Kata Kata Semangat untuk Diri Sendiri setelah Mengalami Kegagalan

Setiap orang pasti pernah menghadapi yang namanya kesalahan dan kegagalan. Namun, dalam menjalani hidup tidak ada yang namanya terus-menerus menang dan berhasil. Ada satu momen dalam hidup kita dimana kita harus merasakan apa itu kalah dan gagal untuk bisa lebih memaknai arti sebenarnya dari kemenangan dan keberhasilan yang mengajarkan kamu untuk lebih bersyukur.

Untuk kamu yang saat ini sedang mengalami patah semangat atau titik terendah dalam hidupmu karena sedang mengalami kegagalan dari hal apapun yang sedang kamu usahakan saat ini. Selain healing bersama orang-orang terkasih, kamu bisa juga kembali mengembalikan semangat mu dengan membaca kumpulan kata-kata semangat berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kumpulan Kata-Kata Semangat untuk Diri Sendiri

loader
Kata Kata Semangat untuk Diri Sendiri

1. Terimakasih Kepada Siapapun yang Pernah Menjadi Bagian dalam Hidupmu

“Dalam hidup, kamu akan bertemu dua jenis orang, orang yang membangunmu dan orang yang menjatuhkanmu. Namun pada akhirnya kamu akan berterima kasih pada mereka berdua."

Tips: Tidaklah mungkin kamu akan selalu bertemu orang yang tulus dan baik kepadamu. Terkadang kamu akan dipertemukan dengan mereka yang iri, jahat dan ingin menjatuhkan mu. Awalnya memang menyakitkan, namun seiiring waktu berlalu kamu akhirnya menyadari bahwa memiliki orang-orang seperti itu dalam hidupmu memberikan pelajaran berharga mengenai untuk tidak mudah percaya dan lebih baik dalam menilai seseorang.

2. Jangan Terjebak dengan Kegagalan yang Sudah Berlalu

“Tidak ada seorangpun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." - Maria Robinson.

Tips: Kegagalan bukan alasan untuk berhenti berusaha dan mencoba lagi. Jadi jika kamu gagal hari ini, catat setiap kesalahan yang kamu dapat dan coba lagi esok hari dengan menghindari melakukan kesalahan yang sama. Jika gagal lagi, maka kamu bisa melakukan hal yang sama lagi. Semakin sering kamu gagal, artinya semakin dekat juga kamu dengan keberhasilan yang sebenarnya, dimana semakin banyak kamu belajar dan mengembangkan dirimu.

3. Jangan Membenci Hal Buruk yang Terjadi, Bencilah ketika Kamu Tidak Mengambil Hikmahnya

“Apa yang kita kira itu sebuah cobaan yang pahit seringkali menjadi berkah yang tersamarkan." - Oscar Wilde

Tips: Setiap hal buruk seperti kegagalan dan kekalahan yang terjadi kepadamu tidak sepenuhnya terjadi karena kamu belum mampu tapi terkadang itulah jalan tuhan untuk membawamu ke rencananya yang lebih baik lagi. Jadi, anggap semua pengalaman baik buruk dan baik yang terjadi kepada mu sebagai hal yang bisa diambil hikmahnya dan juga bisa disyukuri. Karena bisa saja apa yang membuatmu berhasil saat ini karena beberapa kegagalan yang pernah mengikutimu.

4. Terus Berusaha Raih Mimpimu Tanpa Menyerah

"Kejarlah mimpimu walau seberat apapun rintangan yang harus dilalui."

Tips: Dalam meraih keberhasilan yang diinginkan untuk waktu yang lama artinya berbagai rintangan yang harus kamu lalui haruslah setara. Semakin sulit rintangan yang dihadapi makan akan semakin bagus hasil yang akan kamu dapatkan. Jadi jangan benci rintangannya bencilah ketika kamu menyerah dalam menghadapinya.

5. Menyerah Bukan Pilihan dalam Meraih Kesuksesan Sejati

"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Terkadang kesulitan harus kamu rasakan lebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." - RA Kartini

Tips: Seorang yang dikatakan sukses bukan karena dia berhasil memiliki harta yang tak terhitung, pemuja yang banyak atau ratusan ribu orang yang bekerja untuknya. Tapi semangat dan sifat pantang menyerahnya yang selalu menolak namanya kekalahan dan percaya kemenangan hanyalah satu-satunya pilihan. Tidak perduli harus berapa banyak kesalahan dan kegagalan yang harus dialami untuk semakin menyempurnakan hasil dari proses kerja kerasnya.

6. Kegagalan Mengajarkan Makna Hidup Terdalam

"Kalau setiap cerita hidup kita selalu indah, hati ini tidak pernah kenal dekat dengan sabar dan ikhlas."

Tips: Kamu tidak akan mengerti pentingnya kesehatan kalau belum pernah sakit, begitu juga dalam meraih kesuksesan. Untuk bisa merasakan apa itu arti sebenarnya kesuksesan tentu kamu harus mengalami beberapa kegagalan terlebih dahulu, belajar membangkitkan kembali semangat untuk kembali berjuan, sabar dan ikhlas untuk setiap hasil yang didapatkan. Dengan begitu kamu tidak hanya sukses tapi juga menjadi individu yang lebih bijak.

7. Jangan Mudah Menyerah

"Janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba." -Brian Dyson

Tips: Tidak ada yang mudah ketika ingin mencapai sesusatu yang besar, kesulitan yang dihadapi tentu tidak sama ketika kamu hanya ingin mencapai hal-hal yang kecil. Rentetan kegagalan pun pasti akan kamu hadapi, namun jangan pernah menyerah. Karena kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

8. Kegagalan = Kesuksesan yang Tertunda

"Gagal dalam perjuangan belum tentu berarti kemunduran."

Tips: Mengalami kegagalan bukan artinya kamu sepenuhnya gagal, kamu hanya sedikit terlambat dari deadline yang sudah kamu rencanakan. Namun dengan sedikit kegagalan bukan berarti kamu mengalami kemunduran, justru dari kegagalan tersebut kamu akan mendapatkan hal yang lebih berharga yaitu pengalaman.

9. Kerja Keras adalah Prestasi Sesungguhnya

"Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu." -John Ruskin

Tips: Hanya fokus kepada hasil tidak akan membuat kamu berkembang. Karena dalam melakukan atau meraih sesuatu justru prosesnya lah yang merupakan bagian terbaiknya. Semakin sulit proses yang dihadapi artinya semakin besar juga ruang untuk berkembang, semakin banyak pembelajaran yang diambil dan semakin banyak pengalaman yang kemudian bisa membantumu dimasa depan.

10. Jalan Menuju Kesuksesan Tidak Pernah Mudah

"Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan." -Colin Powell

Tips: Tidak ada jalan yang mulus dalam menggapai kesuksesan. Semua butuh rencana, usaha yang tiada henti dan tentunya berbagai kegagalan. Namun, proses itu lah yang membuatmu tumbuh sebagai individu yang lebih sukses dari apa yang kamu harapkan nantinya.

11. Jangan Pernah Takut Gagal

"Ambillah risiko, kalau menang, kamu akan senang. Kalau kamu kalah, kamu akan jadi orang bijak."

Tips: Tidak ada keputusan atau hasil yang tidak ada risikonya. Dan dari berbagai risiko tersebut yang berani kamu hadapi lah yang membuatmu menjadi memiliki lebih banyak pengalaman. Karena tidak ada pembelajaran hidup terbaik selain belajar dari kesalahan.

12. Lepaskan Masal Lalu, Rangkai Hari Baru yang Lebih Baik

"Tidak ada gunanya menghukum masa depanmu karena kesalahan masa lalumu. Maafkan dirimu sendiri, tumbuhlah darinya, lalu lepaskan."

Tips: Kesalahan yang kamu lakukan saat ini bukan lah penentu menjadi apa kamu dimasa depan, tapi bagaimana cara kamu menghadapi dan memperbaikinya. Dari kesalahan kamu bisa belajar untuk menerima kegagalan, mencoba belajar untuk lebih baik dan menjadi lebih bijak dalam menghadapi masalah baru.

13. Gagal Lebih Baik daripada Tidak Berusaha

"Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi."

Tips: Kamu yang pernah gagal merupakan individu yang lebih baik dan lebih dekat dalam mencapai keberhasilan daripada mereka yang tidak melakukan apa-apa dan hanya bisa menonton. Itu karena kamu berani mengambil risiko dan berani untuk mencoba kembali.

14. Mengalami Kegagalan Bukan Artinya Kelemahan

"Terkadang kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita."

Tips: Menghadapi kesulitan ketika mencoba sesuatu itu bukan berarti kamu tidak lebih pintar, hanya saja seseorang memiliki timeline nya masing-masing dalam menyelesaikannya. Jadi jangan pernah menganggap momen ketika kamu kesulitan merupakan kesalahanmu sendiri, terkadang tuhan hanya mencoba memberikan kamu tes tambahan agar kamu bisa belajar lebih banyak.

15. Andalkan Diri Sendiri

"Dorong dirimu sendiri, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu."

Tips: Saat mengalami kegagalan, kekalahan atau sedang jatuh pada titik terendah dalam hidupmu. Yang bisa membangkitkan dirimu lagi tentu hanya dirimu sendiri, orang lain paling hanya bisa mengulurkan tangan mereka, tapi kamu lah yang memutuskan untuk menyambut dan mendorong dirimu sendiri untuk kembali berdiri atau tidak. Jadi sebelum mengandalkan orang lain, andalkan dirimu sendiri, semangati dirimu sendiri dulu agar bisa menerima dukungan dari orang lain secara penuh.

Obat dari Kegagalan adalah Tidak Takut untuk Mencoba Lagi

Setiap orang dan termasuk kamu pasti pernah merasa ingin menyerah karena berbagai kegagalan yang dihadapi. Namun kegagalan bukan alasan untuk menyerah baik untuk mencoba lagi atau memulai hal yang baru lagi. Intinya, setiap kamu merasa telah gagal, ingatlah kegagalan bukan berarti kemunduran tapi satu langkah tambahan yang lebih berat yang harus dilalui untuk lebih dekat lagi dengan kesuksesan.