Mengenal OCTO Click CIMB: Fitur dan Cara Daftarnya

OCTO Click merupakan layanan internet banking yang dimiliki oleh Bank CIMB Niaga. Sebagaimana layanan bank lainnya, OCTO Clicks CIMB diharapkan bisa memenuhi kebutuhan nasabah dengan baik, terutama terkait berbagai transaksi keuangan yang mereka lakukan. 

OCTO Click CIMB Niaga berbeda dari berbagai layanan internet lainnya yang dikeluarkan oleh bank-bank di tanah air. Layanan yang satu ini bisa memberikan kemudahan, bahkan bagi pengguna yang bukan nasabah Bank CIMB Niaga sekalipun, di mana yang bersangkutan bisa melakukan pembukaan rekening baru melalui layanan OCTO Click CIMB. 

Sejarah Singkat Bank CIMB Niaga

loader  

Pada dasarnya, Bank CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang telah memiliki pengalaman panjang di bisnis perbankan. Bank ini bahkan termasuk salah satu bank yang paling tua di tanah air dan menjadi penyedia berbagai layanan perbankan pertama, seperti layanan ATM dan juga Mbanking yang bertransformasi menjadi CIMB OCTO Click

Bank Niaga merupakan cikal bakal dari Bank CIMB Niaga. Bank tersebut didirikan oleh Soedarpo Sastrosatomo, Ali Algadri, J. Panglaykim, dan juga Roestam Moenaf di tahun 1955 silam, dan langsung mendapatkan izin pemerintah untuk menjadi bank umum di tahun yang sama. 

Selama perjalanannya, Bank Niaga mengalami banyak perubahan di dalam bisnisnya. Bank ini pernah digabungkan dengan beberapa bank yang berbeda terlebih dahulu, sebelum akhirnya digabungkan dengan Bank Lippo dan mengubah namanya menjadi Bank CIMB Niaga pada tahun 2008 silam. 

Bank Niaga kemudian secara resmi menjadi anak usaha dari CIMB Group yang bermarkas di Malaysia. Sebagian besar saham bank ini akhirnya dimiliki oleh Khazanah Nasional yang menjadi pemilik saham mayoritas dan sekaligus yang melakukan akusisi terhadap Bank Niaga pada tahun 2005 lalu. 

Bank CIMB Niaga menjadikan Jakarta sebagai kantor pusat operasional mereka dan menyediakan berbagai layanan, termasuk OCTO Clicks. Sampai akhir tahun 2020 lalu, bank ini telah memiliki lebih dari 300 kantor cabang dan lebih dari 4000 mesin ATM yang tersebar di berbagai kota di tanah air. 

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Bank Swasta, Jenis, dan Daftarnya di Indonesia

Fitur yang Dimiliki OCTO Click CIMB Niaga

loader

Ketatnya persaingan bisnis di bidang perbankan tentu membuat semua bank harus selalu siap bertransformasi dan tumbuh bersama teknologi. Hal ini juga dilakukan oleh Bank CIMB Niaga dengan banyak cara, termasuk dengan menghadirkan OCTO Click CIMB Niaga beberapa tahun lalu. 

OCTO Click CIMB merupakan layanan internet banking yang diharapkan bisa menjawab tantangan zaman di dalam bisnis Bank CIMB Niaga itu sendiri. CIMB OCTO Click ini diharapkan bisa memenuhi semua kebutuhan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi keuangan yang mereka butuhkan. 

Kehadiran OCTO Clicks CIMB akan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, bahkan tanpa perlu mendatangi bank sama sekali. Bersama OCTO Clicks, setiap nasabah Bank CIMB Niaga bisa melakukan transaksi yang mereka butuhkan kapanpun dan dimanapun mereka berada . 

Cukup dengan mengaktifkan layanan OCTO Click saja, nasabah sudah bisa menikmati berbagai fitur unggulan yang terdapat dalam layanan ini. Berbagai fitur yang dimiliki oleh OCTO Clicks CIMB ini akan membuat setiap transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan cepat.

Berikut ini adalah beberapa fitur OCTO Click CIMB Niaga yang bisa dinikmati para nasabah Bank CIMB Niaga: 

1. Transfer Dana 

OCTO Click CIMB memungkinkan nasabah melakukan transfer dana dengan lebih mudah dan cepat, tanpa perlu mendatangi bank secara langsung. Hal ini akan memungkinkan semua transaksi keuangan bisa berjalan dengan lancar sepanjang waktu, terutama untuk mereka yang menjalankan bisnis. 

Bukan hanya untuk transfer dengan sesama bank lokal saja dengan layanan Kliring maupun RTGS, namun layanan ini juga memungkinkan nasabah melakukan transfer dana ke luar negeri dalam bentuk valuta asing sekalipun. Biaya transfer yang diterapkan CIMB OCTO Click juga sangat terjangkau. 

2. Transaksi dengan Western Union 

OCTO Clicks juga memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan melalui layanan Western Union. Bukan hanya untuk menerima dana dari Western Union saja, OCTO Click juga bisa digunakan untuk pengiriman dana ke Western Union. 

3. Pembelian Pulsa 

Pengguna OCTO Click CIMB Niaga juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk melakukan transaksi pembelian pulsa maupun paket data dengan mudah. Selain itu, layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membeli pulsa listrik PLN. 

4. Belanja Online

Jika termasuk orang yang senang belanja online, maka menggunakan OCTO Click CIMB akan menjadi pilihan tepat. Layanan ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi belanja online di berbagai marketplace, bahkan marketplace luar negeri sekalipun.

5. Membayar Tagihan 

Layanan OCTO Clicks CIMB Niaga juga bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan dengan mudah dan cepat. Ada banyak jenis tagihan yang bisa diselesaikan melalui layanan ini, antara lain: tagihan kartu kredit, tagihan kartu pascabayar, tagihan air, dan yang lainnya. 

6. Fitur Virtual Card Number (VCN)

Jika senang melakukan transaksi belanja di luar negeri, maka layanan OCTO Clicks CIMB akan sangat membantu, sebab layanan ini memiliki fitur Virtual Card Number (VCN). Ini merupakan nomor yang dapat digunakan untuk transaksi belanja di merchant-merchant yang memungkinkan transaksi dengan MasterCard, bahkan untuk transaksi di luar negeri sekalipun.

7. Membuka Deposito dan Tabungan 

CIMB OCTO Click juga memungkinkan nasabah melakukan transaksi pembukaan deposito secara online, tanpa perlu mendatangi bank sama sekali. Bukan hanya itu saja, layanan ini juga bisa digunakan untuk membuka tabungan berjangka yang disediakan oleh Bank CIMB Niaga. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

8. Transaksi Reksa Dana 

Nasabah Bank CIMB Niaga juga bisa memanfaatkan layanan OCTO Click CIMB Niaga untuk melakukan transaksi reksa dana dengan mudah. Bukan hanya melakukan pembelian untuk pertama kalinya saja, layanan ini juga bisa digunakan untuk transaksi penjualan (redemption) dan juga penukaran (Switching) reksa dana.

9. Transaksi Obligasi 

Selain untuk reksa dana, OCTO Click CIMB Niaga ini juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi obligasi, baik itu pembelian maupun penjualan. 

Baca Juga:  Pengertian Bank, Jenis, dan Fungsinya untuk Masyarakat

Cara Mendaftar OCTO Click CIMB Niaga 

loader

Mendaftar OCTO Click CIMB Melalui Website 

  1. Kunjungi website resmi CIMB Niaga di https://www.octoclicks.co.id/.
  2. Klik menu "Daftar di sini".
  3. Baca dan pahami “syarat dan ketentuan” dengan baik, lalu setujui. 
  4. Ketikkan nomor rekening CIMB Niaga.
  5. Ketikkan 4 digit angka terakhir yang terdapat pada kartu ATM.
  6. Ketikkan PIN ATM.
  7. Tentukan User ID.
  8. Ketikkan alamat email, lalu klik menu “Lanjut”.
  9. Ketikkan nomor ponsel yang valid.
  10. Ketikkan nomor OTP yang dikirimkan melalui ponsel oleh pihak Bank CIMB Niaga.

Hingga tahap ini, pendaftaran CIMB OCTO Click sudah berhasil. Layanan tersebut sudah diaktifkan dan siap digunakan untuk berbagai transaksi keuangan yang dibutuhkan.

Mendaftar OCTO Clicks CIMB Melalui Mesin ATM 

  1. Pendaftaran OCTO Clicks ini hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM Bank CIMB niaga saja. Jadi pastikan untuk mendatangi mesin ATM CIMB Niaga terlebih dahulu. 
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu yang terdapat di mesin ATM.
  3. Pilih menu "Branchless Banking".
  4. Pilih menu “Registrasi”.
  5. Pilih menu “OCTO Clicks”.
  6. Ketikkan 6 digit password yang akan digunakan sebagai password OCTO Click CIMB Niaga. 
  7. Lanjutkan dengan memilih menu “Ok”
  8. Ketikkan nomor ponsel dengan benar.
  9. Pilih menu “Lanjut”.
  10. Jika telah selesai, maka mesin ATM akan mengeluarkan slip bukti pendaftaran layanan OCTO Click CIMB. Di mana slip ini berisi informasi nomor kartu ATM, nomor ponsel, dan juga Uses ID yang akan digunakan dalam layanan OCTO Clicks tersebut. 

Sampai pada tahap ini, OCTO Clicks CIMB sudah aktif. Layanan ini sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.  

Manfaatkan OCTO Click untuk Kenyamanan Transaksi 

CIMB OCTO Click merupakan layanan internet banking yang disediakan oleh Bank CIMB Niaga. Layanan ini diharapkan bisa memenuhi semua kebutuhan transaksi nasabah dengan Bank CIMB Niaga secara maksimal. Memanfaatkan semua fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh OCTO Click, agar setiap transaksi keuangan bisa berjalan dengan nyaman dan lancar.

Baca Juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap