Bantu Keluarga, Begini Perjalanan Karier Lee Dong Wook

Bagi para penggemar drama Korea tentu sudah tak asing lagi dengan ahjussi tampan yang satu ini. Lee Dong Wook dikenal karena aktingnya yang memukau di sejumlah serial drama kesayangan pemirsa layar kaca.

Aktor kawakan kelahiran tahun 1981 ini tercatat pernah membintangi drama My Girl, Bubble Gum, Wild Romance, Hotel King, Touch of Heart, hingga tentunya Goblin (2016). Selain itu, sang aktor juga melakoni serial drama bergenre thriller yang berjudul Strangers From Hell.

Berprofesi sebagai aktor, master of ceremony dan juga model telah dilakoni cukup lama oleh Lee Dong Wook. Pemain film Arang, The Beauty Inside, The Perfect Couple serta Heartbreak Library ini telah berkarier di industri entertainment telah sejak tahun 1999 lalu.

Ia tak hanya berhasil mengantongi penghargaan New Generation Actor dari Korean Most Popular Entertainment Awards 2001, tapi juga Best New Actor (TV) dari ajang yang sama di tahun 2002. Ia juga menyabet Best Supporting Actor dari Annual DramaFever Awards 2017 untuk kemunculannya Guardian: The Lonely and Great God

Baca Juga: Kisah Sukses Si Cantik Bae Suzy, Terus Bersinar Meski Miss A Telah Bubar

Demi Membantu Keuangan Keluarga

View this post on Instagram

A post shared by 이동욱 (Official_Instagram) (@leedongwook_official) on

Sebagai putra pertama dari empat bersaudara, Lee Dong Wook merupakan anak sulung yang berbakti kepada keluarga. Sedari remaja, oppa yang berkharisma ini sudah turun tangan bekerja demi menyokong kondisi keuangan keluarga yang dikasihinya.

Mantan kekasih Bae Suzy ini lantas memutuskan terjun ke industri hiburan di umurnya yang saat itu masih 18 tahun. Sebagai pelajar SMA, ia mulai tampil sebagai figuran dan peran kecil lainnya di sejumlah drama.

Memiliki keindahan fisik yang menawan dan mempesona, Dong Wook juga sempat menjuarai kompetisi model V-Ness di tahun 1999. Tahun tersebut juga menjadi awal kemunculannya dalam serial drama berjudul School 2. Ketika itu ia dipercaya untuk memerankan sosok protagonist yang merupakan teman dekat dari tokoh utama.

Guna menunjang kariernya, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Joongbu dan mengambil jurusan Broadcasting and Media Arts. Perlahan tetapi pasti, Dong Wook mengambil sejumlah peran kecil dan tampil meramaikan beberapa serial drama. Antara lain seperti Secret di tahun 2000, Land of Wine (2003), serta Precious Family (2004).

Karier yang Stabil dan Terus Menanjak

View this post on Instagram

A post shared by 이동욱 (Official_Instagram) (@leedongwook_official) on

Memulai kariernya dari nol, Lee Dong Wook terus mengasah keterampilannya dalam berakting. Ia tekun bermain di sejumlah drama dan mempertahankan stabilitas kariernya sebagai pekerja seni. 

Hingga akhirnya di tahun 2005, ia pun didapuk menjadi pemeran utama untuk drama berjudul My Girl yang tayang di SBS. Dengan penampilan yang atraktif disertai kepiawaiannya dalam berakting membuat namanya pun kian melejit. 

Sejak saat itu, Lee Dong Wook terus dipercaya untuk memainkan peran utama di sejumlah serial drama lainnya. Salah satunya seperti Scent of Woman yang tayang di tahun 2011. 

Berikutnya di tahun 2013, ia melakoni drama The Fugitive of Joseon yang disusul dengan kemunculannya yang apik di serial Blade Man (2014). Di tahun yang sama, ia pun tak segan menonjolkan kemahirannya dalam berakting dalam Hotel King.

Hingga di tahun 2017, ia pun bekerja di bawah naungan King Kong Entertainment (Starship Entertainment) dan terus melebarkan sayapnya dalam menekuni seni peran. Berbagai sumber menyebutkan bahwa di tahun 2017 saja, sahabat karib Gong Yoo ini telah berhasil mengantongi pendapatan bersih hingga mencapai 3 juta Dollar AS.

Punya Keunikan Genetika

View this post on Instagram

A post shared by 이동욱 (Official_Instagram) (@leedongwook_official) on

Sebagaimana diketahui, pria yang lahir pada 6 November 1981 ini tak hanya dikenal berwajah tampan. Tak hanya dianugerahi bibir berwarna merah yang natural. Warna kulitnya pun bahkan lebih putih bila dibandingkan dengan orang Korea pada umumnya.

Seolah semua itu belum cukup, Dong Wook yang mempunyai struktur tulang wajah seperti orang Kaukasian ini juga tampak awet muda. Padahal, usianya kini sudah hampir mencapai kepala empat. Tak disangka, ada fakta menarik yang tersembunyi di baliknya.

Dalam sebuah program acara talkshow baru-baru ini, seorang ahli forensik sengaja ikut dihadirkan guna memeriksa DNA sang bintang. Dari situlah terungkap, bahwa ternyata Lee Dong Wook mewarisi gen ras Rusia, tepatnya Siberian.

Seperti diketahui, kawasan Siberia umumnya ditempati oleh mereka yang mewarisi gen dari suku Khakas (Turki) hingga Koryaks. Selanjutnya, profesor sekaligus dosen dari Universitas Nasional Seoul tersebut mengungkapkan bahwa gen yang dimiliki Lee Dong Wook terbilang langka.

Gen yang hanya diwarisi oleh 1% orang Korea inilah yang memungkinkannya terlihat lebih awet muda. Meski usianya kini telah mencapai 38 tahun, namun secara fisik, tubuhnya masih berumur tujuh tahun lebih muda dari usia sebenarnya yakni 31 tahun. Daebak!

Baca Juga: Belum Lama Berkarir, Aktris Kim Da Mi Sudah Kantongi Segudang Prestasi

Kesuksesan Goblin yang Mengglobal

View this post on Instagram

A post shared by 이동욱 (Official_Instagram) (@leedongwook_official) on

Serial drama Goblin yang suksesnya mendunia di tahun 2016 lalu turut melambungkan nama Lee Dong Wook termasuk di Indonesia sendiri. Dalam serial yang ratingnya tinggi tersebut, ia berperan sebagai Grim Reaper (sang malaikat maut).

Kemampuannya yang andal dalam berakting telah berhasil menciptakan chemistry tersendiri antara dirinya dengan Gong Yoo, Kim Go Eun, dan Yoo In Na. Lee Dong Wook semakin berhasil memantapkan eksistensinya sebagai aktor hallyu dan namanya kian tersohor tak hanya di Korea Selatan tapi juga hingga ke Asia Tenggara. 

Popularitas yang Berujung Depresi

View this post on Instagram

A post shared by 이동욱 (Official_Instagram) (@leedongwook_official) on

Ketenaran yang didapatkan dari kesuksesan Goblin rupanya menjadi pisau bermata dua bagi Lee Dong Wook. Pasalnya, ia menjadi depresi oleh karenanya. Seluruh penggemar hampir selalu menjulukinya dengan sebutan malaikat maut.

Ia juga kerap merasa tak nyaman dengan ekspektasi penggemar yang menginginkannya bersanding dengan aktris Yoo In Na di kehidupan nyata. Kondisinya semakin diperparah setelah ia kehilangan rasa percaya diri jika melepaskan peran fiktif yang pernah dilakoninya itu.

Tak ingin berlarut-larut akibat imbas dari pekerjaannya, ia memutuskan untuk mengambil peran yang lebih realistis demi menyelaraskan diri kembali dengan jati dirinya.

Alih-alih berhenti, ia mengambil peran lain dan tetap produktif sebagai aktor. Pria yang masuk dalam daftar Men of Year majalah GQ Korea 2018 ini lantas bermain dalam drama yang berkisah tentang kehidupan orang medis berjudul Life. 

Merambah Layar Lebar Hingga Sukses Sebagai Presenter

View this post on Instagram

A post shared by 이동욱 (Official_Instagram) (@leedongwook_official) on

Seiring dengan perkembangan kariernya yang meroket, Lee Dong Wook semakin sering didapuk menjadi presenter untuk berbagai kesempatan. Salah satunya seperti program acara populer, Produce X 101 di tahun 2019 dan Strong Heart (2012-2013).

Tak hanya sering menjadi master of ceremony, pria dengan tinggi tubuh mencapai 1,84 meter ini juga kerap muncul membintangi sejumlah acara varietas di layar TV. Di antaranya yaitu Roommate, Running Man, dan tak ketinggalan Happy Together.

Dan kabar terbarunya, pemain film The Recipe, The Beauty Inside, Heartbreak Library, Arang dan The Perfect Couple ini akan menjadi pembawa acara untuk program talkshow miliknya sendiri.

Konsistensi dan Dedikasi Membawa Kesuksesan

Bermimpi untuk menjadi aktor sejak kecil, kini nama Lee Dong Wook telah menjadi bagian dari deretan aktor papan atas Korea Selatan. Kelak ia ingin melebarkan sayapnya sebagai produser dan sutradara film. Namun jika mengilas balik, siapa sangka bahwa rasa tanggung jawab dan dedikasi besarnya kepada keluargalah yang kini membuatnya sukses sebagai aktor.

Meski kerap mendapat peran romantis dalam berbagai drama yang dibintanginya, namun nyatanya ia bukanlah pria yang berkarakter seperti itu dalam kesehariannya. Namun demikian, tak dapat dipungkiri jika ia adalah sosok family man yang kebapak-an.

Berkat konsistensinya selama dua puluh tahun berkarier, ia tak hanya berhasil membantu keuangan keluarganya, tapi juga mengecap ketenaran yang tinggi. Sebagai pribadi sederhana dan pemalu, sang aktor terus menjalani rutinitasnya dengan sangat terorganisir.

Seringkali bagi banyak orang, keluarga bisa menjadi motivator sekaligus katalisator yang signifikan untuk mencapai kesuksesan. Seperti Lee Dong Wook, Anda juga bisa mendedikasikan ketekunan yang totalitas dalam bekerja dan berkarya demi orang-orang tercinta.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda para Artis Korea