Langkah Mudah untuk Atasi Batuk dengan Cara Alami

Perubahan cuaca menjadi salah satu penyebab timbulnya batuk. Biasanya cuaca yang dingin akan memicu seseorang lebih rentan terserang batuk. Selain itu, menurunnya imunitas di dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Saat kamu terserang batuk, berbagai aktivitas sangat mungkin terganggu. Pada umumnya batuk akan lebih sering kambuh di malam hari saat cuaca lebih dingin, sehingga bisa membuat kualitas tidur menjadi berkurang. 

Jika dibiarkan dalam kondisi yang lama, hal ini tentu akan membuat kondisi kesehatan menjadi terganggu. Pastikan mengatasi batuk sedini mungkin, sebelum batuk menjadi lebih parah dan membutuhkan penanganan yang lebih serius. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Atasi batuk kamu dengan cara alami

loader

Tidak semua orang senang minum obat dan berkunjung ke dokter ketika sedang batuk. Jika kamu termasuk orang yang seperti ini, maka pastikan kamu tidak membiarkan batuk berlangsung tanpa penanganan yang tepat. 

Saat mulai batuk, maka segera lakukan pencegahan. Kamu bisa melakukan berbagai cara mudah untuk mengatasi batuk, agar tidak berkembang dan menjadi lebih parah lagi. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi batuk secara alami: 

1. Minum air putih yang cukup

Batuk merupakan kondisi di mana tubuh melakukan eliminasi terhadap berbagai benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan, termasuk lendir yang kerap mengganggu di sana. 

Hal ini juga akan membuat kondisi tenggorokan menjadi kering, sehingga dibutuhkan cairan yang lebih banyak untuk mengatasinya. Pastikan kamu minum air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya minimal 8 gelas per hari. 

Dalam kondisi batuk, kamu bahkan membutuhkan lebih banyak asupan air putih lagi, sebab tubuh akan lebih mudah lelah. Jika memungkinkan, akan lebih baik untuk selalu minum air putih dalam kondisi hangat.

2. Berkumur dengan air garam yang hangat

Air garam yang hangat sudah terbukti bisa mengatasi bakteri dan gangguan yang terjadi di dalam mulut dan juga tenggorokan. Cairan yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi lendir yang menyebabkan dan menjaga kondisi tenggorokan tetap dalam keadaan lembab. 

Campurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat, lalu aduk hingga garam larut. Gunakan cairan ini untuk berkumur dan pastikan tenggorokan bagian atas bisa terkena cairan garam. Lakukan hal ini dengan hati-hati, agar cairan tidak sampai tertelan. 

3. Jaga kelembaban udara

Udara yang terlalu kering dengan kelembaban rendah biasanya akan memicu batuk dan gangguan pernapasan lainnya. Pastikan selalu mengatur kelembaban udara terjaga dengan baik. 

Hal ini bisa dilakukan dengan memasang air humidifier yang bisa menjaga kelembaban udara di dalam ruangan. Perangkat yang satu ini akan membuat udara lebih lembab, sehingga keinginan untuk batuk juga bisa diredam. 

4. Hindari makanan berminyak dan konsumsi makanan berkuah

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebutuhan nutrisi tubuh selama batuk, agar imun tetap tinggi. Hindari berbagai makanan yang berminyak seperti junk food dan juga gorengan, sebab ini bisa memperparah batuk. 

Mulailah konsumsi berbagai makanan sehat yang berkuah, seperti sup dan juga olahan sayuran lainnya. Sup ayam atau daging yang ditambahkan sayuran segar akan membantu mengatasi batuk. 

Baca Juga: Biang Kerok Batuk Gak Sembuh-sembuh, Jangan Sepelekan!

Obati batuk kering dengan cara alami

loader

Batuk kering menjadi salah satu pertanda jika area tenggorokan kamu kekurangan cairan. Batuk seperti ini bisa saja berlangsung lama dan membuat kamu lelah, apalagi jika kambuh di malam hari. 

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobati batuk kering: 

1. Jahe

Jahe dikenal sebagai tanaman yang memiliki khasiat anti inflamasi, bahkan bisa membunuh bakteri. Selain itu, rimpang yang satu ini juga ampuh meningkatkan sistem imun, termasuk mengatasi rasa tidak nyaman di area tenggorokan. 

Gunakan jahe untuk mengatasi batuk kering. kamu bisa mengkonsumsinya langsung atau menambahkan beberapa irisannya ke dalam teh hangat. Jika ingin lebih manjur, rebus segenggam irisan jahe dengan dua gelas air putih. 

Biarkan mendidih hingga tersisa segelas, lalu minum di saat masih hangat.

2. Kunyit dan lada hitam

Kunyit memiliki khasiat yang beragam, mulai dari anti bakteri sehingga anti inflamasi. Tanaman yang mengandung curcumin ini memang sudah banyak digunakan sebagai obat batuk sejak zaman dahulu. 

Cukup campurkan bubuk kunyit dengan bubuk lada hitam dan juga sedikit perasan jeruk nipis ke dalam setengah gelas air hangat. kamu bisa meminumnya selagi hangat, agar batuk kering bisa segera reda. 

3. Madu

Dikenal sebagai cairan kaya nutrisi, madu juga bisa digunakan untuk mengobati batuk kering. Madu mampu mengatasi bakteri yang ada di saluran pernapasan, termasuk memberikan kelembaban pada area tenggorokan. 

Kamu bisa meminum satu sendok madu untuk mengobati batuk kering. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi madu ini dengan cara menambahkannya ke dalam air maupun teh hangat. 

4. Daun mint

Daun mint memiliki kandungan menthol yang ampuh mengatasi iritasi pada area tenggorokan. Selain itu, tanaman yang satu ini juga bisa menjadi antivirus yang dapat membersihkan saluran pernapasan. 

Untuk mengatasi batuk kering bisa mengunyah langsung beberapa lembar daun mint segar. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daun mint ini ke dalam teh hangat yang akan kamu konsumsi. 

Baca Juga: Ambroxol, Obat yang Ampuh Encerkan dan Keluarkan Dahak

Obati batuk berdahak dengan cara alami

loader

Batuk berdahak pada umumnya terjadi akibat adanya gangguan di saluran pernapasan, di mana hal ini menyebabkan meningkatkan produksi lendir/ dahak di area tersebut. Hal ini akan sangat mengganggu dan bisa saja terjadi cukup lama, sehingga perlu kamu atasi dengan segera.  

Berikut ini adalah beberapa obat alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi batuk berdahak:  

1. Jeruk nipis dan Kecap

Ini salah satu ramuan alami yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Kamu cukup memeras sepotong jeruk nipis di mangkuk kecil dan menambahkan sedikit kecap manis ke dalamnya. 

Aduk cairan tersebut dan minum tanpa menggunakan air. Campuran jeruk nipis dan kecap ini bisa membantu melegakan tenggorokan dan membersihkan lendir yang terdapat di area tersebut, sehingga batuk segera reda.

2. Jahe dan daun sirih

Jika dicampur dengan daun sirih, jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Rebus beberapa lembar daun sirih dengan beberapa potong jahe segar, biarkan hingga mendidih beberapa saat. 

Minum air rebusan ini dalam kondisi hangat, agar ramuan ini bekerja dengan baik untuk membersihkan area tenggorokan kamu dari lendir dan dahak yang menjadi penyebab batuk. 

4. Garam dan kunyit

Antioksidan yang terkandung di dalam kunyit juga bisa membantu mengatasi batuk berdahak. Cukup rebus beberapa potong kunyit segar dalam dua gelas air bersih, biarkan mendidih hingga tinggal segelas saja. Tambahkan sedikit garam dan minum larutan ini selagi masih hangat untuk mengobati batuk berdahak. 

5. Cuka Apel

Dikenal sebagai cairan yang memiliki banyak khasiat, cuka apel juga ampuh mengatasi batuk berdahak. Pada dasarnya, cuka apel memang memiliki antibakteri dan juga antibiotik, sehingga bisa mengatasi lendir dan gangguan pada area tenggorokan. 

Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara mencampurkan satu sendok teh cuka apel dengan setengah gelas air hangat. Aduk dan minum ramuan ini secara teratur hingga batuk sembuh. 

Atasi Batuk dengan Cara Alami yang Tepat

Batuk menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering datang secara berulang. Jika mulai batuk, pastikan mengenali jenis batuk dengan tepat, sehingga lebih mudah untuk mengobatinya. Atasi batuk dengan cara alami yang tepat, agar tetap sehat dan bebas melakukan aktifitas.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan atau Tenggorokan Sakit? Cari Tahu Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya