Profil Song Hye Kyo, Bintang K-Drama Endless Love yang Awet Muda dan Jago Empat Bahasa

Sebagai salah satu selebritas Korea Selatan, nama Song Hye Kyo telah lama dikenal luas masyarakat dunia. Aktris multi talenta ini tak hanya andal berakting. Kepiawaiannya juga terbilang unggul di dunia model.

Berkecimpung di industri entertainment sejak tahun 1996, nama Song Hye Kyo punya andil besar dalam mengibarkan serial drama dari Negeri Ginseng ke seluruh dunia. Melakoni beragam judul serial drama, Song Hye Kyo masuk peringkat tujuh dalam list Korea Power Celebrity versi Forbes 2017.

Sepak terjangnya sebagai pemain peran lantas membuat namanya menjadi salah satu Hallyu Star senior dan papan atas. Hallyu sendiri merupakan istilah dalam Korean Wave, ketika budaya Korea Selatan menjadi pengaruh dan arusnya keluar mencapai kancah internasional.

Tak hanya menuai popularitas tinggi, aktris cantik yang awet muda ini juga tercatat punya banyak prestasi membanggakan. Salah satunya yaitu Grand Prix atau Daesang (penghargaan tertinggi) bagi insan televisi lewat Asia-Pacific Actors Network Awards. Menjadi Daesang pertama, ia berhasil menyabet penghargaan tersebut di tahun 2013, setelah sukses memerankan tokoh bernama Oh Young dalam The Winter, The Wind Blows (2013).

Debut Perdana Sebagai Model

View this post on Instagram

A post shared by Hyekyo Song (@kyo1122) on

Song Hye Kyo memutuskan terjun ke dunia model di tahun 1996. Debut perdananya ialah sebagai model. Lulusan Sarjana Perfilman dari universitas terkenal di Seoul ini sering mengikuti berbagai kompetisi modeling, salah satunya ialah Happy Morning.

Dalam sayembara tersebut, ia berhasil mendapat hadiah utamanya. Sejak saat itu Song Hye Kyo yang merupakan putri tunggal keluarganya ini jadi semakin mantap terjun total ke industri hiburan. 

Ia pun semakin sering mengikuti berbagai kontes dan kompetisi model. Sebagai individu multi talenta, Song Hye Kyo bahkan pernah memenangkan sayembara musik SunKyung. Masih di tahun yang sama, ia mencoba peruntungan dengan menjajal dunia akting dan tampil dalam Merry Morning.

Namun ada fakta menarik yang jarang diketahui publik terkait Song Hye Kyo. Sebelum berkiprah sebagai model, ia adalah atlet ice skating. Sejak usia SD hingga SMP, mantan istri Song Jong Ki ini sudah tekun melatih kebolehannya bermain ice skating.

Baca Juga: Song Song Couple, Pasangan Selebritis dengan Bayaran Termahal dan Aset Miliaran Rupiah

Mengasah Bakat dalam Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by Hyekyo Song (@kyo1122) on

Sepanjang kariernya yang sukses, Song Hye Kyo telah melakoni puluhan serial drama. Meski begitu, awalnya ia hanya tampil sebagai cameo di sejumlah serial drama. Belakangan, namanya jadi kian melejit setelah serial romantic drama dengan judul Autumn in My Heart (Endless Love di Indonesia) di tahun 2000 sukses besar.

Nama aktris ini pun semakin dikenal luas di seluruh Asia. Semakin tenar, ia kemudian kembali membintangi Full House (2004). Kesuksesan berbagai drama yang dibintanginya tak pelak juga ikut melambungkan pamornya.

Berotak Encer dan Fasih Empat Bahasa

View this post on Instagram

A post shared by Hyekyo Song (@kyo1122) on

Selain memiliki kecantikan natural tanpa bedah kosmetik, rupanya Hye Kyo juga unggul dalam kecerdasan linguistik. Sang aktris tak hanya menguasai Bahasa Korea sebagai bahasa utamanya, tapi juga Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris.

Kemampuannya dalam berbahasa Inggris terlihat ketika ia membintangi Descendants of the Sun (2016). Kabarnya, ia menghabiskan waktu hingga beberapa bulan di New York demi fasih Bahasa Inggris tanpa aksen kental Korea.

Kemudian sewaktu bermain dalam The Queens di tahun 2015, ia sudah fasih berbicara Bahasa Mandarin. Padahal di tahun 2013 lalu, ia masih harus menggunakan dubbing saat melakoni The Grandmaster.

Berikutnya, Hye Kyo tampil dalam beberapa program acara televisi di Jepang. Dalam sejumlah acara tersebut, sang aktris yang dikenal sebagai sosok yang dermawan dan ramah ini memperlihatkan kebolehannya fasih berbicara Bahasa Jepang. 

Di tahun 2016 lalu, namanya muncul dalam list para aktris yang memiliki sexy brain alias pintar versi tvN. Dalam daftar yang dipublikasikan di tayangan Name List tersebut, Song Hye Kyo menempati posisi ketiga.

Sering Terlibat Cinta Lokasi

View this post on Instagram

A post shared by Hyekyo Song (@kyo1122) on

Kemampuan akting Song Hye Kyo tentu sudah tidak diragukan lagi. Namun seringnya, kebolehannya ini kerap menjadi pedang bermata dua. Pasalnya, ia jadi terjebak beberapa kali dalam cinta lokasi dengan lawan mainnya.

Saking totalnya ia menjiwai sebuah peran, Song Hye Kyo malah saling jatuh cinta dengan aktor yang menjadi pasangannya di serial drama yang ia mainkan. Sewaktu melakoni drama All In (2003) contohnya, Hye Kyo saling jatuh cinta dengan Lee Byung Hun dan menjadi pasangan betulan.

Pola ini kembali terulang ketika Song Hye Kyo membintangi drama berjudul drama The World That They Live In. Ia kembali jatuh ke pelukan lawan mainnya, yakni Hyun Bin. Beberapa waktu lalu Song Hye Kyo Song Jong Ki juga mengalami cinta lokasi selepas drama Descendants of The Sun. Hubungan mereka berlanjut hingga ke pelaminan namun kemudian berakhir dengan perceraian. 

Baca Juga: 8 Selebgram Terkaya dan Terpopuler di Luar Negeri

Merambah Kesuksesan Skala Internasional

View this post on Instagram

A post shared by Hyekyo Song (@kyo1122) on

Setelah membintangi Full House pada tahun 2004, ia menapaki popularitas kelas internasional. Namanya semakin mendunia, yang kemudian membuatnya menjadi bintang Hallyu. Kesuksesan ini membuatnya dilirik untuk membintangi film skala mancanegara.

Di tahun 2008, bintang drama Guardian Angel (2001) ini dipercaya untuk melakoni film Make Yourself at Home (Fetish) garapan Amerika Serikat. Selain bermain dalam film bergenre horror tersebut, Song Hye Kyo juga ikut tampil dalam The Crossing (2014) produksi Negeri Tiongkok.

Sebelumnya, pada tahun 2013, pemain drama Encounter (2018) ini juga kembali membintangi film China lainnya yang berjudul The Grandmaster. Dalam film tersebut, Hye Kyo beradu akting dengan aktor Hong Kong kawakan, Tony Leung Chiu Wai.

Selain itu masih ada banyak judul film layar lebar lainnya yang telah ia bintangi. Dengan pesonanya yang menawan hati, film yang ia bintangi selalu laris manis dan menarik perhatian para penggemarnya.

Kiat Sukses Ala Song Hye Kyo

Kini, aktris yang kerap dijuluki Woodpecker karena cara bicaranya yang cepat ini telah menjadi salah satu bintang dengan bayaran paling mahal di Korea Selatan. Bayaran sang aktris senior ini telah menembus jumlah fantastis, baik untuk membintangi drama, film, maupun iklan.

Ia memiliki sejumlah property di kawasan bergengsi Gangnam dengan nilai lebih dari Rp200 miliar. Di samping itu, hunian mewah lainnya juga terhitung menembus angka ratusan miliar termasuk kondominium seharga Rp24 miliar yang berlokasi di New York, Amerika Serikat.

Brand ambassador dari Chaumet, Paris ini memang telah mengenyam sukses besar di dunia akting. Dengan penjiwaan yang total sebagai aktris pemeran tokoh protagonis, ia juga harus menelan konsekuensi sulitnya lepas dari peran yang ia mainkan dan berimbas pada kehidupan cintanya. 

Meski begitu, aktris Korea Selatan yang pernah mendapat kado ultah reklame digital terpampang di Times Square, New York sudah sangat berdedikasi dalam pekerjaannya. Meski begitu, kesuksesan profesional Song Hye Kyo tak dapat disangkal. Berkat kerja kerasnya, kini ia menikmati harta berlimpah dan ketenaran tingkat mancanegara sebagai hasil dari dedikasinya.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda para Artis Korea