Kerja di Rumah Lama-Lama Bikin Jenuh dan Stress? Ini Dia Cara Menghilangkannya

Problem dalam hidup menjadi pemicu utama terjadinya stres. Jika tidak dihadapi dengan bijak, stres dapat berakibat pada aksi nekat yang berujung pada kematian. Dan terlalu lama berdiam diri di rumah pun bisa menimbulkan masalah terhadap kesehatan mental seseorang.

Tentu saja selama PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan bekerja dari rumah pasti membuat Anda sedikit jenuh bahkan stress karena tidak bisa berinteraksi dengan teman-teman dekat secara bebas. Tapi karena pandemi yang sedang terjadi Anda pun mau tidak mau harus menuruti aturan yang ada.

Tapi, tidak perlu dipikirkan hingga berkepanjangan. Kendalikan pikiran dan emosi Anda agar stres bisa hilang secara perlahan. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini cara efektif menghilangkan stres untuk Anda yang sudah terlalu jenuh bekerja dari rumah:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mengatur atau Menjadwal Rutinitas

mengatur ulang jadwal

Padatnya rutinitas yang harus dikerjakan dalam satu hari bisa membuat Anda stres. Selain itu, hasil yang dicapai pun tidak maksimal, sehingga stres pun makin menumpuk.

Sebelum memulai aktivitas harian, sebaiknya menyusun rangkaian aktivitas yang akan dikerjakan sebagai pedoman dalam bekerja. Dengan begitu, semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan pastinya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

2. Abaikan Masa Lalu, Jalani dan Syukuri Hari ini

bersyukur

Bayang-bayang masa lalu sering kali memicu stres. Apalagi kalau kesalahan pada masa lalu sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda saat ini.

Tidak salah jika memang mau mengingat peristiwa pada masa lalu. Namun, kalau sampai ingatan tersebut membuat Anda bersedih, ada baiknya dihentikan dan abaikan.

Jadikan kesalahan pada masa lalu menjadi pelajaran berharga pada masa sekarang. Seberat apa pun dampak yang Anda rasakan, hadapi dengan hati yang gembira. Sebab dengan energi yang positif, satu per satu masalah akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Membaca Buku ketika di Rumah selama Musim Pandemik Covid-19

3. Lakukan Meditasi Ringan walau Sebentar

meditasi

Meditasi sangat ampuh untuk menghilangkan stres dan juga bagus untuk meningkatkan konsentrasi. Tak perlu pergi ke pusat meditasi untuk melakukannya.

Anda bisa bermeditasi sendiri di rumah. Cukup dengan menarik napas dalam-dalam, pikiran pun jadi lebih tenang. Anda pun serasa seperti terlahir kembali karena pikiran benar-benar bersih setelah bermeditasi.

4. Nonton Film Horor Favorit dan Berteriaklah Sepuasnya

nonton film horor

Pakar kesehatan mengatakan jika berteriak menjadi obat penghilang stres paling mujarab. Masalah seberat apa pun bisa hilang secara perlahan hanya dengan berteriak.

Sebab sewaktu berteriak, tubuh akan secara otomatis melepas sebagian beban yang dirasakan. Dengan begitu, pikiran pun jadi lebih rileks.

Pilihlah tempat yang aman untuk berteriak, seperti pantai, sungai, ataupun pergi ke pusat wahana permainan yang menantang.

5. Jangan Malas Berolahraga

olahraga ringan

Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga ampuh untuk menghilangkan stres. Olahraga semisal jogging, senam, ataupun bersepeda di sekitaran rumah saja juga sangat baik untuk menenangkan pikiran. 

Sisihkan waktu Anda setidaknya 15 menit atau 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Kalau ingin pikiran benar-benar plong, Anda bisa mengikuti olahraga outdoor bersama rekan kerja. Selain menghilangkan stres, olahraga juga memicu adrenalin yang juga sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Cara Aman Belanja Kebutuhan Rumah Saat Pandemi Corona

6. Tidak Harus Berdiam Diri Terus di Rumah, Pergilah Keluar Sesekali

keluar rumah

Anda itu hanya diimbau untuk tidak terlalu lama keluar rumah, bukan dilarang sama sekali untuk keluar rumah. Jadi jika memang jenuh sudah tidak bisa ditahan lagi, tentu saja Anda boleh sebentar untuk jalan-jalan keluar rumah.

Tapi, jangan lupa gunakan masker dan selalu membawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi. Ingat selama pandemi ini melakukan kontak fisik sekecil apapun tetap bisa memberikan Anda risiko penularan virus corona. Jadi ketika keluar rumah tetap selalu jaga jarak dan hindari keramaian!

7. Mendengarkan Musik Favorit

mendengarkan musik

Hampir semua orang suka mendengarkan musik. Hal ini wajar karena alunan musik yang merdu dapat membuat pikiran jauh lebih tenang. Apalagi kalau lirik lagunya bagus, Anda pun otomatis ikut bahagia saat mendengarkannya.

Sebelum stres melanda, hidupkan musik kesukaan Anda dan dengarkan. Kalau perlu, ikutlah bernyanyi untuk mengekspresikan perasaan pada alunan musik yang diputar.

Tetap Berpikir Positif itu Penting

Ibarat air yang mengalir di pantai, begitulah masalah yang dihadapi manusia. Masalah akan terus datang silih berganti hingga kapan pun. Sebab hidup itu dinamis, terus bergerak. Hadapi setiap persoalan dengan pikiran positif agar masalah yang ada tidak menimbulkan stres. Lakukan juga cara menghilangkan stres di atas agar hidup Anda pun jauh lebih bahagia.

Baca Juga: Bangkit dari Corona, 25 Kabupaten/Kota Ini Siap Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal