Lebih Mudah Investasi Digital dengan Mirae Asset Sekuritas, Ini Cara Daftar dan Ragam Produknya

Bagi kamu yang sudah lama terjun ke dunia investasi tentu sudah tidak asing dengan yang namanya perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas sendiri merupakan perusahaan anggota dari bursa efek dan bergerak pada bidang transaksi efek atau jual beli sekuritas. Secara sederhana, perusahaan sekuritas ini merupakan layanan berlisensi khusus yang menjembatani pasar modal dengan investor untuk transaksi modal.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan sekuritas yang resmi dan legal beroperasi, serta dipercaya oleh investor untuk bertransaksi emiten. Salah satunya adalah Mirae Asset Sekuritas yang juga termasuk sebagai salah satu perusahaan sekuritas ternama di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang jika Mirae Asset Sekuritas ini memiliki nilai transaksi yang masif, mencapai hampir 14 triliun pada tahun 2019, dengan total volume transaksi di atas 24 ribu lot. 

Tentunya, bagi kamu yang masih bingung menentukan perusahaan sekuritas untuk dipilih, Mirae Asset Sekuritas ini layak dipertimbangkan. Nah, agar mengetahui lebih lanjut tentang layanan sekuritas dari perusahaan ini, simak ulasan Mirae Asset Sekuritas Indonesia, cara daftar, kelebihan, hingga ragam produknya berikut ini.

Baca Juga: BCA Sekuritas – Cara Daftar, Cara Jual Beli Saham, dan Biayanya

Apa Itu Mirae Asset Sekuritas?

loader

Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas adalah perusahaan investasi yang menawarkan layanan lengkap untuk beragam aktivitas investasi. Beberapa layanan investasi yang ditawarkan oleh perusahaan ini, antara lain, Pialang Saham atau perdagangan saham secara online ataupun offline, MAXFUND, yaitu platform transaksi reksa dana secara online, serta investasi perbankan yang menyediakan penjaminan IPO, MTN, REPO, sampai NCD. 

Perusahaan sekuritas ini merupakan bagian dari perusahaan bisnis global bernama Mirae Asset Daewoo yang bermarkas di Korea Selatan. Sebagai suatu grup investasi yang profesional dan independen, perusahaan Mirae Asset Daewoo menggunakan keunggulan jaringannya yang mencakup banyak lokasi di seluruh dunia guna mencari peluang dan kesempatan pada sejumlah aset global berkualitas, serta penyediaan produk dan layanan yang menarik untuk para kliennya.

Salah satu hal menarik dari perusahaan sekuritas ini adalah kemampuannya dalam mencatatkan transaksi paling tinggi, yakni di nilai 1,87 juta jumlah transaksi penjualan maupun pembelian pada pasar reguler dan non reguler. Nilai volumenya pun mencapai lebih dari 24 ribu lot yang bernilai hampir 14 triliun Rupiah. 

Hal ini sesuai dengan pengumuman yang disampaikan oleh data dari BEI atau Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019. Berdasarkan data tersebut, bisa diketahui jika perusahaan sekuritas ini merupakan salah satu sekuritas yang dipilih banyak investor karena tingkat transaksinya bisa dibilang sangat masif.

Kelebihan Mirae Asset Sekuritas

Keberadaan perusahaan sekuritas pada dasarnya memudahkan investor untuk berinvestasi di pasar modal. Selain itu, semenjak kemunculan teknologi digital dan layanan yang bisa diakses melalui smartphone, ada beragam fasilitas yang mampu membuat aktivitas investasi lebih praktis dan simpel. Berikut adalah beberapa kelebihan dan fitur menarik yang bisa kamu temukan pada aplikasi trading yang ditawarkan oleh sekuritas Mirae Asset.

  • Fasilitas Trading secara Online

    Pada layanan trading online yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas ini, nasabah bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan. 

    Fasilitas

    Keuntungan

    HOTS atau Home Online Trading System

    Sistem perdagangan atau trading yang bisa dilakukan dari jarak jauh via koneksi internet. Layanan ini bisa digunakan melalui perangkat PC atau laptop.

    Sementara untuk melakukan trading online melalui perangkat smartphone, kamu bisa memasang aplikasi bernama NEO HOTS. 

    Automatic Order

    Fitur yang memudahkan investor untuk melakukan profit taking, trailing stop, cut loss, maupun antre jual atau beli secara otomatis selama sebulan.

    New Multi Chart

    New Multi Chart dengan indikator serta sinyal untuk penjualan atau pembelian.

    Tidak kalah menariknya, pengguna layanan ini tidak akan dibebani dengan biaya admin per bulan sehingga mampu membuat aktivitas investasi lebih menguntungkan.

  • Rekening Dana Nasabah Dapat Ditempatkan pada Empat Bank

    RDN atau Rekening Dana Nasabah merupakan rekening yang digunakan oleh nasabah perorangan atau perusahaan agar bisa menyelesaikan transaksi pada pasar modal. Menggunakan jenis rekening tersebut, investor bisa melakukan pembelian saham asalkan saldo dalam RDN mencukupi. Di samping itu, saat melakukan penjualan saham, maka dana hasil penjualan tersebut juga akan dimasukkan pada RDN terlebih dulu.

    Bank administrator dari RDN umumnya adalah bank publik Indonesia. Nah, saat kamu membuka rekening melalui Mirae Sekuritas, ada 4 pilihan perbankan yang bisa menjadi bank administrator RDN, yaitu BCA, Bank Permata, Bank Mandiri, serta CIMB Niaga. Dengan pilihan bank yang bervariasi tersebut tentunya bisa membuat nasabah lebih praktis memanfaatkan layanan sekuritas dari perusahaan ini.

Baca Juga: Cara Beli Saham Luar Negeri dan Sekuritas Pilihan

Cara Daftar Mirae Asset Sekuritas

Tidak sulit sebenarnya untuk bisa membuka rekening efek melalui Mirae Asset Sekuritas. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

  1. Ajukan Formulir Pendaftaran

    Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuka rekening efek pada perusahaan sekuritas ini adalah dengan meminta formulir pendaftarannya terlebih dulu. Kamu bisa mengajukan formulir pendaftaran tersebut dengan menghubungi pihak pelayanan pelanggan atau customer service terlebih dulu melalui telepon di nomor 150350 atau email ke cs@miraeasset.co.id. 

    Selain itu, formulir pendaftaran ini juga bisa didapatkan secara online di https://open.miraeasset.co.id/id. Jika ingin mendapatkannya secara langsung, kamu juga bisa mengunjungi galeri perusahaan Mirae Asset Sekuritas di berbagai wilayah Indonesia. 

  2. Siapkan Dokumen Persyaratannya

    Setelah mendapatkan dan mengisi formulir pendaftaran, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan dokumen persyaratan yang diminta. Beberapa dokumen tersebut, mencakup, fotokopi KTP, fotokopi bagian depan atau cover dari buku tabungan yang terdapat nama pemilik serta nomor rekening, serta fotokopi NPWP.

  3. Kirim Dokumen yang Diminta

    Setelah seluruh dokumen tersebut disiapkan, hubungi pihak layanan konsumen Mirae guna melakukan pengiriman ulang pada dokumen tersebut. Kemudian, permohonan RDN atau Rekening Dana Nasabah serta akun saham akan diproses oleh KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia yang mungkin memakan waktu beberapa hari. 

  4. Mendapatkan Username serta Password Aplikasi

    Apabila permohonan pendaftaran telah disetujui serta akun nasabah telah dibuat, pihak Mirae akan menghubungi pihak nasabah via email guna memberikan username serta password. Username dan juga password tersebut bisa digunakan untuk login ke dalam aplikasi Mirae. Nasabah pun sudah dapat melakukan deposit pada akun RDN dan mulai berinvestasi saham.

Produk dan Layanan Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Apabila sudah mempunyai akun saham Mirae Asset Sekuritas, kamu bisa langsung login dan membeli reksa dana maupun saham pada MaxFund. MaxFund sendiri adalah supermarket reksa dana yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas ini. Melalui layanan tersebut, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari, pembelian reksa dana pasar uang, campuran, pendapatan tetap, sampai reksa dana syariah. 

Tidak hanya itu, layanan tersebut juga menawarkan produk investasi lainnya yang bisa dipilih oleh investor, yaitu obligasi negara. Menariknya, pengguna dapat melakukan perbandingan terhadap reksa dana serta melihat daftar produk yang memberikan imbal hasil paling tinggi, baik dalam hitungan per hari sampai tahunan sekalipun.

Terkait nominal setoran awalnya, untuk jenis akun reguler, day trading, dan syariah adalah 10 juta, sementara akun margin adalah 200 juta. Persentase biaya yang dibebankan berdasarkan nilai transaksi adalah 0,15 sampai 0,25 persen untuk akun reguler, margin, dan syariah. Sementara untuk day trading, fee yang dibebankan adalah 0,08 persen sampai 0,18 persen dari nilai transaksinya. 

Kenali Dulu Profil Perusahaan Sekuritas Sebelum Memilihnya

Dengan adanya layanan dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan sekuritas, khususnya di era digital seperti sekarang ini, berinvestasi menjadi aktivitas yang mudah dan praktis dilakukan. Hanya saja, sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu perusahaan sekuritas, pastikan untuk mengenali dulu profilnya. Barulah dengan begitu kamu bisa memanfaatkan layanan yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan guna mengoptimalkan keuntungan berinvestasi. 

Baca Juga: 10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham