Mau Cepat Sukses? Tiru Gaya Hidup Elon Musk Ini!

Elon Musk merupakan salah satu deretan miliarder yang fenomenal sekaligus ambisius. Selain karena perusahaan yang didirikannya mendulang sukses, Elon menjadi salah satu miliarder yang berencana untuk menjadikan planet Mars sebagai tempat tinggal baru bagi manusia dalam puluhan tahun ke depan.

Ide brilian bahkan titel miliarder yang disandangnya sekarang tentu tidak diperolehnya dalam sehari semalam. Butuh waktu belasan bahkan puluhan tahun agar dirinya bisa sesukses dan sekaya saat ini.

Sebagai masyarakat awam, Anda pastinya mau seperti Elon Musk, kan? Sah-sah saja, tapi ketahuilah ada beberapa gaya hidupnya yang perlu ditiru dan tidak perlu ditiru. Yuk, disimak satu per satu dalam ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Gaya Hidup Elon Musk yang Perlu Ditiru

1. Selalu punya inovasi dalam hidup

loader
Inovasi

Dari kisah singkat perjalanan hidup Elon Musk, terdapat beberapa pelajaran yang bisa dipetik. Salah satunya adalah harus hidup dengan berbagai inovasi. Terbukti dengan ide briliannya yang ingin menyulap Mars menjadi tempat tinggal baru bagi manusia yang diprediksi akan terwujud pada tahun 2050 nanti.

Di sisi lain, Musk juga telah berupaya untuk melakukan inovasi untuk kendaraan. Dari yang dulunya memakai bahan bakar bensin, sekarang menjadi teknologi baterai. 

Inovasi seperti inilah yang pada akhirnya membawanya sesukses sekarang. Anda yang ingin sukses pun harus mencontoh hal ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, jadi jangan mau stuck di titik yang sama.

2. Berani mengambil risiko

Elon Musk merupakan miliarder yang berani mengambil risiko. Jika dihitung-hitung, dirinya telah menghabiskan cukup banyak uang dalam upaya merealisasikan mimpinya. Sebut saja saat SpaceX menerbangkan sejumlah astronot ke Mars untuk melihat tanda-tanda kehidupan di sana.

Seperti yang Anda tahu, gaji seorang astronot tidaklah murah. Begitu pula dengan gaji kru lainnya yang berkontribusi dalam penerbangan tersebut.

Ini menjadi catatan untuk Anda yang bermimpi menjadi orang sukses di kemudian hari. Jangan pernah takut pada risiko karena dari sinilah Anda dapat mempelajari hal-hal baru yang tidak pernah diketahui atau dibayangkan sebelumnya. 

Baca Juga: Prinsip Hidup dan Mantra Sukses Sandiaga Uno untuk Jadi Pebisnis Ulung

3. Punya banyak relasi

loader
Punya banyak relasi

Jangan pernah mengira kalau kesuksesan yang didapatkan Elon Musk diwujudkannya seorang diri. Hal ini tidak lepas dari bantuan internal atau tim yang bekerja dengannya, dari relasi antara dirinya dan orang di sekitarnya. 

Karena pada hakikatnya, Elon boleh merancang sejumlah mimpi. Tapi untuk mewujudkannya, dirinya butuh bantuan orang lain untuk taking action.

Jika ingin menjadi sukses, cobalah perbanyak relasi bahkan dengan orang-orang yang ada di luar bidang bisnis. Sebab, akan ada sejumlah pelajaran yang bisa dipetik dari kisah hidup sukses orang lain.

Gaya Hidup Elon Musk yang Tidak Perlu Ditiru

1. Bekerja overtime

loader
Bekerja overtime

Semakin tinggi dedikasi yang diberikan kepada pekerjaan, semakin besar pula peluang untuk menjadi sukses. Inilah yang dilakukan oleh miliarder sekelas Elon Musk. Sayangnya, hal ini malah membuatnya tidak punya waktu untuk bersantai dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam suatu wawancara, Elon Musk pernah mengatakan kalau dirinya bekerja 100 jam per minggunya. Rata-rata waktu yang dihabiskannya untuk bekerja, yaitu 14 jam per hari termasuk weekend. Sedangkan kalau hitungannya dalam lima hari kerja, maka waktu kerjanya 20 jam per hari.

Total waktu kerjanya per hari atau minggu melebihi jam kerja yang seharusnya. Yakin mau menirunya? Mungkin Anda akan mempertimbangkan hal ini secara matang, dan akhirnya memutuskan untuk berkata “tidak”.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses

2. Tidak bisa berwisata

Dengan jam kerjanya yang gila-gilaan, maka wajar apabila Elon Musk kesulitan atau bahkan tidak bisa melakukan perjalanan wisata meskipun di hari libur. Sebab, dirinya kerap kali disibukkan dengan urusan bisnis, investasi, dan rencana untuk merealisasikan mimpinya yang besar.

Sekali lengah, maka semua aspek dalam kehidupan Musk tidak berjalan sempurna. Bisa dibayangkan kalau misalnya SpaceX dilanda masalah, maka kesehatan kinerja bisnisnya yang lain ikut terganggu. Bahkan seluruh orang yang bekerja bersamanya akan ikut panik. 

Itulah sebabnya kenapa Musk tidak boleh sembarangan kalau ingin liburan. Perlu perencanaan beberapa bulan sebelumnya atau mungkin setahun sebelumnya untuk menghindarinya adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Sering tidur tengah malam

loader
Sering tidur tengah malem

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar bisa bangun dalam kondisi bugar pada keesokan harinya. Musk sadar betul terhadap hal ini, makanya dirinya berusaha untuk tidur setidaknya 6-6,5 jam per hari.

Sayangnya, waktu tidurnya bukan seperti kebanyakan orang. Dirinya kerap kali harus tidur pada tengah malam, saat orang lain sudah beberapa kali bermimpi, sedangkan dirinya baru ingin membaringkan badannya di tempat tidur. 

Jika tidak diimbangi dengan makanan sehat dan check up dokter, hal ini tentu membahayakan kesehatan. Jadi, bagi Anda yang tidurnya sering tengah malam, sebaiknya perbaiki jam tidur agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Petik yang Baiknya, Buang yang Kurang Baik

Sosok Elon Musk yang sukses tentu menginspirasi banyak orang. Tapi, tidak semua hal dalam kehidupannya mesti diaplikasikan dalam kehidupan. Petik dan praktekkan hal-hal baiknya, sedangkan yang kurang baik tidak perlu ditiru karena pastinya juga tidak baik untuk kehidupan Anda.

Baca Juga: Filosofi Hidup BJ Habibie Menjadi Inspirasi Sukses buat Millenial