Mau Bangun Rumah? Ini 5 Alasan Pentingnya Menggunakan Jasa Desain Rumah Profesional

Jika menginginkan rumah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, maka membangun rumah sendiri akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Anda bisa mengatur segala sesuatunya sesuai dengan keinginan, sehingga kelak rumah tersebut nyaman untuk ditempati anggota keluarga.

Jika tidak memiliki kemampuan atau pemahaman yang memadai terkait dengan pembangunan rumah, menggunakan layanan jasa desain profesional akan jadi pilihan yang bijak. Anda mungkin akan membutuhkan sejumlah dana tambahan, namun jangan khawatir, biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasilnya. 

Agar lebih yakin, simak ulasannya berikut ini beberapa alasan mengapa perlu menggunakan jasa desain rumah profesional.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Memberikan gambaran desain yang tepat

desain rumah
Memberikan gambaran desain rumah yang tepat

Bagi yang tidak memiliki pemahaman terkait desain dan pembangunan rumah, Anda tentu akan sulit menemukan ide yang tepat untuk desain rumah. Kondisi ini bisa saja membuat kebingungan, bahkan meski Anda sudah memiliki persiapan yang cukup matang untuk memulai pembangunan.

Namun hal berbeda akan terjadi, jika sejak awal Anda menggunakan jasa desain rumah untuk urusan yang satu ini. Penyedia jasa desain rumah akan membantu Anda mewujudkan rumah impian dengan lebih tepat. Anda bisa mendiskusikan dengan mereka apa saja yang diinginkan di rumah tersebut, seperti: jumlah kamar, ruangan, kamar mandi, ukuran dapur, dan yang lainnya. 

Mereka akan dengan cepat mempelajari dan melihat bagaimana desain yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Anda akan menerima konsep pembangunan rumah yang matang dalam bentuk proposal, baik itu dalam bentuk sketsa maupun draft visual. Meski belum dibangun, Anda sudah dapat melihat gambaran rumah impian dengan lebih detail.

2. Membuat seluruh tanah terpakai dengan efisien

Memanfaatkan tanah dengan maksimal saat membangun rumah merupakan pekerjaan yang tidak mudah, apalagi jika ternyata Anda hanya memiliki lahan terbatas. Kondisi seperti inilah yang dapat diatasi dengan baik oleh jasa desain rumah. 

Mereka akan memahami dengan baik bagaimana cara memanfaatkan setiap jengkal tanah, sehingga Anda bisa mendapatkan hunian yang nyaman serta fungsional. Kemampuan seperti ini tentu akan membuat Anda bisa lebih tenang dan tinggal menunggu hasil pembangunan rumah yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Lebih Baik Beli Rumah atau Bangun Rumah? Temukan Jawabannya Disini!

3. Memberikan referensi harga material terbaik

material
Memberikan refrensi harga material terbaik

Membeli berbagai bahan material tentu bukan pekerjaan yang mudah, apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam urusan yang satu ini. Dengan menggunakan jasa desain rumah, maka pekerjaan yang satu ini akan menjadi jauh lebih mudah. 

Mereka akan mengetahui dengan baik harga berbagai bahan material di pasaran. Bukan hanya itu saja, mereka juga biasanya sudah memiliki referensi toko atau penyedia material berkualitas dengan harga terbaik. Semua informasi ini akan membuat Anda bisa lebih mudah untuk menemukan berbagai bahan material yang tepat, tentunya dengan harga yang paling hemat.

4. Mengawasi proses pembangunan hingga selesai

Di dalam prakteknya, jasa desain rumah bukan hanya menggambar desain rumah Anda saja. Mereka akan memegang beberapa tanggung jawab sekaligus, mulai dari membuat desain, bahkan mengawasi pembangunan rumah tersebut hingga selesai. Hal ini akan membuat hasil pembangunan rumah Anda lebih maksimal dan sesuai dengan desain awal yang sudah disepakati bersama. 

Baca Juga: Jangan Asal Ambil Kredit Rumah, Ini 3 Cara Tepat Pilih KPR Terbaik

5. Membuat harga jual kembali lebih tinggi

jual rumah
Membuat harga jual lebih tinggi

Saat menggunakan jasa desain rumah, maka Anda tentu bisa mendapatkan hasil pembangunan yang lebih sempurna. Setiap ruangan akan sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi aspek kesehatan serta keindahan. Semua ini menjadi nilai lebih dan akan meningkatkan nilai jual rumah Anda di masa yang akan datang. Bagaimanapun juga, rumah tetaplah investasi jangka panjang dan nilai jualnya tetap harus Anda jaga dengan baik, bukan?

Berikut ini adalah perhitungan biaya yang biasa digunakan untuk layanan jasa desain rumah profesional:

  • Per meter persegi

Metode yang satu ini akan digunakan dengan cara menghitung luas rumah secara keseluruhan. Misalnya, jika jasa desain menawarkan harga Rp 100 ribu per meter, sedangkan luas bangunan rumah Anda adalah 250 meter, maka perhitungannya: 100.000 x 250 = Rp 25 juta.

  • Persentase biaya pembangunan

Sebagian penyedia jasa desain juga menentukan tarif mereka berdasarkan persentase biaya pembangunan, biasanya besarnya 6,5% dari total biaya. Misalnya, jika biaya pembangunan rumah Anda Rp 250 juta, maka biaya yang harus dibayarkan untuk jasa desain adalah: 6,5% x 250.000.000 = Rp 16. 250.000,- 

Dapatkan rumah impian dengan desain terbaik

Menggunakan jasa desain rumah profesional bisa menjadi pilihan tepat bagi yang segera akan membangun rumah. Siapkan budget khusus untuk keperluan ini, agar Anda bisa memaksimalkan seluruh tanah dengan baik. Pilih jasa desain yang profesional dan dapatkan rumah impian yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan beserta keluarga.

Baca Juga: Pengajuan Kredit Rumah Cepat Disetujui Bank, Lengkapi Dokumen KPR Berikut!