Mau Traveling, Tapi Bingung Pilih Koper dan Tas yang Tepat?

Keterbatasan jumlah barang bawaan pada penumpang pesawat maupun kereta api tentunya bukan hal yang asing lagi. Biasanya, batasan ditentukan berdasarkan berat barang bawaan yang tidak boleh melebihi beberapa puluh kilogram untuk bisa gratis biaya bagasi, dan selebihnya ada tarif tertentu yang dikenakan.

Bagaimanapun juga, barang bawaan ini akan ikut serta memengaruhi kenyamanan Anda, sehingga penting memastikan semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik selama perjalanan, di sisi lain tetap bisa menghemat biaya bagasi.

Agar barang bawaan bisa dikemas dengan baik, Anda butuh koper atau tas yang tepat. Artinya, semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi di dalam koper atau tas dengan baik selama perjalanan. Ini penting diperhatikan sejak awal, karena keamanan barang-barang tersebut tergantung pada daya tahan dan kualitas tas serta koper yang digunakan.

Jangan sampai Anda mengalami masalah di perjalanan nantinya, hanya karena koper atau tas Anda rusak. Bukan hanya merepotkan, tapi juga akan membuang banyak waktu berharga yang Anda miliki, bukan?

Lalu, bagaimana cara memilih koper atau tas yang tepat? Berikut tips memilih koper atau tas yang tepat untuk menemani perjalanan Anda:

Baca Juga: Nggak Cuma Gili, 5 Pantai di Lombok ini Juga Sangat Indah dan Masih Jarang Pengunjung

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih Koper atau Tas Sesuai Kebutuhan

Travel Bag
Ilustrasi barang terlalu penuh untuk dimasukkan daam koper 

Untuk perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, pastikan Anda membawa kebutuhan yang tepat dan sesuai. Penggunaan tas dan koper berkualitas tentu menjadi hal yang wajib dilakukan agar barang bawaan Anda yang diperlukan bisa terbawa semua.

Ini penting, selain mempermudah perjalanan Anda, juga menghindari biaya tambahan yang mungkin Anda keluarkan untuk kelebihan bagasi. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya bagasi tambahan hanya karena membawa terlalu banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan saat bepergian.

Pilih ukuran koper atau tas sesuai dengan lama perjalanan Anda nantinya. Bila jangka waktu perjalanan Anda membutuhkan waktu lama, Anda bisa menggunakan koper atau tas dengan ukuran lebih besar dibanding pada saat perjalanan yang singkat saja.

2. Pilih Bahan yang Tepat

Koper dan Tas
Pilih koper dan tas yang berkualitas bagus 

Jika melihat kenyataan bahwa koper akan menampung berbagai barang bawan Anda dan masuk ke bagasi pesawat, jelas Anda haarus memilih bahan berkualitas baik. Koper atau tas yang terbuat dari bahan polycarbonate (sejenis plastik keras dan kuat) yang ringan, cukup layak dijadikan sebagai pilihan. Namun koper jenis hard case seperti ini memang terbilang rentan mengalami kerusakan selama proses pengangkutan.

Bahan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah koper atau tas dengan tipe soft case yang terbuat dari bahan nylon atau polyester. Pada umumnya, bahan seperti ini akan lebih mudah dibawa untuk setiap perjalanan, bahkan bisa dibawa serta dengan mudah ke dalam kabin. Namun apapun bahan koper dan tas pilihan Anda, pastikan koper atau tas tersebut anti air dan bisa menjaga barang-barang tetap kering selama perjalanan.

3. Ukuran dan Daya Tampung yang Tepat

Koper
Pilih koper yang pas untuk menampung barang bawaan Anda

Dalam memilih koper atau tas, pastikan bisa memuat semua barang bawaan Anda, sehingga penting untuk memilih ukuran yang paling tepat. Kalau perlu, Anda bisa memiliki koper atau tas dari berbagai ukuran, agar sewaktu-waktu diperlukan tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan, menyesuaikan lama perjalanan Anda.

Pada umumnya, ukuran koper atau tas di bagasi dihitung dalam sentimeter (panjang x lebar x tinggi) dimulai dari bagian roda koper hingga bagian permukaan atas koper tersebut. Berikut beberapa ukuran koper yang umumnya digunakan untuk bepergian, diantaranya:

  • 16” (30x17x47 cm)

Koper ini biasa dibawa ke dalam kabin dan umumnya dapat digunakan untuk perjalanan singkat sekitar 1-3 hari

  • 20” (37x22x56 cm)

Koper berukuran sedang ini bisa membuat cukup banyak barang, bahkan hingga mencapai 16 kg

  • 22” (38x22x48 cm)

Masih berukuran sedang, koper yang satu ini juga bisa menampung barang bawaan sekitar 16-20 kg

  • 24” (43x23x63 cm)

Masuk dalam ukuran medium, koper ini bisa menampung barang bawaan dalam jumlah besar, yakni hingga 26 kg

  • 28” (47x32x73 cm)

Koper ini masuk dalam ukuran besar dan bisa menampung barang bawaan sekitar 35 kg

  • 32” (51x35x81 cm)

Koper ini masuk kategori berukuran besar. Sehingga lebih cocok bila memang jangka waktu perjalanan Anda membutuhkan waktu sangat lama

4. Pilih Roda dan Pengamanan Koper yang Baik

Tas Koper
Ilustrasi traveler membawa koper

Kendati bepergian dengan barang bawaan banyak, Anda tentu tidak ingin mengalami kendala saat membawa/menggerakkan koper. Untuk itu, kenali jenis-jenis roda pada koper atau tas saat membelinya, antara lain jenis koper beroda empat (spinner) dan jenis koper beroda dua (upright).

Tentu koper dengan roda spinner akan lebih mudah bergerak, meskipun beban di dalam cukup berat, ditambah lagi ada beban tambahan yang biasanya berada di atasnya yaitu tas tenteng.

Selain roda, kunci pengaman yang digunakan pada koper juga wajib menjadi perhatian khusus. Koper yang menampung berbagai barang penting Anda, sudah seharusnya memiliki jenis pengaman yang terbaik pula. Pilih koper dengan kunci pengaman Travel Sentry Approved (TSA) yang memenuhi standar keamanan internasional, agar koper Anda tetap aman sepanjang perjalanan.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

5. Harga Menentukan Kualitas

Harga Koper
Harga menentukan kualitas produk

Apapun barang yang Anda beli, pastikan kualitasnya terjamin. Bicara kualitas, biasanya harga juga ikut serta dalam menentukan kualitas tersebut. Untuk setiap kualitas yang Anda dapatkan, ada sejumlah harga yang akan dibayarkan. Ini juga berlaku pada saat Anda ingin membeli koper atau tas.

Pastikan Anda membayar harga yang sepadan dengan kualitas tas atau koper yang Anda dapatkan. Ini bisa dilakukan dengan cara membandingkan satu produk dengan produk lainnya, hingga Anda menemukan koper atau tas yang kualitasnya baik, dengan harga terbaik pula tentunya.

6. Pilih Toko yang Kredibel

Toko Koper
Toko yang kredibel biasanya meyediakan produk berkualitas

Bukan hanya itu, tempat Anda membeli koper atau tas juga haruslah dicermati dengan seksama. Sebab, toko yang kredibel dan profesional biasanya menawarkan atau menjual produk yang berkualitas.

Saat ini, ada banyak toko online yang bisa Anda kunjungi dengan mudah dan cepat untuk menemukan koper atau tas yang diinginkan. Manfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan oleh toko, sehingga Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk koper atau tas yang dibutuhkan.

7. Layanan Garansi

Garansi Toko
Pilih produk bergaransi akan lebih menguntungkan

Pada saat membeli koper atau tas, pastikan produk tersebut memiliki garansi. Ini penting agar Anda bisa memperoleh jaminan bahwa produk yang Anda beli adalah sesuai dengan spesifikasi dan harganya. Selain itu agar Anda terhindar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi pada produk tersebut seperti kerusakan dan lainnya.

Update:

Mending Beli Koper Secara Online atau Offline?

Mencari koper sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial saat ini sangat mudah. Anda dapat membelinya melalui toko-toko online yang ada di e-commerce maupun secara langsung di pusat perbelanjaan modern. Bahkan masih ada pasar tradisional yang menjual koper, seperti di Pasar Senen hingga koper-koper bekas yang banyak dijajakan di sepanjang Jalan Surabaya, Menteng. 

Tentu saja membeli koper secara online maupun offline punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membeli koper secara daring, Anda bisa mendapat harga murah dari sejumlah toko online. Biasanya ada promo diskon, cashback, special price, hingga buy 1 get 1. 

Apalagi kalau ada momen spesial, seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), harga koper makin lebih murah dari yang dijual di mal. Tapi sayangnya Anda tidak dapat memegang fisik koper saat membeli online, sehingga khawatir koper yang diterima ada cacat atau kerusakan. 

Sementara membeli koper secara langsung, terkadang harganya lebih mahal. Tapi tenang, biasanya ada obral koper di pusat perbelanjaan dalam event tertentu, seperti Festival Jakarta Great Sale, Midnight Sale, Black Friday, dan menjelang akhir tahun merayakan Natal dan Tahun Baru. Ada diskon besar dan penawaran menarik untuk koper-koper bermerek.  

Membeli langsung, Anda akan lebih puas dengan koper yang dibeli. Karena dapat memegang, memilih bahan maupun warna koper secara langsung. Kalau mau tawar menawar, Anda dapat membeli koper di pasar. Triknya pedagang koper akan memasang harga tinggi dulu, kemudian Anda menawar. Tawarlah separuh harga dulu, jika tidak diberikan, pedagang biasanya akan memberi harga pas. 

Anda jangan gampang menyerah. Ajukan penawaran harga yang Anda inginkan. Bila ditolak lagi, pakai trik emak-emak, pura-pura pergi meninggalkan toko. Biasanya trik ini ampuh, dan pedagang akan luluh sehingga menerima penawaran harga yang Anda berikan.

Pilih Koper atau Tas Terbaik dan Sesuai dengan Kebutuhan

Ke manapun tujuan perjalanan Anda, jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan baik, termasuk berbagai barang bawaan yang dibutuhkan, tak terkecuali jenis koper atau tas yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan koper atau tas terbaik yang sesuai dengan kapasitas bagasi Anda, agar semua barang yang dibutuhkan terbawa tanpa perlu mengeluarkan biaya bagasi tambahan.

Luangkan waktu untuk berkemas, agar perjalanan Anda nyaman dan menyenangkan. Namun dari semua itu, yang terpenting adalah jaminan perjalanan Anda terlindungi oleh asuransi perjalanan, agar semakin aman dan nyaman.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya