Nyatakan Rasa Kangenmu, Ini Kumpulan Quotes Rindu yang Mampu Gambarkan Perasaan

Siapa yang tidak pernah merasakan rindu atau kangen terhadap seseorang? Baik itu pada keluarga, orang tua, pacar, ataupun teman, rasa rindu pasti pernah dirasakan oleh siapapun tanpa terkecuali. Rasa rindu ini muncul disebabkan karena sudah lama tidak bisa bertemu dengan seseorang karena batasan jarak dan waktu.

Alhasil, perasaan tersebut akhirnya hanya bisa diobati dan disampaikan melalui kata-kata saja. Walaupun tak bisa sepenuhnya melepas rasa rindu, setidaknya melalui quotes rindu, kamu bisa menyampaikan perasaan dan didengar oleh orang yang sedang kamu rindukan. 

Sebenarnya, ada banyak sekali cara atau kalimat yang bisa menggambarkan rasa rindu kepada seseorang. Namun, merangkai kata secara indah membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit, serta tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Nah, daripada bingung membuat kalimat sendiri untuk mengungkapkan isi hati, kumpulan quote rindu penuh makna ini bisa kamu jadikan caption atau status pada postingan di media sosial. 

Baca Juga: Kata Kata Cinta Romantis yang Bisa Bikin Hubungan Kamu Awet

Kumpulan Quotes Rindu Singkat

loader

Quotes Rindu Singkat

1. Bersabarlah hingga Datang Waktu untuk Bertemu Tiba

“Akan aku ceritakan nanti ketika kita bertemu, bahwa betapa sesaknya rindu ketika aku membuat tulisan ini.” – Martha Nababan

Tips: Menahan rindu memanglah sulit. Kamu mungkin sampai merasa sesak dan sakit karena rasa rindu yang tak kunjung menemukan obat pelipurnya. Namun, saat akhirnya bisa bertemu, semua cerita dan keluh kesah yang tertahan akan bisa tercurahkan hingga tak ada lagi yang tersisa. 

2. Rindu Ibarat Rahasia

“Rindu seperti sebuah rahasia. Kusampaikan dengan aksara, bisa kau baca, namun tak kamu pahami maknanya.” - NiaMela

Tips: Rasa rindu bisa digambarkan melalui kata-kata dan dibaca oleh orang yang dirindukannya. Akan tetapi, rasa rindu tersebut tetaplah tidak bisa dipahami sepenuhnya hanya melalui tulisan dan pengungkapan saja. Diperlukan bukti nyata agar perasaan tersebut tak sekadar menjadi ucapan yang didengar, tapi juga dipahami maknanya secara mendalam. 

3. Perpisahan Sebagai Upacara Penyambut Rindu

“Perpisahan merupakan upacara penyambutan hari penuh rindu.” – Pidi Baiq

Tips: Perpisahan seringkali menjadi alasan utama seseorang merasakan rindu di hari-hari berikutnya. Perpisahan dan rindu memang menjadi dua hal yang saling berhubungan dan tak dapat dipisahkan satu sama lainnya. 

4. Rindu Ala Dilan

“Jangan Rindu. Itu Berat. Kamu tidak akan kuat. Biar aku saja.” – Dilan. Pidi Baiq

Tips: Menahan rindu pasti terasa berat bagi siapa saja yang merasakannya. Bahkan, perasaan tersebut juga tetap diungkapkan demikian oleh Dilan yang kesehariannya dipenuhi dengan kehidupan yang keras. Jadi, wajar saja jika rasa rindu sering kali memberi kesedihan yang sampai menjatuhkan air mata.

5. Walau Sudah Tidak Ada Harapan, Rasa Rindu Tetap Hinggap di Perasaan

“Meski seluruh harapan sudah kamu bunuh pelan-pelan, tapi rindu tersebut tetap hidup di perasaan.” – Equeenta

Tips: Seseorang bisa saja memiliki harapan akan sesuatu kepada seseorang yang dirindukan atau dicintainya. Namun, walaupun harapan tersebut telah dihilangkan, kerinduan atau kecintaan akan tetap hidup di perasaan. Mungkin, penyebabnya adalah harapan yang tak pernah benar-benar menghilang dan menjadi penyebab rindu terus ada. 

6. Setiap Rindu Membutuhkan Pertemuan

“Setiap rindu membutuhkan temu. Maka, temuilah saat aku lelah menghampirimu. Ceritakan segala keluh kesahmu padaku.” 

Tips: Rindu yang tidak mengalami pertemuan akan tetap bertahan menjadi rindu dan tak akan pernah berubah. Meskipun lelah akan muncul akibat pertemuan yang tak kunjung terwujud, tetaplah berusaha untuk menciptakan pertemuan tersebut agar keluh kesah dan segala hal yang mengganjal di hati bisa diluapkan. 

7. Merindukan Kita yang Dulu

“Tidak banyak kata yang bisa kukatakan tentang kita. Aku hanya ingin berkata, aku rindu kita yang dulu.” – Fall

Tips: Perpisahan bukanlah satu-satunya penyebab kerinduan muncul pada hati seseorang. Perubahan dan ketidaksamaan dengan keadaan seperti dahulu juga dapat menjadi pemicu perasaan tersebut muncul. Akan tetapi, tidak ada yang bisa mengelak dari hal tersebut karena perjalanan waktu pasti akan senantiasa membawa perubahan.

8. Doa Sebagai Payung Penahan Rindu

“Karena doa adalah payung pada rindu-rindu yang hujan.” – Dina Zettira Putri

Tips: Kerinduan tidak akan pernah terpuaskan sampai pertemuan bisa dilakukan. Namun, jika untuk sekadar menahannya, memanjatkan doa bisa menjadi cara yang paling ampuh. Seperti payung yang menahan derasnya tetesan air hujan, doa mampu menjadi penahan derasnya rasa rindu yang kian tak tertahankan. 

9. Kerinduan Bukti Kasih Sayang Seseorang

“Semua tahu, ketika orang lain merasa rindu pada kita, artinya jelas orang itu menyayangi kita.” 

Tips: Rindu muncul akibat keinginan yang tidak kunjung didapatkan. Termasuk cinta dan rasa sayang yang tidak dapat diucapkan atau dibuktikan juga dapat menjadi alasan seseorang merasakan rindu. Jadi, tidak mengherankan jika rindu juga menjadi bukti akan rasa sayangnya terhadap orang lain.

Baca Juga: Lagi Dimabuk Cinta Sama Doi? Ini Kumpulan Quotes Bucin Buat Ngodein Pasanganmu

10. Kabar Hati yang Terus Menahan Rindu

“Apa kabar hati? Semoga kau baik-baik di sana. Menikmati senja ujung sore bersama rindu yang makin membiru.” – Uninophie

Tips: Pernahkah kamu merasakan rindu yang sampai menimbulkan sesak di dalam dada? Hal ini karena perasaan tersebut memang acap kali menimbulkan kesedihan karena harus menahan rasa hingga batas waktu yang tidak jelas kapan akhirnya. Kalau kamu merindukan seseorang hingga membuat hati terasa sakit, segera lakukan pertemuan atau alihkan perhatian agar perasaan tersebut tidak terasa setiap waktu dan kian membiru.

11. Rindu yang Muncul Karena Masih Merasa Memiliki

“Mungkin rindu hanya karena aku yang masih terlalu merasa memilikimu.” 

Tips: Perasaan rindu menjadi bukti bahwa kamu masih merasa memiliki seseorang yang mungkin sudah tidak mungkin kamu miliki kembali. Wajar saja, rasa sayang tidak akan bisa dengan mudah dihilangkan begitu saja. Akan memerlukan proses agar rasa tersebut tak lagi dirasakan. Buktinya adalah dengan tak lagi merasa rindu akan seseorang yang tidak lagi dimiliki. 

12. Rasa Rindu di Antara Gema Takbir

“Sepertinya rindu kita hilang arah. setelah gelap amarah mengubur paksa rindu yang dahulu cerah. Terserah padamu. Ingin kembali pada titik semula atau silakan kau cari arahmu sendiri.”

Tips: Pertengkaran atau perpisahan adalah penyebab utama rasa rindu tidak lagi bisa diutarakan seperti sedia kala dan harus dikubur paksa. Tergantung dari keputusan dari kedua belah pihak, rasa rindu tersebut dapat menjadi alasan untuk kembali bersama, atau harus menahannya dan memutuskan untuk mengambil jalan masing-masing. 

13. Memendam Rindu dan Cinta Melalui Doa

“Hanya doa yang dapat kurapal diam-diam, di tengah perasaan yang kupendam untuk rindu dan cinta yang mendalam.” – Evahan12_

Tips: Doa menjadi salah satu pelampiasan rasa rindu dan cinta yang semakin mendalam dan belum bisa diatasi dengan pertemuan. Melalui doa, kamu mampu menyampaikan perasaan tersebut kepada dia yang kamu rindukan dan cintai. Melalui doa yang dirapalkan secara diam-diam tersebut pula kamu memberi bukti akan ketulusan rindu yang tengah dirasakan tanpa harus membuat semua orang mengetahuinya. 

14. Secangkir Kopi dan Cerita untuk Mengikis Rindu

“Sepertinya kita harus duduk berdua menghabiskan secangkir kopi dan berbagi cerita agar mengikis rindu yang ada.” – Icafitriaa

Tips: Tidak ada cara lain untuk menghilangkan rasa rindu selain bertemu, mengobrol, dan menghabiskan waktu bersama orang yang dirindukan. Walaupun hanya dilakukan dengan secangkir kopi dan saling bercerita, hal tersebut nyatanya ampuh menjadi penawar rindu yang entah sudah berapa lama tertahan.

15. Jaga Rindu agar Tak Jenuh dengan Doa dan Air Mata

“Aku mencintaimu dengan hati utuh, dengan rindu yang tidak pernah jenuh, yang aku jatuhkan berkali-kali melalui doa dan air mata.” – Syairteduh

Tips: Tidak semua orang bisa dengan mudah berhenti mencintai dan melepas rindu yang selama ini dirasakannya begitu saja. Terkadang, perasaan tersebut tetap bertahan dan hanya bisa dilepaskan bebannya melalui doa dan air mata. Jadi, tidak apa sesekali meluapkan air mata untuk menghilangkan beban akibat rindu sembari memanjatkan doa agar pertemuan bisa segera diwujudkan. 

16. Perasaan Terburuk yang Pernah Ada

“Merindukan seseorang dan tak bisa melihatnya adalah perasaan terburuk yang pernah ada." - Nathanael Richmond

Tips: Kerinduan yang tak bisa diluapkan merupakan perasaan terburuk yang bisa dirasakan oleh seseorang. Semakin lama rasa tersebut terpendam, semakin berat pula rasa tersebut akan tertahan. Tapi, begitu dilepaskan dan dapat bertemu dengan orang yang dirindukan, hanya kebahagiaanlah yang bisa dirasakan.

17. Pertanda Seseorang Benar-Benar Dirindukan

"Kamu menyadari betapa kamu benar-benar merindukan seseorang ketika sesuatu terjadi, baik atau buruk, dan satu-satunya orang yang ingin kamu beri tahu adalah orang yang tidak ada di sana."

Tips: Seseorang yang dirindukan sudah pasti akan lebih sering berada di pikiran. Itulah mengapa saat sesuatu hal terjadi dalam hidupmu, baik itu hal baik ataupun hal buruk, kamu pasti akan langsung terpikir untuk memberi tahu orang yang tengah dirindukan. Maka, jangan ragu untuk memberitahukan hal yang ingin kamu sampaikan ke orang yang sedang dirindukan untuk meredam rasa tersebut sementara waktu.

18. Rasa Rindu Adalah Bagian dari Cinta

"Merindukan seseorang adalah bagian dari mencintai. Jika kamu tak pernah berpisah, kamu tak akan pernah benar-benar tahu seberapa kuat cintamu." - Gustave Flaubert

Tips: Rasa rindu adalah bukti bahwa kamu sedang mencintai orang tersebut. Tanpa adanya perpisahan sementara, rasa cinta yang selama ini tersimpan dalam hati mungkin tidak akan pernah kamu sadari. Bahkan, melalui rasa rindu tersebut pula rasa cintamu terhadap seseorang akan semakin merekah dan semakin dalam tertanam dalam dirimu.

19. Rindu Setiap Detik

"Aku tidak tahu apa namanya, jarak di antara detik, tapi aku selalu memikirkanmu dalam interval itu." - Salvador Plascencia

Tips: Mungkin ini adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan perasaanmu kepada pasanganmu saat ini. Karena biasanya ketika seseorang baru menjalin hubungan atau sudah menemukan orang yang tepat, ia akan selalu merasakan rindu yang menggebu dan memikirkan orang tersebut di setiap aktivitasnya.

20. Kekosongan Hati dan Jiwa

"Kadang kala, hanya satu orang yang hilang, dan seluruh bumi tampak kosong." - Alphonse De Lamartine

Tips: Begitulah gambaran hidup ketika kamu kehilangan seseorang yang sangat berarti dan kamu sayang. Kepergiannya seakan membuat hati dan dunia ini kosong. Namun, jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan apalagi menutup diri, karena masih banyak orang di sekitarmu yang siap mengisi kekosongan hati dan hari-harimu.

21. Cahaya Kebahagiaan

"Di sini sepi dan aku merindukan cahayamu." - Ranata Suzuki

Tips: Ketika kamu mencintai seseorang, sosoknya sering kali diibaratkan sebagai cahaya. Cahaya yang menerangi hari-hari dan kehidupanmu. Sehingga, jika sosok itu sedang jauh atau tidak ada, maka hari-hari dan kehidupanmu pun akan terasa sepi atau bahkan menjadi gelap. 

22. Selalu Ada di Pikiranku

"Kamu mungkin berada di luar pandanganku, tetapi tidak pernah keluar dari pikiranku."

Tips: Itulah kehebatan dan kekuatan rindu. Meskipun jauh dan sudah tidak pernah bertemu, sosoknya tetap ada di pikiranmu dan kehadirannya tetap dinantikan olehmu.

23. Rindu dan Utang

"Rinduku padamu itu ibarat utang. Awalnya kecil tapi lama-lama jadi besar."

Tips: Kalau kata Dilan, "rindu itu berat". Ya, ibarat utang, semakin besar rasa rindu semakin berat pula rasa atau beban yang mesti ditanggung. Oleh karena itu, jika kamu sedang merindukan seseorang, segera ungkapkan dan temukan saja.

24. Selalu Gagal dan Berakhir dengan Mencarimu Kembali

"Lama setelah aku menyerah, hatiku masih mencarimu tanpa seizinku." - Rudy Francisco

Tips: Memang cinta itu tidak pernah bisa ditebak. Ketika batin sudah lelah, hati sudah menyerah, dan kamu hampir berhasil melupakan dia sepenuhnya. Eh, hatimu tetap rindu dan mencari-cari dia kembali. Apakah hati ini akan selalu dihantui oleh bayang-bayang dirinya?

25. Merindu dan Mencintai dalam Diam

"Entah mana yang menyakitkan, merindu dalam diam atau mencintai dalam diam?"

Tips: Hayo, menurut kamu lebih sakit yang mana? Merindu dalam diam atau mencintai dalam diam? Sama saja sih ya, keduanya sama-sama bikin tersiksa.

26. Selalu Memikirkanmu

"Jika aku mendapatkan satu bunga untuk setiap kali memikirkanmu, aku bisa berjalan melewati tamanku selamanya." - Alfred Tennyson

Tips: Ya begitu deh kalau sudah cinta, rasanya seperti dia tidak pernah pergi dari pikiranmu. Seperti kata quote rindu di atas, mungkin kalau kamu mendapatkan bunga setiap kali memikirkan dia, kamu sudah bisa membuat taman yang luas dan berjalan melewatinya setiap hari.

27. Rindu = Gerimis

"Rindu itu seperti gerimis yang muram, awet." - Raditya Dika

Tips: Ya itulah gambaran rasa rinduku ke kamu. Awet seperti hujan gerimis dan harus segera diobati dengan sebuah pertemuan.

28. Tentang Rindu

"Merindukan seseorang bukanlah tentang berapa lama kamu tidak melihatnya atau berapa kali kamu berbicara dengannya. Ini tentang momen ketika kamu melakukan sesuatu dan berharap mereka ada di sana bersamamu."

Tips: Inilah bukti kalau rindu itu abstrak. Karena rindu tidak melulu tentang "sudah lama gak bertemu" atau "sudah lama gak ngobrol bareng", tapi juga tentang menginginkan kehadiran seseorang ketika kamu sedang melakukan sesuatu. Mungkin dengan kehadiran mereka, kamu jadi lebih semangat dan merasa "penuh".

29. Selalu Mikirin Kamu

"Bahkan di tanggal merah pun, aku gak libur mikirin kamu."

Tips: Siapa nih yang setiap hari, setiap jam, setiap detik, mikirin si doi? Memang kalau lagi jatuh cinta dunia serasa milik berdua ya guys ya.

30. Jauh di Mata, Dekat di Hati?

"Cinta ialah merindukan seseorang setiap kali kamu berpisah, tetapi entah bagaimana merasa hangat di dalam karena kamu dekat di hati." - Kay Knudsen

Tips: Cinta memang rumit ya. Ketika dua orang yang saling mencintai harus dipisahkan oleh jarak dan waktu, mereka pasti saling merindukan. Tapi meskipun begitu, mereka tetap bisa merasakan kehangatan satu sama lain karena tetap ada di hati.

31. Hati dan Lilin

"Hati itu seperti lilin, rindu untuk dinyalakan!" - Rumi

Tips: Jangan biarkan hatimu kosong terlalu lama, karena hatimu juga butuh kehangatan dan kasih sayang. Ibarat, lilin yang rindu dinyalakan dengan api, begitu pun hati yang rindu dinyalakan oleh api cinta.

32. Rindu Berat

"Aku ingin memelukmu sekarang juga."

Tips: Saking rindunya.. rasanya aku ingin segera bertemu dan memelukmu. Satu detik tanpamu, terasa seperti satu tahun.

33. Berpisah untuk Bertemu

"Kita hanya berpisah untuk bertemu lagi." - John Gay

Tips: Perpisahan kita hanyalah sementara, janganlah terlalu lama karena aku tidak bisa lagi menahan rindu ini. Ingat, kita berpisah untuk bertemu lagi besok, lusa, dan seterusnya.

34. Rindu yang Selalu Curang

"Rindu itu curang, selalu bertambah tanpa tahu bagaimana caranya agar berkurang."

Tips: Bahkan, sehabis melepas rindu dan bertemu denganmu pun aku tetap merasakan rindu yang teramat dalam. Mungkin obatnya cuman satu yaitu serumah dengan kamu?

35. Rasa Rindu dan Kopi

"Merindukannya membuatku lebih terjaga daripada kopi."

Tips: Besarnya rasa rinduku padamu, membuatku selalu terjaga hingga sulit untuk tidur. Bahkan efeknya jauh lebih besar daripada kopi.

36. Rindu yang Tak Ada Matinya

"Rindu seperti sajak sederhana yang tak ada matinya." - Joko Pinurbo

Tips: Begitu juga rasa rinduku ke kamu, yang tak pernah hilang dan tak ada matinya.

37. Hariku Tanpamu

"Kamu tahu seseorang sangat istimewa bagimu ketika hari-hari terasa tidak tepat tanpa mereka." - John Cena

Tips: Oleh karena itu, jangan pernah sia-siakan orang yang baik dan sayang kepadamu. Bagus kalau kamu menyadari ini ketika mereka masih ada di sisimu, coba bayangkan kalau mereka pergi atau tak lagi di sisimu selamanya?

38. Cinta Sejati

"Dalam cinta sejati, jarak terkecil terlalu jauh dan jarak terjauh bisa dijembatani." - Hans Nouwens

Tips: Karena cinta sejati tidak mengenal jarak. Bahkan ketika berpisah ruangan, kamu dan pasangan akan merasakan rindu dan saling berjauhan. Begitu juga sebaliknya, ketika kamu dan pasangan mungkin secara tidak langsung dituntut untuk menjalani LDR, apapun rintangannya kalian akan tetap berusaha untuk mengatasinya.

39. Rindu, Ingatan, dan Air Mata

"Rindu menebarkan rasa sepasang ingatan yang tak ingin hilang, menjelma genang air mata." - Prilly Latuconsina

Tips: Ketika merasakan rindu kepada seseorang, kamu pasti akan terus memikirkannya atau bahkan tidak ingin jauh darinya. Jika dibiarkan terus menumpuk, perasaan rindu pun akan menjelma jadi genangan air mata.

40. Jaga Hatimu

"Jika ada saatnya kita tidak bisa bersama, pertahankan aku di hatimu. Aku akan tinggal di sana selamanya." - A. A. Milne

Tips: Jadi, meski kita tidak bertemu, tidak berdekatan, dan tidak bersama-sama dalam jangka waktu yang cukup lama, tetap jaga hatimu ya! Aku akan tetap di sana dan kamu pun tetap ada di hatiku.

41. Rindu Menjadi Doa

"Semesta yang tahu, saat rindu ini menjelma menjadi doa-doa yang selalu kupanjatkan kepadaNya."

Tips: Ketika merasakan rindu yang teramat dalam dan pertemuan belum bisa segera direalisasikan, maka sampaikanlah rindumu melalui doa.

42. Lebih dari Kopi

"Merindukannya membuatnya lebih terjaga daripada kopi." - John Green

Tips: Rindu memiliki efek dan dampak yang sangat besar bahkan melebihi kopi. Mengapa? Karena bisa membuatmu terjaga seharian atau bahkan berhari-hari? Ya, ketika seseorang merasakan rindu yang teramat dalam, ia akan memikirkannya terus-menerus.

43. Cuma Kamu yang Bikin Kangen

"Jepang bikin robot. Jerman bikin mobil. Kamu bikin kangen."

Tips: Begitulah kalau orang sedang di mabuk asmara, rasanya ingin bersama-sama tiap saat. Jauh sedikit, kangen...

44. Tak Bisa Hidup Tanpamu

"Ajari aku apa pun, asal jangan tentang bagaimana aku tanpamu."

Tips: Ya, sedetik pun aku tak bisa. Rasanya ingin bersama-sama setiap saat agar tidak perlu lagi menahan rindu.

45. Waktu Tidak Bisa Diulang

"Apabila waktu bisa diputar kembali, maka aku tidak akan pernah menyia-nyiakan waktu yang aku punya bersamamu."

Tips: Oleh karena itu, selagi memiliki waktu dan kesempatan, gunakan dan manfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai ada penyesalan! Karena rindu + tidak bisa bertemu adalah hal yang menyakitkan.

Rindu adalah Bukti Kasih Sayang yang Tak Bisa Diungkapkan

Begitu besar rasa cinta dan kasih yang kamu miliki namun tak bisa diungkapkan melalui perbuatan pasti akan menciptakan rindu. Jika tidak segera dipertemukan, rasa rindu tersebut akan terus menumpuk dan menjadi beban bagi hati. Jika tidak kunjung bisa bertemu, luapkan sedikit rasa rindu tersebut melalui ucapan, doa, dan air mata agar sesak yang diberikannya tak terlalu dalam memberi rasa sakit. 

Baca Juga: Kumpulan Kata Kata Galau yang Mungkin Bisa Mencurahkan Maksud Hati