Main Saham Online: Cara Buka Rekening dan Jual Beli Saham untuk Pemula

Di era serba canggih seperti sekarang ini, berinvestasi pun semakin dimudahkan. Salah satu jenis investasi canggih yang sekarang banyak digandrungi dengan potesi profit yang tinggi adalah investasi saham online. Investasi saham online sendiri, memiliki sebutan lainnya yaitu tranding saham digital

Saham online sendiri merupakan jenis saham yang sama seperti investasi saham pada umumnya, baik itu saham biasa ataupun saham preferen. Perbedaannya hanya terletak pada kegiatan transaksi nya. Yaitu kegiatan jual beli saham dilakukan secara online baik melalui suatu aplikasi atau situs web.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Alasan Kenapa Harus Mencoba Investasi Saham Online

Untuk kamu yang sudah sadar akan pentingnya memiliki investasi zaman sekarang harus mengetahui apa itu saham online dan kenapa kita harus mencobanya untuk masa depan keuangan yang lebih baik.

No

Keuntungan Investasi Trading Saham Online

1

Mudan dan Nyaman

Investasi saham online bisa dikatakan investasi saham paling nyaman untuk ditekuni. Baik untuk kamu yang termasuk memiliki kesibukan yang tinggi atau yang terlalu malas dengan hal yang merepotkan atau bahkan untuk kaum rebahan.

 

Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet kamu sudah bisa berinvestasi saham online dan semakin mendekati goal keuangan yang sudah lama diidam-idamkan.

 

Selain itu investasi saham online adalah salah satu langkah belajar investasi paling tepat untuk kamu para investor pemula.

2

Pantau Investasi Kapan Saja dan Dimana Saja

 

Sebelum adanya investasi saham online, para investor saham selain harus berhadapan dengan tumpukan kertas, tapi juga direpotkan dengan harus mendatangi kantor penyedia jasa investasi hanya untuk memilih dan mengawasi aset investasi.

Tapi dengan adanya saham online.

 

Kamu cukup mengecek perubahan pada saham online mu dimana kapan saja asalkan handphone kamu terkoneksi dengan internet.  Dengan bermain saham online kamu juga bisa langsung melakukan transaksi secara online dimanapun dan kapanpun yang kamu mau.

 

Dengan ini kamu bisa menjual dan membeli saham dengan tepat dan tentunya dengan kesempatan mendapatkan profit yang lebih besar.

3

Modalnya Kecil

 

Sekarang tidak perlu jadi jutawan dulu untuk bisa berinvestasi saham. Dengan main saham online kamu hanya perlu menyiapkan minimal Rp100.000 saja kamu sudah bisa beli saham online.

 

Jadi untuk para calon investor pemula tidak ada lagi alasan tidak mau investasi karena modalnya yang mahal.

4

Informasi yang Transparan dan Bisa Diakses di Mana saja

 

Dengan memilih bisnis saham online. Kamu bisa seluruh informasi yang jelas dan transparan mengenai harga jual dan harga beli saham terkini semuanya secara online.

 

Kamu juga dapat melakukan analisis fundamental terkait dengan perusahaan yang akan dibeli sahamnya.

Itu semua bisa didapatkan baik di aplikasi investasi saham atau website tempat kamu main saham online akan memberikannya secara detail dan mudah diakses.

 

Selain itu mereka juga menyediakan data laporan keuangan dan perhitungan rasio keuangannya, jadi kamu bisa dengan mudah melakukan analisis tanpa perlu mengumpulkan data lagi.

 

Baca Juga: Keputusan Investasi: Dasar, Tujuan, dan Cara Pengambilan Keputusan Investasi

Cara Buka Rekening Saham Online untuk Pemula

loader

Dengan membeli saham sebuah perusahaan, berarti kamu menjadi pemilik perusahaan tersebut. Kamu dapat bertransaksi, jual beli saham atau efek di BEI melalui sekuritas. Namun sebelum resmi menjadi investor dan bertransaksi saham, kamu harus punya rekening saham. Berikut cara buka rekening saham online:

1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Dokumen pribadi yang harus dipersiapkan berupa:

  • ID Card: KTP/KITAS/Passport, ID Card adalah syarat wajib bagi yang ingin membuka rekening saham. Untuk WNI, maka syarat wajib yang diperlukan adalah KTP, tidak bisa digantikan dengan SIM atau Passport. Sementara bagi WNA, maka syarat KITAS/Passport menjadi syarat wajib juga.
  • NPWP juga menjadi syarat wajib saat pembukaan rekening efek. Bila belum mempunyai NPWP, dapat meminta surat pada sekuritas tempat mendaftar rekening untuk membuat pernyataan tidak memiliki NPWP, yang ditandatangani di atas materai
  • Cover Buku Tabungan juga termasuk salah satu syaratnya. Dengan adanya cover buku tabungan, memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah. Bila nantinya nasabah ingin menarik uangnya dari rekening saham, rekening inilah yang jadi bank penampungan tiap kali melakukan penarikan dana. Kamu pun dapat mengintegrasikan rekening bank Kamu menjadi RDI dengan berkonsultasi pada broker.
  • No Identitas KSEI, persyaratan ini hanya berlaku apabila kamu sebelumnya sudah memiliki rekening saham dan ingin membuka rekening kedua.
  • Fotokopi KTP suami untuk yang ibu rumah tangga, fotokopi NPWP suami, dan juga fotokopi Kartu Keluarga biasanya juga perlu disertakan.
  • Meterai Rp 6.000, bisa juga sediakan uang untuk membeli meterai. Meterai yang dibutuhkan antara 2-8 meterai, bergantung pada kebutuhan.

2. Menentukan Perusahaan Sekuritas Saham Online yang Tepat

Berikut daftar perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas pendaftaran online.

Perusahaan Sekuritas

Alamat Website

BCA Sekuritas

bcasekuritas.co.id/account-opening/retail

BNI Sekuritas

bnisekuritas.co.id/onlinetrading/registrasi/

CGS-CIMB Sekuritas

register.cgs-cimb.co.id

Ekuator Swarna Sekuritas

ie-registration.ekuator.co.id

Indo Premier Sekuritas

indopremier.com/lpregister

Jasa Utama Capital Sekuritas

register.juc.co.id

Mandiri Sekuritas

register.most.co.id

MNC Sekuritas

mncsekuritas.id/opening_account/2

Mirae Asset Sekuritas

open.miraeasset.co.id/id

Panin Sekuritas

register.pans.co.id

Phillip Sekuritas

poems.co.id/Home/OpenAccount

Sinarmas Sekuritas

financial.sinarmassekuritas.co.id/simas.net/reginternet/reginternet.asp?digisign=DGS

Trimegah Sekuritas

trima.trimegah.id/register

Pilih yang paling cocok dengan kebutuhan kamu, daftarkan diri dengan mengisi formulir online Dengan lengkap dan jujur.

3. Isi Formulir

Isi formulir pembukaan rekening, termasuk rekening saham dan rekening dana investor. Pengisian formulir mirip seperti saat membuka rekening di bank. Isi setiap kolom pada formulir pembukaan account dengan benar. Jangan lupa juga lampirkan persyaratan pembukaan rekening yang berupa kumpulan dokumen pribadi seperti yang dijelaskan pada poin di atas.

4. Membuka RDI

Setelah selesai mengisi formular pembukaan rekening saham. Kamu juga mengisi formulir lain untuk pembukaan RDI (rekening dana investor). RDI adalah rekening dari dana kamu, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek.

Manfaat RDI ini adalah agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi saham. RDI ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

RDI berbeda dengan pembukaan rekening saham yang merupakan syarat untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan juga untuk data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Dimana fungsinya untuk menyimpan aset saham yang dimiliki.

Pemisahan rekening ini mungkin terlihat sedikit merepotkan tapi tujuan dari pemisahan ini adalah untuk keamanan dana pihak investor.

5. Menunggu Proses Pembukaan Rekening Selesai

Lamanya pembukaan rekening ini bergantung pada RDI yang pilih. Pada umumnya waktu proses pembukaan rekening memakan waktu kurang lebih seminggu. Setelah proses pembukaan rekening selesai, nantinya investor akan dikonfirmasi dengan nomor RDI yang dibuka.

Baca Juga: Stock Split: Pengertian, Tujuan, Contoh, dan Untung Ruginya

Cara Jual Beli Saham Online untuk Pemula

loader

Setelah memiliki rekening saham, RDI dan telah mendownload aplikasi trading saham online. Berikutnya adalah bagaimana cara jual beli saham online. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan transaksi jual beli saham online dengan aplikasi trading:

1. Download Aplikasi Trading Terpercaya

Setelah mendapatkan ID, Password dan PIN, artinya kamu sudah dapat memulai berinvestasi saham. Kamu dapat mengunduk aplikasi trading yang disediakan oleh broker baik di AppStore atau PlayStore atau langsung dari website broker tempat kamu mendaftarkan diri membuka rekening saham.

2. Memasukan Deposit Awal

Rata-rata sekuritas mematok deposit awal sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Beberapa sekuritas asing malahan memberi syarat setoran minimal hingga Rp 50 juta. Namun ada juga beberapa sekuritas yang memperbolehkan setoran minimal sebesar Rp 250 ribu, atau bahkan Rp 100 ribu saja. Kamu tinggal memilih mana yang cocok dengan kondisi keuangan dan kebutuhanmu

Deposit awal disetorkan ketika proses pembukaan RDI telah selesai. Menyetorkan deposit awal juga bertujuan untuk mengaktifkan rekening saham yang kamu buka. Kamu dapat menyetor secara tunai atau transfer dari rekening pribadi ke RDI.

Berikut tahapannya:

  • Siapkan dana dari tabungan dan setor ke nomor RDN milikmu.
  • Penyetoran dapat ditransfer lewat ATM, mobile banking, ataupun internet banking.
  • Tunggu sebentar setelah transfer ke RDN.
  • Kemudian cek dana yang masuk di aplikasi online trading yang telah di-install.

Setelah menyetorkan deposit awal, kamu tinggal menunggu dikirimkan ID, Password dan PIN untuk dapat login ke akun saham online. Selain itu kamu juga akan mendapatkan kartu Akses KSEI.

3. Mulai Transaksi Jual Beli Saham Online

Setiap aplikasi pasti memiliki pengaturan sistem transaksi jual beli sahamnya masing-masing. Kamu hanya perlu menonton video atau keterangan tutorial/langkah-langkahnya dari aplikasi trading yang kamu download.

Minimal pembelian saham itu adalah 1 lot. Pembelian 1 lot saham ini sama dengan pembelian 100 lembar saham. Begitu juga dengan jual saham. Saham dijual minimal dalam besaran 1 lot.

Setiap transaksi beli dan jual saham akan dikenakan fee transaksi sesuai kebijakan perusahaan sekuritas masing-masing. Saham yang ada di BEI punya harga yang variatif. Harga tersebut mencerminkan nilai perusahaan.

Semakin rendah harganya maka semakin banyak lot yang kamu bisa miliki. Dan semakin tinggi harga, semakin sedikit lot yang kamu beli.

4. Mengubah Order Saham Online

Setelah melakukan transaksi saham, kamu bisa mengubah harga beli atau harga jual saham. Pada aplikasi saham online fitur ini tersedia ketika kamu melakukan perdagangan saham. Jika posisi yang kamu pasang tidak terjadi, maka kamu bisa lihat posisi yang tersedia di pasar saat itu. Setelah itu kamu bisa ubah harga sesuai kondisi pasar modal.

5. Penyelesaian Transaksi Jual Beli Saham

Pada transaksi saham, penyelesaiannya atau settlement bisa dilakukan dua hari sejak transaksi. Harganya pun sesuai dengan transaksi yang dilakukan dua hari sebelumnya. Jika tidak melakukan settlement pada waktu yang telah ditentukan, kamu akan dikenakan denda sebesar 45 persen per tahun.

6. Lakukan Stock Screener

Untuk yang masih awam dengan dunia saham, bisa memilih saham dengan mudah lewat fitur Stock Screener yang telah disediakan platform broker saham online. Fitur ini membantu kamu yang ingin membeli saham berkualitas.

Caranya adalah:

  • Tentukan kriteria dengan cara melihat laporan keuangan atau meminta saran dari pihak yang berpengalaman.
  • Lakukan riset yang bisa kamu contoh dari beberapa investor ternama dan berpengalaman.

Saham Online Bikin Investasi jadi Menyenangkan

Dengan adanya fitur saham online. Kamu tidak perlu lagi takut tidak bisa mengikuti alur/cara kerja investasi saham. Karena dengan aplikasi trading saham online yang ada saat ini sudah sangat canggih. Sehingga bisa memberikan kamu kemudahan dalam memahami bermain saham online. Dan tentunya menentukan strategi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jangan buang waktu lagi, raih goal finansial mu dengan mudah lewat investasi saham online.

Baca Juga: Cara Beli Saham BRI Online, Setoran Awal dan Biayanya