Neo Bank: Pengertian, Untung-Rugi, dan Cara Membuka Rekening

Sekarang semuanya serba digital, mulai dari hiburan, belajar, jualan, belanja, sampai tabungan. Meskipun digital banking sudah lama ada seperti internet banking dan mobile banking. Tapi tetap saja ada kelibatan sistem manual / non digital untuk bisa memanfaatkannya.

Seperti, membuka rekening tabungan langsung di bank, lalu melakukan registrasi digital banking langsung di bank, baru berikutnya bisa menikmati fasilitas online/digitalnya. Tapi sudah tahu belum, sekarang sudah ada bank yang benar-benar 100% digital?

Mulai dari pembukaan rekening, registrasi, sampai transaksi keuangan semua dilakukan secara online tanpa harus mengunjungi lokasi bank langsung. Bank tersebut dinamakan dengan Neo Bank.

Jadi sebenarnya apa itu Neo Bank/Bank Neo?

Baca Juga: Perbedaan Bank Konvensional dan Syariah

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Pengertian Neo Bank

loader

Bank Neo Commerce

Mudahnya, Neo Bank adalah bank yang bisa membantu masyarakat melakukan berbagai transaksi keuangan melalui satu klik di gawai (gadget) saja, dan 100 persen berbasis teknologi atau digital.

Untuk pengertian lengkapnya, Neo Bank adalah sebuah inovasi dalam teknologi keuangan yang menawarkan layanan perbankan digital tanpa cabang.

Neo Bank tidak memiliki bentuk fisik sebagaimana layanan bank pada umumnya, namun Neo Bank/Bank Neo hadir sepenuhnya secara online. Neo Bank menggunakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh ke dalam smartphone penggunanya.

Neo Bank juga ditujukan untuk nasabah yang tech-savvy (paham dan fasih dalam teknologi) yang tidak keberatan melakukan sebagian besar pengelolaan keuangan mereka melalui aplikasi seluler.

Ini karena Neo Bank menawarkan kemudahan dan cara kerja yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern hari ini, terutama anak muda.

Neo Bank secara bersamaan juga merupakan produk bank digital dari PT Bank Neo Commerce, yang resmi menjadi bank digital pertama besutan perusahaan e-commerce (karena PT Bank Neo Commerce merupakan perusahaan yang berhasil di akusisi oleh PT Akulaku, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia).

Layanan yang Disediakan Neo Bank

Pada proses peluncurannya untuk publik, Neo Bank sering disebut sebagai ancaman/gangguan utama pada industri perbankan dan fintech yang sudah ada saat ini.

Meskipun ada banyak berita kurang sedap, sudah ada beberapa Bank Neo yang saat ini telah beroperasi di beberapa negara.

Neo Bank menawarkan layanan perbankan yang serupa dengan bank konvensional pada umumnya walaupun terbatas. Layanan-layanan tersebut antara lain:

  • Rekening tabungan dan deposito.
  • Layanan pembayaran dan trasnfer uang.
  • Layanan perencanaan keuangan (pos-pos belanja, mengatur transfer terjadwal, dsb).

Saat ini Neo Bank memungkinkan pengguna untuk menautkan rekening bank konvensional ke Neo Bank sehingga pengguna dapat menikmati fitur terbaik dari kedua bank. Jadi, meskipun Bank BNC Neo telah hadir, anjuran untuk memiliki bank konvesional masih tetap ada.

Keuntungan dan Kerugian pada Neo Bank

Meskipun dikatakan penggunaannya mudah dan cepat. Tapi sebagai sistem baru, penggunaan Neo Bank masih memiliki risiko yang bisa menimbulkan kerugian pada pengguna/nasabahnya. Berikut keuntungan dan kerugian dari Neo Bank:

Keuntungan

Kerugian

1. Pembukaan rekening dilakukan tanpa biaya, selain itu nasabah juga bebas dari biaya administrasi bulanan dan juga biaya transfer ke bank manapun.

1. Keterlambatan dan kegagalan transaksi jika jaringan internet mati. Sedangkan dengan bank konvesional, nasabah bisa melanjutkannya dengan langsung mengunjungi bank atau ke mesin ATM. Di mana kedua hal tersebut kurang dimiliki oleh bank digital. Dalam hal ini Bank Neo Commerce.

2. Bunga tabungan yang ditawarkan cukup tinggi yakni sekitar, 6 - 8%. Lebih besar dari bank konvesional pada umumnya.

2. Tidak tersedia kartu debit/kredit fisik, di mana hal ini bisa menghambat transaksi pembayaran jika tidak membawa handphone atau baterai handphone habis. Dan tidak tersedia ATM sehingga setor tunai masih harus melalui cara lain.

3. Mempermudah nasabah dengan fitur transfer dan bayar ke berbagai nomor VA (virtual account).

3. Cabang Neo Bank sedikit sehingga membuat para nasabah yang memiliki keluhan mengenai aplikasi atau sistem perbankan hanya bisa melakukan pengaduan melalui customer service online atau telepon.

4. Nasabah bisa memanfaatkan Neo Bank sebagai alat untuk memudahkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan. Karena seluruh transaksi online yang direkam oleh aplikasi.

Dengan begitu, nasabah bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan.

4. Masih banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan Neo Bank/bank digital. Di mana modusnya adalah penawaran pembukaan rekening dengan bunga tinggi dan berbagai promo untuk nasabah baru seperti jumlah reward point dan cashback yang tidak masuk akal.

5. Meskipun tidak banyak memiliki lokasi mesin ATM. Penyetoran tunai ke Neo Bank bisa dilakukan melalui Indomaret dan Alfamart.

5. Ancaman kebocoran data pribadi lebih besar karena pengisian data pribadi untuk pembukaan rekening dilakukan secara online. Baik karena jaringan internet tidak aman atau memang telah diincar oleh hacker.

6. Bisa terhubung dengan berbagai produk perbankan yang memudahkan transaksi online.

 

Cara Membuka Rekening Neo Bank

loader

Aplikasi Neo Bank

Untuk kamu yang ingin merasakan memiliki rekening Bank Digital Neo dan menikmati berbagai manfaatnya. Ketahui syarat-syarat membuka rekening Neo Bank berikut ini:

  • Calon nasabah merupakan warga negara Indonesia dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Sudah berusia minimal 17 tahun.
  • Menyiapkan dokumen identitas diri berupa e-KTP yang masih aktif serta NPWP jika ada. Disiapkan ketika akan melakukan pendaftaran di aplikasi.
  • Memiliki handphone yang sesuai kriteria dan bisa mendukung sistem aplikasi bank secara baik.
  • Memiliki nomor ponsel yang akan selalu aktif untuk kebutuhan terima kode one-time-password (OTP) dan kebutuhan login ke akun neobank: BNC digital bank kedepannya.

Jika sudah memenuhi persyaratan utama, berikutnya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Neo Bank di Play Store (khusus pengguna Android) atau App Store (khusus pengguna iOS).
  2. Buka aplikasinya.
  3. Tekan tombol daftar untuk memulai proses pendaftaran.
  4. Masukan nomor HP yang masih aktif dan tekan tombol kirim OTP.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirim ke kolom yang dimaksud.
  6. Masukkan alamat email (tidak wajib) dan jika ada bisa memasukkan kode referral.
  7. Lalu tekan tombol ‘Daftar Sekarang’.
  8. Berikutnya akan muncul syarat dan ketentuan yang berlaku. Klik “Saya telah baca dan setuju” untuk melanjutkan.
  9. Selanjutnya, buat kata sandi untuk konfirmasi. Kata sandi harus berjumlah 8-16 karakter dan mengandung karakter angka, huruf besar, huruf kecil, serta karakter spesial.

Baca Juga: Cara Mengganti Buku Tabungan dan Kartu ATM Bank Syariah Indonesia

Setelah proses pendaftaran selesai, Berikutnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk tahap pembukaan rekeningnya:

  1. Login ke aplikasi Neo Bank.
  2. Buka rekening BNC dengan mengklik tombol "Buka Rekening Sekarang". Jangan lupa untuk menyetujui syarat dan ketentuan pembukaan rekening BNC.
  3. Lakukan verifikasi KTP.
  4. Lalu, konfirmasi informasi sesuai dengan KTP.
  5. Klik "Verifikasi Sekarang".
  6. Isi dan lengkapi informasi pribadi.
  7. Selanjutnya, lakukan verifikasi wajah.
  8. Pembukaan rekening Neo Bank sedang diproses.
  9. Tunggu dan rekening Neo Bank kamu siap untuk digunakan.

Perlu diingat, untuk menghindari kegagalan dalam tahapan proses, pastikan handphone dalam keadaan penuh baterai dan jaringan koneksi internet kencang atau stabil.

Berhati-Hati dan Tetap Bijak dalam Memanfaatkannya

Dengan adanya bank digital seperti Neo Bank saat ini. Tidak bisa dipungkiri kemudahan dalam transaksi perbankan untuk mereka atau mungkin juga kamu menjadi lebih disukai.

Namun, tetap saja tetap berhati-hati dan bijak dalam pemanfaatannya. Jangan berlebihan dan jangan lakukan juga secara sembarangan, guna melindungi privasi data diri dan juga terhindar dari penipuan atau modus kejahatan lainnya.

Baca Juga: Kenapa Harus Mengganti PIN ATM secara Berkala? Ini Alasannya