Mengenal Layanan Mobile Banking Bank Permata

Bisa Anda bayangkan ketika Anda sedang diperjalanan namun tagihan air, telepon, hingga pasca bayar  handphone Anda jatuh di hari yang sama? Tentunya hal tersebut cukup menyulitkan lantaran Anda harus ke ATM atau bahkan ke merchant bersangkutan langsung. Namun berkat kemajuan teknologi, saat ini membayar berbagai macam tagihan serta melakukan transaksi keuangan cukup dalam satu genggaman di smartphone Anda.

Layanan mobile banking tersebut pun saat ini telah banyak di hadirkan oleh bank-bank di Indonesia, tak terkecuali Bank Permata. Berikut ulasan selengkapnya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Fitur Layanan Permata Mobile Internet

Permata Bank Mobile
Permata Bank Mobile via youtube.com

Ketika Kita berbicara mengenai produk layanan, tentunya hal yang wajib Kita perhatikan adalah fitur-fitur yang disediakan oleh layanan tersebut. Hal ini guna memaksimalkan teknologi yang telah dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan nasabah, sehingga Anda tak hanya bisa mengecek dan melakukan transfer dana saja. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai fitur yang tersedia di Permata Mobile Internet :

  • Informasi perbankan

Informasi perbankan yang disediakan oleh Permata Mobile Internet adalah informasi mengenai saldo tabungan, dan informasi mutasi rekening hingga 90 hari terakhir.  

  • Transfer dana

Sedangkan untuk Anda yang ingin melakukan transfer menggunakan Permata Mobile Internet, pihak bank memberikan kemudahan bagi Anda untuk transfer ke antar pengguna Permata Bank, transfer ke anggota jaringan ALTO, ATM Bersama,dan Prima, serta transfer ke bank lain dengan sistem LLG atau RTGS.

  • Isi ulang pulsa

Tak perlu kawatir saat Anda kehabisan pulsa, pihak Bank Permata telah melengkapi Permata Mobile Internet dengan fitur layanan isi ulang pulsa, baik untuk pulsa prabayar, saldo Go-Pay dan saldo Grab Pay.

  • Permata Mobile Credit Card

Untuk Anda pengguna kartu kredit Permata, Anda bisa menikmati fasilitas Permata Mobile Credit Card. Dalam menu layanan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi, mulai dari notifikasi penggunaan kartu kredit, pengajuan cicilan simple pay, pengajuan dana tunai, kenaikan limit sementara, pengajuan kartu kredit tambahan, hingga pendaftaran fitur pembayaran tagihan.

  • Administrasi

Selain layanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mengakses layanan administrasi Permata Mobile Banking. Mulai dari merubah password, hingga mengelola list rekening penerima dan nomor tagihan yang sering Anda gunakan.

  • Pembayaran Real Time

Seperti telah Kita singgung di atas, Anda pun bisa melakukan pembayaran secara realtime dimana pun dan kapan pun. Merchant yang telah bekerja sama dengan sistem pembayaran online Permata Bank pun cukup banyak, mulai dari listrik dan air, kartu kredit, handphone pascabayar, asuransi, cicilan pinjaman, sekuritas, internet, tiket, televisi, pendidikan, serta pembayaran zakat.

  • Log In Finger Print

Fitur lainnya yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan Permata Mobile Banking, Anda bisa menggunakan log in finger print untuk mengamankan account tabungan. Anda pun tak perlu mengetik User ID, password hingga Captcha. Untuk menggunakan fitur satu ini, pastikan handphone Anda mendukung teknologi fingerprint atau Touch ID.

  • Recuring & Scheduled Transfer

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran tagihan, Anda pun bisa menggunakan fasilitas recurring dan scheduled transfer yang telah disediakan oleh Permata Mobile Banking.

Baca Juga: Datang ke Bank di Hari Libur? Ini Daftar Outlet Weekend Banking Permata Bank

Cara Registrasi Mobile via Internet

Mobile Banking

Untuk Anda yang hendak menggunakan layanan Permata Mobile Banking, pastikan Anda mendownload aplikasi Permata Mobile Banking terlebih dahulu di Playstore atau di App Store. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meregistrasikan diri sebagai user Permata Mobile Banking. Berikut selengkapnya :

  • Masuk ke menu log in
  • Kemudian pilih tombol “Pengguna Baru? Registrasi Disini”
  • Langkah berikutnya, masukkan Nomor Rekening dan PIN ATM
  • Berikutnya, pilih nomor ponsel yang hendak Anda gunakan sebagai token
  • Lalu setujui syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Permata
  • Pihak Bank Permata pun akan mengirimkan SMS dari 63399 yang berisi kode registrasi. Selanjutnya, masukkan kode registrasi tersebut ke aplikasi Permata Mobile.
  • Kemudian buat lah User ID dan password yang Anda gunakan untuk masuk kedalam aplikasi
  • Kemudian pihak Bank Permata pun akan kembali mengirimkan SMS dari 63399 yang berisi konfirmasi layanan permata mobile dan SMS token telah aktif.

Cara Transaksi Menggunakan Permata Mobile Internet

Berikutnya yang akan Kita bahas adalah mengenai cara melakukan transaksi keuangan di Permata Mobile Internet. Berikut ulasan selengkapnya :

  • Transfer ke Sesama Account Permata Bank
  1. Buka aplikasi PermataMobile dan lakukan log in.
  2. Pilih menu Transfer
  3. Pilih menu Antar Rekening PermataBank
  4. Input nomor rekening, nominal dan tanggal transfer
  5. Konfirmasi kembali nomor rekening, nominal dan tanggal transfer
  6. Input response code atau yang biasa disebut dengan token.
  7. Selanjutnya klik tombol konfirmasi, maka proses transfer pun akan berjalan. Jika transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan bukti transaksi.
  • Top Up PLN Pre Paid
  1. Buka aplikasi PermataMobile dan lakukan log in.
  2. Pilih menu Pembayaran Tagihan
  3. Pilih menu Listrik & Air
  4. Pilih nomor rekening sumber dan input nomor pelanggan
  5. Konfirmasi nomor pelanggan dan pilih nominal voucher listrik.
  6. Input response kode atau token
  7. Bukti transaksi pun akan keluar, simpan bukti transaksi tersebut karena berisikan kode token untuk membayar listrik Anda.

Baca Juga: Mau ke Bank di Akhir Pekan? Ini Daftar Outlet Weekend Banking Danamon

Reservasi Mobile Cash

Salah satu kelebihand ari Permata Mobile adalah memungkinkan Anda untuk menarik dana di ATM Bank Permata tanpa perlu menggunakan kartu. Namun sebelum menikmati fitur ini, pastikan Anda telah mengaktifkan PermataMobileSms. Hal tersebut dikarenakan flow atau alur dari melakukan penarikan tunai tanpa kartu tersebut adalah melalui sms token.

Berikut ini adalah cara-cara melakukan reservasi dana untuk menarik tunai tanpa menggunakan kartu :

  • Melalui Permata Mobile berbasis internet
  1. Buka aplikasi PermataMobile
  2. Pilih menu Mobile Cash
  3. Pilih nominal
  4. Input Nomor Handphone
  5. Input Token (Response Code)
  6. Anda akan menerima email notifikasi reservasi Mobile Cash berhasil dilakukan
  • Melalui PermataMobile berbasis SMS
  1. Masuk ke menu SMS, ketik ATM(spasi)Cash(spasi)Rp(spasi)nominal.
  2. Terima SMS untuk permintaan 2 digit TIN sebagai autorisasi transaksi. Input 2 digit TIN
  3. Anda akan menerima SMS notifikasi reservasi Mobile Cash berhasil dilakukan.

Ketentuan Reservasi Mobile Cash :

  • Pengirim reservasi adalah Nasabah PermataBank yang telah melakukan registrasi PermataMobile
  • Tenggang waktu reservasi sampai dengan pengambilan uang di PermataATM adalah 1 Jam
  • Nominal transaksi kelipatan Rp100.000,- dengan minimal transaksi Rp100.000,- dan maksimal Rp1.500.000.- per transaksi per hari.
  • Pada PermataATM, tekan tombol kanan atas, masukkan nomor Handphone yang sesuai pada saat reservasi Mobile Cash dilakukan.
  • Anda akan mendapatkan SMS berisi cash code. Masukkan cash code pada ATM untuk melakukan penarikan dana.
  • Reservasi Mobile Cash hanya dapat dilakukan maksimum 3 kali/hari.
  • Untuk info PermataATM yang dapat digunakan dapat menghubungi PermataTel di 1500111

Registrasi Fitur Finger Print Log In

  • Log In ke PermataMobile SmartCx
  • Input User ID, Password dan Captcha.
  • Lalu tekan tombol TouchID Login (untuk sistem operasi iOS) atau Finger Log In (untuk sistem operasi Android)
  • Baca dan setujui syarat dan ketentuan
  • Input response code dari token yang Anda miliki
  • Dan yang terakhir konfirmasi registrasi fingerprint berhasil

Harap perhatikan, untuk dapat menikmati fitur fingerprint log in, pastikan handphone yang Anda gunakan memiliki fasilitas fingerprint, spesifikasi OS minimum 6.0 untuk android dan OS 0.9 untuk iOS.

Setiap produk dari bank tentunya memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Misal, untuk Mobile Banking Permata menawarkan log in yang cukup canggih dengan menggunakan log in finger print, suatu teknologi yang belum dimiliki mobile banking kebanyakan. Namun dilihat dari basic penggunaannya mobile banking Permata pun menawarkan transaksi finansial yang cukup basic, yakni transfer, melakukan pembayaran, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Top Up Brizzi, Cara Cek Mutasi Brizzi, dan Penggunaannya