Baik untuk Kesehatan, Ketahui 7 Manfaat Bersepeda

Sepeda merupakan salah satu transportasi konvensional yang sudah ada sejak lama. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang bersepeda sebagai hobi maupun berolahraga. Ada banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kebugaran hingga meminimalisasi risiko kanker.

Saat ini olahraga bersepeda cukup banyak digemari, tak terkecuali di kota-kota besar. Pasalnya, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang praktis dilakukan sehingga banyak orang menyukainya. Manfaat bersepeda bisa didapatkan jika melakukannya secara rutin setiap hari. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

loader

Olahraga bersepeda merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang, bersepeda bahkan menjadi rutinitas yang disenangi karena memiliki banyak manfaat. Namun, untuk kamu yang ingin menjajal keseruan olahraga sepeda. Berikut adalah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan.

1. Mengurangi Stres

Manfaat bersepeda yang paling ringan adalah mengurangi stres. Sebab, bersepeda membantu menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol. Selain itu, saat bersepeda juga kamu dapat melihat dan menikmati pemandangan di jalan.

2. Memperbaiki dan Menjaga Postur Tubuh

Keseimbangan dan koordinasi tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, postur tubuh perlu dijaga untuk menghindari risiko cedera aktivitas dan mengurangi nyeri punggung. Nah, bersepeda merupakan salah satu cara untuk menjaga sekaligus memperbaiki postur tubuh. Saat bersepeda, kamu perlu menjaga keseimbangan dan menjaga posisi tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Bersepeda bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot dan sendi. Antara lain, dapat memperkuat otot bokong, kaki, betis, paha, perut, pinggul, lengan, dan bahu. Kemudian, bersepeda juga baik untuk menjaga kesehatan sendi yang terbukti pada penderita osteoartritis.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat bersepeda lainnya adalah mengontrol tekanan darah. Bersepeda melibatkan gerakan kaki yang mampu membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Oleh karena itu, tekanan darah akan jauh jadi lebih terkontrol dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke

Bersepeda secara rutin bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Berolahraga dengan sepeda bisa menurunkan kadar kolesterol sekaligus penumpukan lemak di pembuluh darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung juga dapat menurun.

Selain itu, bersepeda juga memperkuat otot jantung serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini bermanfaat memperbaiki sistem kardiovaskular dan mencegah risiko stroke.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Bersepeda juga bermanfaat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sebab, bersepeda ternyata mampu menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bersepeda yang terakhir adalah meminimalisasi risiko kanker. Perlu diketahui, risiko kanker meningkat saat tubuh kurang aktif bergerak. Nah, bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit serius, seperti kanker.

Itulah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan jiwa maupun raga. Jika memiliki sepeda, kamu bisa mulai menjadikan bersepeda sebagai olahraga rutin. Namun, jika ingin mulai bersepeda secara rutin sebaiknya siapkan beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki.

Perlengkapan Bersepeda yang Perlu Dimiliki

Saat memutuskan untuk olahraga bersepeda, kamu sebaiknya perlu menyiapkan beberapa perlengkapan olahraga sepeda yang perlu dimiliki. Bagi kamu yang baru ingin menjajal keseruan olahraga ini, mungkin sedikit bingung menentukan perlengkapan. Jangan khawatir, kamu bisa mulai menyiapkan beberapa perlengkapan berikut.

Jenis Perlengkapan Keterangan dan Kisaran Harga
Helm Perlengkapan pertama yang perlu dipersiapkan untuk bersepeda adalah helm. Tujuannya untuk melindungi diri, terutama bagian kepala dari risiko cedera ketika kecelakaan. Ada beberapa tipe atau jenis helm sepeda, seperti helm road bike dan helm mountain bike yang bisa kamu sesuaikan. Untuk harga helm sepeda, mulai dari Rp50 ribuan sampai dengan Rp1 jutaan.
Bidon dan Holder Bidon atau botol air dan holder sangat penting untuk kamu miliki agar bisa dibawa saat bersepeda. Dengan begitu, kamu tetap terhidrasi tanpa repot membeli air mineral. Adapun, bidon dan holder sepeda ini bisa kamu dapatkan di toko sepeda maupun e-commerce dengan harga terjangkau sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribuan.
Cadangan Ban

Antisipasi adalah langkah terbaik saat bersepeda. Salah satunya adalah menyiapkan ban dalam cadangan serta perkakas lain yang membantu untuk memperbaiki saat terjadi kerusakan. Kamu bisa membeli ban dalam di toko-toko sepeda terdekat maupun secara online dengan harga, mulai dari Rp30 ribu sampai Rp150 ribuan.

Lampu Reflektor Sepeda

Sama seperti kendaraan lain, sepeda juga perlu memiliki lampu reflektor untuk keamanan pesepeda dan pengendara lain. Hal ini bahkan sudah diatur di dalam undang-undang. Maka dari itu, pastikan kamu menyiapkan perlengkapan ini sebelum bersepeda. Di marketplace, harga lampu reflektor sepeda berbeda-beda tergantung pada jenis dan kualitasnya. Adapun kisaran harganya, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp50 ribuan.

Gembok Sepeda

Tidak hanya keamanan diri, kamu juga perlu menjaga keamanan sepeda. Oleh karena itu, siapkan gembok untuk mengamankan sepeda jika diparkirkan di tempat umum. Harga gembok sepeda sendiri cukup terjangkau, mulai dari Rp15 ribuan sampai Rp30 ribu.

Tas Sepeda

Ada yang kurang rasanya jika bersepeda tanpa tas khusus sepeda. Terdapat berbagai tipe tas sepeda yang disesuaikan dengan kebutuhan, yakni handle bags, saddle bag, pannier, dan lain-lain. Dengan tas khusus sepeda ini, kamu bisa dengan mudah membawa perlengkapan sepedamu. Untuk harga tas sepeda sendiri bervariasi tergantung bahan dan jenisnya. Namun, kisaran harganya adalah Rp20 ribu sampai Rp150.000.

Itulah beberapa perlengkapan bersepeda yang perlu dimiliki. Kamu bisa menyesuaikan seluruh perlengkapan tersebut dengan kebutuhan dan jenis sepeda. Namun, pastikan jangan sampai ketinggalan untuk menyiapkannya dan mulailah rutin olahraga bersepeda, ya!

Mulai Hidup Sehat dengan Manfaat Bersepeda

Tidak ada kata terlambat jika kamu ingin memulai rutin olahraga, terutama bersepeda. Selain menyenangkan, olahraga satu ini ternyata juga punya banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan ketika dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, kamu bisa mulai melihat dan memperbaiki kembali sepeda lama yang tersimpan di rumah.