Perjalanan Karier Park Shin-Hye, Si Cantik Hallyu Star yang Bintangi The Heirs

Berkiprah sejak tahun 2003 di dunia keartisan, nama Park Shin Hye dikenal sebagai hallyu star yang cantik kebanggaan Korea Selatan. Aktris yang juga berkarier sebagai model sedari kecil ini awalnya bermain dalam serial Stairway to Heaven.

Sepak terjangnya kian mencuri hati penggemar seiring dengan akting menawannya dalam berbagai film dan drama. Wanita bertinggi tubuh 168 cm ini telah membintangi Pinocchio, You're Beautiful, Memories of the Alhambra, The Doctors, dan tak ketinggalan The Heirs.

Punya banyak fans, menjadi kaya raya dengan popularitas taraf mancanegara, wanita multitalenta ini juga punya segudang prestasi dengan banyak penghargaan. Shin Hye juga disebut selalu mujur lantaran berkesempatan beradu akting dengan para aktor nan tampan sebagai lawan mainnya.

Baca Juga: Profil Song Hye Kyo, Bintang K-Drama Endless Love yang Awet Muda dan Jago Empat Bahasa

Putri Kesayangan Keluarga

View this post on Instagram

A post shared by 박신혜 (@ssinz7)

Wanita yang kini berusia 30 tahun ini terlahir di wilayah Nam-gu, Gwangju, pada 18 Februari 1990. Tak banyak yang tahu jika Shin Hye sebenarnya berdarah blasteran Korea-Rusia. Darah campuran didapatkannya dari sang nenek yang merupakan orang Rusia asli.

Sebagai putri bungsu, Park Shin Hye menjadi kesayangan orang tua dan keluarga. Ia memiliki seorang kakak lelaki, yakni Park Shin Won.

Ayah dan ibu Shin Hye juga punya panggilan kesayangan bagi putrinya. Mereka memanggilnya dengan nama Tanglanggu yang berarti "putri berharga kebanggaanku".

Tekuni Modeling dan Seni Peran Sejak Dini

Kemunculan Shin Hye cilik di dunia entertainment terjadi di tahun 2003. Ketika itu, ia menjadi model video musik Ggot (Flower) yang dibawakan oleh Lee Seung Hwan.

Belakangan, ia lulus casting untuk bermain dalam Stairway To Heaven ketika menginjak usia 13 tahun. Drama tersebut berhasil meraih rating 40% dan sukses. Alhasil, nama Park Shin Hye pun mulai dikenal publik.

Berkat kepiawaiannya dalam berakting, Shin Hye berhasil mendapat penghargaan pertamanya dari SBS Drama Awards. Sejak saat itu, sang aktris terus mengasah keterampilannya berakting.

Di tahun 2006, ia berhasil melakoni serial Tree of Heaven. Dalam drama tersebut, ia dipercaya untuk memerankan tokoh utama.

Setahun berselang, ia ikut bermain dalam Prince Hours. Drama yang satu ini diketahui ialah spin-off dari serial kenamaan Princess Hours.

Entertainer yang Multitalenta

View this post on Instagram

A post shared by 박신혜 (@ssinz7)

Kariernya di industri hiburan sempat mengalami pasang surut hingga namanya tak terdengar. Namun belakangan, ia berhasil come back dan muncul dengan gebrakan baru. Aktingnya jadi kian memikat sebagai tokoh utama dalam You're Beautiful (2009).

Saat itu, sutradara memilih Shin Hye dengan lawan main Jang Geun Suk karena keduanya multitalenta. Tak hanya piawai berakting, dua tokoh ini sangat berbakat sebagai dancer dan tarik suara.

Ternyata, keputusan itu merupakan pilihan yang tepat. Terbukti, serial drama tersebut berhasil meroket hingga ke mancanegara. Termasuk Negeri Tiongkok dan Amerika dengan lagu-lagu yang sangat digemari publik internasional.

Park Shin Hye dengan olah vokalnya yang keren telah menyanyikan belasan lagu untuk soundtrack serial drama serta film yang dilakoninya. Di tahun 2012, ia telah merilis album musiknya yang bertajuk I Find You Very Beautiful.

Baca Juga: 5 Artis Korea Ini Pernah Alami Patah Hati, Paling Tragis Kisah Henry eks Suju

Koleksi Segudang Apresiasi

Di sepanjang kariernya, Park Shin Hye telah banyak memenangkan penghargaan. Puluhan apresiasi bergengsi telah dengan sukses diraihnya. 

Di tahun 2011, 2013 dan 2015, sang aktris mengantongi predikat Aktris Populer Kategori Film dari Penghargaan Seni Baeksang. Penghargaan tersebut diraihnya setelah tampil memukau dalam Cyrano Agency, The Royal Tailor, serta Miracle in Cell No. 7.

Kemudian ia memenangkan Best Actress in a One-Act Special dari KBS Drama Awards 2012 setelah sukses membintangi Don't Worry, I'm a Ghost. Tak hanya itu saja, Shin Hye juga mendapat Aktris Terpopuler Televisi 2012 dan 2014 dari Penghargaan Seni Baeksang atas aktingnya dalam The Heirs dan Heartstrings. 

Ia juga berhasil memenangkan Penghargaan Drama SBS 2013 kategori Pasangan Terbaik berkat film The Heirs. 

Di tahun 2015, ia berhasil memboyong Penghargaan Seni Baeksang Kategori Televisi: iQIYI Star. Adapun pada tahun 2016, namanya masuk dalam jajaran Top 10 Bintang dan menyabet Penghargaan Drama SBS setelah berakting dalam The Doctors. Ia juga memenangkan SBS Drama Award for Top Excellence in Acting untuk Genre Fantasy Drama.

Cita-Cita Jadi Polisi hingga Predikat Hallyu Star 

View this post on Instagram

A post shared by 박신혜 (@ssinz7)

Sebagai Hallyu Star yang cantik dan menghibur, bisa dibilang Park Shin Hye telah ikut serta dalam mengharumkan nama bangsa dan tanah kelahirannya. Selama berkiprah di dunia akting, Korea Selatan menganggap eksistensi sang aktris mendatangkan untung besar bagi negara. Terutamanya dalam hal ikut menyebarkan Hallyu/ Korean Wave ke ranah internasional.

Berkat dedikasinya tersebut, Shin Hye dianugerahi Korean Popular Culture and Arts Award 2015 dari pemerintahan Korea Selatan, dengan kategori Pujian dari Perdana Menteri (Prime Minister’s Commendation).

Penghargaan bergengsi ini diketahui tak hanya diberikan kepada Park Shin Hye, tapi juga selebritas tersohor lainnya. Salah satunya seperti aktor Jun Ji Hyun, Yoo Jae Suk, 2nE1, Kim Soo Hyun, dan tak ketinggalan SNSD Girls Generation. 

Menariknya, tak banyak yang tahu jika dulunya Park Shin Hye tak pernah bercita-cita untuk berkecimpung di dunia hiburan. Kendati sudah sukses sebagai aktris, namun rupanya ia ingin menjadi polisi sewaktu kecil.

Terlibat Cinlok dalam Syuting

Pernah beradu akting dengan banyak aktor tampan membuat Park Shin Hye sempat terlibat cinta lokasi. Dalam The Heirs contohnya, ia dikabarkan pernah mempunyai kedekatan khusus dengan Lee Min Ho.

Kilas balik di tahun 2015 lalu, sang aktris dikabarkan pernah berkencan dengan lawan mainnya dalam drama Pinocchio, Lee Jong Suk. Ia juga disebutkan pernah berpacaran dengan lawan mainnya dalam You're Beautiful, Lee Hong Ki.

Demikian juga dengan deretan nama aktor lainnya dikabarkan pernah dekat dengan Shin Hye, yakni Jung Yong Hwa, Jang Geun Suk, serta Park Hae Jin.

Adapun menurut rumor terbarunya, Park Shin Hye kini sudah menjalin kasih dengan Choi Tae Joon. Hubungan cinta tersebut konon telah berlangsung tiga tahun lalu, sejak 2017. Kendati sang kekasih sedang menjalani wajib militer, namun kasih asmara mereka kabarnya tetap kuat.

Sukses dan Tajir Melintir

View this post on Instagram

A post shared by 박신혜 (@ssinz7)

Kariernya yang bersinar sebagai entertainer berprestasi telah membawa Park Shin Hye mendapatkan kesuksesan finansial. Tak hanya cemerlang di dunia akting, olah vokal dan seni tari. Sang aktris juga mempunyai sejumlah sumber lain yang membuat pendapatannya semakin besar.

Ia diketahui telah membintangi jajaran iklan perawatan kecantikan serta berbagai produk makanan hingga fashion. Ia juga didapuk menjadi brand ambassador dari deretan merek ternama.

Tajir melintir, nama Park Shin Hye masuk ke dalam list Korean actress yang terkaya. Bahkan total harta kekayaannya kini telah mencapai 19 miliar Won (setara Rp348 miliar). 

Meski begitu, tentu seluruh pencapaiannya ini dapat terwujud bukan tanpa dedikasi dan pengorbanan. Demi kelancaran kariernya, kuliah Shin Hye sempat tersendat. 

Ia belakangan berhasil lulus sebagai sarjana perfilman dari Universitas Chung-Ang setelah memakan waktu sekitar 8 tahun. Semua ini dikarenakan padatnya jadwal syuting hingga segudang aktivitas yang dijalaninya setiap hari. 

Sukses Butuh Fokus dan Pengorbanan

Kini Park Shin Hye masih terus melebarkan sayapnya sebagai aktris yang produktif di industri hiburan. Ia kabarnya akan membintangi serial drama Sisyphus: The Myth hingga film layar lebar Alone dan Call yang rilis pada 2020 kemarin.

Di ranah musik sendiri, Shin Hye baru-baru ini telah menyumbangkan suara dalam documenter album sebuah band bergenre indie rock dari Korea Selata (We Are The Night).

Seperti perjalanan karier Shin Hye, kesuksesan membutuhkan proses dalam perwujudannya. Namun dengan fokus dan pengorbanan yang setimpal, niscaya kesuksesan bisa berada dalam genggaman. 

Baca Juga: Bikin Baper, 10 Drakor Paling Romantis Sepanjang Masa Ini Wajib Ditonton