
Hidup ini sederhana, jangan dibikin rumit

“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.” – Confucius.

Tips: Hidup itu sederhana jika menjalaninya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Jalani saja porsi hidupmu dan tidak ikut campur dalam kehidupan orang lain. Sederhana bukan? Tapi terkadang kamu terlalu masuk dalam urusan orang lain yang bukan bagian dari hidupmu, sehingga hidup terasa begitu berat dan rumit.

2. Bahagia adalah Segalanya

“Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi.” - Audrey Hepburn.

Tips: Karena hidup bukan ditentukan oleh orang lain, jadi kamu harus bisa membuat jalan hidupmu sendiri. Kamu yang berhak memutuskan apa yang terbaik untuk kamu. Menjalani hidup yang kamu miliki sebaiknya diikuti dengan kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan dari diri sendiri, keluarga, rekan, dan lingkungan sekitar. Tidak ada alasan untuk tidak bahagia bukan?

3. Hidup Bukan Soal Mencari Jati Diri

“Hidup itu bukan soal menemukan diri sendiri, hidup itu membuat diri kamu sendiri.” -George Bernard Shaw.

Tips: Terkadang kamu terjebak pada satu frasa yang salah dalam hidup, yaitu fase mencari jati diri. Tidak ada jati diri yang hilang. Jati diri ada karena dibentuk oleh setiap orang, oleh kamu, bukan dibuat dan disembunyikan dari kamu, sehingga mereka harus mencari jati diri. Seperti apa diri kamu tergantung dari bagaimana kamu memilih hal-hal apa saja yang berpengaruh dalam kehidupanmu. 

4. Hidup adalah Panggung Sandiwara Nyata

“Hidup adalah mimpi bagi mereka yang bijaksana, permainan bagi mereka yang bodoh, komedi bagi mereka yang kaya, dan tragedi bagi mereka yang miskin.” - Sholom Aleichem.

Tips: Hidup bisa jadi suatu hal yang sangat menyenangkan atau bahkan sangat menyedihkan. Hal ini terjadi karena perbedaan sudut pandang yang dipengaruhi latar belakang setiap orang. Untuk membuat kamu tetap bahagia, maka kamu harus memiliki sudut pandang yang positif, menganggap bahwa hidupmu patut disyukuri dan dinikmati dengan segala kebahagiaan, bukan hanya diisi dengan kemurungan dan duka berlarut-larut.

5. Hidup Penuh Misteri

“Kenyataannya, ada tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Hidup adalah pengendaraan yang gila dan tidak ada yang menjaminnya.” – Eminem.

Tips: Kamu tidak bisa meramalkan masa depan, sekalipun dalam satu detik ke depan. Kamu bisa saja berencana untuk menghabiskan waktu dengan siapa dan seperti apa, tapi kamu tidak bisa menjamin pasti bisa melakukan hal tersebut dan berapa lama kamu akan hidup di dunia ini. Maka dari itu, nikmati kehidupan yang kamu miliki, bersyukur dan berbahagia dengan segala yang kamu punya akan membawamu pada hakikat kehidupan yang sesungguhnya.

6. Tujuan Hidup adalah Bahagia

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia.” - Dalai Lama.

Tips: Kebahagiaan akan membuat hidupmu lebih berwarna. Bahagia akan membuatmu tetap bertahan meski sering mengalami kegagalan dalam hidup. Dengan membawa kebahagiaan setiap hari, setiap waktu, di manapun berada, kamu pun sebenarnya sedang melawan hal-hal buruk yang ingin membuat kamu jatuh dan bersedih.

7. Cinta dan Ilmu Pengetahuan Bikin Hidup Lebih Baik

“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.” - Bertrand Russell.

Tips: Orang menamakan cinta sebagai sesuatu hal yang imajiner. Nyatanya, hal imajiner ini justru membawamu kepada kehidupan yang baik. Dengan cinta, kamu bisa merasakan simpati dan empati, dan membuat  hidup bahagia. Hidup bersama cinta dipandu dengan ilmu pengetahuan akan membuat hidupmu seimbang.

8. Biarkan Kehidupan Mengalir seperti Air

“Hidup adalah serangkaian perubahan yang alami dan spontan. Jangan tolak mereka karena itu hanya membuat penyesalan dan duka. Biarkan realita menjadi realita. Biarkan sesuatu mengalir dengan alami ke manapun mereka suka.” - Lao Tzu.

Tips: Membiarkan sesuatu hal mengalir secara alami, sama seperti halnya kamu menerima kenyataan hidup yang kamu hadapi tanpa harus denial. Setiap masalah pasti akan mendewasakanmu. Kamu tidak perlu marah dan menolak hal-hal yang terjadi padamu, sekalipun hal itu sangat menyakitkan bagi kamu. Di balik setiap peristiwa, ada hal-hal baru yang bisa kamu mengerti ketika kamu sudah bisa merelakan kenyataan sebagai sebuah kenyataan, bukan lagi sebagai mimpi.

9. Hidup Ini Singkat

“Kamu di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa kamu menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.” - Walter Hagen.

Tips: Kehidupanmu hanyalah sementara. Suatu saat semua yang bernyawa pasti akan mati dan kembali kepada pencipta-Nya. Jangan menjalani hidupmu tanpa arti. Setidaknya, kamu bisa kembali dengan membawa kenangan baik dan tidak terlupakan. Kamu tidak harus menjadi orang kaya untuk bisa membuat kenangan yang baik, tapi setidaknya bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Kamu juga tidak harus bekerja setiap hari sampai larut malam hingga mengorbankan jam istirahat. Cukup kerjakan semampu dan sewajarnya tanpa harus kehilangan momen berarti bersama keluarga. Cintai hidupmu, tetapi jangan terlalu mencintai apa yang ada dalam hidupmu, karena kamu tidak pernah tahu kapan mereka akan berhenti mencintai kamu.

10. Hidup adalah Cerminan Diri

“Hidup adalah cermin dan akan merefleksikan kembali kepada para pemikir mengenai apa yang mereka pikirkan.” - Ernest Holmes.

Tips: Hidup terjadi dari apa yang kamu pikirkan. Ketika kamu berpikir bahagia, hidupmu akan membahagiakan. Ketika berpikir sebaliknya, kenyataan akan seperti itu. Hidup layaknya sebuah cermin dan dirimu adalah pikiran kamu sendiri. Untuk membuatnya nampak menarik dan menyenangkan, maka yang ada di dalam pikiran kita pun harus diselaraskan. Tidak ada orang yang bahagia ketika dalam pikirannya penuh dengan duka dan pikiran-pikiran negatif. Kebahagiaan hanya datang pada mereka yang yakin bahwa hidup adalah sebuah berkat yang harus disyukuri.

11. Jalani Hidup Apa Adanya

loader
Jalani hidup apa adanya

“Aku memiliki filosofi yang sederhana: isi apa yang kosong, kosongkan apa yang terlalu penuh.” - Alice Roosevelt Longworth.

Tips: Tidak perlu menjalani kehidupan kamu secara rumit, jalani apa yang ada, lakukan apa yang perlu dilakukan, hindari apa yang menjadi hal buruk, dan berusaha menjadi orang yang terbaik bagi diri sendiri. Hidup hanya sesederhana itu, hidup tidak menuntutmu menjadi orang yang hebat di segala bidang dan untuk kepentingan orang banyak.

12. Sikapi Hidup dengan Positif

“Kehidupan adalah 10 persen apa yang terjadi pada kamu dan 90 persen adalah bagaimana kamu meresponnya.” - Lou Holtz.

Tips: Hidup terjadi ketika kamu beraksi pada suatu hal yang sebenarnya sederhana. Sesuatu yang baik bisa menjadi hal buruk bagi hidup kamu dan sesuatu yang buruk bisa memberikan hal yang baik pada diri kamu. Hasil akhirnya tergantung dari bagaimana kamu menyikapi keadaan dari suatu kejadian yang terjadi pada dirimu. Maka jangan heran ketika kamu mengetahui ada orang yang tetap bahagia meski dirundung banyak masalah. Mungkin kamu harus belajar bagaimana caranya menyikapi secara positif pada masalah yang negatif.

13. Keterbatasan Hidup adalah Perilaku yang Buruk

“Satu-satunya keterbatasan dalam hidup adalah perilaku yang buruk.” - Scott Hamilton.

Tips: Hal yang paling membatasi dirimu dengan kebahagiaan dalam hidup adalah perilaku yang buruk. Perilaku yang buruk tidak pernah membawamu pada suatu keadaan yang baik dan menyenangkan. Kamu akan dipenuhi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan terus menerus dan efeknya akan membawamu pada kejadian yang tidak pernah positif. Akhirnya, kamu merasa bahwa hidupmu tidak menyenangkan dan sama sekali tidak membahagiakan.

14. Hargai Waktumu

“Seseorang yang berani membuang satu jam waktunya tidak mengetahui nilai dari kehidupan.” - Charles Darwin.

Tips: Waktu adalah bagian dari setiap orang yang tidak bisa diambil dan diputar kembali. Waktu adalah satu-satunya hal yang paling berharga karena memiliki waktu sama saja dengan memiliki kesempatan untuk membuat hidup secara lebih baik. Namun ketika kamudengan mudahnya membuang waktu satu jam hanya untuk berdiam diri saja, maka kamu tidak menyadari bahwa kamu telah membuang satu jam untuk membuat kebahagiaan.

15. Ubah Pikiranmu untuk Hidup Lebih Baik

“Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang akan terjadi pada kita. Jadi jika kita ingin mengubah hidup kita, kita perlu sedikit mengubah pikiran kita.” - Wayne Dyer.

Tips: Pikiran adalah kunci dari terjadinya kejadian dalam hidup seseorang. Ketika kamu yakin bahwa hidupmu menyenangkan, alam akan membantumu mewujudkan apa yang kamu pikirkan. Hal ini sangat penting untuk diterapkan bila kamu menginginkan hidup yang bahagia. Hidup yang membahagiakan tidak berasal dari orang lain, tetapi berasal dari diri kamu sendiri.

16. Ikhlas dalam Melakukan Segala Hal

“Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan.” - Napoleon Hill.

Tips: Selalu ikhlas bekerja daripada apa yang dibayarkan kepada kamu saat ini, maka kamu akan meraih sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa mendatang. Buat komitmen mulai hari ini untuk selalu memberikan yang terbaik, apapun yang kamu kerjakan setiap hari.

17. Pengalaman adalah Guru yang Berharga

"Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman." - Albert Einstein.

Tips: Setiap orang pasti mendapatkan pengalaman baru setiap harinya. Baik pengalaman yang menyenangkan maupun menyedihkan. Dari pengalaman hidup itulah pengetahuanmu akan semakin bertambah dan berkembang. Sehingga, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

18. Jangan Mudah Menyerah, Harus Selalu Optimis

"Aku selalu mencoba untuk mengubah kemalangan menjadi kesempatan." - John D. Rockefeller.

Tips: Banyak orang yang merasa setiap kegagalan merupakan nasibnya. Padahal, kegagalan atau kemalangan tersebut tidak seharusnya diratapi terus menerus tetapi dijadikan batu loncatan untuk mencapai kesuksesan atau menjadi pribadi yang lebih baik. Jadikan kemalangan sebagai motivasi dan kesempatan untuk semakin maju.

19. Berani Melangkah

"Perjalanan 1000 mil dimulai dengan satu langkah kaki." - Lao Tzu.

Tips: Kamu harus mulai berani melangkah. Jangan hanya pernah bertahan di satu titik atau zona nyaman yang ada sekarang. Satu langkah yang dibuat dengan keberanian pasti akan memberikan pelajaran dan dampak baik ke depannya.

20. Mulailah Berubah, Jangan Selalu Membuat Kesalahan yang Sama

"Seseorang yang pernah melakukan kesalahan dan tidak pernah memperbaikinya berarti Ia telah melakukan satu kesalahan lagi." - Konfusius.

Tips: Tidak ada orang yang sempurna, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, setiap kesalahan tentu harus disadari dan diperbaiki. Jangan pernah merasa diri kamu selalu benar dan merasa orang lain yang selalu salah. Jadilah pribadi yang lebih baik dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.

21. Jangan Hanya Bermimpi, Raih Kesuksesanmu Segera  loader

Jangan hanya bermimpi, raih kesuksesanmu segera

"Beberapa orang memimpikan kesuksesannya, sementara yang lainnya bangun setiap pagi untuk mewujudkan mimpinya." - Wayne Huizenga. 

Tips: Banyak orang yang hanya berharap cepat sukses tanpa berusaha. Namun, jika kamu termasuk orang yang masih berusaha untuk menggapai semua mimpi-mimpi tersebut. Bersabarlah karena kesuksesan akan segera terwujud

22. Tidak Ada Perjuangan yang Sia-Sia

"Tidak ada perjuangan yang dilakukan tanpa rasa sakit, namun kamu harus percaya bahwa rasa sakit itu hanya sesaat saja dan akan diganti dengan kebahagiaan." - Anonim.

Tips: Jangan mudah menyerah dan putus asa karena perjalanan hidup tidak pernah semulus jalan tol. Selalu ada perjuangan yang harus dilakukan selama kita hidup. Tapi, teruslah percaya bahwa perjuangan tersebut akan membuahkan hasil dan semua perjuangan kamu akan terbayarkan.

23. Jangan Selalu Melihat ke Atas

"Kamu seringkali lupa terhadap apa saja yang sudah dimiliki, tetapi selalu mengingat apa yang dimiliki orang lain." - Anonim.

Tips: Di dunia ini masih banyak orang yang seringkali selalu melihat bahwa kehidupan orang lain lebih baik dan bahagia dari kehidupan yang dimiliki. Orang-orang termasuk kamu, sering merasa bahwa masih belum mendapatkan apa yang dibutuhkan, sedangkan orang lain terlihat memiliki segala hal yang diperlukan. Inilah yang dinamakan rasa tidak bersyukur. Padahal pada kenyataannya, banyak hal yang sudah kamu capai dan dapatkan. Maka dari itu, mulai saat ini, jangan pernah lupa untuk bersyukur dan jangan selalu melihat kehidupan orang lain yang hanya terlihat 'sebagiannya' saja.

24. Batu-Batu Kehidupan yang Berharga

"Kamu tidak akan pernah belajar sabar dan berani jika di dunia ini hanya ada kebahagiaan." - Helen Keller.

Tips: Mungkin selama ini kamu pernah merasa mengapa banyak sekali rintangan atau masalah dalam hidup ini? Seakan-akan kamu selalu bertanya kapan kebahagiaan itu datang? Tapi tahukah kamu, berbagai rintangan tersebut ternyata memberikan banyak pelajaran yang mengubah diri kita menjadi lebih baik. Masalah-masalah yang ada membuat kita lebih sabar dan melatih keberanian untuk terus melangkah maju. 

25. Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda

"Maafkanlah sikapmu ketika mengalami kegagalan dalam meraih mimpi dan percayalah akan ada mimpi lain yang lebih besar dan lebih baik dari mimpimu yang sudah dirancang sebelumnya." - Anonim.

Tips: Seringkali, kita sebagai manusia merasa kesal bahkan frustrasi ketika mengalami kegagalan dan mimpi tersebut tidak dapat tercapai. Namun, jangan pernah menyerah dan berhenti. Teruslah berjalan maju, gapai mimpi lain yang kamu miliki dan percaya kelak mimpi yang lebih besar dan lebih baik tersebut akan tercapai. 

26. Selalu Ada Masa Depan

"Masa depan adalah milik kamu yang telah menyiapkannya dari hari ini." - Anonim.

Tips: Semua orang pasti ingin memiliki masa depan yang cerah. Namun, semua itu tidak akan didapatkan tanpa usaha. Usaha yang perlu dilakukan dengan niat dan doa. Jika sudah berusaha dan menyiapkan semuanya dengan tekat yang kuat, maka masa depan kamu dijamin akan cerah.

27. Jangan Terpengaruh Oleh Gengsi

"Sekecil apapun nominalnya, uang akan cukup jika digunakan untuk HIDUP. Namun, sebesar apapun nominalnya, uang tidak akan pernah cukup jika digunakan untuk memenuhi GAYA HIDUP." - Anonim.

Tips: Berapapun uang yang kamu miliki tidak akan pernah cukup jika digunakan untuk memenuhi gaya hidup (gengsi). Karena di dunia ini akan selalu ada orang yang lebih kaya dan jika mengikutinya terus menerus maka hal tersebut akan merugikan diri kamu sendiri. Oleh karena itu, bersyukurlah dengan apa yang dimiliki dan gunakan uang tersebut untuk hal-hal penting. Jika memang ingin memberikan self reward sesuaikanlah dengan kondisi keuanganmu.

28. Semangat dan Tetap Bersabar

"Kesabaran adalah obat terbaik untuk segala kesulitan." - Anonim.

Tips: Jika kamu memiliki kesulitan atau mengalami pencobaan, jangan pernah putus asa atau menyalahkan siapapun. Tetaplah berjuang dan sabar karena Tuhan YME tidak pernah merencanakan hal-hal yang buruk untuk umatnya. Percayalah, di balik kesulitan tersebut sudah ada hal indah yang menantimu.

29. Usia Tidak Menunjukkan Kedewasaan Seseorang

"Kedewasaan tidak dilihat dari usia, tetapi dilihat dari sikap dan tingkah laku." - Anonim.

Tips: Pernah melihat remaja yang bijak dan berpikiran dewasa? Tentu semua orang pernah mengenal sosok tersebut atau bahkan sosok itu adalah kamu? Pada dasarnya, kedewasaan itu tidak pernah ditunjukan dari usia seseorang karena masih banyak orang yang sudah berumur namun tetap tidak menunjukan sikap dewasa. Kedewasaan sendiri bisa kamu lihat dari sikap dan tingkah laku seseorang, berapapun umurnya. 

30. Harus Percaya Diri

"Percaya diri adalah rahasia nomor satu dari kesuksesan." - Anonim.

Tips: Percaya diri adalah kunci utama bagi banyak hal, salah satunya untuk kesuksesan. Oleh karena itu, jangan pernah merasa minder atau rendah diri karena kesuksesan bisa digapai dengan rasa percaya diri. Percaya diri bisa mendapatkan semua hal yang dicita-citakan.

31. Jangan Hanya Diam di Tempat

loader

Jangan hanya diam di tempat

"Jika kapalmu tidak kunjung datang maka berenanglah." - Anonim.

Tips: Dalam hidup jangan selalu menunggu hal-hal baik datang. Jika bantuan, kesuksesan, atau hal-hal besar lainnya belum datang juga maka kejarlah. Berusahalah untuk mendapatkan semua itu karena jika hanya diam hal-hal besar tidak akan datang dengan sendirinya.

32. Lakukan Semuanya dengan Segenap Hati

"Kemanapun kamu pergi, lakukanlah segalanya dengan segenap hati." - Anonim.

Tips: Jadilah seseorang yang selalu melakukan berbagai hal dengan segenap hati karena apapun yang dilakukan dengan hati akan berujung kebahagiaan. Baik kebahagiaan untuk diri sendiri ataupun orang lain. Selain itu, apapun yang dilakukan dengan segenap hati juga akan mendapatkan pahalanya tersendiri. Jadi, jangan lupa untuk melakukan segalanya dengan tulus ya!

33. Usia Tidak Menunjukkan Kematangan

"Bertambahnya usia bukan berarti kita memahami segalanya." - Dee Lestari.

Tips: Tidak dapat dipungkiri, seiring berjalannya waktu, usia kita juga terus bertambah. Tetapi, jangan pernah sekali-kali merasa bahwa kamulah yang tau segalanya dikarenakan usia yang sudah matang. Itu adalah pemikiran yang salah. Karena sejatinya segala hal dapat dipahami bukan karena usia tetapi karena pengalaman.

34. Jangan Pernah Ragu

"Keraguan membunuh lebih banyak harapan daripada kegagalan." - Suzy Kassem.

Tips: Jangan pernah ragu untuk melangkah karena keraguan itulah yang membuatmu semakin dihantui oleh ketakutan. Sehingga, hal tersebut mematahkan harapan-harapan yang kamu miliki dan akhirnya tak ada satupun harapan tersebut yang dicapai. Oleh karena itu, hilangkan kata "ragu" dalam kamus kehidupanmu.

35. Jangan Minder!

"Siapapun bisa jadi apapun!" - Anonim.

Tips: Jangan pernah minder atau berkecil hati dengan keadaan diri atau latar belakang kamu sekarang karena "masa depan" tidak melihat latar belakangmu. Jadilah pribadi yang lebih baik dan terus ingin belajar dan apapun cita-cita yang kamu impikan pasti tercapai.

36. Gunakan Kata-kata yang Baik dan Positif

"Kata-katamu menunjukkan kualitas dirimu." - Anonim.

Tips: Siapa yang masih sering berkata-kata negatif atau bahkan kasar? Hati-hati, lho! karena setiap kata-kata yang terucap menunjukkan siapa dan seperti apa diri kamu. Bahkan orang yang sering melontarkan kata-kata negatif seringkali dianggap sebagai orang yang kurang cerdas dan belum dewasa. Oleh karena itu, mulai dari sekarang gunakanlah kata-kata positif agar orang-orang di sekitarmu semakin nyaman dan terus ingin berkembang bersama-sama.

37. Pilih Hati atau Logika?

"Hati memiliki nalarnya sendiri, tetapi nalar tidak memiliki hati." - Blaise Pascal.

Tips: Ada orang yang sering menggunakan nalarnya, ada juga yang sering menggunakan hatinya. Walaupun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tetapi seringkali hati memiliki "nalarnya" sendiri setiap kali digunakan untuk mengambil keputusan. Sedangkan, nalar tidak memiliki hati. Jadi, tentukan semuanya dengan seimbang.

38. Jangan Pernah Merugikan Orang Lain

"Majulah tanpa menyingkirkan orang lain. Naiklah tanpa menjatuhkan orang lain." - Anonim.

Tips: Setiap orang pasti menginginkan hidup dan karier yang lebih baik. Tapi, satu hal yang wajib diingat, jangan pernah menyingkirkan atau menjatuhkan orang lain hanya untuk menggapai keinginanmu karena sesuatu hal yang didapatkan dengan cara tidak baik akan berakibat tidak baik juga untuk kehidupanmu selanjutnya.

39. Jangan Pamer

"Pamer adalah ide yang bodoh untuk sebuah kemenangan." - Bruce Lee.

Tips: Pasti setiap orang pernah memamerkan apa yang dimilikinya, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Tapi, tahukah kamu bahwa memamerkan harta atau tahta hanya untuk mendapatkan pengakuan merupakan tindakan kurang cerdas? Karena sampai kapanpun selalu ada orang yang "lebih" dari kamu. 

40. Tidak Ada yang Sempurna

"Jika hanya mencari kesempurnaan, maka kamu tidak akan pernah tenang." - Leo Tolstoy.

Tips: Dalam hidup ini tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan sendiri hanya milik Tuhan. Jadi, jika selalu berfokus pada kesempurnaan maka kamu tidak akan pernah tenang dan selalu merasa "kurang". Oleh karena itu, tanamkan pada dirimu bahwa segalanya tidak harus sempurna, tapi segalanya bisa diusahakan sebaik mungkin.

41. Hidupku Ada di Tanganku

loader

Hidupku ada di tanganku

"Hanya aku yang dapat mengubah hidupku, tidak ada orang lain yang bisa melakukannya untuk aku." - Carol Burnett.

Tips: Di dalam hidup ini, hanya diri kamulah yang dapat mengubah jalan hidup kamu. Bukan pasangan, keluarga, atau teman. Semuanya itu berada di tanganmu sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah berharap ada seseorang yang dapat mengubah nasibmu karena jawabannya ada di dalam diri sendiri.

42. Sayangi dan Syukuri Semua Hal yang Sudah Dimiliki

"Bersyukurlah atas semua hal yang dimiliki sekarang karena kamu tidak pernah tahu kapan akan kehilangannya." - Anonim.

Tips: Seringkali manusia lupa bersyukur karena selalu melihat ke atas. Padahal, ada banyak sekali hal yang bisa disyukuri bila kamu tidak selalu melihat ke atas. Jadi, mulai dari sekarang bersyukurlah atas apapun yang dimiliki karena kamu tidak pernah tahu kapan hal tersebut akan diambil dan menyesalinya di kemudian hari. 

43. Cinta yang Menyegarkan

"Cinta adalah pupuk yang bisa menyuburkan perasaan tandus di hati." - Anonim.

Tips: Tidak dapat dipungkiri, memang cinta adalah hal yang bisa membuat hati merasa senang dan terisi. Apapun bentuknya, cinta dari orang tua, teman, kekasih, dan orang lain dapat menyembuhkan berbagai hal yang terjadi di kehidupan.

44. Give and Give

"Hidup itu bukan tentang memiliki dan mendapatkan, tetapi tentang memberi serta menjadi "sesuatu"" - Anonim.

Tips: Jangan pernah menjadi pribadi yang ingin selalu mendapatkan, mendapatkan, dan mendapatkan. Jadilah, pribadi yang selalu memberi dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik. Karena, pada akhirnya semua kebaikan yang dilakukan akan kembali ke kamu dengan cara yang lain.

45. Jangan Takut Jika Harus Berjalan Lambat

"Jangan takut jika kamu berjalan lambat, takutlah jika hanya berdiam." - Anonim.

Tips: Jangan pernah minder jika kamu merasa belum sukses atau masih berada di posisi yang sama karena semuanya butuh proses. Minder dan takutlah jika kamu hanya tidur dan tidak berbuat apa-apa. Satu hal yang perlu diingat, setiap orang sampai di puncak karier di waktu yang berbeda-beda karena waktu "start" setiap orang juga berbeda.

46. Ujian yang Menguatkan

"Terkadang kamu diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan yang dimiliki, tetapi diuji untuk menemukan kekuatan yang ada di dalam diri." - Anonim.

Tips: Ujian datang bukan untuk membuat terpuruk atau bahkan terlihat lemah di mata orang lain. Terkadang ujian datang untuk memberi kamu kekuatan dan pengalaman berharga yang berguna di kemudian hari.

47. Tidak Ada yang Sempurna

"Kita sibuk mencari yang sempurna, sampai-sampai melewatkan yang siap menerima apa adanya." - Anonim.

Tips: Ini adalah hal yang umum terjadi pada manusia. Mungkin kamu salah satunya? Seringkali kita terlalu sibuk mencari sosok yang "sempurna" padahal sebenarnya di dunia ini tidak akan ada yang sempurna atau 100% sesuai dengan keinginanmu. Bahkan, hal tersebut jugalah yang menjauhkan kamu dari kekasih dan teman-teman yang selalu menerima kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

48. Maaf...

"Memaafkan adalah salah satu hal yang mampu dilakukan oleh orang-orang kuat, tapi tidak dengan orang lemah." - Anonim.

Tips: Siapa di antara kamu yang sulit memaafkan? Jangan begitu, lho! Karena memaafkan adalah satu hal yang akan menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Jadilah kuat dan dewasa untuk bisa memaafkan kesalahan-kesalahan yang orang lain lakukan.

49. Tidak Ada Kata Penyesalan

"Jangan pernah menyesali hal-hal yang pernah membuatmu tersenyum." - Mark Twain.

Tips: Hidup terlalu singkat jika dihabiskan dengan penyesalan. Apalagi untuk hal-hal yang pernah membuatmu tersenyum. Jadikanlah hal tersebut sebagai kenangan juga pelajaran, bukan penyesalan.

50. Lihat Semua dari Usahanya

"Beri nilai dari usahanya, bukan dari hasilnya. Baru kamu bisa menilai kehidupan." - Albert Einstein.

Tips: Tidak sedikit orang yang masih menilai seseorang dari hasil akhir. Padahal, ada banyak proses dan perjalanan yang lebih memiliki peran penting di dalam kehidupan ini. Jadi, mulai sekarang jangan pernah menilai diri sendiri atau bahkan orang lain dari apa saja "hasil" yang sudah didapatkan tapi hargai setiap proses/usaha yang sudah dilakukan.

51. Tidak Harus Serba Bisa

loader

Multi talented?

"Tidak perlu menjadi seseorang yang serba bisa, cukup tekuni satu bidang yang kamu suka dan jadilah hebat dengannya." - Anonim.

Tips: Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa dirinya harus bisa semua hal. Padahal tidak dapat dipungkiri, setiap manusia memiliki keunggulan dan kekurangan di bidang dan hal yang berbeda. Jadi jika menjadi sosok yang serba bisa cukup berat untukmu, janganlah dipaksakan. Cobalah tekuni hal-hal atau bidang yang kamu sukai dan jadilah hebat!

52. Sekali Lagi, Jangan Pernah Menjatuhkan Orang Lain

"Jadilah sosok yang hebat tanpa harus menjatuhkan orang lain." - Anonim.

Tips: Ini adalah salah satu kata-kata yang wajib ditanam di benakmu. Ya, pada dasarnya, setiap orang memiliki ambisi untuk menjadi hebat dengan caranya masing-masing. Namun, satu hal yang pasti. Jangan pernah menjatuhkan orang lain hanya untuk menjadi sosok yang hebat dan dipandang. Lakukan semuanya dengan cara yang baik dan positif. Do good and good will come to You.

53. Ukuran Kesuksesan

"Sukses adalah ketika kamu menyukai diri sendiri, menyukai apa yang dilakukan, dan menyukai cara kamu melakukannya." - Maya Angelou.

Tips: Kesuksesan tidak melulu dinilai dari seberapa banyak harta dan uang yang kita miliki. Kesuksesan juga dapat dirasakan ketika kamu sudah berhasil menyukai diri sendiri, pekerjaan yang dilakukan, dan menikmati setiap proses serta cara melakukannya.

54. Silence is Golden

"Lebih baik diam daripada memperpanjang masalah." - Anonim.

Tips: Diam seringkali menjadi jawaban yang tepat agar sebuah masalah tidak semakin panjang atau berlarut-larut. Jika dalam sebuah masalah semua orang terlalu banyak bicara, maka kapan masalah tersebut akan selesai? Malah makin rumit dan panas bukan? Oleh karena itu, jika kondisinya memungkinkan, diamlah. Jangan pernah memperpanjang sebuah masalah.

55. Tidak Ada yang Mustahil

"Sesuatu akan selalu menjadi mustahil sampai kamu selesai melakukannya." - Nelson Mandela.

Tips: Sering terlintas di hati kita, kalau sesuatu mustahil dan tidak mungkin terjadi. Padahal itu hanyalah pikiran negatif yang justru menjatuhkan kita. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir bahwa sesuatu itu mustahil jika kamu belum menyelesaikannya.

56. Lari dari Tanggung Jawab

"Kamu tidak bisa pergi / lari dari tanggung jawab esok hari dengan menghindarinya hari ini." - Abraham Lincoln.

Tips: Jangan pernah lari dari tanggung jawab. Karena dengan menghindarinya tanggung jawabmu tidak akan hilang atau selesai begitu saja. Justru kamu akan semakin dihantui perasaan bersalah. 

57. Pasti Berhasil

"Sesulit apapun kehidupan ini, akan selalu ada sesuatu yang kamu lakukan dan berhasil." - Stephen Hawking.

Tips: Setiap orang pasti pernah merasakan kesulitan / kesusahan di dunia ini. Tapi, jangan pernah menjadikan kesulitan sebagai alasan kamu untuk menjadi tidak berhasil. Pasti akan ada jalan yang Tuhan sediakan untukmu, asalkan kamu mau berusaha dan tetap berjuang.

58. Jadilah Orang Baik

"Jadilah baik karena kalau kamu pura-pura baik, maka kamu akan dipertemukan dengan orang yang pura-pura baik juga." - Renliwak.

Tips: Begitulah hidup, apa yang ditabur, itulah yang dituai. Jika, kamu sering berpura-pura baik maka kamu juga akan didekatkan dengan orang yang tidak sepenuhnya baik juga. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang baik namun cerdas dengan begitu kamu akan memiliki orang-orang baik juga di hidup ini.

59. Pribadi yang Bijaksana

"Kebijaksanaan yang sesungguhnya adalah dengan memahami bahwa kamu tidak mengerti apa-apa." - Socrates.

Tips: Mengapa dapat dikatakan bijaksana? Karena dengan menyadari bahwa diri kamu tidak mengerti apa-apa, maka kamu akan terus belajar, berkembang, dan memperbaiki diri. Hal tersebutlah yang kemudian dapat membuatmu menjadi pribadi yang baik dan bijaksana.

60. Tidak Ada yang Abadi

"Kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari hidup dan sama-sama sementara." - Shahrukh Khan.

Tips: Jangan dulu sedih jika gagal dan jangan buru-buru senang jika baru saja mencapai titik puncak. Karena itu semua hanya sementara. Jadi, tetaplah semangat saat mengalami kegagalan dan tetaplah berjuang walaupun sudah sampai di titik paling atas.

61. Berdoa dan Berserah

loader

Berdoa dan berserah

"Jika sudah waktunya, maka hujan akan turun. Jika sudah masanya, maka bunga akan mekar dan jika sudah waktunya, maka doa-doa akan dikabulkan." - Anonim.

Tips: Sabarlah karena jika sudah waktunya, maka doa-doamu akan segera dikabulkan. Ingat! Semua yang terjadi di dalam hidupmu, pastinya sudah sesuai dengan rencana-Nya.

62. Balas Dendam Terbaik

"Balas dendam terbaik adalah dengan membuat dirimu lebih baik darinya." - Anonim.

Tips: Membalas kejahatan dengan kejahatan bukanlah hal yang benar. Balaslah kejahatan atau ketidakbaikan orang lain dengan membuat versi terbaik dari diri kamu. Semangat terus!

63. Kerja atau Main?

"Ketika bekerja, maka bekerjalah. Ketika bermain, maka bermainlah. Jangan pernah mencampuradukkan keduanya." - Jim Rohn.

Tips: Ya, memang benar. Jika kamu mencampuradukkan pekerjaan dengan waktu bermain maka hasilnya tidak akan maksimal. Pekerjaan akan tidak selesai atau tidak sempurna dan saat bermain pun menjadi tidak seru.

64. Rindu yang Menjadi Kunci Keindahannya

"Kata 'pulang' itu selalu terdengar lebih indah dibandingkan kata 'pergi'. Tetapi orang harus merasa rindu untuk bisa menikmati keindahan pulang.” - M. Aan Mansur.

Tips: Pergi dan perpisahan bukanlah satu hal yang menggembirakan. Namun, di balik itu semua, rasa rindu akan muncul perlahan ke permukaan dan akhirnya rindulah yang membuat 'pertemuan nanti' terasa lebih indah dan menggembirakan.

65. Kesopanan

"Salah satu cara terbaik untuk mengalahkan seseorang adalah dengan menunjukkan kesopanan." - Anonim.

Tips: Jangan pernah membalas keburukan dengan keburukan (kejelekan dengan kejelekan) tapi balaslah orang-orang yang kurang menghargaimu dengan kesopanan dan sikap yang berintegritas tinggi.

66. Kesempurnaan Hidup

"Sukses adalah wujud dari kesempurnaan hidup." - Dee Lestari.

Tips: Semua orang di dunia ini pasti akan melakukan berbagai cara (seperti bekerja dan berbisnis) untuk meraih kesuksesan. Karena dalam kehidupan manusia, "sukses" merupakan salah satu indikator dari kesempurnaan hidup.

67. Jangan Overthinking

"Berhenti memikirkan segala hal secara berlebihan, itu bisa menghancurkan kebahagiaanmu." - Anonim.

Tips: Memang segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik untuk kehidupan. Termasuk, overthinking. Jika, kamu selalu memikirkan segala hal secara berlebihan, maka hidupmu akan dipenuhi dengan kekhawatiran.

68. Expectation Kills

"Jangan terlalu berekspektasi, manusia bisa berubah kapanpun." - Anonim.

Tips: Terkadang ekspektasi berlebih hanya akan membuat hati dan diri ini sakit. Jadi, mulai sekarang jalani hidup dengan tulus dan jangan pernah menaruh banyak ekspektasi, terutama terhadap manusia, karena itu hanya akan menumpuk "akar" kekecewaan.

69. Jatah Kegagalan

"Setiap orang memiliki jatah kegagalannya masing-masing. Oleh karena itu, habiskanlah jatah kegagalanmu ketika masih muda." - Anonim.

Tips: Jangan putus asa ketika kamu harus dihadapi dengan kegagalan karena setiap orang memiliki jatah kegagalannya masing-masing sebelum mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, segera bangkit dan habiskan jatah kegagalanmu selagi masih muda!

70. Raih dan Wujudkan Impianmu

"Impian tidak bisa terwujud dengan sendirinya, tapi impian akan datang ketika seseorang berusaha untuk meraihnya." - Anonim.

Tips: Tidak ada yang "instan" di dunia ini, begitu kata orang. Semua perlu usaha, kerja keras, dan kepercayaan. Jadi, bangun dari tempat tidurmu dan segera gapai impianmu.

71. Kebahagiaan Harus Selalu Dirasakan

loader

Happiness

"Kebahagiaan itu harus selalu dirasakan dalam perjalanan hidup. Jangan hanya menjadi tujuan hidup belaka." - Anonim.

Tips: Karena sejatinya, kebahagiaan hidup kamulah yang menciptakan dan merasakannya. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang selalu bahagia apapun keadaannya.

72. Baru Berpikir Ketika Dihadapkan pada Suatu Masalah?

"Kita hanya berpikir ketika dihadapkan pada suatu masalah." - John Dewey.

Tips: Begitulah manusia. Manusia akan mulai sadar dan berpikir ketika jalannya sudah buntu dan/atau dihadang masalah. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, berubahlah dan jadilah pribadi yang lebih bijak.

73. Jangan Hidup dalam Mimpi

"Bermimpilah dalam hidup dan jangan hidup dalam mimpi." - Andrea Hirata.

Tips: Benar sekali, karena mimpi itu perlu diusahakan. Oleh karena itu, bangunlah dari tempat tidurmu, sarapan, mandi, dan gapai semua mimpi-mimpimu mulai dari sekarang.

74. The Power of Doa

"Jika kamu tidak disatukan dengan orang yang namanya sering kamu sebut dalam doamu, mungkin kamu akan disatukan dengan orang yang sering menyebut namamu dalam doanya." - Anonim.

Tips: Tuhan menjanjikan bahwa Ia akan selalu menyediakan dan memberikan yang terbaik untuk setiap umat-Nya. Begitupun dengan jodoh. Oleh karena itu, jangan khawatir. Karena kalau saat ini kamu belum dipersatukan denga sosok yang sering kamu sebutkan namanya di dalam doa, mungkin kelak kamu akan dipersatukan dengan orang terbaik versi-Nya, yang juga sering menyebutkan namamu di dalam doanya.

75. Mendengarkan > Berbicara

"Orang-orang sukses yang aku kenal adalah mereka yang lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.” – Bernard M Baruch.

Tips: Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi orang yang sukses, belajarlah untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Karena dengan mendengarkan, kamu bisa lebih memahami orang lain, bisa lebih bersikap bijaksana, hingga bisa menambah ilmu pengetahuan.

76. Guru Terbaik dalam Hidup

"Kemakmuran adalah guru yang baik, namun kesulitan dan kekurangan adalah guru yang jauh lebih baik." - William Hazlitt.

Tips: Benar sekali, dari kesulitan dan kekurangan, kamu bisa belajar untuk bersyukur. Bersyukur atas segala berkat dan kesempatan yang telah Tuhan berikan. Selain itu, dari kesulitan dan kekurangan, kamu juga bisa belajar untuk menghargai orang lain dan hasil jerih payah sendiri.

77. Maju dan Diam

"Ada begitu banyak cara agar kamu bisa maju, akan tetapi hanya ada satu cara untuk tetap diam." - Anonim.

Tips: Karena selama kamu masih mau berjuang dan berusaha, cara untuk maju dan mencapai kesuksesan itu akan selalu ada. Sedangkan, jika kamu sudah pesimis dan malas berjuang, berhenti adalah satu-satunya cara untuk tetap diam di kondisi juga posisi saat ini.

78. Nikmati Setiap Momen

"Cara paling baik untuk membayar momen-momen indah adalah dengan menikmatinya." - Anonim.

Tips: Jangan sampai menyesal! Nikmatilah setiap momen di dalam kehidupanmu. Mulai dari, momen kecil seperti makan malam bersama keluarga hingga momen besar seperti, pernikahan. Karena momen-momen indah tersebut tidak akan pernah terulang.

79. Jangan Mengandalkan atau Mengharapkan Orang Lain

"Doronglah diri kamu sendiri, sebab tidak ada orang lain yang akan melakukan hal itu untuk dirimu." - Anonim.

Tips: Jangan pernah mengandalkan atau mengharapkan bantuan dari orang lain. Ingat, di dunia ini, hanya kamu yang bisa menolong diri kamu sendiri. Bukan orang lain. Jadi, sayangi dan dukung selalu dirimu.

80. Menuai Hasil

"Semakin awal kamu memulai pekerjaanmu, maka semakin awal pula kamu akan melihat hasil yang akan kamu tuai." - Anonim.

Tips: Tunggu apalagi? Lakukan pekerjaanmu sekarang, jangan menundanya, semakin cepat kamu memulai maka semakin cepat kamu menuai.

81. Kemarin dan Hari Ini

loader

Kemarin dan hari ini

"Ingatlah bahwa hari ini adalah hari esok yang sebelumnya kamu khawatirkan." - Anonim.

Tips: Janganlah kamu khawatir akan hari esok karena Tuhan yang Maha Esa tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kekuatanmu. Jangan juga kamu membuang energi dan menambah beban pikiran atas apa yang belum terjadi. Lihat, kamu berhasil melewati itu semua dan tetap berdiri tegap di hari ini!

82. Ambil Positifnya, Buang Negatifnya

"Jangan biarkan pendapat orang lain menenggelamkan suara batinmu." - Steve Jobs.

Tips: Jangan biarkan pendapat orang lain, terutama pendapat-pendapat negatif, menenggelamkan suara batinmu bahkan dirimu. Abaikan saja karena mereka tidak tahu siapa dirimu sebenarnya. Lain hal, jika pendapat yang diberikan merupakan pendapat positif atau masukan yang bisa merubahmu menjadi pribadi yang lebih baik.

83. Fokus pada Masa Depan

"Waktu dan keadaan dapat berubah dengan cepat, oleh karena itu kita harus tetap fokus pada masa depan." - Walt Disney.

Tips: Karena jika hanya berfokus pada masalah hari ini atau perubahan yang terjadi, kamu tidak akan pernah maju. Kamu akan terus berputar di posisi tersebut. Pahamilah bahwa perubahan itu adalah hal yang wajar, kamu hanya perlu menerima, memahami, mengambil pelajaran, dan terus menatap masa depan.

84. Kegagalan

"Hanya karena kamu gagal sekali, tidak berarti kamu akan gagal dalam segala hal." - Marilyn Monroe.

Tips: Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Hari ini gagal? Besok coba lagi, begitu seterusnya. Ingat! Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, pengalaman berharga yang akan memberikan banyak pembelajaran.

85. Perubahan

"Berubah mungkin memang berat pada awalnya, kacau di tengah-tengahnya, namun sangat indah pada akhirnya." - Robin Sharma.

Tips: Merubah kebiasaan bukanlah perkara yang mudah dan siapapun pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Tapi inilah hidup, kalau kamu tahu kebiasaan yang selama ini dilakukan kurang baik atau bahkan merugikan orang di sekitar, belajarlah dan cobalah untuk berubah. Ya, meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, percayalah bahwa perubahan itu akan menjadikan hidupmu lebih baik.

86. Pertanyaan dan Jawaban

"Hidup merupakan sebuah pertanyaan dan bagaimana manusia menjalani kehidupan merupakan jawabannya." - Anonim.

Tips: Hidup adalah misteri. Namun, bagaimana kamu menjalaninya adalah jawabannya. Apakah menjalaninya dengan penuh rasa syukur atau sebaliknya? Ketika kamu mampu mensyukuri hidup ini maka kehidupan akan menjadi sebuah anugerah.

87. Kegagalan dan Kesuksesan

"Kamu selalu melewati kegagalan dalam perjalanan menuju kesuksesan." - Mickey Rooney.

Tips: Jangan berkecil hati atau bahkan menyerah jika saat ini kamu baru saja dihadapi dengan kegagalan. Teruslah berjuang dan nikmati prosesnya. Ingat, kegagalan adalah proses pembelajaran.

88. Melakukan Kesalahan

"Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru." - Albert Einstein.

Tips: Jadi, jangan pernah malu ketika melakukan kesalahan. Karena kesalahan yang akan memberikanmu pelajaran dan secara tidak langsung "memaksa"mu untuk mencoba hal baru. Seperti, bagaimana cara mengatasi kesalahan tersebut? Hal apa yang perlu dilakukan agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi?

89. Jangan Pernah Berhenti

"Jangan pernah berhenti ketika kamu lelah, berhentilah ketika kamu telah selesai." - Anonim.

Tips: Setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Oleh karena itu, jangan pernah kamu berhenti ketika merasa lelah, teruslah berjuang dan melangkah maju sampai kamu menginjak garis finish.

90. Bukan Pecundang

"Kamu tidak akan pernah menjadi pecundang sampai kamu berhenti mencoba." - Mike Ditka.

Tips: Oleh karena itu, teruslah berjuang dan jangan pernah menyerah.

91. Berpikir Positif

loader

Berpikir positif

"Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib.

Tips: Karena pikiran positif adalah kunci dari segalanya. Pikiran yang positif akan mendatangkan kebahagiaan, semangat, dan pastinya energi yang positif.

92. Jadi Orang Itu Harus Jujur

"Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit untuk diperbaiki." - Bung Hatta.

Tips: Oleh karena itu, tetaplah menjadi pribadi yang jujur. Jangan pernah sekali-kali kamu mencoba berbuat tidak jujur demi kesenangan atau keuntungan sesaat. Selain akan menjadi kebiasaan, sifat tidak jujur juga lama-kelamaan akan tercium oleh orang-orang di sekitarmu dan kamu pun tidak akan dipercaya lagi.

93. Tetap dan Selalu Semangat

"Edison gagal 10.000 kali sebelum berhasil membuat bola lampu listrik. Jangan patah semangat jika kamu gagal beberapa kali." - Napoleon Hill.

Tips: Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran, bukan alasan untuk menyerah. Teruslah mencoba dan berusaha sampai keberhasilan dan kesuksesan ada di tanganmu.

94. Jauhi yang Negatif

"Jauhi orang-orang yang negatif. Mereka memiliki masalah untuk setiap solusi." - Albert Einstein.

Tips: Karena orang-orang yang negatif pasti memiliki pikiran yang negatif dan kebanyakan orang-orang yang negatif hanya akan "menyedot energimu".

95. Jangan Terlalu Santai

"Sesekali berhentilah sekadar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya." - Abdullah Gymnastiar.

Tips: Karena apapun yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga jika terlalu santai hingga terjebak di zona nyaman, kesuksesanmu bisa terhambat!

Selalu Bersyukur dan Berpikir Positif Kunci Kebahagiaan dalam Hidup

Dari sekian banyak kata-kata bijak mengenai kehidupan, pada intinya hidup hanya memintamu untuk menjalaninya dengan kebahagiaan dan kemampuanmu. Selalu bersyukur dan  berpikir positif merupakan kunci sukses dalam hidup. Selalu  motivasi diri kamu untuk berperilaku baik, sehingga hidupmu akan lebih bermakna dan bermanfaat.

Baca juga artikel kata-kata menarik lainnya di cermati berikut ini: