Kaya Raya di Usia Muda, Begini Kisah Kim Soo Hyun Merintis Kariernya Sebagai Bintang Hallyu

Penggemar drama Korea tentu sudah tak asing lagi dengan Ahjussi ganteng yang satu ini. Kim Soo Hyun Oppa dikenal berkat aktingnya yang ciamik dalam sejumlah drama TV. Salah satu di antaranya ialah The Moon That Embraces the Sun, Dream High dan The Producers.

Ia juga telah membintangi berbagai film keren seperti My Love From the Star, Greatly, Life Is Peachy, Real, Worst Friends, hingga The Thieves. Aktingnya yang piawai mampu menguras emosi penonton hingga terhipnotis ke alur cerita. 

Terkenal jago dalam penjiwaannya, jangan heran jika Anda melihat Kim Soo Hyun dapat ‘menangis dengan fasih’ saat berakting. Dalam industri seni peran, tentu menangis dengan berlinang air mata membutuhkan usaha penuh yang disertai penghayatan. 

Hampir dapat dipastikan bahwa setiap proyek yang dibintanginya selalu laris manis di pasaran. Dengan banyak fans yang mencintainya, karier Kim Soo Hyun pun kini kian gemilang. 

Bagaimana awal kisah perjalanan kariernya sebelum bersinar sebagai aktor termahal Korea seperti sekarang? Simak ulasannya berikut ini.

Menjadi Aktor Bukanlah Impiannya

View this post on Instagram

A post shared by 김수현 Kim Soo Hyun 金秀賢 (@soohyun_k216) on

Tak punya niat menjadi bintang, siapa sangka jika dulunya sang aktor tak pernah bercita-cita menjajal seni peran. Dikisahkan, Soo-Hyun merupakan pribadi Introvert yang pemalu, pendiam, dan tertutup. 

Akhirnya, sang ibu kemudian mendaftarkan putranya ke kelas acting agar dapat belajar mengembangkan diri dan pribadinya. Di luar dugaan, Soo-Hyun merasa nyaman dan justru menikmatinya. 

Hingga kemudian, ia pun melanjutkan studinya dengan mengambil kuliah film dan teater di Universitas Chung-Ang. Belakangan, namanya mulai populer setelah menjadi figuran dalam Kimchi Cheese Smile.

Sang bintang yang lahir di Seoul, 16 Februari 1988 ini jadi makin disorot berkat aktingnya yang memukau dalam Dream High. Kariernya terus berlanjut hingga kini. Sejauh perjalanan kariernya, aktor berusia 32 tahun ini telah melakoni lebih dari 5 film dan belasan judul serial drama.

Baca Juga: Artis-Artis Sukses Korea Selatan ini Ternyata Juga Bisa Sukses Jadi Pebisnis

Belajar dari Teletubbies

View this post on Instagram

A post shared by 김수현 Kim Soo Hyun 金秀賢 (@soohyun_k216) on

Menariknya, pria dengan tinggi 180cm ini pernah menyebut dirinya belajar banyak dari Teletubbies. Saat menghayati salah satu perannya dalam film layar lebar, tak disangka jika Soo- Hyun banyak belajar akting dan gesture dari serial anak Teletubbies.

Menurutnya, gesture atau bahasa tubuh merupakan salah satu penentu penting dalam penjiwaan aktingnya.

Uniknya lagi, pria yang bertangan kidal ini juga melatih kemampuan ambidextrous yakni membuat kedua tangannya berfungsi dengan maksimal. Belakangan, kebolehan ini dipertunjukkannya tak hanya dalam serial My Love From Another Star, tapi juga dalam Father’s House.

Berhasil Meraih Puncak Popularitas

View this post on Instagram

A post shared by 김수현 Kim Soo Hyun 金秀賢 (@soohyun_k216) on

Sang bintang berhasil mencapai puncak ketenarannya pada tahun 2012. Ia saat itu menjadi pemeran utama dalam serial drama berjudul Moon Embracing The Sun. Meledak di pasaran, ia menerima penghasilan hingga Rp7 miliar (600 juta Won).

Berkat kesuksesannya, ia pun berhasil membeli hunian baru dan keluar dari rumah sewa yang telah mereka tempati selama dua dekade. Alhasil, keluarganya pun mendapat kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Namun income tersebut terus meningkat. Di tahun berikutnya, kekayaan sang aktor terus bertambah berkat drama My Love From the Star. Ia pun mengantongi 800 juta hingga 1 miliar Won (Rp9 sampai 12 miliar).

Berkat pundi-pundi uangnya yang terus bertambah, Soo-Hyun kemudian membeli apartemen mewah di Seongsu-dong, Seoul seharga lebih dari 4 miliar Won (senilai Rp51 miliar).

Memasuki 2014, kekayaan Kim Soo Hyun terus menembus angka 30 miliar Won atau kira-kira Rp366 miliar). Padahal, saat itu usianya baru menginjak 26 tahun. Setelah itu, ia menjalankan tur Asia dan mendatangi sembilan kota di tujuh negara. Angka kekayaannya terus bertambah menjadi 6,5 miliar Won (Rp79 miliar).

Sopan dan Jauh dari Skandal

View this post on Instagram

A post shared by 김수현 Kim Soo Hyun 金秀賢 (@soohyun_k216) on

Menjadi aktor dengan bayaran tinggi tak membuatnya lantas besar kepala. Terkenal ramah dan sopan, Soo-Hyun juga mudah bergaul dan penuh etika. Ia kerap menunjukkan sikap terbuka tanpa senioritas dengan para pemain yang lebih muda.

Terpenting, Soo-Hyun kerap tampil sederhana dan membumi ini jauh dari skandal. Dengan pesonanya yang terbilang awet muda, para penggemar tak hanya terkagum-kagum tapi juga menaruh respek dan simpati kepadanya.

Baca Juga: Profil Song Hye Kyo, Bintang K-Drama Endless Love yang Awet Muda dan Jago Empat Bahasa

Jadi Aktor dengan Bayaran Termahal

View this post on Instagram

A post shared by 김수현 Kim Soo Hyun 金秀賢 (@soohyun_k216) on

Selektif dalam memilih peran, tiap karyanya selalu mendapat rating tinggi dan disukai. Honornya pun terus meningkat hingga bertengger di angka Rp40 hingga 50 miliar. Terutama dalam dua tahun belakangan, etika sopan santun membuatnya semakin banjir penggemar.

Berbanding kontras dengan sikap sopannya yang membumi, pendapatannya terus melambung hingga sebesar 100 juta Won (setara Rp1,2 miliar) per episode di tahun 2018. Income ini terus bertambah dua kali lipat terutama setelah Kim Soo Hyun menjalani wajib militer di tahun berikutnya.

Menjadi sorotan, Soo-Hyun dibayar hingga 200 juta Won (Rp2,4 miliar) untuk aktingnya sebagai pemeran utama dalam It's Okay to Not Be Okay. Sehingga diprediksikan, penghasilannya mencapai angka yang fantastis, yakni 3,2 miliar Won (Rp39 triliun). Serial drama tersebut lantas membuat sang bintang menjadi aktor dengan honor paling tinggi di tahun 2020 ini.

Berhasil memecahkan rekor honor termahal untuk akting per episode, pria yang pemalu kini menjelma menjadi miliarder di usianya yang masih relatif muda. Uniknya lagi, ia tetap memilih hidup sederhana dengan penampilannya yang bersahaja.

Punya Gangguan Kesehatan Jantung

View this post on Instagram

A post shared by 김수현 Kim Soo Hyun 金秀賢 (@soohyun_k216) on

Sejak masih kecil, Soo-Hyun menderita gangguan kesehatan jantung. Kondisi tersebut membuatnya harus menjalani operasi pada tahun 2010 lalu. Publik dan penggemarnya yang banyak pun sempat dibuat khawatir atas kondisi bintang film kesayangan mereka.

Namun dalam sebuah interview, ia menyebutkan bahwa tidak ada yang perlu dicemaskan. Meski punya jadwal kerja yang padat dengan segudang kegiatan lainnya, Kim Soo Hyun menandaskan dirinya telah menjalani perawatan terbaik.

Tips Sukses Ala Kim Soo Hyun

Berkat kinerjanya yang konsisten dan berkomitmen tinggi, Kim Soo Hyun tak hanya berhasil meraih begitu banyak penghargaan bergengsi dan apresiasi. Di tahun 2013, namanya masuk dalam Forbes Korea Power Celebrity dan menduduki peringkat nomor empat.

Dua tahun setelahnya, namanya masih berada dalam daftar bergengsi tersebut dan naik di peringkat kedua. Sedangkan di tahun 2016, ia menduduki peringkat kelima. Dengan seluruh drama TV yang meraup sukses di Asia, ia pun menjadi bintang Hallyu berkualitas papan atas.

Tak hanya kerja keras dan totalitas bertahun-tahun yang didedikasikannya, Soo-Hyun juga menjauhkan diri dari skandal yang dapat membuatnya tersandung. Tak tergoda dengan gemerlap dunia, ia teguh mempertahankan etika santun dan sikapnya yang membumi.

Tak seperti idol dari Korea lainnya yang kerap tersandung skandal, Kim Soo Hyun memilih jalan yang lurus. Ini tentu tidak mudah, terutama setelah keberhasilan, ketenaran dan harta berlimpah telah berada dalam genggamannya. 

Namun tak dapat dipungkiri, moral serta nurani yang baik akan terus direspek dan dicintai umat manusia. Hal itulah yang juga membuat karier Kim Soo Hyun terus berkembang pesat sehingga sosoknya mendapat tempat di hati masyarakat. Yuk, kita jadikan kebaikannya sebagai teladan.

Baca Juga: Bantu Keluarga, Begini Perjalanan Karier Lee Dong Wook