Mengungkap Fakta dan Rahasia Kesuksesan Mukesh Ambani, Taipan Terkaya di Asia dari India

Mukesh Ambani adalah taipan India yang masuk daftar sepuluh orang terkaya sedunia. Billionaire businessman ini berhasil menjadi orang Asia pertama yang masuk dalam daftar bergengsi tersebut. Selain itu, ia juga menjadi konglomerat terkaya di Asia. 

Pria kelahiran Aden, Yaman, 19 April 1957 ini bertanggung jawab sebagai Chairman, Direktur Utama, serta pemilik saham paling besar dari Reliance Industries Ltd (RIL). RIL ialah perusahaan konglomerat yang beroperasi di seluruh dunia. RIL juga diketahui merupakan perusahaan swasta paling besar di India dan termasuk ke dalam Fortune Global 500. 

Pada Maret 2023, konglomerat berusia 66 tahun ini menduduki posisi kedelapan terkaya di muka bumi. Forbes dan Bloomberg Billionaires Index mengungkapkan, jumlah aset hartanya mencapai 83,3 miliar Dollar AS (Rp1,3 triliun). Kini, Mukesh menetap di Mumbai, India bersama sang istri, Nita Ambani.

Baca Juga: Menelisik Perjalanan Karier Forrest Li, Pemilik Shopee, Garena, dan SeaMoney yang Makin Tajir

Rumah Mewah Mukesh Ambani

loader

Mukesh Ambani - Reliance (Sumber: www.liputan6.com)

Mukesh Dhirubhai Ambani, demikian nama lengkapnya, diketahui memiliki tiga orang anak. Ia tinggal bersama keluarganya di Mumbai. Dan menariknya, rumah keluarga Ambani ialah gedung megah yang mencakar langit yang mempunyai 27 lantai. Gedung itu dibangun dengan biaya sekitar 1 miliar Dollar AS. 

Istrinya, Nita Ambani diketahui menjabat sebagai ketua dari organisasi amal perusahaan mereka, Reliance Foundation. Nita juga dilibatkan di sejumlah usaha olahraga milik perusahaan, termasuk urusan branding dan strategi pemasaran Reliance Jio Infocomm—sebuah operator jaringan seluler Reliance. 

Memimpin Perusahaan dengan Pendapatan Terbesar di India

Reliance Industries Limited (RIL) didirikan oleh ayah Mukesh, mendiang Dhirubhai Ambani, sejak puluhan tahun silam. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 195.000 orang, sehingga menjadi pemberi kerja terbanyak kedelapan di India.

RIL tak hanya menjadi yang paling menguntungkan negara, tapi juga merupakan perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar terbesar di India (mengalahkan Indian Oil Corporation). Dengan demikian, maka tak heran jika Reliance menjadi perusahaan swasta dengan pajak penghasilan terbesar di sana, karena pendapatannya pun yang paling akbar.

Di tahun 2020, RIL menjadi perusahaan negara India pertama yang sukses mencapai kapitalisasi pasar sebesar 200 miliar Dollar AS. Mengakses pasar di 108 negara, Reliance juga menjadi eksportir terbesar India dan menyumbang 8% dari total ekspor.

Reliance pun bertanggung jawab atas hampir 5% dari total pendapatan bea cukai pemerintah India.

Reliance Masuk dalam Daftar Fortune Global 500

Jika PT Pertamina (Persero) berhasil masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2022 di peringkat 223, maka lain lagi ceritanya dengan Reliance Industries Limited (RIL). Kilas balik ke tahun 2020, Reliance Industries Limited sukses menempati peringkat ke-96 dalam daftar Fortune Global 500. Di tahun 2023 ini, Reliance Steel & Aluminum menduduki peringkat 261.

Seperti diketahui, Fortune Global 500 ialah daftar urutan dari 500 perusahaan paling top sedunia. Daftar prestisius tersebut diukur berdasarkan pendapatan tahunan perusahaan.

Adapun data ini dirilis oleh majalah kenamaan asal Amerika Serikat, Fortune. Di sepanjang sejarah, hanya enam perusahaan dari India yang berhasil masuk ke dalam daftar bergengsi tersebut. 

Selain itu, di tahun 2016, Reliance juga menempati peringkat kedelapan di dalam daftar 250 perusahaan energi global paling besar yang dirilis Platts. 

Merajai Beraneka Macam Sektor Usaha

Nama Mukesh Ambani selalu wara-wiri dalam daftar sepuluh orang terkaya di muka bumi. Hal ini tak mengherankan mengingat Reliance merajai begitu banyak sektor usaha, dengan bisnis yang menggurita.

Perusahaan konglomerat ini memiliki banyak anak usaha yang bergerak di beraneka ragam bidang. Di antaranya meliputi minyak bumi, petrokomia, gas alam, tekstil, telekomunikasi, ritel, media, televisi, entertainment, musik, perangkat lunak, hingga jasa keuangan.

Jadi Businessman Terkaya #1 Asia dan #8 Dunia

Per Maret 2023, posisi Mukesh Ambani naik menjadi pengusaha terkaya kedelapan sedunia berdasarkan data real time oleh Forbes. Total bersih kekayaannya kini mencapai 83,3 miliar Dollar AS, atau sekitar Rp1,3 triliun.

Kesepuluh orang terkaya di dunia beserta sumber kekayaannya itu adalah:

  1. Bernard Arnault (LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton/luxury goods).
  2. Elon Musk (Twitter, Tesla, SpaceX).
  3. Jeff Bezos (Amazon).
  4. Larry Ellison (Oracle).
  5. Warren Buffett (perusahaan konglomerat Berkshire Hathaway Inc).
  6. Bill Gates (Microsoft dan investasi).
  7. Carlos Slim Helu (telekomunikasi dan investasi).
  8. Mukesh Ambani (petrokimia dan telekomunikasi).
  9. Steve Ballmer (Microsoft dan investasi).
  10. Francoise Bettencourt Meyers (L’Oreal).

Adapun di Asia, ia kembali dinobatkan menjadi orang nomor satu yang paling tajir sejak Februari 2023 lalu. Mukesh Ambani kembali sukses menggeser taipan Gautam Adani yang kekayaannya berada di angka 68 miliar Dollar AS (Rp1 triliun). 

Dengan dinobatkannya sebagai pengusaha paling tajir se-Asia, Mukesh Ambani telah mengalahkan jumlah kekayaan pendiri Alibaba, Jack Ma.

Baca Juga: Menyibak Karier William Utomo, Co-Founder IDN Media yang Suarakan Pemikiran Generasi Muda

Mukesh Ambani Kekayaan

loader

Mukesh Ambani - Jio (Sumber: www.bloomberg.com)

Sebagai keluarga konglomerat kenamaan, gerak-gerik Ambani Family kerap disorot dan masuk berita internasional. Mukesh Ambani diketahui banyak berteman dengan para bintang film papan atas Bollywood, termasuk aktor ganteng Shah Rukh Khan.

Pada tahun 2016, Forbes menjuluki Nita Ambani sebagai “The First Lady of Indian Business” berkat kontribusi sang istri dalam kesuksesan perusahaan. Kemudian di tahun 2018, Keluarga Ambani lagi-lagi menjadi headline berita mancanegara. 

Seperti diketahui, Mukesh dan Nita diketahui memiliki tiga anak bernama Anant Ambani, Akash Ambani, dan Isha Ambani. Dan salah satu anak perempuannya menggelar pesta pernikahan termewah dengan extravaganza. Tak tanggung-tanggung, perhelatan wedding dream party itu mengundang Beyonce sebagai pengisi acara dalam konser pribadi yang diselenggarakan khusus. 

Nama-nama besar seperti Hillary Clinton, Arianna Huffington, serta pasangan selebritas Priyanka Chopra dan Nick Jonas turut diundang dalam pesta besar tersebut. Budget pesta spektakuler itu ditaksir memakan uang sebesar 100 juta Dollar AS. 

Lebih Tajir dari Negara Nigeria, Botswana, dan Latvia Digabungkan

Fakta mencengangkan lainnya adalah jumlah kekayaan Ambani yang melampaui negara Nigeria, Botswana, serta Latvia. Di tahun 2019, PDB Nigeria 12,9 miliar Dollar AS, sementara Botswana 18,3 miliar Dollar AS, dan Latvia 34,1 miliar Dollar AS. Apabila digabungkan, seluruh jumlah tersebut masih kalah dengan harta kekayaan Mukesh Ambani. 

Selain itu, sang konglomerat minyak tersebut terus menambah pundi kekayaannya di masa pandemi Covid-19. Menurut Forbes, Ambani sukses menambah income lebih dari 20 miliar AS ke dalam kantongnya. Ambani diketahui menjual sepertiga Jio ke beberapa investor raksasa, termasuk Google dan Facebook. 

Jadi Orang Terkaya di India Selama Belasan Tahun

Nama Mukesh Ambani menduduki peringkat pertama terkaya di India selama lebih dari satu dekade. Namun pada Februari 2022 lalu, posisinya itu sempat diambil alih oleh Gautam Adani.

Memasuki Februari 2023 kemarin, kekayaan Gautam Adani kembali turun. Sekali lagi, Ambani kembali naik tahta sebagai orang paling tajir se-India. 

Berdasarkan data Forbes, Mukesh Ambani masuk dalam peringkat 10 besar terkaya dunia antara tahun 2008 dan 2011. Kemudian ia kembali masuk dalam daftar tersebut pada tahun 2021. 

Tetap Teguh Menjalankan Tradisi Keluarga

Keluarga Ambani juga dikenal dengan tradisi menjaga kesehatan mereka. Kokilaben Ambani, ibunda Mukesh Ambani, ialah vegetarian murni. Dan Mukesh beserta anak istrinya pun ikut melakukan diet vegetarian. 

Selain itu,mereka juga menambahkan diet rendah karbohidrat serta protein tinggi yang ketat. Hal itu penting dilakukan lantaran badan yang sehat juga merupakan sebuah kesuksesan bagi mereka.

Tradisi teguh yang mereka lakukan selanjutnya adalah makan malam bersama. Keluarga Ambani jarang absen dari ritual tersebut.

Menariknya, selama dinner berlangsung, mereka dilarang mendiskusikan pekerjaan di meja makan. Peraturan ketat ini dilakukan demi memelihara keharmonisan dan kebahagiaan keluarga.

Cermat Mengelola Uang Menjadi Rahasia Kesuksesan

Punya banyak koleksi barang mewah, istri tercintanya bahkan dikabarkan mempunyai private jet yang dibanderol senilai Rp480 miliar. Namun walaupun hidup bergelimang harta, Mukesh dan istri masih memegang teguh tradisi keluarga. 

Keduanya sepakat mendidik anak-anak untuk merespek uang. Mereka juga mempersiapkan ketiga anaknya untuk meneruskan bisnis Keluarga Ambani yang menggurita. 

Melansir Bollywoodshaadis, kabarnya anak-anak Mukesh hanya diberi uang saku dengan nominal kecil. Hal ini dikarenakan mereka ingin anaknya pandai mengelola uang. Tentunya, keberhasilan Mukesh pun tak lepas dari kecermatannya dalam mengelola uang perusahaan.

Baca Juga: Omzet Mencapai Rp1 Triliun, Begini Perjalanan Sukses Hendrik Tio Merintis E-Commerce Elektronik Bhinneka