Manfaat Asuransi Mobil untuk Perusahaan

Perusahaan yang secara khusus memanfaatkan kendaraan roda empat sebagai motor bisnis, seperti perusahaan logistik dan rental kendaraan sangat bergantung pada performa kendaraannya. Jika kendaraan rusak, maka kegiatan bisnis menjadi terhambat. Solusi atas masalah ini adalah dengan mengasuransikan mobil kepada penyedia asuransi terpercaya.

Asuransi mobil sering dianggap sebagai penyelamat keuangan perusahaan. Sebab, produk keuangan ini menawarkan sejumlah manfaat yang menguntungkan. Apa saja manfaat asuransi mobil untuk perusahaan? 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Manfaat Dasar Asuransi Mobil

loader

Perlindungan dasar mencakup hal-hal mendasar yang ada di dalam asuransi mobil, sehingga mobil terbebas dari risiko apa pun. Adapun manfaat dasar tersebut, antara lain:

  • Perlindungan atas tabrakan, tergelincir, benturan, goresan, kebakaran, dan terperosok
  • Pencurian mobil
  • Kerusakan akibat sambaran petir, kontaminasi air dengan campuran bahan kimia, dan terkena alat-alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran
  • Perlindungan lainnya yang dijamin oleh Polis Standar Akuntansi Kendaraan Bermotor (PSAKBI)

Manfaat Tambahan Asuransi Mobil

Selain manfaat dasar, penyedia asuransi juga menyediakan manfaat tambahan untuk produk asuransi mobil. Manfaat tambahan asuransinya, antara lain:

  • Munculnya kerugian akibat terjadinya huru-hara, terorisme, demonstrasi, dan tawuran
  • Munculnya kerugian akibat bencana alam, seperti gempa bumi, angin topan, tsunami, letusan gunung berapi, dan banjir
  • Jaminan kecelakaan diri, baik bagi polis asuransi maupun penumpang
  • Tanggung jawab hukum atas pihak ketiga

Baca Juga: Asuransi Mobil: Cara Klaim Asuransi All Risk dan TLO

7 Manfaat Asuransi Mobil untuk Perusahaan

Kerusakan pada mobil sejatinya menjadi salah satu alasan membengkaknya pengeluaran perusahaan karena biaya perbaikannya yang lumayan besar.

Namun dengan membeli asuransi untuk perusahaan, maka risiko ini dapat diminimalisir sehingga potensi timbulnya pengeluaran menjadi lebih kecil. Hal ini bisa terjadi karena asuransi mobil menawarkan sejumlah manfaat, di antaranya.

1. Sebagai Proteksi dari Risiko Kecelakaan

Risiko kecelakaan dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan menimpa siapa saja. Melakukan proteksi sejak awal mampu mengurangi kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang. Kerugian yang tadinya ditanggung oleh perusahaan kini dialihkan menjadi tanggungan penyedia asuransi. 

Asuransi mobil akan mengkover besar atau kecilnya kerusakan, sehingga tertanggung tidak perlu mengkhawatirkan biaya yang muncul. Bentuk proteksi yang diberikan meliputi kerusakan akibat tabrakan, benturan, tergelincir, dan mobil terbalik. 

2. Proteksi Akibat Pencurian

Risiko kehilangan dapat muncul jika pengemudi lalai saat menggunakan mobil. Risiko ini dapat terjadi kepada siapa saja tanpa terkecuali. Asuransi mobil memberikan proteksi ekstra untuk mengantisipasi peristiwa ini. 

Namun, proses pengajuan klaim dan penggantian kerusakan harus disesuaikan dengan jenis asuransi yang dipilih. Kerugian ini biasanya lebih cepat diproses jika pihak tertanggung melengkapinya dengan bukti CCTV. Selain itu, bukti lain seperti laporan ke polisi setempat juga diperlukan agar proses klaim berjalan lancar. 

3. Memberi Ketenangan Jika Pihak Ketiga Mengalami Kerugian

Kendaraan yang digunakan untuk kebutuhan bisnis lebih berisiko mengalami kerusakan karena tingkat pemakaian yang tinggi. Ditambah dengan kondisi di jalan raya yang tidak dapat diprediksi. Kadang kala, pengemudi yang mengemudi dengan baik pun bisa mengalami kecelakaan kecil akibat ulah pengemudi lain yang tidak bertanggung jawab. 

Jika kondisi di jalan raya menyebabkan kerugian pada pihak ketiga, maka perusahaan tidak perlu khawatir. Dengan membeli produk asuransi mobil sejak awal, maka kerugian ini akan dikover oleh penyedia asuransi. Alhasil, beban perusahaan otomatis berkurang. 

4. Menyediakan Fitur Layanan Tambahan

Asuransi bukan sekedar produk proteksi atau ganti rugi. Beberapa penyedia asuransi kerap kali menawarkan fitur tambahan, sehingga manfaat yang didapatkan polis menjadi maksimal. Misalnya, fitur layanan derek yang dapat digunakan kapan saja saat ban mobil mengalami kebocoran atau kehabisan bahan bakar. 

Selain ini, ada banyak layanan tambahan yang juga disediakan oleh penyedia asuransi. Sebut saja fasilitas mobil pengganti, kompensasi transportasi, perpanjangan STNK, dan pelayanan customer service selama 24 jam.

5. Mengatasi Penurunan Harga Kendaraan

Penurunan harga kendaraan adalah hal yang sangat lazim terjadi. Penurunan terjadi setiap tahun yang membuat nilai jual kendaraan menjadi lebih rendah, sehingga pemilik mobil merugi. Namun dengan memfasilitasi mobil dengan asuransi, persentase penurunan harga mobil tidak terlalu signifikan. 

Hal ini terjadi karena mobil mendapatkan perlindungan maksimal selama digunakan untuk kegiatan operasional. Asuransi secara tidak langsung merawat dan menjaga performa mobil agar tetap prima. Karena setiap kali ada masalah atau kerusakan, mobil bisa langsung diperbaiki di bengkel rekanan asuransi.

6. Memaksimalkan Perencanaan Keuangan

Kerusakan atau kehilangan mobil kerap kali terjadi. Kasus seperti ini tentu menguras isi dompet karena biaya perbaikan mobil tidak murah, apalagi kalau mobil sampai hilang. Asuransi mobil bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga seperti ini, sehingga perencanaan keuangan perusahaan tidak berantakan. 

Perusahaan bisa terbebas dari pengeluaran ekstra yang tidak diprediksi. Alhasil, rencana keuangan yang sudah disusun sedemikian rupa tidak terganggung oleh kejadian apa pun. Perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasional seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

7. Total Uang Pertanggungan Lebih Besar Daripada Premi

Biaya premi yang dibayarkan oleh polis asuransi biasanya tidak sampai 5% dari harga mobil yang diasuransikan. Rata-rata preminya adalah RRp5.000.000 dalam setahun. Mengingat manfaat yang didapatkan lebih besar daripada preminya, maka asuransi sangat cocok dijadikan sebagai produk proteksi untuk memaksimalkan keuntungan bisnis. 

Jika tidak diasuransikan, yang ada perencanaan keuangan perusahaan menjadi terganggu apalagi biaya perbaikan mobil itu sendiri sangat mahal. Untuk satu kali perbaikan misalnya, biayanya bisa mencapai sejutaan. Jika dalam setahun mobil sering diperbaiki, maka biaya yang dihemat lumayan besar. 

Baca Juga: 11 Poin Penting yang Wajib Dipahami dalam Polis Asuransi Mobil

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Asuransi Mobil

loader

Meskipun menawarkan sejumlah manfaat yang menggiurkan, tapi perlu diingat bahwa asuransi memiliki batasan perlindungan. Penyedia asuransi mobil tidak menjamin kerugian atau kerusakan yang diakibatkan karena hal-hal berikut ini.

1. Kerusakan yang Disengaja

Segala sesuatu yang timbul karena disengaja tidak ditanggung oleh penyedia asuransi. Misalnya, pengendara dengan sengaja menabrak pagar rumah warga agar body mobil dipoles ulang menggunakan biaya pertanggungan asuransi. Jika hal ini diketahui oleh penyedia asuransi, maka mereka boleh menolak pengajuan polis karena hal ini menjadi tanggung jawab pribadi. 

2. Pelanggaran Rambu Lalu Lintas

Penyedia asuransi juga tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan karena pelanggaran rambu lalu lintas. Apalagi jika penyebab utamanya seperti mengantuk, mabuk, bermain handphone saat mengemudi atau melakukan aktivitas lain yang membuat pengemudi tidak fokus berkendara. Biaya perbaikan yang timbul biasanya menjadi tanggung jawab perusahaan. 

3. Ikut Serta dalam Aksi yang Membahayakan

Aksi yang membahayakan atau menguji adrenalin seperti balapan liar, kampanye, atau mengikuti karnaval tertentu juga perlu diperhatikan. Kerusakan yang muncul karena aksi ini biasanya bukan menjadi tanggung jawab penyedia asuransi. Sebab sebelum mobil dikendarai pun, potensi risikonya sudah sangat besar.

4. Dikendarai oleh Pengemudi yang Tidak Memiliki SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah syarat wajib bagi pengemudi yang ingin membawa kendaraan, baik untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan. Jika suatu hari terjadi kerusakan atau kecelakaan dan penyedia asuransi mengetahui bahwa pengemudi tidak memiliki SIM, maka hal yang wajar jika asuransi tidak dapat digunakan untuk mengkover biaya perbaikan. Di sisi lain, pengemudi bisa dikatakan melakukan tindakan melanggar hukum mengingat SIM ini sifatnya wajib. 

5. Gangguan Kondisi Kesehatan

Seseorang di bawah pengaruh obat-obatan, minuman beralkohol, atau mengalami gangguan mental tidak disarankan untuk mengendarai mobil. Hal ini tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain di sekitarnya. Jika polis bersikeras untuk mengemudi dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka penyedia asuransi berhak menolak pengajuan klaim yang diajukan oleh polis. 

Amankan Keuangan Perusahaan dengan Asuransi Mobil

Asuransi untuk perusahaan pada dasarnya akan membantu mengurangi pengeluaran yang tidak diinginkan akibat kelalaian perusahaan, karyawan, dan pihak-pihak di luar perusahaan. Apalagi saat ini potensi bahaya di jalan raya meningkat drastis. Ancaman bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, meskipun sudah berkendara dengan hati-hati. 

Jadi, amankan keuangan perusahaan dengan membeli asuransi mobil sesuai kebutuhan untuk dapatkan perlindungan yang maksimal. Apakah itu asuransi all risk atau Total Loss Only (TLO). Ketika terjadi kecelakaan, perusahaan tidak perlu memikirkan biayanya karena biaya ini ditanggung oleh penyedia asuransi, sehingga kegiatan operasional bisa berjalan dengan semestinya. 

Baca Juga: Asuransi Mobil yang Pas untuk Sewa Mobil