Kekinian dan Menjanjikan, Ini 10 Tips Jadi Atlet E-Sport Profesional

esport

Sejak jadi profesional gamer dan Atlet E-sport sudah menjadi salah satu pilihan karir yang tidak hanya menarik tapi juga menjanjikan. Sekarang level eksklusivitas seorang Atlet e-sport sudah sama dengan atlet olahraga profesional lainnya.

Esports adalah bentuk kompetisi olahraga menggunakan video game. Esports sering mengambil bentuk kompetisi permainan video multi-pemain yang terorganisir, khususnya antara pemain profesional, secara individu atau sebagai tim.

Di Indonesia sendiri, beberapa sekolah telah menjadikan e-sport tidak hanya menjadi sekedar ekstrakurikuler tapi juga menjadi bagian dari mata pelajaran hingga menjadi sebuah jurusan khusus untuk mengarahkan hobi bermain game pada anak sebagai seorang profesional gamer.

Berawal dari hobi hingga menjadi seorang dengan penghasilan sampai ratusan juta rupiah tentu saja membuat profesi Atlet e-sport tidak butuh waktu lama dalam meraih kepopuleran terutama di kalangan para remaja.

Nah, untuk kamu yang memiliki hobi serupa jangan sia-siakan kesempatan memanfaatkan hobi menjadi penghasilan. Berikut tips agar bisa dilirik tim e-sport dan jadi Atlet e-sport profesional:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Fokus pada Satu Game

Bagi kamu yang sudah menjalani hobi bermain game online pasti sudah memiliki setidaknya 2-3 games yang sering dimainkan. Tapi layaknya berlatih menjadi Atlet olahraga profesional yang fokus latihan hanya pada 1 jenis olahraga saja.

Tahap latihan yang harus dilakukan untuk menjadi langkah awal menjadi Atlet e-sport adalah fokus meningkatkan kemampuan pada satu jenis game saja.

Setiap jenis game online populer memiliki liga atau kompetisinya sendiri sama seperti olahraga. Jadi jika kamu merasa kamu lebih jago untuk satu jenis game maka fokuslah berlatih dengan games tersebut. Mulai dari belajar strategi, meningkatkan level, rajin melakukan kompetisi baik dengan orang lain atau membentu tim sendiri.

2. Latihan dan Terus Latihan

Menjadi seorang Atlet level profesional itu tidak mudah. Prosesnya panjang dan tentunya dipenuhi dengan latihan, latihan dan latihan. Buatlah jadwal latihan pribadi kamu agar lebih memotivasi kamu untuk lebih disiplin dalam melatih dan meningkatkan kemampuan bermain game kamu.

Perbanyak mempelajari taktik yang bisa digunakan dalam game. Tidak usah peduli menang atau kalah, dalam latihan yang diutamakan adalah memperbanyak ilmu dan belajar strategi baru.

3. Bergabung dengan Komunitas

Jika kamu sudah merasa cukup pintar dalam menguasai game maka kamu sudah bisa memulai untuk bergabung dengan komunitas-komunitas dari game yang sedang kamu tekuni. Mudah kok, komunitas ini bisa kamu cari di berbagai forum online mulai reddit sampai IeSPA di Ligagame.

Dengan bergabung dengan komunitas kamu bisa berkenalan dengan lebih banyak gamer lainnya. Lebih banyak kenalan artinya lebih banya tips, trik dan info terbaru yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Cerdas ini, Agar Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbang

4. Belajar Langsung dari Pemain Pro

Cara lain yang paling efektif dalam meningkatkan skill game adalah menonton pertandingan team yang diisi oleh pemain-pemain profesional. Dengan rajin mengikuti pertandingan game pemain pro itu kamu bisa belajar dengan memahami pola bermain dari masing-masing pemain pro tersebut.

Kamu bisa menonton pertandingan game secara online baik dari youtube atau twitch. Belajar langsung dari pertandingan tidak hanya memperbanyak ilmu tapi juga gratis.

5. Siapkan Perlengkapan

Skill memang penting tapi memiliki peralatan siap tempurnya juga tidak kalah penting. Tidak perlu yang mahal yang penting standar dan nyaman untuk kamu gunakan. Seperti mouse, keyboard, mousepad hingga headsetnya.

Tapi sebelum membeli, kamu jangan lupa untuk membaca rekomendasinya dulu, review dan kalau bisa minta pendapat dari teman-teman gamers kamu lainnya produk tertentu. Biar tidak salah beli.

6. Cari dan Bentuk Team

Inilah gunanya bergabung dalam sebuah komunitas. Kamu bisa mencari dan mengajak orang-orang yang bergabung di komunitas yang sama dengan mu untuk membentuk tim gamemu sendiri. Dengan semakin meningkatnya reputasi team kamu dalam dunia games, maka semakin tinggi juga peluang kamu untuk direkrut oleh team profesional.

7. Mengikuti Turnamen Lokal

Saat skill sudah cukup oke, coba tantang dirimu dan team ke level yang lebih tinggi lagi dengan mengikuti turnamen lokal. Kamu bisa mengikuti beragam turnamen yang diselenggarakan oleh warnet game online atau antar komunitas dulu sebagai langkah awal. Turnamen bisa meningkatkan reputasi, mengasah kemampuan dan bisa menambah pengalaman kamu.

8. Perluas Network

Jangan puas hanya bergabung dengan satu komunitas dan ikut turnamen lokal yang disitu-situ saja. Perlebar sayap mu dengan bergabung kelebih banyak komunitas, mengikuti lebih banyak turnamen lokal di kota-kota lain atau lebih banyak lagi meng-eksplor lebih banyak event-event game yang diselenggarakan. Dengan menjalin relasi dengan lebih banyak gamers maka semakin cepat juga kamu dalam meningkatkan reputasimu.

Baca Juga: Kuasai 5 Hal Ini agar Karier Cemerlang di Usia 30 Tahun

9. Perbaiki Statistik Permainanmu

Layaknya raport, kemampuan statistik permainanmu adalah tolak ukur dari kemampuan dan level skill kamu dalam bermain. Para scout calon Atlet e-sport akan menggunakan catatan statistik permainan kamu untuk mengukur keahlianmu dan apakah kamu sudah cocok untuk direkrut sebagai profesional atau tidak. Jadi selalu perbaiki statistik bermain kamu setiap selesai latihan atau melakukan pertandingan.

10. Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Kemampuan bekerja sama dalam tim adalah hal utama yang dicari dari setiap pemain. Selain itu kedisiplinan dan kemampuan berkomunikasi yang baik juga merupakan komponen utama lain yang wajib dimiliki oleh para pro-gamers. Komunikasi yang baik dapat membuat tim membentuk strategi dan trik yang baik antar sesama anggota.

Konsistensi Kunci Utama Sukses jadi Atlet E-sport

Butuh proses yang tidak sebentar, menjadi seorang Atles E-sport tidaklah mudah. Untuk itu, menjaga komitmen untuk tidak menyerah pada diri sendiri sangatlah penting. Selain itu, jangan hanya membatasi level sukses kamu dengan berhasil menjadi bagian dari team profesional saja. Tetap terus belajar dan mengembangkan diri hingga mencapai tingkat kejuaraan internasional.

Baca Juga: Berencana Melamar Kerja? Ini yang akan Dilihat Rekruiter dari Media Sosialmu