11 Poin Penting yang Wajib Dipahami dalam Polis Asuransi Mobil

loader
Polis Asuransi Mobil

Menggunakan layanan asuransi mobil merupakan kebutuhan tersendiri bagi kamu pemilik kendaraan roda empat. Produk yang satu ini akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan, dimana berbagai resiko atas kendaraan tersebut akan diambil alih oleh perusahaan asuransi. 

Sebagai calon nasabah asuransi mobil, penting bagi kamu untuk jeli dalam memilih produk yang paling tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi terkait asuransi mobil tersebut, termasuk dengan melakukan perbandingan antara satu penawaran dengan penawaran lainnya. 

Selain itu, pastikan kamu juga cermat dalam mempelajari dan memahami semua isi polis asuransi sejak awal. Hal ini akan membantu kamu menghindari kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib dicermati di dalam polis asuransi mobil: 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Data diri pemilik polis 

Ini merupakan salah satu poin paling penting dalam sebuah polis asuransi, termasuk asuransi mobil. Di bagian ini wajib tertera beberapa informasi penting, antara lain: nomor lengkap polis asuransi, nama serta alamat lengkap masing-masing pihak, dan juga periode (masa berlaku) pertanggungan asuransi mobil tersebut. 

2. Jenis perlindungan asuransi

Sebagai calon nasabah pengguna asuransi mobil, kamu juga bisa memilih jenis perlindungan asuransi yang akan digunakan pada kendaraan tersebut. 

Pada dasarnya asuransi mobil bisa dibedakan ke dalam 2 jenis, yakni: asuransi all risk yang akan menanggung semua kerusakan dan juga asuransi TLO yang hanya akan menanggung kerusakan yang lebih dari 75% atau kehilangan kendaraan. 

Pastikan kamu memahami perbedaan dan kelebihan keduanya, agar bisa memilih produk yang paling tepat. 

3. Data lengkap mobil

Besaran premi akan dipengaruhi oleh kondisi mobil itu sendiri, termasuk harga dan juga jenisnya. Penting untuk memberikan informasi yang akurat terkait dengan data lengkap mobil. 

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa data-data tersebut sudah tercantum dengan benar di dalam polis asuransi mobil. 

Baca Juga: Ini Dia 7 Cara Tepat Agar Mudah Memahami Polis Asuransi

4. Kesepakatan harga serta cara pembayaran premi

Berdasarkan data-data tentang mobil, perusahaan asuransi akan menentukan  besaran premi yang harus kamu tanggung. Hal ini juga akan tercantum di dalam polis asuransi, termasuk waktu dan juga sistem pembayaran premi tersebut. 

Biasanya kamu bisa memilih sistem pembayaran premi ini, sebab perusahaan asuransi menyediakannya dalam beberapa yang berbeda. Polis juga akan memuat konsekuensi terkait keterlambatan pembayaran premi. 

5. Pertanggungan atau jaminan

Pada bagian ini, polis akan menjelaskan tentang apa saja yang akan dilindungi oleh perusahaan asuransi pada kendaraan tersebut. 

Kamu juga bisa menemukan informasi terkait tindakan serta jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim, jika mobil mengalami resiko. 

6. Besaran ganti rugi

Kamu juga akan menemukan informasi tentang besaran ganti rugi, jika sewaktu-waktu terjadi resiko pada mobil yang diasuransikan. 

Bagian ini juga akan memuat informasi tentang kondisi-kondisi yang memungkinkan kamu kehilangan hak atas ganti rugi, misalnya karena keterlambatan pengajuan klaim. Nilai ganti rugi ini biasanya akan dipengaruhi oleh jenis asuransi mobil yang digunakan. 

7. Pengecualian-pengecualian

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang berbagai biaya dan juga kondisi mobil kamu yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Baca Juga: Klaim Asuransi Dibuat Susah, BMAI Siap Membantu

8. Perluasan tanggungan 

Kamu juga bisa menggunakan perluasan tanggungan untuk berbagai kondisi yang tidak masuk ke dalam jaminan dasar asuransi mobil. Hal ini tentu akan membuat kamu memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah premi tambahan di luar premi dasar itu sendiri. 

Penting untuk memahami semua hal terkait perluasan tanggungan ini,  terutama bagi yang merasa jaminan standar asuransi masih kurang memadai. 

9. Prosedur pengajuan klaim

Pada bagian ini, kamu akan menemukan informasi tentang tata cara pengajuan klaim atas resiko yang terjadi pada mobil. Selain itu, kamu juga bisa menemukan informasi tentang persyaratan dan dokumen apa saja yang perlu dipenuhi saat pengajuan klaim tersebut. 

Semakin mudah cara mengajukan klaim, tentu akan semakin menguntungkan bagi nasabah. 

10. Penghentian pertanggungan

Bagian ini akan memuat hak kedua belah pihak dalam menghentikan pertanggungan. Biasanya permohonan penghentian pertanggungan seperti ini harus diajukan secara tertulis dan akan dikirimkan ke alamat terakhir nasabah. 

Surat ini juga biasanya disertai dengan informasi terkait pengembalian premi oleh perusahaan asuransi. 

11. Penanganan perselisihan

Polis asuransi juga akan memuat informasi tentang tindakan atau penanganan yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan perselisihan. Hal ini biasanya akan melibatkan lembaga peradilan yang dapat dipilih oleh nasabah. 

Pahami Isi Polis dengan Baik dan Detail

Bagi kamu yang ingin menggunakan layanan asuransi mobil, kamu tentu bisa menemukan banyak pilihan sebagai pertimbangan. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk mempelajari polis asuransi tersebut terlebih dahulu. Hal ini penting dan akan membantu kamu menghindari kesalah pahaman dan kerugian di masa mendatang.

Baca Juga: Pilihan Asuransi yang Wajib Dimiliki Wanita Modern