Kisah Sukses Bintang Goblin Kim Go Eun, Model Olshop yang Jadi Aktris Profesional

Salah satu Hallyu Star yang cantik dan berbakat di abad ini ialah Kim Go-eun. Wanita kelahiran Seoul, 2 Juli 1991 ini sudah cukup lama wara-wiri di dunia entertainment. Tahun ini ia beradu akting dengan aktor tampan Lee Min Ho dalam The King: The Eternal Monarch.

Sebelumnya, sosok Kim Go Eun makin dikenal berkat penampilannya yang mempesona dalam serial Goblin (2016). Aktingnya yang piawai juga menawan hati para penggemar dalam film Coin Locker Girl dan Memories of the Sword (2015), Monster (2014), dan A Muse (2012).

Berkat kepiawaiannya dalam seni peran, wanita yang juga berprofesi sebagai penyanyi dan model ini pun berhasil menyabet beragam penghargaan. Di antaranya meliputi Aktris Baru Terbaik dari Penghargaan Grand Bell 2012, Aktris Pendatang Baru Terbaik dari Penghargaan Film Blue Dragon 2012, serta Penghargaan Seni Baeksang kategori Televisi: Aktris Pendatang Baru Terbaik 2016.

Baca Juga: Perjalanan Karier Park Shin-Hye, Si Cantik Hallyu Star yang Bintangi The Heirs

Minat Tinggi Terhadap Seni

View this post on Instagram

A post shared by @ggonekim

Wanita bertinggi tubuh 167 cm ini sudah tertarik kepada seni sejak masih remaja. Sewaktu masih berumur tiga tahun, ia pernah tinggal di Beijing, China. Menetap di Tiongkok selama satu dekade, tak heran jika ia jadi andal berbicara menggunakan Bahasa Mandarin.

Hingga pada suatu waktu, Go Eun menyaksikan Together—sebuah film bergenre drama yang tayang di tahun 2002. Sejak saat itu, ia jatuh hati pada seni peran dan bercita-cita untuk menjadi sutradara dan produser.

Keinginannya semakin kuat setelah mengenal seni peran dan teater. Alhasil, Kim Go-eun pun langsung mendaftar ke sekolah seni sekembalinya ia ke Korea Selatan. Belakangan, putri dari Kim In Gi ini menempuh pendidikannya di High School of Arts, Kaywon.

Debut Bermain dalam Film Dewasa

Tak disangka, debut perdana sang aktris ialah sebuah erotic movie yang berjudul A Muse (Eungyo) pada tahun 2012. Dalam film yang menjadi box office tersebut, Kim Go Eun yang saat itu masih berumur 21 tahun berani melakukan adegan di atas ranjang.

Di tahun yang sama, ia sebenarnya juga melakoni film Comfort dan Yeong-a, namun masih kalah pamor jika dibanding dengan A Muse. Kendati menimbulkan berbagai kontroversi dan kecaman, namun Kim Go Eun akhirnya berhasil memboyong lebih dari sepuluh trofi dan penghargaan bergengsi.

Terkait berbagai hujatan yang ditujukan kepadanya, ia menjadikan hal itu sebagai kritikan positif agar bisa menjadi pemeran yang lebih baik lagi.

Sempat Vakum Demi Pendidikan

View this post on Instagram

A post shared by @ggonekim

Setelah viral penampilannya dan mulai tenar, Kim Go-eun justru sempat vakum dari dunia perfilman. Memang ada banyak tawaran film yang berdatangan kepadanya. Namun saat itu, ia lebih mengutamakan untuk menyelesaikan pendidikannya.

Diketahui, ia kembali menuntut ilmu di Korea National University of Arts dan mengambil jurusan Drama Theatre. Namun hiatus tersebut tak berlangsung begitu lama. Selang dua tahun setelahnya, ia kembali menyapa penggemarnya dan membintangi film Monster yang bernuansa thriller.

Sejak saat itu, semakin banyak deretan judul film yang berhasil dibintanginya. Selain Neverdie Butterfly (2013), ia juga bermain dalam Memories of the Sword, The Advocate: A Missing Body hingga Coin Locker Girl (2015).

Di tahun 2016, Go Eun kembali membintangi Canola, yang disusul dengan komedi romantis Sunset in My Hometown (2018), serta Hit-and-Run Squad dan Tune in for Love (2019). Terbaru di tahun 2020, Kim Go Eun dikabarkan bermain dalam Hero serta Untact.

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Aktris Cantik Son Ye Jin, Bintang Crash Landing on You

Hoki Dapat Peran Utama

Dalam serial drama, Kim Go-eun telah melakoni sejumlah judul yang tak kalah banyaknya. Kemunculannya sebagai bintang serial drama bermula di tahun 2016. Saat itu, ia menjadi pemain utama dalam Cheese in the Trap dengan Park Hae Jin yang menjadi lawan mainnya.

Berkat aktingnya yang hebat dalam debut dramanya, ia pun berhasil mengantongi penghargaan Best New Actress (TV). Setelah itu, kiprahnya terus melaju dengan mulus. Keberuntungan hampir selalu datang menyapanya dengan menjadikan dirinya sebagai pemain utama.

Dalam Goblin (Guardian: The Lonely and Great God) yang tayang tahun 2016-2017, Kim Go Eun sukses besar dan kian diperhitungkan sebagai salah satu hallyu star. 

Kesuksesan serial tersebut praktis melambungkan namanya. Dalam serial drama yang tayang di tvN tersebut, ia berkesempatan beradu akting dengan Lee Dong Wook.

Kemudian di tahun ini, aktris yang bekerja di bawah naungan BH Entertainment ini telah menunaikan sebuah drama terbarunya yang berjudul The King: Eternal Monarch bersama Lee Min Ho.

Merambah Industri Musik

View this post on Instagram

A post shared by @ggonekim

Kim Go-eun juga ikut menjajal industri musik dengan menyanyikan lagu bergenre Hip Hop. Di tahun 2015, ia menyanyikan lagu Sun, Moon, Stars and Us yang dibawakan dalam format duet bersama Shin Seung Hun. 

Kemudian pada tahun berikutnya, ia kembali menyanyikan Attraction dan menggaet Tearliner sebagai partner kolaborasinya. Lagu ini menjadi OST dari Cheese in the Trap. Selain itu, ia juga kerap menyanyikan lagu cover, seperti duetnya dengan Henry Lau untuk lagu I’ll Never Love Again.

Tajir Melintir dan Jiwa Sosial Tinggi

Dengan kariernya yang cemerlang, Kim Go Eun berhasil mengumpulkan kekayaan total mencapai 5 Juta Dollar AS (setara Rp74 triliun). Dari ladang endorsement, ia juga terlibat kerja sama dengan sejumlah merek. Seperti Beanpole Bags dan terus mendatangkan keuntungan baginya.

Menurut pemberitaan, Kim Go-eun baru-baru ini telah menyumbangkan dana sebesar 100 juta Won (setara Rp1,14 miliar) berkenaan situasi pandemic saat ini. Bantuan tersebut dikucurkannya guna membantu warga Negeri Ginseng yang mengalami kesulitan dalam pembelian masker.

Dari Model Olshop Hingga Jadi Aktris Profesional

View this post on Instagram

A post shared by @ggonekim

Kini, Kim Go Eun telah menjadi aktris hebat dengan penghasilan besar dan prestasi segudang. Namun tak banyak yang tahu jika dulunya ia pernah menjadi model untuk online shop dan shopping mall. 

Dalam salah satu interview dengan Soompi, Kim mengaku dirinya ingin terus berkembang dan bertumbuh secara personal dan profesional. Itulah sebabnya ia lantas memutuskan untuk mengejar cita-citanya dan terjun ke industri hiburan. 

Itulah sebabnya ia ingin terus mengerjakan film, drama serta mengeksplorasi kemampuan aktingnya dengan mencoba memerankan beraneka macam karakter. Seiring dengan popularitasnya yang kian meningkat, Kim Go-eun berpendapat tanggung jawabnya pun menjadi semakin besar. 

Raih Impian dengan Kesungguhan

Ia pun menjadi terpacu dan termotivasi untuk mempertahankan kesuksesan yang telah diraihnya. Apalagi jika mengingat bahwa sang aktris hingga saat ini masih ingin mewujudkan impiannya yang lain, yakni menjadi produser dan sutradara film suatu saat nanti. 

Tak peduli dari mana Anda berasal dan apapun profesi sebelumnya, Anda juga bisa meraih kesuksesan di bidang yang Anda pilih. Terutamanya jika dikerjakan dengan kesungguhan, totalitas, komitmen, dan keseriusan yang dijalankan dengan penuh konsisten. 

Baca Juga: Bikin Baper, 10 Drakor Paling Romantis Sepanjang Masa Ini Wajib Ditonton