Bantu Investor Pantau Kepemilikan Efek, Ketahui KSEI dan Sederet Fungsinya dalam Investasi

Bagi yang telah cukup lama berkecimpung di dunia investasi, kamu pasti tidak asing dengan yang namanya KSEI. Ya, lembaga tersebut merupakan salah satu yang sangat penting untuk diketahui oleh semua investor yang ada di Indonesia. Alasannya karena lembaga tersebut mempunyai peran yang begitu krusial pada proses investasi setiap investor di dalam negeri.

Secara umum, KSEI adalah lembaga Penyimpanan & Penyelesaian Pasar Modal yang ada di Indonesia. Kepanjangan KSEI sendiri adalah Kustodian Sentral Efek Indonesia. Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia investasi di Indonesia dan banyak orang mulai tertarik untuk menanam modal, pengertian tentang KSEI tentu perlu untuk dipahami.

Di samping itu, sederet informasi seputar KSEI, sebagai contoh, cara kerja, fungsi atau manfaat, hingga jenis layanannya juga perlu dimengerti oleh seluruh investor di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan lengkap tentang apa itu KSEI.

Baca juga: Dividen Saham: Arti, Contoh, dan Cara Menghitungnya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Lebih Dekat dengan KSEI

loader

Kartu AKSes KSEI

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, KSEI adalah sebuah lembaga Penyimpanan & Penyelesaian Pasar Modal yang ada di Indonesia. Kepanjangan KSEI adalah Kustodian Sentral Efek Indonesia dan menjadi lembaga yang amat penting dipahami oleh para investor di dalam negeri agar bisa menjalankan aktivitas investasi dengan aman dan lancar.

Berdasarkan aturan yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 8 Thn. 1995 terkait Pasar Modal, KSEI memiliki tugas dalam menyediakan layanan kustodian dan juga penitipan efek secara efisien. Tugas tersebut tentu harus dijalankan dengan menyesuaikan aturan serta ketentuan yang berlaku.

KSEI sendiri adalah lembaga yang berdiri sejak tahun 1997, tepatnya tanggal 23 Desember. Awalnya, lembaga tersebut didirikan pertama kali sebagai bagian Self Regulatory Organization pada tatanan dari pasar modal dalam negeri.

Tugas dari lembaga tersebut adalah bertanggung jawab pada penerapan ketentuan dan aturan pada dunia pasar modal. Setelah satu tahun beroperasi, KSEI baru mendapatkan tugas yang baru menjadi LPP alias Lembaga Penyimpanan & Penyelesaian bursa modal. Karena diberi tugas itulah lembaga ini mempunyai peran yang begitu penting pada proses dan aktivitas pasar modal Indonesia. 

Menjalankan tugasnya bersama dengan Bursa Efek Indonesia atau BEI dan Lembaga Kliring & Penjaminan, KSEI bertanggung jawab sebagai organisasi pasar modal di Indonesia yang mandiri. Di tahun 2012, lembaga tersebut membuat dan menyusun aturan khusus bagi pemilik sekuritas.

Melalui aturan tersebut, KSEI menyediakan SID atau Single Investor Identification bagi para pemilik sekuritas. Dengan SID, proses identifikasi dari setiap investor menjadi lebih mudah, serta menjadi landasan dalam pengembangan dari pasar modal yang lainnya. 

Semenjak kemunculan SID ini proses yang berlangsung di pasar modal mampu dengan optimal berkembang sebab setiap investor mempunyai identitas tunggal. Di samping itu, proses identifikasi pemilik sekuritas ini juga sekaligus menjadi landasan munculnya beragam perkembangan di pasar modal, sebagai contoh, fasilitas AKSes atau Acuan Kepemilikan Sekuritas. Melalui perkembangan tersebut pula sistem investasi dalam negeri mampu lebih terintegrasi.

Baca juga: Perusahaan Efek – Definisi, Fungsi dan Daftar Perusahaan Efek di Indonesia

Mengenal Beragam Layanan dari KSEI

KSEI adalah lembaga yang menyediakan berbagai layanan dan jasa yang dapat memberi banyak manfaat bagi investor atau pemilik sekuritas di dalam negeri. Berikut adalah sederet layanan yang ditawarkan oleh KSEI dan bakal terhubung dengan para investor di Indonesia.

  1. AKSes KSEI

    Layanan yang pertama adalah AKSes KSEI, yaitu layanan untuk mendapatkan akses informasi seputar aktivitas investasi oleh para investor. Melalui informasi tersebut investor mampu memantau posisi atau mutasi dari efek yang dipunyainya di sub rekening efek.

    Setiap investor mempunyai hak untuk mendapatkan sarana mengakses informasi via jaringan internet tersebut. Fasilitas AKSes KSEI ini didapatkan via Pemegang Rekening alias lewat perusahaan efek pada tempat investor mendaftar sebagai nasabah. Tanpa membayar biaya sepeser pun, baik investor atau Pemegang Rekening KSEI dapat mengakses layanan tersebut kapan pun dan di mana pun diinginkan.

  2. C-BEST

    Bersama dengan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, KSEI juga meluncurkan infrastruktur yang baru dan dinamakan C-BEST. C-BEST sendiri adalah singkatan dari Central Depository & Book Entry Settlement System, sebuah platform yang mampu mendukung kegiatan penyelesaian transaksi dari efek dengan pemindahbukuan pada perdagangan scriptless pasar modal di Indonesia. Diluncurkannya platform C-BEST ini bertujuan untuk menghadirkan layanan yang mampu mengatasi masalah tersendatnya proses penyelesaian transaksi harian.

  3. Pemilik Rekening

    Ada sejumlah pihak yang bisa menjadi pemilik rekening pada KSEI, beberapa di antaranya adalah Bank Kustodian, Perusahaan Efek, serta pihak lainnya sesuai dengan ketentuan, aturan, dan undang-undang yang berlaku pada pasar modal. Di samping itu, terdapat berbagai jenis layanan lainnya yang disediakan oleh lembaga ini agar memudahkan dan membantu perusahaan atau investor mengakses pasar modal, antara lain:

    • Post Trade Processing, sebuah instruksi bertransaksi aset instrumen investasi. Layanan ini berlaku pada reksa dana, pengelolaan portofolio investasi milik nasabah individual, dana investasi dari real estate, serta produk investasi lainnya yang ditetapkan OJK. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Post Trade Processing mencakup Trade Details dan Trade Allocation, OTC Instruction Creation, Settlement Instruction, dan Trade Confirmation.
    • Pembukaan Rekening secara Online
    • Proses Tindakan Korporasi
    • Pendaftaran Efek
    • Pengguna jasa
    • Efek terdaftar pada KSEI
    • Layanan pengelolaan aset, kustodian sentral, penyelesaian transaksi, aksi korporasi, serta layanan penyediaan infrastruktur investasi. 

Baca juga: Mengenal Efek, Definisi dan Jenis-Jenisnya

Cara Kerja dari KSEI

Agar memahami cara kerja dari KSEI, kamu perlu mengetahui dulu alur pengelolaan sahamnya. Berikut penjelasannya.

  1. Buka Rekening Efek

    Saat mendaftarkan diri pada pialang atau broker, pihak broker akan melakukan pembukaan rekening efek sehingga nasabahnya bisa mulai menanam modal dan berinvestasi.

  2. Buka RDN dan Sub Rekening

    Setelah mempunyai rekening efek, kamu perlu membuka pula RDN alias Rekening Dana Nasabah. Dengan memiliki RDN, transaksi saham baru bisa dilakukan dan nasabah dapat memperoleh sub rekening serta SID pada KSEI. Setiap nasabah pasti mempunyai RDN dan SID yang secara khusus hanya dapat digunakan oleh nasabah yang bersangkutan.

  3. Kepemilikan Saham dan Dana

    Berbagai hal yang berhubungan dengan kepemilikan modal atau dana maupun transaksi akan dimutasikan via RDN pribadi milik investor. Sedangkan kepemilikan dari saham atau efek lainnya akan tersimpan pada sub rekening.

    Sub rekening sendiri dimiliki secara pribadi oleh investor serta tak ada hubungannya lagi dengan pihak broker. Apabila terjadi hal yang tak diinginkan, misalnya pihak broker mengalami kebangkrutan atau menghentikan operasional bisnisnya, saham yang telah dibeli oleh investor akan tetap ada dan bisa dikelolanya sendiri.

Fungsi KSEI Terhadap Investor Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, KSEI menawarkan sederet layanan yang bisa digunakan oleh investor dalam negeri, contohnya adalah AKSes KSEI. Lalu, apa manfaat dari layanan tersebut bagi nasabah?

  • Nasabah dapat memeriksa informasi kepemilikan efek secara real time pada sub rekening yang dimiliki sekaligus informasi mutasinya dalam kurun waktu 30 hari ke belakang.
  • Saat membeli saham via berbagai broker, KSEI mampu memudahkan nasabah dalam melakukan konsolidasi terkait laporan dari seluruh portofolio yang dimilikinya.
  • Layanan tersebut juga mampu memberi rasa aman terhadap para investor saat akan melakukan pembukaan sub rekening efek agar bisa berinvestasi saham.
  • Memberi transparansi karena seluruh informasi pada pasar modal dapat diakses.

Melalui layanan dari KSEI tersebut, investor mampu mengawasi portofolio dan kinerja investasinya dengan lebih mudah dan praktis karena memanfaatkan sebuah sistem yang terpadu dan terintegrasi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kepemilikan rekening pada KSEI ini menjadi hal yang amat penting untuk dilakukan, khususnya jika kamu berinvestasi pada instrumen di pasar modal, sebagai contoh, saham.

Baca juga: Portofolio Efek - Arti, Contoh, dan Cara Mengelolanya

Sebelum Terjun ke Dunia Investasi, Pastikan untuk Pahami Dulu Apa Itu KSEI

Pada dasarnya, KSEI merupakan salah satu komponen yang penting untuk dipahami dalam berinvestasi saham. Melalui layanan yang disediakannya, investor mampu lebih mudah dan praktis melakukan investasi saham, pun memantau kondisinya secara terintegrasi dan terpadu. Karena itu, sebelum terjun ke dunia investasi, pastikan dulu untuk memahami apa itu KSEI, fungsi, dan berbagai hal penting seputarnya yang telah dijelaskan di atas, ya!