Mau Jadi Next Blackpink atau BTS? Begini Tips Biar Lolos Audisi Kpop Idol

Efek kepopuleran Kpop di dunia tidak hanya membuat banyak orang tertarik dengan artis, drama, lagu dan budaya Korea saja. Tapi juga menciptakan hobi sampai cita-cita baru, salah satunya adalah bercita-cita untuk berhasil debut menjadi member Kpop group yang dinaungi oleh Agensi Korea.

Kebanyakan dari mereka yang bercita-cita menjadi Kpop Idol memang datang dari kalangan fans tapi banyak juga yang ingin debut menjadi Kpop Idol karena terpesona dengan kepopuleran dan masa depan yang cerah. Apalagi jika berhasil debut dibawah agensi besar seperti SM Entertaiment, YG Entertainment, JYP Entertainment dan Big Hit.

Tapi, jadi Kpop idol itu tidak mudah loh. Bisa menyanyi, menari dan berpenampilan rupawan saja tidak cukup untuk membuat mu otomatis menjadi seorang Idol.

Berbeda dengan negara lain, industri hiburan di Korea dikenal memiliki sistem sendiri untuk membuat seseorang layak atau siap debut sebagai artis. Khusus untuk Idol, biasanya lolos audisi saja tidak cukup, ada sistem pelatihan dan tambahan skill lainnya yang harus diikuti sesuai dengan kebijakan agensinya masing-masing.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Dilirik Agensi Korea Biar Lolos Audisi Global

Banyak agensi besar Korea mengadakan audisi global untuk mencari lebih banyak lagi orang-orang bertalenta dari seluruh dunia. Dengan Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak peminat untuk Kpop. Tentu saja, Indonesia selalu masuk kedalam daftar negara yang dipilih untuk melakukan audisi global.

Apakah kamu juga salah satu dari sekian banyak pecinta dunia hiburan negara ginseng ini yang juga bercita-cita debut menjadi Kpop Idol papan atas di Korea? Berikut tips-tips jitu lolos audisi jadi Kpop Idol:

1. Mempersiapkan Video untuk Audisi dengan Konsep yang Unik

audisi online

Audisi global dilaksanakan di website resmi yang diarahkan langsung oleh agengsi yang membuka audisi, artinya semua proses audisi dilakukan secara online. Audisi global ini memiliki prosedur yang cukup sederhana.

Setelah mengisi biodata dan persyaratan yang diminta. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengirim video audisi saja, baik itu menyanyi, menari, ngerap, bermain alat music sampai akting.

Nah, biar video audisi dilirik dan terpilih untuk lolos. Kamu jangan hanya mengisi rekaman video audisi dengan satu jenis penampilan saja. Lakukan 2-3 skill lainnya yang kamu miliki secara bersamaan.

Contohnya, bernyanyi sambil ngerap atau menari, bermain alat sambil bernyanyi atau bisa menunjukan skill unik lain seperti menirukan penyanyi atau rapper terkenal biar bisa dapat poin tambahan.

Baca Juga: Selain Mahir Kelola Finansial, ini 6 Tips Sukses Kerja di Bank

2. Perkenalkan Diri dengan Minimal 2 Bahasa secara Lancar

kpop

Kebanyakan mereka yang berhasil debut jadi Idol dari audisi global setidaknya bisa berbicara 2 bahasa dengan lancar misalnya, Indonesia dan Inggris, Indonesia dan Korea atau ketiganya Indonesia, Inggris dan Korea.

Mengingat kepopuleran Kpop di dunia, tentu saja agensi Korea akan lebih melirik mereka yang bisa berbahasa selain bahasa negara asal dan kalau bisa menguasai bahasa dari negara yang memiliki peminat Kpop terbanyak seperti Cina, Jepang, Thailand, Inggris dan Amerika.

Jadi jika kamu merasa kemampuan berbahasa asing mu cukup baik. Jangan takut untuk kamu tunjukkan yah di video audisi mu.

3. Berpakaian yang Rapi dan Menarik

berpakaian rapi sebelum audisi

Audisi pada bidang pekerjaan lain sama seperti interview kerja. Jadi wajar dong penampilan juga menjadi faktor penilaian dari sebuah audisi. Kasarnya, percuman jago nyanyi, muka glowing tapi manner nol besar.

Korea adalah negara yang memiliki nilai kesopanan yang tinggi. Jadi jangan berfikir untuk berpakaian dengan sembrono ketika merekam video audisi. Pilihlah pakaian yang semi formal tapi tetap terlihat sopan dan enak dilihat. Seperti kemeja dengan celana jins, atau dress yang tidak terlalu ketat atau pendek.

4. Menunjukkan Ketertarikan Terhadap Korea selain Kpop

kpop audition

Setiap negara pasti akan lebih senang memperkerjakan orang asing yang juga bisa mencintai negara tersebut seperti negaranya sendiri. Dengan menunjukkan ketertarikan mu yang lain terhadap Korea selain Kpop, seperti kebudayaan dan sejarahnya. Artinya, kamu juga menunjukan rasa hormat mu kepada orang-orang di negara tersebut.

Jadi jika kamu punya pengetahuan lebih tentang Korea, jangan sampai lupa untuk mengatakannya pada bagian perkenalan di video audisi mu. Penjelasan yang baik dan tertata artinya menunjukkan betapa seriusnya kamu untuk mengikuti audisi tersebut.

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Lulusan Arsitektur yang Bisa Dicoba

5. Gestur Tubuh dan Tingkah Laku yang Sopan sesuai Standar Korea

kpop audition

Percuma mengoceh panjang lebar soal Korea kalau hal paling mendasar saja kamu tidak lakukan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Korea sangatlah menjunjung tinggi nilai kesopanan. Jadi cobalah untuk mempelajari gerakan tubuh dan perilaku apa yang harus di lakukan ketika memperkenalkan diri atau berbicara dengan orang Korea.

Salah satunya adalah selalu mengawali perkenalan dengan membungkuk badan terlebih dahulu sebelum mengenalkan diri, berikutnya jangan pernah menaruh tangan dibelakan badan.

Selalu letakan kedua tangan didepan. Karena video ini pasti akan dinilai oleh orang-orang yang lebih tua dari kamu, dan gestur menaruh tangah dibelakang tidak membungkuk sebelum audisi dinilai sebagai perilaku tidak sopan.

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih setelah setelah selesai menunjukkan bakat dan ketika akan mengaakhiri video.

Daftar Audisi Global Tahun Ini

  1. The Plus Global Audition, Big Hit Entertainment (Artis Naungan: BTS dan TXT)
  2. SM Global Audition, SM Entertainment (Artis Naungan: BoA, EXO, NCT, Red Velvet, Super Junior, Girls Generation, TVXQ, SHINee dan WayV)
  3. JYP Audition (Artis Naungan: GOT7, 2PM, Twice, Day6 dan Stray Kidz)
  4. KQ Ent Global Audition (Artis Naungan: ATEEZ, Block B, Babylon, Maddox dan Eden)
  5. FNC Audition, FNC Entertainment (Artis Naungan: CNBLUE, FT ISLAND, AOA dan N. Flying)
  6. World Klass, MNET Entertainment (Acara Audisi Populer Lainnya: Producer 101 dan Show Me The Money)
  7. YG Audition, YG Entertainment (Artis Naungan: Big Bang, Winner, iKON, dan Blackpink)
  8. CJ E&M Audition, CJ E&M Entertainment (Artis naungan: I.O.I, Spica, Fromis_9 dan SG Wannabe)
  9. Cube Entertainment Audition (Artis Naungan: BTOB, CLC, G-IDLE, Pentagon dan Apink)
  10. V- Square Audition

Jangan Takut Apalagi Minder, Coba Dulu!

Masih ragu aja? Awas nanti kesempatanmu untuk raih cita-cita sukses jadi Idol Korea karena alasan minder dan kurang percaya diri. Namanya juga audisi artinya, kalau gagal yah coba lagi. Intinya, jangan hanya terpaku pada kekurangan diri dong sehingga mencari-cari alasan untuk tidak mencoba. Justru yang benar adalah tutupi kekurangan dengan kelebihan yang kamu miliki dan tunjukkan bakat mu untuk jadi Idol dengan maksimal. Selamat berjuang!

Baca Juga:  6 Manfaat Mengikuti Kursus Bahasa Jepang untuk Tingkatkan Karir