Modifikasi Motor: Tujuan, Biaya, dan Cara Mengatur Budgetnya

Modifikasi motor selalu menjadi hal menarik untuk sebagian orang, terutama bagi mereka yang memiliki hobi di bidang yang satu ini. Modifikasi ini bahkan semakin banyak diminati belakangan ini, sebab proses tersebut dianggap bisa membuat tampilan motor menjadi lebih menarik. 

Namun bukan hanya untuk sekedar mengubah tampilan motor saja, modifikasi adalah salah satu cara yang kerap dilakukan untuk meningkatkan performa kendaraan roda dua itu sendiri. Hal ini akan menjadi proses penting bagi pemotor yang menginginkan performa maksimal dari kendaraannya. 

Motor modifikasi biasanya akan mendapatkan sejumlah perubahan, sehingga kinerjanya menjadi lebih maksimal dari sebelumnya. Secara tidak langsung, modifikasi motor bisa dimanfaatkan untuk mengubah penampilan dan juga kinerja motor secara keseluruhan.

Baca Juga: Alasan Mesin Mobil Butuh Sistem Pendingin dan Cara Mendeteksi Kebocorannya

Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Fungsi Modifikasi Motor 

loader

Modifikasi Motor

Modifikasi adalah proses untuk memaksimalkan kendaraan roda dua, baik itu dari segi penampilan maupun kinerja mesinnya. Aktivitas yang satu ini sudah diminati sejak lama, dan seolah tidak ada matinya hingga saat ini. Di luar sana, motor modifikasi masih selalu diminati, terutama jika penampilannya unik dan berbeda dari yang lainnya. 

Namun meski begitu, modifikasi motor tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat. Hal ini penting, agar tujuan dari modifikasi itu sendiri bisa tercapai dengan baik. Pahami dengan baik apa saja yang ingin dicapai dari modifikasi motor tersebut sejak awal. 

Berikut ini adalah beberapa tujuan yang lazim jadi pertimbangan untuk melakukan modifikasi: 

  1. Memaksimalkan Kinerja Motor 

    Hal pertama yang kerap menjadi tujuan modifikasi adalah untuk meningkatkan kinerja kendaraan, agar lebih maksimal dari sebelumnya. Perubahan ini akan sekaligus membuat motor menjadi jauh lebih nyaman dan nyaman ketika dikendarai, bahkan lebih irit penggunaan bahan bakarnya. 

    Motor modifikasi pada umumnya akan mengalami sejumlah perubahan di bagian mesin, di mana hal ini secara keseluruhan akan bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan tersebut. Biasanya setelah proses modifikasi, kendaraan akan lebih nyaman untuk digunakan, bahkan dalam perjalanan panjang sekalipun. 

  2. Memperbaiki Tampilan Motor 

    Tampil dengan maksimal tentu menjadi harapan setiap orang, termsuk ketika menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini juga kerap menjadi tujuan proses modifikasi yang dilakukan oleh pemilik kendaraan roda dua pada motor kesayangan mereka. 

    Modifikasi motor biasanya akan dilakukan dengan mengganti atau memperbaiki bagian-bagian tertentu pada motor. Hal ini akan membuat penampilan motor menjadi lebih keren, bahkan bisa saja sangat berbeda dengan motor lainnya. Jika sudah memiliki motor yang keren, pemiliknya juga tentu akan lebih percaya diri untuk mengendarainya. 

  3. Penambahan Aksesoris

    Masih berkaitan dengan poin di atas, penambahan aksesoris pada motor juga sering menjadi tujuan kebanyakan orang untuk melakukan modifikasi motor. Pemilihan aksesoris yang tepat akan mengubah penampilan motor menjadi lebih menarik, bahkan berbeda dari sebelumnya. 

    Berbagai aksesoris ini juga tidak hanya dikenakan untuk bergaya dan mempercantik tampilan motor saja. Namun sebaliknya, sejumlah aksesoris motor juga memang memiliki fungsi tertentu yang bisa membuat aktivitas berkendara menjadi jauh lebih nyaman dan aman. 

  4. Perubahan Sepeda Motor yang Lama

    Modifikasi adalah proses perbaikan atau perubahan yang dilakukan pada kendaraan, termasuk sepeda motor. Modifikasi ini bisa dilakukan pada semua motor, termasuk motor yang sudah lama sekalipun. Di luar sana, ada banyak motor keluaran tahun lama yang dimodifikasi dengan sedemikian rupa, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. 

    Melakukan modifikasi pada motor lama juga kerap menjadi tujuan para pemilik kendaraan roda dua. Tidak hanya sekedar memperbaiki performa kendaraan saja, namun aktivitas ini juga bisa mengubah penampilan motor lawas yang dimiliki menjadi lebih baru dan menarik. Bukan hanya bagus, nilai jual kendaraan yang sudah dimodifikasi seperti ini juga biasanya akan jauh lebih tinggi di pasaran.

    Apapun tujuan untuk melakukan modifikasi motor, penting untuk selalu menggunakan berbagai peralatan dan juga aksesoris yang tepat. Pertimbangkan keamanan dan kenyamanan dari motor modifikasi tersebut dengan baik, agar tujuan modifikasi kendaraan tersebut bisa tercapai dengan baik. 

Berapa Biaya Modifikasi Motor? 

Modifikasi adalah proses untuk memperbaiki atau meningkatkan performa dan penampilan sebuah motor. Proses ini biasanya akan membutuhkan sejumlah komponen maupun aksesoris tertentu, sesuai dengan keinginan pemilik kendaraan roda dua itu sendiri. 

Modifikasi biasanya dilakukan di bengkel yang menyediakan layanan tersebut, mengingat tidak semua teknisi bengkel menguasai bidang yang satu ini. Namun meski begitu, melakukan modifikasi motor sendiri juga sering menjadi pilihan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam bidang yang satu ini. 

Semakin rumit modifikasi yang diinginkan pemilik motor, maka akan semakin tinggi juga biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini juga biasanya akan disesuaikan dengan kondisi awal motor modifikasi itu sendiri. 

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi motor akan sangat beragam, tergantung pada kebijakan bengkel di mana modifikasi tersebut dilakukan. Namun rata-rata untuk sebuah modifikasi motor dengan budget minim akan membutuhkan dana sekitar Rp3-4 juta.

Namun jika pemilik kendaraan roda dua menginginkan modifikasi motor yang lengkap dan rumit, hal ini bisa saja menelan biaya hingga belasan sampai puluhan juta rupiah. Hal ini biasanya akan disesuaikan dengan proses dan juga keinginan pemilik kendaraan itu sendiri. 

Jika melihat tingginya biaya yang dibutuhkan untuk proses modifikasi motor, sangat penting untuk menyiapkan dananya dengan baik, bukan? 

Baca Juga: 10 Penyebab dan Gejala Aki Tekor Serta Cara Mudah Mengatasinya

Risiko dan Cara Mengatur Budget untuk Modifikasi Motor

Modifikasi adalah proses yang akan membutuhkan sejumlah spare part dan aksesoris, termasuk penanganan dari teknisi yang ahli di bidang tersebut. Jika melihat kenyataan tersebut, jelas aktivitas yang satu ini akan membutuhkan sejumlah dana. 

Hindari untuk melakukan modifikasi motor tanpa perhitungan dan persiapan dana yang tepat, sebab hal ini beresiko dan bisa menimbulkan masalah, seperti: 

  • Biaya modifikasi yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kondisi keuangan.
  • Masalah di dalam keuangan, karena terlalu sering menghabiskan banyak uang untuk modifikasi.

Penting untuk selalu memperhitungkan dan mempertimbangkan berbagai biaya yang harus dikeluarkan di dalam modifikasi motor. Meski ini hobi yang menyenangkan, namun tetap saja harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan untuk menikmati hobi modifikasi motor: 

  1. Tentukan modifikasi bagian apa saja yang ingin dilakukan pada motor, agar hal ini lebih spesifik dan tidak melebar ke mana-mana.
  2. Hitung budget yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan keuangan dengan jumlah budget yang akan dikeluarkan untuk modifikasi ini. 

  3. Siapkan budget-nya di dalam keuangan dan pastikan dana yang digunakan memang peruntukannya untuk hal tersebut. 

    Misalnya: jika modifikasi ini membutuhkan dana sebesar Rp10 juta, sementara dana yang tersedia untuk kebutuhan tersebut hanya Rp4 juta saja, maka akan lebih baik untuk menabung terlebih dahulu. Alokasikan dana Rp1 juta setiap bulannya untuk kebutuhan ini, sehingga setelah bulan ke-6 nanti proses modifikasi bisa segera dilakukan. 

  4. Hemat biaya yang dikeluarkan untuk hobi lainnya, agar bisa melakukan modifikasi dengan dana yang tepat. 

    Misalnya: jika selama ini senang traveling dan selalu bepergian setiap bulan ke luar kota untuk staycation, maka tidak ada salahnya mengerem hobi tersebut untuk beberapa bulan ke depan, sehingga dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan modifikasi motor kesayangan terlebih dahulu.

  5. Tidak ada salahnya untuk menunda, jika dana yang disiapkan belum mencukupi untuk melakukan modifikasi. Hal ini akan jauh lebih baik, daripada mengalokasikan dana penting lainnya untuk kebutuhan yang satu ini. 
  6. Jangan lakukan modifikasi motor, jika tidak memiliki budget yang cukup untuk kebutuhan tersebut. Hal ini sangat berisiko dan bisa menimbulkan berbagai masalah di dalam keuangan.

Nikmati Hobi Modifikasi Motor dengan Cara yang Tepat 

Melakukan modifikasi merupakan hal yang lazim bagi para pecinta kendaraan roda dua. Namun ini akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga perlu untuk direncanakan dan dipersiapkan dengan matang sejak awal. Lakukan modifikasi yang terencana dengan dana yang tepat pada motor, sehingga hobi yang satu ini tidak menimbulkan masalah di dalam keuangan.

Baca Juga: Kualitas Servis dan Layanan Terjamin, Ini Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat di Jakarta