Masih Tak Percaya? Ini 5 Bukti Nikah Bisa Bikin Kaya

Menikah dianjurkan bagi mereka yang sudah dewasa dan siap secara fisik maupun mental. Pernikahan yang baik adalah didasari dengan kasih sayang akan menghasilkan sebuah keluarga yang bahagia.

Jika tadinya sebelum menikah hari-hari Anda selalu sendiri. Saat sudah menikah Anda akan ditemani pasangan Anda.

Selain itu, dengan menikah tentunya akan ada banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan Anda. Bahkan ada juga yang berpikiran dengan menikah perekonomian dan kesejahteraan hidup akan menjadi lebih baik.

Tak ada yang salah dengan pemikiran itu. Sebab sejatinya menikah itu memang bikin kaya! Tak percaya? 

Simak ulasan berikut ini ada beberapa hal yang menjadi bukti kebenaran kalau menikah itu memang bikin kaya yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jumlah Aset yang Terkumpul Makin Banyak

aset kekayaan
Rumah salah satu aset kekayaan setelah menikah

Sebuah pernikahan tidak hanya menggabungkan dua hati, dua keluarga, dan dua perbedaan. Tapi juga menggabungkan dua aset kekayaan.

Jika sebelum menikah Anda sedikit kesulitan dalam mengumpulkan aset kekayaan. Setelah menikah, Anda akan memiliki pasangan yang sama-sama berjuang untuk bisa mengumpulkan kekayaan bersama. Tentu saja hal ini akan membuat proses mengumpulkan kekayaan jadi lebih mudah dan cepat jika dibandingkan Anda mengumpulkannya sendirian.

Jika Anda masih merasa penghasilan jauh dari kata cukup, coba cari cara alternatif lainnya seperti melakukan investasi untuk masa depan. Investasi tidak melulu harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu, Anda bisa memulai investasi dengan uang yang sedikit.

Jika melakukannya secara rutin, tentu hasil yang diperoleh akan semakin banyak. Gunakan uang investasi untuk biaya pendidikan, dan uang investasi masa depan, dana pensiun, atau hari tua. Tidak perlu khawatir lagi jika suatu hari Anda berhenti dari pekerjaan yang dijalani saat ini.

2. Kemampuan Membeli Kebutuhan Makin Besar

Jika sebelum menikah Anda hanya memiliki satu pemasukan. Setelah menikah Anda akan punya dua pemasukan sekaligus dalam sebulan.

Hal ini sudah tentu membuat daya beli Anda meningkat menjadi dua kali lipat, bukan? Meski sebenarnya pengeluaran pun akan semakin banyak.

Jika Anda memiliki penghasilan yang cukup bagus, ini akan membuat kesejahteraan hidup Anda semakin baik. Anda tidak perlu takut lagi jika kekurangan sandang maupun pangan.

Selain itu, meningkatnya daya beli tentu saja harus dibarengi dengan rasa syukur akan nikmat yang diperoleh agar terhindar dari sifat sombong dan boros.

Baca Juga: Pasangan Muda, Terapkan 8 Tips Ini Untuk Wujudkan Impian Punya Rumah Idaman

3. Biaya Asuransi Kendaraan Jadi Lebih Murah

asuransi mobil
Biaya asuransi mobil jadi lebih murah

Pasangan yang sudah menikah tentu akan memikirkan masa depan, kebutuhan tersier seperti kendaraan beroda empat sudah mulai diperhitungkan mengingat anggota keluarga akan bertambah pula.

Jika mengingat cicilan atau tanggungan biaya asuransi kendaraan setiap bulannya, ditambah dengan semua pengeluaran kecil lainnya, tentu membuat sebagian orang akan mengurungkan niatnya untuk memiliki sebuah kendaraan.

Tapi, sebenarnya beberapa perusahaan memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda. Begitu juga untuk menetapkan berapa besar biaya asuransi kendaraan.

Biasanya sebuah perusahaan akan mematok biaya asuransi kendaraan yang lebih murah pada pasangan yang sudah menikah. Ini berbeda dengan individu yang masih lajang, biaya asuransi akan sedikit lebih mahal.

Tentu saja ini adalah hal yang sangat menguntungkan untuk Anda yang sudah menikah. Jadi, punya kendaraan dan mengasuransikannya ketika sudah menikah itu jauh lebih menguntungkan, bukan?

4. Bisa Meminimalisir Biaya Kesehatan

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Memiliki kekayaan yang berlimpah tapi kesehatan memburuk tentu tidak akan merasa lebih baik. Namun, dengan menikah kesehatan seseorang biasanya akan semakin baik. Kesehatan tidak mudah menurun.

Menurut penelitian, dengan menikahi pasangan Anda imun akan semakin kebal terhadap berbagai penyakit. Kemungkinan terkena stroke, depresi, dan serangan jantung akan semakin kecil.

Terlebih lagi jika salah satu dari Anda sangat suka berolahraga. Ini akan mendorong pasangan Anda untuk ikut rajin berolahraga. Dengan begitu, uang yang tadinya seharusnya masuk ke biaya kesehatan, bisa diminimalisir.

Ini karena kesehatan Anda selalu terjaga dengan baik sehingga tidak memerlukan biaya kesehatan setiap bulannya. Apalagi jika Anda sakit, pasangan tentu akan menjaga hingga sembuh. Ini akan meminimalisir biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Biar Adil, Begini Cara Atur Uang Bantu Orangtua dan Mertua

5. Bisa Beri atau Dapatkan Asuransi Kesehatan dari Pasangan

asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan dari pasangan

Bukti lainnya bahwa menikah membuat Anda semakin kaya adalah saat pasangan Anda memiliki akses asuransi di perusahaan tempatnya bekerja, Anda juga akan ikut mendapatkan asuransi yang sama dengan pasangan Anda.

Tentu saja ini akan sangat membantu perekonomian Anda jika ada salah satu dari Anda tidak memiliki asuransi karena tidak bekerja atau perusahaan tidak menyediakan asuransi kesehatan tersebut. Terlebih lagi menggunakan asuransi keluarga ternyata jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan asuransi individu.

Kelola Keuangan dengan Bijak

Menambah kaya setelah menikah memang menjadi impian setiap pasangan muda. Akan tetapi percuma saja, sudah memiliki aset kekayaan tapi keuangan tidak dikelola dengan baik. Hal ini tentunya hanya akan membuat keuangan keluarga memburuk secara perlahan. Untuk itu, sangat penting bagi setiap pasangan mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak. Mulai dari kebutuhan, bayar tagihan, cicilan dan investasi dan sebagainya. Dengan begitu, keuangan akan aman dan keluarga sejahtera sepanjang masa.

Baca Juga: 8 Cara Hindari Hidup Susah Setelah Menikah