Sama-Sama Punya Risiko Rendah, Lebih Baik Investasi Emas atau Reksa Dana?

Seiring dengan banyaknya literasi tentang pentingnya menjaga keuangan, banyak orang kini telah melek investasi dan mulai membandingkan instrumen apa yang terbaik untuk dipilih. Salah satu perbandingan yang sering dilakukan oleh para investor adalah memilih antara investasi emas atau reksa dana.

Baik investasi emas atau reksa dana pada dasarnya merupakan opsi investasi yang aman untuk dipilih dengan risiko rendah. Investasi reksa dana atau emas juga bisa dimulai dengan modal cukup terjangkau serta mampu memberi potensi keuntungan yang tak kalah dengan instrumen lainnya. 

Yang menjadi pertanyaan, antara investasi emas atau reksa dana, mana yang lebih baik dipilih? Untuk mengetahui jawabannya, kamu perlu mengetahui plus minus dari keduanya dan menyesuaikan kebutuhan. Berikut penjelasannya. 

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

loader

Investasi Emas atau Reksa Dana

Tentang Investasi Emas

Sebagai logam mulia yang digandrungi oleh banyak orang, emas sudah sejak lama menjadi salah satu instrumen investasi favorit investor. Dengan jumlah peminat yang tak pernah sepi dan pasti dicari, investasi emas dianggap sebagai pilihan yang bijak untuk investor pemula karena risikonya terbilang rendah. 

Memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, dalam artian mudah untuk dijual atau dibeli sewaktu-waktu diinginkan membuat emas tidak sulit untuk dicairkan sebagai uang tunai. Selain itu, melihat data pergerakan nilainya selama beberapa dekade ke belakang, emas menunjukkan kenaikan harga yang menjanjikan dan signifikan. 

Di samping itu, saat ini investasi emas juga bisa dilakukan secara online melalui platform investasi emas digital. Berkat inovasi ini investasi emas lebih mudah dijangkau oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. 

Bahkan, investasi emas online membolehkan investor untuk menanam modal mulai dari nominal 10 ribuan saja. Jadi, investasi emas bukan lagi hal yang hanya bisa dilakukan oleh masyarakat kalangan atas saja karena terbatasnya pilihan produk dan berat emas yang dapat dibeli seperti zaman dahulu. 

Keunggulan Investasi Emas

Merupakan salah satu instrumen investasi primadona banyak investor, investasi emas tentu mampu memberikan banyak keuntungan dan keunggulan. Terlebih, semenjak kehadiran layanan investasi emas digital yang bisa dilakukan secara online membuat instrumen ini lebih terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Buat kamu yang penasaran, berikut adalah sederet keuntungan yang bisa didapatkan oleh para investor emas. 

  • Gampang dicairkan kapan pun karena likuiditasnya tinggi.
  • Bisa dijadikan jaminan pada pengajuan pinjaman atau kredit menggantikan aset berharga lain.
  • Investasi emas dapat dilakukan kapan pun dengan praktis, mudah, dan simpel secara online.
  • Transaksi efektif di account nasabah langsung di hari yang sama.
  • Kenaikan harga emas terbilang stabil seiring waktu dan bisa menjadi pelindung nilai kekayaan dari efek inflasi.
  • Memiliki tingkat risiko yang rendah walaupun idealnya dilakukan untuk tujuan investasi jangka panjang.

Selengkapnya baca di sini. 

Tentang Investasi Reksa Dana

Bagi yang belum tahu, reksa dana adalah instrumen investasi dengan cara kerja menghimpun dana atau modal dari banyak investor sekaligus di suatu wadah portofolio tertentu. Melalui modal yang telah terkumpul tersebut, manajer investasi bertanggung jawab untuk mengelolanya dan melakukan transaksi investasi pada pasar modal. 

Alur dari investasi reksa dana oleh investor dimulai dengan membeli unit penyertaan reksa dana. Tergantung dari jenis produk reksa dana yang dipilih oleh investor, pihak manajer investasi akan mengalokasikan dana dengan persentase sesuai ketentuan yang telah disepakati. 

Produk reksa dana juga dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, seperti reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran, pengelolaannya syariah ataupun konvensional, serta dalam mata uang rupiah ataupun dollar. Tentunya, setiap jenis produk reksa dana tersebut mempunyai karakteristik berbeda dan perlu disesuaikan dengan profil risiko investor. Sama halnya dengan instrumen investasi lain, semakin tinggi potensi imbal hasil reksa dana, tingkat risikonya juga semakin besar. 

Keunggulan Investasi Reksa Dana

Dari penjelasan tentang investasi reksa dana di atas, kamu tentu menyadari jika ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Jika dibandingkan dengan investasi emas, investasi reksa dana mampu memberikan banyak keuntungan yang menarik dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:

  • Dalam jangka panjang, imbal hasil investasi reksa dana pada dasarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi emas. 
  • Dengan cara kerja menghimpun dana dari banyak investor sekaligus, investasi reksa dana dapat dimulai dengan modal terjangkau.
  • Tak berbentuk fisik, risiko kehilangan dari investasi reksa dana amat kecil.
  • Reksa dana bisa menjadi opsi untuk diversifikasi portofolio investasi.
  • Tak membutuhkan biaya penyimpanan.
  • Dapat dilakukan secara online.
  • Memiliki jam perdagangan, transaksi di bawah jam 12 siang, akan diproses menggunakan NAB hari itu, transaksi di atas jam 1 siang akan diproses keesokan harinya, menggunakan NAB esok hari.
  • Transaksi efektif di account nasabah biasanya dalam 2 - 3 hari kerja.
  • Praktis, aman, dan jauh dari risiko penipuan atau pemalsuan.

Jadi, Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?

Setelah memahami tentang investasi emas dan reksa dana, termasuk keuntungan yang dimiliki masing-masing produk, pada dasarnya antara keduanya tak ada yang mengungguli satu sama lain. Jika kamu menginginkan instrumen investasi yang lebih praktis dan fleksibel, reksa dana menjadi pilihan yang ideal. 

Pasalnya, reksa dana memiliki beragam jenis dengan keuntungan dan risiko yang berbeda. Mulai dari produk berisiko rendah atau tinggi, maupun produk untuk investasi jangka pendek atau jangka panjang tersedia pada reksa dana. Sehingga, kamu selaku investor lebih mudah untuk menentukan pilihan berdasarkan kebutuhan dan tujuan investasi. 

Di sisi lain, investasi emas cocok dipilih jika kamu memiliki tujuan investasi jangka panjang karena bisa memberikan potensi keuntungan yang stabil dan optimal. Investasi emas juga bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin berinvestasi sekaligus mengumpulkan dana darurat. Dengan likuiditas yang tinggi dan nilai yang tak tergerus inflasi, emas ideal dipilih untuk tujuan tersebut. 

Sudah Punya Acuan, Tak Lagi Bingung Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana

Setelah memahami penjelasan di atas, kamu tentu telah familier dengan investasi emas dan reksa dana, serta perbandingan keuntungan yang dimiliki keduanya. Intinya, investasi emas lebih ideal dipilih untuk tujuan jangka panjang dengan potensi keuntungan tinggi, sedangkan reksa dana lebih fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan memiliki acuan di atas, segera ambil aksi untuk memulai investasi emas atau reksa dana sesuai pertimbanganmu!