Mau Beli Barang Impian, Cicil atau Nabung Dulu? Ini Untung Ruginya

Pastinya kamu memiliki barang impian yang ingin kamu beli. Namun, sebelum membeli suatu barang, hal pertama yang dilakukan adalah melihat harganya terlebih dahulu. Apakah uang yang dibawa cukup untuk membelinya atau kurang. 

Khusus untuk barang yang harganya mahal, biasanya akan mempertimbangkan apakah menabung dulu baru beli barangnya atau langsung dicicil. Jawabannya ada pada diri kita sendiri.

Sebelum memutuskan, sebaiknya kenali dulu untung rugi mencicil atau menabung sewaktu membeli suatu barang demi menjaga kesehatan finansial hari ini dan kelak.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Untung Rugi Mencicil

loader
Untung Rugi Mencicil Barang

1. Tak perlu mengikuti proses

Menabung membutuhkan proses yang bisa dibilang tidak instan, apalagi untuk jumlah uang yang lumayan besar. Mencicil memungkinkan kita untuk bebas dari proses tersebut, jadi barang yang diinginkan bisa didapatkan dalam waktu singkat.

Kita tak perlu khawatir barangnya akan sold out, harganya semakin mahal, dan lain sebagainya. Ditambah dengan adanya fasilitas cicilan 0%, maka mencicil terkadang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kita sewaktu membeli barang. Selagi limit kartu kredit cukup, kita bebas melakukan transaksi.

2. Cicilan meringankan pengeluaran

Sekilas mencicil memang mengurangi jumlah pengeluaran. Kita yang tadinya harus bayar Rp 5 juta, sekarang tinggal bayar Rp 800 ribu saja untuk membawa barangnya pulang ke rumah. Kita juga bisa langsung pakai barangnya meskipun cicilannya belum lunas.

Tak ada yang tahu, kan? Boleh mencicil, tapi sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan finansial. Fasilitas cicilan 0% juga berlaku untuk jangka waktu pembayaran tertentu saja. Sebisa mungkin hindari jangka waktu yang terlalu lama agar kita bisa mencicil barang lain lagi di lain waktu.

Baca Juga: Gaji Pas-pasan? Begini Tips Menghemat Uang Belanja

3. Harga barangnya semakin mahal

Jika cicilan kita dikenakan bunga, total harga yang dibayar tentu lebih mahal dibandingkan harga aslinya. Jika harga barang aslinya Rp 5 juta, kemungkinan total harga yang dibayar menjadi Rp 5,1 juta dalam kurun waktu 6 bulan. Selisih Rp 100 ribu, dan selisih ini akan semakin besar lagi kalau jangka waktu pelunasan semakin lama.

Kita juga perlu waspada terhadap denda keterlambatan yang akan ditagihkan pihak bank apabila pembayaran melewati batas jatuh tempo. Pastikan bayarnya sesuai atau sebelum jatuh tempo, sehingga transaksi kita tidak semakin membengkak.

4. Risiko utang menumpuk

Cicilan kartu kredit yang tidak dibayar pada bulan ini akan digabungkan pada pembayaran bulan berikutnya, sehingga bunga cicilan yang kita bayar lebih besar daripada seharusnya. Jika kita tak mampu bayar lagi, maka bunganya akan bertambah berkali-kali lipat sampai utang menumpuk. 

Penting untuk review kondisi finansial terlebih dahulu sebelum mencicil barang, berapapun harganya. Jangan sampai cicilan lebih dari 30% dari total pemasukan setiap bulan agar pembayarannya lancar. Status kredit kita juga terjaga dengan baik, jadi peluang untuk melakukan pinjaman di kemudian hari masih tinggi.

Untung Rugi Nabung Dulu

loader
Menabung

1. Tahu batasan

Berhubung karena menabung butuh waktu, kita jadi lebih tahu batasan membeli sesuatu. Mana yang sebenarnya menjadi kebutuhan, maka keinginan, jadi belinya tidak didorong oleh nafsu semata.

Dengan batasan ini, kondisi keuangan menjadi terkontrol. Uang yang dimiliki tidak habis untuk membeli satu barang cuma karena menginginkannya, tapi kita bisa gunakan untuk membeli beberapa barang sekaligus guna memenuhi kebutuhan.

2. Harga barang yang dibeli lebih murah

Harga yang kita bayar saat melakukan pembelian tunai lebih murah. Selain karena transaksinya bebas bunga, kita berpotensi mendapatkan reward berupa cashback atau potongan tunai kalau pembelian mencapai minimum tertentu. 

Tugas kita adalah mencari toko yang memberikan keuntungan di atas untuk meminimalisir pengeluaran. Alhasil, uangnya bisa digunakan untuk membeli barang lain yang dibutuhkan.

3. Lebih menghargai barangnya

Ketika kita susah payah mendapatkan suatu barang, kita pasti akan lebih menghargainya. Barang tersebut akan dirawat sebaik mungkin agar tidak rusak setelah beberapa bulan pemakaian, jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Hal ini akan berdampak pada pembelian kita selanjutnya. Selain itu, akan ada pelajaran tersendiri yang diambil dari proses menabung yang kita lalui, yakni penantian tak akan mengecewakan.

Baca Juga: Daftar Pinjaman Online Resmi Terdaftar dan Berizin OJK di Indonesia

4. Hasrat belanja terkendali

Menabung membuat kita semakin bisa mengontrol hasrat untuk berbelanja, terutama untuk barang mahal dan kurang penting. Sebab untuk mendapatkan suatu barang, kita harus melewati proses menghemat yang kurang menyenangkan.

Kita memilih untuk bijak menggunakan uang daripada proses tersebut harus terulang kembali. Apalagi seiring berjalannya waktu, kebutuhan semakin meningkat. Jadi, tidak baik kalau kita terlalu sering terbawa nafsu belanja yang menyebabkan pemborosan.

Beli Barang Sesuai Kemampuan Keuangan

Pakai kartu kredit atau menabung dulu, pilihannya ada di tangan masing-masing. Apapun keputusan yang kita ambil nanti, yang pasti jangan sampai mengganggu keuangan di kemudian hari. Karena bukan hanya kebutuhan hari ini saja yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan, tapi juga kelak.

Baca Juga: Intip Keuntungan dan Cara Mudah Cicil Perhiasan Emas Lewat Pegadaian Digital