Mau Usaha yang Gak Perlu Modal, Tapi Malah Dapat Uang? Cobain Bisnis Ini

"Kalau mau kaya jadi pengusaha." 

Pernah mendengar pernyataan tersebut? Mungkin ada benarnya juga. Sebab dari bisnis atau usaha, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar. Apalagi kalau bisnis sudah dikenal dan berkembang pesat. 

Dalam memulai usaha atau bisnis, hal pertama yang menjadi pertimbangan banyak orang adalah soal modal. Yang ada di benak, usaha perlu modal besar. 

Tak ayal, gegara modal bisa membuat orang maju mundur mendirikan usaha. Alasan gak punya tabungan, duit gak cukup, takut kalau pinjam ke bank, dan lainnya. 

Sebenarnya ada kok bisnis yang bisa dimulai tanpa modal. Gak percaya? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha, Pemula Juga Bisa

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Penulis Lepas

Banyak orang yang memiliki keterampilan dalam menulis. Jika Anda salah satunya, keahlian ini dapat dijadikan peluang memulai bisnis.

Saat ini banyak perusahaan membutuhkan penulis lepas atau freelance content writer untuk menulis artikel di situsnya. Selain itu, pekerjaan ini sangat nyaman, tidak perlu dapat ke kantor. Dapat dikerjakan dari mana saja. 

Pekerjaan tersebut juga bisa jadi sampingan. Memanfaatkan waktu luang setelah pulang kantor maupun di hari libur. 

Untuk penghasilannya, jangan dipandang sebelah mata. Pekerjaan ini bisa sangat menjanjikan, bahkan dapat menjadi profesi utama. 

Kalau dari satu klien perusahaan, Anda bisa menerima dan mengerjakan projek 40 artikel dalam sebulan dengan bayaran Rp 100 ribu per artikel, maka Anda mengantongi penghasilan Rp 4 juta. 

Itu baru dari satu klien. Jika Anda mengambil projek dari perusahaan lain, maka penghasilan semakin besar. Sudah modalnya cuma 'jualan keahlian,' tetapi malah dapat duit gede.

2. Dropshipper atau Reseller

Anda mau buka bisnis online, tapi tidak punya duit? Caranya Anda bisa jadi dropshipper atau reseller. Ambil barang dari supplier, lalu Anda jual. Jadi tidak perlu merogoh kocek untuk modal usaha.

Anda bisa menjual barang dengan harga lebih tinggi dari supplier. Kelebihan itu yang akan menjadi keuntungan Anda. Setiap barang yang laku terjual, disetor ke suplier. 

Selanjutnya ambil barang lagi, lalu jual lagi. Begitu modal bisnisnya. Sudah tidak keluar uang, malah dapat uang sehingga tidak takut rugi. 

Meski sepertinya mudah, namun harus memastikan bahwa produk yang diperjualbelikan memiliki kualitas baik. Jangan lupa untuk membuat banyak akun di berbagai e-commerce agar produk Anda mudah ditemukan calon pembeli.  

Baca Juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Musiman di Bulan Ramadhan

3. Bisnis di Bidang Jasa/Pelayanan

Dalam bisnis bidang jasa atau pelayanan, yang diperlukan adalah keterampilan, koneksi, dan kepuasan konsumen. Contohnya bisnis penjualan tiket pesawat, travel, penyalur asisten rumah tangga, dan lainnya.

Misalnya Anda buka bisnis open trip Pulau Seribu. Kalau Anda punya kenalan kapal, penginapan di Pulau Seribu, sampai alat snorkling dan penunjangnya, maka bisnis bisa dimulai dengan mudah tanpa modal. 

Biasanya peserta open trip harus membayar biaya di awal sesuai yang Anda tetapkan, sehingga dapat digunakan untuk menyewa kapal untuk PP, penginapan, dan perlengkapan snorkling. Sisanya akan menjadi keuntungan Anda.

Yang terpenting Anda dapat menjadi guide yang memastikan seluruh kebutuhan peserta open trip di Pulau Seribu. Melayani dengan ramah dan cekatan. Selain itu, pastikan pula keamanan, kenyamanan, dan kepuasan mereka, sehingga bisnis open trip Anda dapat menjadi rekomendasi berikutnya. 

4. Blogger

Memulai bisnis ini, selain tidak perlu modal, juga bisa menyalurkan hobi atau minat Anda. Misalnya menjadi fesyen blogger, food blogger, travel blogger. 

Sekilas kalau dilihat pekerjaan ini tidak menghasilkan uang, malah buang-buang uang. Namun justru sebaliknya. Anda bisa memperoleh penghasilan besar.

Jika Anda mendapatkan banyak projek tulisan dari klien untuk posting di blog Anda atau pasang iklan, maka pendapatan yang diterima bisa mencapai jutaan rupiah.

Tugas Anda adalah aktif menulis di blog tersebut. Membuat atau menciptakan tulisan-tulisan menarik, atau menginspirasi sehingga banyak orang mengunjungi blog Anda. Semakin banyak pengunjung blog, makin besar pula peluang Anda dilirik klien. 

Baca Juga: Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Supaya Jadi Besar dan Laris Manis

5. Admin Sosial Media

sosial media

Saat ini, hampir seluruh perusahaan atau instansi maupun perorangan yang menggunakan sosial media (sosmed). Satu orang saja bisa punya lebih dari satu akun. 

Selain untuk pribadi, sosmed dapat digunakan sebagai sarana bisnis online tanpa modal. Postingan produk barang atau jasa yang dijual bukan hanya gambar, foto, atau video saja, tetapi juga dilengkapi dengan caption menarik dan menjual. 

Biasanya tidak semua pengusaha punya keterampilan mengelola akun sosmed. Ada juga yang gaptek alias gagap teknologi, sehingga memilih merekrut orang lain sebagai admin sosmed. 

Tentu saja upahnya jutaan rupiah. Jadi Anda bisa membuka bisnis menjadi admin sosmed, yang tugasnya membuat konten sosmed menarik, membantu meningkatkan jumlah pengikut atau followers, menjawab pertanyaan followers, dan mendongkrak traffic website lewat sosmed. 

Nah modal Anda hanya keahlian dan kreativitas, serta ponsel atau laptop yang Anda miliki di rumah. Enak kan?

6. Makelar Properti

Rumah

Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari bisnis menjadi makelar properti. Menjual properti, seperti rumah, ruko, tanah milik orang lain. Jadi, Anda sebagai perantara atau pihak ketiga. 

Pemasarannya dapat dilakukan door to door maupun secara online di lapak atau situs jual beli properti, e-commerce, atau sosial media Anda. 

Tak perlu modal, tapi Anda bisa memperoleh fee dari penjualan tersebut. Biasanya jadi makelar properti, fee-nya besar. Tergantung kesepakatan dengan pemilik. 

Misalnya saja Anda berhasil menjual rumah seharga Rp 1 miliar dengan fee 10% dari penjualan. Maka Anda menerima keuntungan sebesar Rp 100 juta. Rezeki nomplok kan?

Namun Anda harus ekstra sabar, karena menjual rumah tidak seperti jualan kacang goreng. 

Asal Ada Kemauan, di Situ Ada Jalan

Sebenarnya masih banyak sekali ide untuk memulai bisnis tanpa modal yang bisa  Anda lakukan. Kuncinya hanya satu, ada kemauan.

Dari kemauan dan niat tersebut, selanjutnya diwujudkan. Jangan mandek di situ saja tanpa aksi nyata. Dari hobi, passion, bahkan keahlian, Anda dapat merintis usaha tanpa merogoh kocek sepeserpun. Selamat mencoba!

Baca Juga: 12 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan, Bisa Jadi Jutawan Dadakan