Liburan Akhir Tahun Pakai Pinjaman KTA, Masalah Gak Ya?

Akhir tahun 2019 tinggal menghitung bulan. Ada yang sudah merencanakan liburan akhir tahun jauh-jauh hari, ada juga yang masih galau. Bingung mau ke mana, bujetnya berapa, sama siapa, kapan waktunya, sampai mikir cuti kerja berapa hari.

Kalau mau merencanakan liburan akhir tahun, masih tersisa waktu 3 bulan (Oktober, November, dan Desember) untuk mempersiapkannya, termasuk berpikir soal anggaran. Yang penting sebetulnya, sudah tahu tujuan liburan, maka tinggal menyusun biaya kebutuhan liburan, kemudian di total keseluruhan.

Jika tidak mau repot mikir printilan keperluan liburan, seperti tiket pesawat, transportasi, akomodasi, tiket masuk lokasi wisata, dan sebagainya, kamu dapat menggunakan jasa open trip. Asalkan sudah siap dengan dananya.

Mungkin gak sih menabung dalam waktu 3 bulan untuk membiayai liburan? Jawabannya bisa saja. Misalnya, kamu mau liburan ala backpacker ke Korea Selatan. Perkiraan biayanya sekitar Rp10 juta, belum termasuk belanja. Kalau mau cepat terkumpul, sisihkan gaji sebesar Rp3 juta di bulan pertama, Rp3 juta di bulan kedua, lalu Rp4 juta di bulan ketiga.

Tapi bayangin lagi deh, meski kamu punya kemampuan menabung sebesar itu, toh untuk tiket pesawat (PP Jakarta-Seoul) saja, baru dapat terbeli setelah menabung dua bulan. Berarti di akhir bulan November. Sementara harga tiket jauh lebih murah bila dipesan jauh-jauh hari, kecuali ada promo mendadak dari maskapai maupun agen perjalanan.

Begitupun jika kamu memakai jasa open trip. Tur dari Jakarta ke Korsel dibanderol Rp10 juta. Mau ikut, siapkan DP 50% atau Rp5 juta. Sisanya 25% dicicil saat pengurusan, dan 25%-nya lagi dilunasi dua minggu sebelum keberangkatan. DP tersebut harus kamu siapkan saat kamu mendaftar. Kalau gak punya tabungan, uang dari mana untuk membiayai liburan.

Sebetulnya solusi keuangan terakhir dari rencana liburan yang mepet adalah dengan pinjaman. Pilihannya beragam, bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA), pinjaman online, paylater aplikasi travel, atau memanfaatkan kartu kredit cicilan 0%.

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

“Hukum” dan Perhitungan Pakai KTA untuk Liburan

Liburan
"Hukum" dan perhitungan pakai KTA untuk liburan

Dibanding utang pakai kartu kredit, pinjol, maupun paylater, liburan menggunakan KTA punya kelebihan, yaitu:

1. Pinjaman tanpa memberikan jaminan apapun. Jadi aset pribadi, seperti rumah, tanah, sertifikat, kendaraan, emas, dan lainnya akan tetap aman

2. Pengajuan KTA relatif lebih cepat dan mudah. Asal persyaratan lengkap, dana KTA dapat cair hanya dalam waktu satu jam

3. Mengajukan KTA, ada yang tidak memberlakukan syarat harus punya kartu kredit. Jadi siapapun berkesempatan mengakses pinjaman ini.

Tapi perlu diperhatikan, meminjam KTA harus siap dengan konsekuensi bunga relatif tinggi. Bahkan ada yang mengenakan hingga 2,5% per bulan. Balik lagi, tingkat bunga ini tergantung kebijakan masing-masing bank. Belum lagi ada biaya pinalti jika melunasi KTA sebelum jatuh tempo.

Coba hitung, kalau kamu pinjam KTA Rp10 juta untuk dana liburan, tenor 1 tahun (12 bulan), suku bunga 2,5% per bulan. Maka, pokok bunga yang harus dibayar sebesar Rp250 ribu per bulan. Dikalikan 12 bulan, berarti Rp3 juta. Jadi, kamu harus melunasi kewajiban pinjaman sebesar Rp13 juta ke pihak bank. Dibagi 12 bulan, maka cicilannya sebesar Rp1.083.333 per bulan.

Dengan KTA, liburan mendadak pun tak jadi masalah. Duit tersedia. Akan tetapi, kamu akan dibayangi utang usai liburan panjang. Beda kalau kamu menabung jauh-jauh hari untuk biaya liburan, pikiran dan hati tenang karena tak ada beban utang yang mengejar.

Perencana Keuangan, Aidil Akbar seperti dikutip dari wolipop.detik menyarankan agar jangan menggunakan utang untuk liburan. “Liburan buat refreshing. Tapi pas balik ke Jakarta, stres lagi mikirin utang. Jangan pernah liburan pakai utang,” katanya.

Dari sudut pandang berbeda, liburan dengan KTA atau jenis pinjaman lain sebetulnya tidak jadi masalah bagi:

1. Orang yang selama ini punya rekam jejak bagus melunasi kredit. Artinya disiplin membayar tagihan kredit.

2. Liburan tersebut digunakan untuk mencari penghasilan tambahan, seperti hobi fotografi. Hasil jepretanmu dapat dijual ke situs jual beli foto, dan menghasilkan uang. Lumayan kan liburan, sekalian hunting foto, dapat duit lagi.

3. Liburan tersebut akan membawamu pada ide-ide segar, sehingga berpengaruh ke produktivitas kerja. Kamu tambah bersemangat, punya ide atau inovasi baru untuk pengembangan bisnis atau perusahaan yang mampu mencetak uang lebih banyak, gaji naik, sehingga dapat membayar cicilan KTA.

Baca Juga: Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online? Gunakan Aplikasi Cicilan Berikut Ini

Pilah Pilih KTA yang Pas Buatmu

KTA
Pilihan produk KTA  yang cocok buatmu

Pengajuan KTA saat ini bukan hanya dapat dilakukan di bank, tapi juga marketplace produk keuangan. Berikut beberapa produk KTA yang bisa jadi rekomendasi memperoleh dana liburan akhir tahun (perkiraan pinjaman Rp10 juta, tidak wajib punya kartu kredit) dan dapat diajukan melalui website atau aplikasi Cermati.com. Antara lain:

1. Tunaiku Bank Amar

  • Plafon pinjaman dari Rp2 juta-Rp20 juta
  • Jangka waktu 6-20 bulan
  • Terima notifikasi persetujuan dalam 24 jam
  • Syarat pengajuan minimal gaji Rp3 juta per bulan.

2. CIMB Niaga Xtra Dana

  • Plafon pinjaman hingga Rp300 juta
  • Tenor hingga 60 bulan
  • Proses 1 hari sesuai syarat dan ketentuan berlaku
  • Suku bunga 1,79%
  • Syarat pengajuan minimal gaji Rp3 juta per bulan.

3. PermataKTA Non Credit Card

  • Plafon pinjaman hingga Rp15 juta
  • Jangka waktu hingga 24 bulan
  • Angsuran tetap
  • Suku bunga 1,99%
  • Syarat pengajuan minimal gaji Rp3 juta per bulan.

4. KTA TymeDigital dari Commonwealth Bank

  • Plafon pinjaman hingga Rp30 juta
  • Tenor pinjaman hingga 18 bulan
  • Pencairan pinjaman dalam 7 hari
  • Suku bunga 1,99%
  • Syarat pengajuan minimal gaji Rp5 juta per bulan.

5. Digibank KTA Instan by DBS

  • Plafon pinjaman hingga Rp10 juta
  • Tenor hingga 30 bulan
  • Persetujuan awal kurang dari 60 detik
  • Pencairan dana dalam hitungan menit secara instan via aplikasi digibank
  • Suku bunga flat 1,29%-2,99% per bulan
  • Syarat pengajuan hanya e-KTP
  • Minimal gaji Rp3 juta per bulan.

Putuskan dengan Cerdas

Memenuhi kebutuhan biaya liburan akhir tahun, apakah dengan cara menabung, investasi, ataupun pinjaman, seperti KTA sebetulnya kembali lagi ke tanganmu. Putuskan dengan bijak dan cerdas agar tidak menyesal nantinya.

Jika kamu ingin terbebas dari stres akibat utang pasca liburan, sebaiknya hindari pinjaman. Sebaliknya, bila kamu tipe orang yang mampu mengukur diri bahwa utang tak jadi masalah selagi punya komitmen melunasinya, maka KTA bisa menjadi solusi modal liburanmu.  

Baca Juga: Liburan ke Thailand dengan Gaji UMR? Bisa Kok, Ini Caranya