Kenapa Harus Berkunjung Ke Pulau Seribu Walau Hanya Sekali?

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar Kota Jakarta? Ada tiga kata yang bisa kita gunakan untuk mendeskripsikan Kota Jakarta, yaitu macet, panas, dan ramai. Ya, semua orang yang tinggal di Indonesia tahu bagaimana hiruk pikuk Kota Jakarta.

Di balik keramaiannya yang super parah, Kota Jakarta masih menjadi daerah yang selalu diburu masyarakat Indonesia. Selain kesempatan untuk mencari sesuap nasi lebih besar, Jakarta juga memiliki pulau sendiri yang dinamakan Pulau Seribu. Pulau ini juga sangat populer di kalangan para traveller, baik lokal hingga internasional. 

Sebelumnya, pulau seribu ini sempat ditutup karena pandemi virus corona atau Covid-19 guna pemutusan penyebaran virus. Berhubung Jakarta sudah memasuki tahap PSBB transisi, pulau seribu sudah kembali dibuka untuk pengunjung. Meski begitu, pulau seribu tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah untuk tempat wisata. Hal ini tentunya bisa menjadi rekomendasi kamu dan keluarga untuk menikmati liburan di akhir tahun.

Bagi Anda yang penasaran, kenapa harus berkunjung ke Pulau Seribu, tak ada salahnya simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Dekat dari Jakarta

Pulau Seribu
Salah Satu Sisi Sejarah Pulau Seribu

Liburan ke pulau rasanya pasti “wah” dan seru. Daripada jauh-jauh ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara, lebih baik berkunjung ke Pulau Seribu. Bahkan, jarak tempuh ke pulau ini jauh lebih cepat dibandingkan jarak tempuh ke tempatmu bekerja. Kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu 8 jam untuk sampai di tempat tujuan. Sebab Pulau Seribu ini dapat dicapai cukup dengan 1,5 jam saja dari ibu kota.

Baca Juga: Liburan ke Singapura Jadi Liburan Hemat dan Murah dengan Tips Berikut

2. Mudah Diakses

Pulau Seribu
Akses ke Pulau Seribu Lewat Laut

Sebagai ibu kota provinsi Indonesia, Jakarta menawarkan segala kemudahan, termasuk akses untuk mengunjungi tempat wisata. Meskipun namanya “pulau”, akses ke Pulau Seribu tidak sesulit saat kamu berkunjung ke pulau lain. Kamu bisa berkunjung ke sini dengan bus. Hanya kamu harus rela bepergian dengan perahu mesin setiap kali ingin mengunjungi semua pulau ya. Sebab perahu merupakan salah satu alat transportasi yang ada di pulau ini.

3. Tidak Hanya Satu Pulau, tapi Ada Banyak

Pulau Seribu
Pemandangan Pulau Seribu dari Atas via backpackerjakarta. com

Salah satu keunikan Pulau Seribu adalah jumlah pulaunya. Ya, pulau ini memiliki lebih dari lima pulau yang bisa kamu kunjungi satu per satu. Jarak antara pulau yang satu dan pulau lain juga tidak terlalu jauh. Kamu dapat menempuhnya dalam waktu 30 menit saja. Namun, untuk pulau yang paling indah, kamu harus rela duduk berjam-jam di atas perahu ya. Namun, waktu perjalanan yang kamu habiskan akan terbayar saat sampai ke pulau tersebut.

4. Penduduk yang Ramah

Pulau Seribu
Penduduk Ramah

Alasan lain kenapa harus mengunjungi Pulau Seribu adalah penduduknya yang ramah. Mayoritas penduduk yang tinggal di sini bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka dengan senang hati membantumu jika terjadi kesulitan. Bahkan, mereka juga rela mengantarkanmu keliling pulau ini jika kamu mau. Masalah biaya? Tenang saja, mereka mematok harga standar. Jadi, tak perlu takut dompetmu kempes ya.

5. Daerah Pemukiman yang Nyaman

Pulau Seribu
Penginapan di Pulau Seribu via indonesia.tripcanvas. co

Tingkat keramaian di Pulau Seribu tidak bisa disandingkan dengan ibu kota. Pulau ini masih sangat sepi sehingga sangat nyaman dijadikan tempat tinggal. Liburanmu juga akan lebih terasa sewaktu berkunjung ke sini karena kebanyakan suara yang kamu dengar adalah desiran ombak, suara perahu, dan kicauan burung.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

6. Hemat Biaya

Pulau Seribu
Liburan ke Pulau Seribu Tidak Menghabiskan Banyak Biaya

Kita semua tahu kalau berkunjung ke sebuah pulau memakan biaya yang jauh lebih besar, mengingat akses transportasi dan akomodasi yang masih sangat jarang. Tapi, tenang saja, berkunjung ke Pulau Seribu masih membuat dompetmu aman. Kamu tak perlu takut uangmu habis. Inilah yang menjadi alasan mengapa kamu harus berkunjung ke sini.

Kalau budget yang dimiliki terbatas, kamu bisa ikut liburan ala backpacker yang sederhana. Semua biaya yang ada juga ditanggung. Jadi, dirimu pasti jauh dari kata boros selama menikmati liburan.

7. Suasana Liburan Lebih Terasa

Pulau Seribu
Ilustrasi Merasakan Liburan yang Sesungguhnya

Seperti yang sudah disinggung di poin nomor 5, penduduk yang tinggal di pulau ini masih sangat sedikit. Kamu bahkan bisa menghitung jumlah pemukiman yang ada di sana. Keadaan seperti inilah yang membuat liburan lebih terasa bermanfaat dibandingkan liburan sebelumnya.

Walaupun hari-hari besar, kehidupan di Pulau Seribu tidak seramai di pulau-pulau lainnya. Jadi, kamu dan orang-orang tercinta masih bisa merasakan indahnya momen kebersamaan sekaligus memupuk kekeluargaan.

Baca Juga: 8 Destinasi Liburan Menarik di Malang

Pulau Tersembunyi yang Indah

Pulau Seribu mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di desa. Tapi, keindahan pulau ini tiada duanya. Di musim liburan seperti ini, ada baiknya kamu menyisakan waktu untuk mengunjungi pulau nan indah ini. Dengan begitu, liburanmu lebih terasa seru, dompet juga tidak terkuras. Namun, liburan di kala pandemi corona seperti ini, kamu dan keluarga tetap harus memperhatikan kesehatan agar tidak terpapar virus penyakit dengan menerapkan protokol kesehatan pencegaran virus Covid-19 dengan ketat.

Baca Juga: Cara Merencanakan Liburan Sendiri Tanpa Beban