25 Cara Hidup Sehat

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Tak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tidak jarang menabrak aneka norma dan logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit dan kadangkala tidak memerlukan biaya sama sekali.

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes yang Dianjurkan dan Harus Dihindari

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

25 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Dilakukan

loader

Cara Hidup Sehat

Tetapi tentunya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalani. Berikut Cermati.com sajikan 25 cara hidup sehat sehari-hari yang dapat dijadikan rujukan untuk tetap sehat dan senantiasa bahagia dalam menjalani hidup. Berikut paparannya.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

    Tahukah kamu bahwa sebagian besar manusia sebenarnya kurang minum cukup air setiap hari? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh. Ini karena manusia kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat, dan pernapasan.

    Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang dibutuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang dilakukan, dan berat badan, tetapi umumnya manusia perlu 2,7 - 3,7 liter asupan air.

    Jika muncul tanda-tanda seperti, urine berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering, dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda tubuh mulai kekurangan cairan.

  2. Tidur dan Beristirahatlah yang Cukup

    Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktivitas kembali dengan maksimal. Bila tidak beristirahat dengan baik, bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

    Selain itu, cukup istirahat dan tidur juga dapat mencegah penuaan dini.

  3. Meditasi

    Meditasi menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Ketenangan sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkanmu dari stres yang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan.

  4. Berolahraga Teratur

    Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau memilih untuk naik turun tangga daripada lift akan menjadi aktivitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

  5. Lakukan Olahraga sebagai Bagian dari Kesenangan

    Ketika menikmati olahraga, kamu akan secara alami ingin melakukannya. Sebab olahraga yang terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang alih-alih menyebabkan kamu ingin terus melakukannya tetapi malah menjadikanmu malas. Jadi, pilih olahraga yang disenangi dan lakukanlah secara rutin.

  6. Berolahragalah seperti Bermain

    Berikan tubuh lebih banyak olahraga yang menyenangkan dan berkelompok, seperti, basket, sepak bola, renang, tenis, badminton, voli, dan masih banyak lagi. Ini akan menyenangkan karena kamu sekaligus juga dapat bersosialisasi dengan orang lain sembari melakukan aktivitas yang sehat.

  7. Makan Lebih Banyak Buah

    Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.

  8. Makan Lebih Banyak Sayuran

    Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengonsumsi 2 - 3 porsi buah-buahan dan 3 - 4 porsi sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan.

  9. Pilih Makanan Berwarna Cerah sebagai Antioksidan

    Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya tinggi akan antioksidan. Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena zat tersebut dapat menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh.

    Jadi, kamu perlu untuk mulai mengonsumsi sayur dan buah dengan warna-warna yang berbeda, seperti misalnya, putih (pisang, jamur), kuning (nanas, mangga), oranye (jeruk, pepaya), merah (apel, stroberi, tomat, semangka), hijau (jambu, alpukat, mentimun, selada, seledri), ungu/biru (buah berry, terong, plum). Diet warna ini juga baik untuk kesehatan serta membentuk tubuh ideal.

  10. Kurangi Makanan Olahan dan Makanan dalam Kaleng

    Makanan olahan atau kalengan sebaiknya dihindari karena berbagai alasan seperti, nilai gizi yang sering tidak sempurna serta adanya pengawet yang ditambahkan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu panjang.

  11. Mulailah Mencintai Diri Sendiri

    Dengan mencintai diri sendiri kamu akan terhindar dari dampak buruk stres yang dapat berakibat buruk juga bagi kesehatan. Selain itu, kamu juga dapat mengambil lebih banyak manfaat dengan pemikiran positif terhadap cara pandang tentang hidup dan kehidupan yang lebih luas yang tentu menjadikan kamu pribadi yang lebih bahagia setiap harinya.

  12. Berjalan dengan Bertelanjang Kaki

    Ada banyak manfaat yang terbukti positif dari berjalan dengan bertelanjang kaki. Mulai dari dapat memperbaiki postur tubuh hingga mengurangi stres untuk kaki dan sendi. Ini sungguh beralasan ilmiah karena berjalan dengan bertelanjang kaki memberikan efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman ke sekujur badan.

  13. Jauhi Orang-orang dengan Pola Pikir Negatif

    Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. Ini tentu menjadikanmu tidak perlu untuk mendekati orang-orang berpikiran negatif yang akan meracuni pikiran dengan segala pemikiran yang dapat menyebabkan stres yang berdampak buruk untuk kesehatan.

  14. Bersihkan Diri Sendiri dari Hal yang Negatif

    Menjadi sehat adalah pilihan, selain menolak faktor eksternal kamu juga harus mampu untuk menetralisir segala pikiran kontra produktif atau negatif yang dapat menjadikanmu tidak bahagia dan stres.

  15. Tuliskan Mimpi dan Kebahagian

    Memendam pikiran-pikiran dalam diri itu tidak sehat. Oleh karenanya, menulis bisa menjadi salah satu hal yang memicu pelepasan hal negatif dari dalam diri sendiri. Tidak hanya sekadar menulis, tetapi juga meletakkan dasar-dasar kebahagian hidup kedepan. Penelitian telah menyebutkan bahwa, sebagian remaja dan orang dewasa yang tumbuh dengan kebiasaan menulis buku harian memiliki kecenderungan yang lebih bahagia ketimbang yang tidak.

  16. Kenali Makanan Pemicu, Kendalikan Asupan Gula dan Garammu

    Mengonsumsi gula dan garam berlebihan dapat mengganggu kesehatan, meski demikian tetap diperlukan konsumsi gula dan garam dalam kadar yang tepat.

  17. Seringlah Bernapas Dalam-dalam

    Kamu mungkin tahu bagaimana untuk bernapas, tetapi sudahkah kamu bernapas dengan cara yang tepat dan sehat? Anehnya sebagian besar dari kita tidak bernapas dengan benar – hanya bernapas dangkal.

    Seperti seorang Atlet yang dilatih teknik pernapasan yang tepat untuk mendapatkan performa terbaik mereka. Sebuah tarikan napas yang penuh di mana kamu benar-benar mengisi paru-paru dengan oksigen akan membuatmu menjadi lebih segar dan bergairah.

  18. Hindari Cara Makan yang Melibatkan Emosional

    Tak jarang ketika stres atau merasa tertekan, seseorang makan lebih banyak, ini adalah sebuah bencana bagi kesehatan. Cara makan yang melibatkan emosi atau menuruti emosi akan menyebabkan dampak buruk, yang paling terlihat tentunya adalah obesitas.

  19. Makanlah dalam Porsi Kecil

    Makanlah sedikit tapi sering, ini akan membuatmu merasa lebih baik. Karena dengan demikian tubuh dapat mencerna makanan dalam proses metabolisme dengan lebih sempurna. Ini bukan berarti pembenaran untuk kebiasaan mengemil tentunya.

  20. Berhenti Makan ketika Merasa Kenyang

    Kebanyakan dari kita sering kali memiliki kebiasaan makan yang tidak menentu kadang makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tak jarang situasi sosial juga mendukung seperti misalnya ketika sedang ada di tengah pesta. Ingatlah bahwa kamu bukan mesin penggiling yang bisa menghabiskan seluruh makanan yang dihidangkan.

  21. Karbohidrat Coklat vs Karbohidrat Putih

    Mengganti nasi putih dengan beras merah atau beras dengan kulit ari yang masih tersisa, roti putih dengan roti gandum utuh juga adalah sebuah kebiasaan yang baik bagi kesehatan.

  22. Hiduplah dengan Tujuan

    Kesehatan yang positif dimulai dari dalam! Apakah kamu menjalani kehidupan yang berarti? Apakah kamu hidup sejalan dengan tujuanmu? Pastikan kamu mencanangkan tujuan hidup, dan raihlah dengan penuh ketenangan adalah suatu hal yang baik dan berarti untuk hidup dan kesehatan.

  23. Katakan Tidak untuk Makanan Berminyak

    Mengurangi asupan makanan cepat saji, gorengan, serta makanan berminyak lainnya akan berdampak baik bagi kesehatan .

  24. Kendalikan Kandungan Gula pada Tubuh

    Simpan hal-hal yang terlalu manis, permen, coklat, juga cake dengan toping yang terlalu manis. Mungkin semua enak, tapi ingatlah kesehatan adalah mutlak adanya.

  25. Go Organik

    Sering ada pertanyaan, “apa itu makanan organik?”dan jawabannya adalah "makanan yang dihasilkan tanpa input sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia, tidak mengandung organisme hasil rekayasa genetika, dan tidak diproses menggunakan radiasi, pelarut industri, atau makanan tambahan kimia". Dengan memerhatikan penjelasannya saja mungkin sudah terbayang sayuran hijau, atau buah tanpa pestisida yang tentu bebas dari rasa khawatir untuk menyantapnya pula.

Baca Juga: 9 Tips Jitu Lulus Medical Check Up

Cara Menjaga Komitmen untuk Tetap Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Terkadang menjaga kedisiplinan dalam menjalankan gaya hidup sehat bisa sangat sulit. Apalagi jika kamu tengah mengalami stres yang cukup berat. Mood yang jelek dan emosi yang tidak stabil bisa membawamu kembali ke gaya hidup lama yang kurang sehat. Nah agar tidak sempat terjadi, berikut beberapa cara menjaga komitmen agar tetap bisa menerapkan gaya hidup sehat.

  1. Buat Jadwal yang Rasional dan Menyenangkan Diri Sendiri

    Membuat jadwal yang rasional akan membuat gaya hidup sehat menjadi kebutuhan bahkan kesenangan bukan lagi beban. Misalnya memakan buah favorit setiap weekend, membuat berbagai menu sehat yang lezat di hari-hari yang berbeda tapi tetap menyisihkan satu hari dalam seminggu untuk cheating day (di mana kamu bisa memakan apapun yang kamu mau tapi tetap dalam porsi yang sewajarnya).

    Kamu juga bisa merencanakan hari untuk berolahraga dengan jenis olahraga yang berbeda agar tidak bosan. Misalnya bersepeda di hari Senin, zumba di hari Kamis, dan jogging di weekend. Tidak perlu setiap hari berolahraga, tapi dalam seminggu setidaknya 3 - 4 hari kamu bisa menyisihkan waktu untuk berolahraga untuk membuat tubuh tetap fit.

  2. Membuat Catatan Sederhana

    Catatan ini bisa menjadi track record selama kamu menjalani gaya hidup sehat. Misalnya, catatan berat badan yang semakin berkurang atau pencapaian baru dalam berolahraga, seperti berhasil bersepeda lebih dari 1km dari jarak sebelumnya. Catatan-catatan ini bisa menjadi motivasi kamu untuk tetap menjalankan gaya hidup sehat bahkan menjadi lebih baik dalam menerapkannya.

  3. Mencari Partner yang Juga Menerapkan Gaya Hidup Sehat

    Partner di sini bisa anggota keluarga, saudara, teman, atau pacar. Dengan memiliki partner dalam menemani kamu menjalankan gaya hidup sehat, kamu tidak hanya menjadi lebih termotivasi tapi kamu juga bisa memotivasi kembali mereka untuk tetap bersama-sama menjalani gaya hidup sehat dengan lebih disiplin.

Hidup Sehat Itu Mudah, Kuncinya Disiplin

Sehat itu mahal, jika sakit, apapun yang kamu punya bisa habis terjual buat berobat. Oleh karena itu, jika ingin berhemat, jalani saja pola hidup sehat. Hidup sehat sendiri sangat sederhana. Kamu tinggal ikuti saja 25 cara hidup sehat seperti uraian di atas. Jika kamu disiplin dalam menjalankannya, selain hemat biaya, kesehatanmu juga akan terjaga.

Baca Juga: Peserta BPJS Kesehatan Wajib Tahu 5 Tipe Rumah Sakit Agar Tak Salah Berobat