Mau Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri? Ini Tipsnya

Melanjutkan studi S2 menjadi salah satu tujuan hidup sebagian besar orang. Mungkin salah satunya termasuk kamu.

Namun untuk meraih gelar master membutuhkan biaya tidak sedikit. Baik itu kuliah S2 di dalam maupun luar negeri.

Tak heran banyak orang berjuang mendapatkan beasiswa pendidikan S2 dari pemerintah, kampus, dan instansi atau lembaga swasta lain. Dengan begitu, ada sokongan biaya untuk mencapai cita-cita ini.

Lalu bagaimana kalau kamu tidak lolos beasiswa, namun ingin sekali melanjutkan studi S2 tanpa membebani keuangan orangtua? Caranya dengan pakai uang sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Motivation Letter Biar Tembus Beasiswa ke Luar Negeri

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Sukses Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri

loader
Tips sukses kuliah S2 dengan biaya sendiri

Berikut tips sukses melanjutkan kuliah S2 dengan biaya sendiri:

1. Niat dan tekad kuat

Melanjutkan kuliah S2 membutuhkan fokus atau konsentrasi, sehingga apakah kamu sanggup? Jika sudah memiliki niat dan tekad kuat untuk meraih gelar magister, dengan segala cara kamu akan mewujudkannya, meskipun harus dengan biaya sendiri.

Artinya bahwa kamu sudah siap untuk kembali menimba ilmu. Membagi waktu antara pekerjaan dan pendidikan. Bahkan mungkin mampu menyeimbangkan antara pendidikan, pekerjaan, dan keluarga bagi yang sudah menikah dan memiliki anak.

Dengan bekal niat dan tekad kuat, kamu pasti dapat menyelesaikan pendidikan S2 dengan hasil jerih payah sendiri.

2. Pilih jurusan yang tepat

Hampir sama dengan ketika akan masuk kuliah S1 dulu, kamu juga perlu memilih jurusan yang tepat ketika melanjutkan S2. Sebaiknya pikirkan untuk mengambil jurusan yang linear dengan jurusan sewaktu S1.

Tetapi jika karena tuntutan lain, misalnya karier di bidang yang tidak sesuai dengan S1, lalu ingin memiliki ijazah untuk bidang yang sedang digeluti dalam pekerjaan dan supaya naik jabatan, kamu bisa memilih jurusan yang berbeda dengan S1.

Yang penting adalah kamu mampu menjalaninya. Yakin bahwa jurusan tersebut adalah tepat, sesuai dengan kebutuhan karier, dan membuatmu nyaman dalam belajar. Jangan sampai merasa tertekan dan akhirnya malas-malasan atau drop out.

Sayang kan, kuliah S2 dengan biaya sendiri tapi harus berhenti di tengah jalan karena alasan salah ambil jurusan.

Baca Juga: Mau Cepat Kaya? Ambil Kuliah Jurusan Ini

3. Bekerja atau bisnis untuk bayar uang kuliah

Melanjutkan S2 menggunakan uang sendiri, berarti kamu harus punya penghasilan. Entah itu dari bekerja sebagai karyawan kantor, freelancer, maupun merintis bisnis.

Gaji dari bekerja atau penghasilan dari bisnis dikumpulkan untuk membiayai pendidikan S2. Mulai dari uang pangkal atau uang gedung, maupun uang kuliah per semester.

Dalam dua tahun menjalani pendidikan S2, kamu harus mempertahankan penghasilan tersebut. Supaya studi berjalan dengan lancar karena memiliki cukup dana.

Studi S2 ini bisa menjadi penyemangat atau motivasi kamu untuk bekerja atau berbisnis lebih giat. Sebab, kamu punya cita-cita besar untuk menuntaskan pendidikan tersebut.

loader
Melanjutkan studi S2

4. Disiplin masuk kuliah dan tekun belajar

Bekerja atau bisnis sambil kuliah S2 memang tidak mudah. Kamu harus pintar membagi waktu agar keduanya berjalan dengan lancar.

Hilangkan rasa malas yang menggelayut untuk masuk kuliah meski sedang lelah sekalipun akibat pekerjaan. Kamu harus disiplin dan tekun belajar, sebab pendidikan ini tidak gratis.

Jika kamu malas, ujian selalu mendapat nilai D atau E, maka kamu mesti mengeluarkan uang tambahan untuk perbaikan mata kuliah yang gagal. Harapan untuk lulus dengan waktu lebih cepat atau tepat 2 tahun bisa sirna. Semakin lama menempuh pendidikan, makin banyak uang yang digelontorkan.

Baca Juga: Ingin Anak Jadi Dokter: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran?

5. Kurangi kebiasaan nongkrong

Sudah tahu kamu kuliah dengan biaya sendiri, sebaiknya mulai hidup hemat. Ada alokasi anggaran yang sama pentingnya dengan kebutuhan sehari-hari.

Terlebih jika kamu sudah berkeluarga, lebih baik habiskan waktu bersama keluarga atau belajar saat senggang. Bukan pergi nongkrong ke kafe, mal, restoran yang hanya menghambur-hamburkan uang.

6. Berdoa dan lakukan yang terbaik

Dalam setiap aktivitas, hendaklah berusaha dibarengi dengan doa. Pun saat kamu menempuh pendidikan S2.

Lakukan yang terbaik untuk menggapai cita-citamu lulus S2. Agar pengorbananmu tidak sia-sia dan membuahkan hasil maksimal.

Rencanakan Kuliah S2 dengan Matang

Jika kamu berniat melanjutkan pendidikan S2 dengan biaya sendiri, pastikan kamu merencanakan keuangan dan mempersiapkan mental. Sebab, kuliah S2 membutuhkan banyak biaya, waktu, tenaga, dan pikiran. Rencanakan semuanya dengan matang agar dapat berjalan dengan lancar sesuai target yang sudah kamu buat.

Baca Juga: Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya