Mengenal Reksa Dana CIMB Niaga, Seperti Apa Layanan, Ragam Produk, dan Cara Investasinya?

Bisa dimulai dengan modal receh, pengelolaan dilakukan Manajer Investasi, dan banyaknya jenis produk yang dipilih, tidak mengherankan jika reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi primadona investor. Dengan segala keuntungan dan keunggulannya tersebut, reksa dana kerap dijadikan sebagai instrumen pilihan saat ingin berinvestasi. Tidak hanya bagi investor pemula, tapi juga investor ulung sekalipun sebagai strategi untuk diversifikasi portofolionya. 

Tentunya, selain memahami bagaimana cara kerja dan jenis produk yang tersedia, kamu juga perlu memahami layanan yang menyediakan jenis instrumen investasi ini. Pada dasarnya, ada banyak penyedia layanan investasi reksa dana legal dan terpercaya yang bisa dipilih oleh masyarakat dengan kelebihannya masing-masing. Salah satu contohnya adalah Reksa Dana CIMB Niaga.

Sesuai namanya, Reksa Dana CIMB Niaga adalah layanan investasi reksa dana yang ditawarkan oleh perusahaan perbankan CIMB Niaga. Meski telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki rekam jejak layanan yang terjamin, tapi ada baiknya untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu Reksa Dana CIMB Niaga. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai Reksa Dana CIMB Niaga, ragam produk yang ditawarkan, keunggulan, dan cara membeli reksa dananya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Seputar Layanan Reksa Dana CIMB Niaga

loader

Sebelum membahas tentang layanan Reksa Dana CIMB Niaga, kamu perlu memahami tentang apa itu reksa dana sebagai suatu instrumen investasi. Mengacu pada penjelasan dari Undang-Undang atau UU No.8 mengenai Pasar Modal, yang dimaksud dengan reksa dana adalah sebuah wadah yang dipakai untuk menghimpun dana atau modal dari masyarakat yang memiliki modal.

Selanjutnya, dana tersebut akan diinvestasikan pada portofolio efek yang berisikan sejumlah instrumen investasi, seperti pasar uang, obligasi, saham, maupun efek atau sekuritas lainnya. Pengelolaan dana investasi di suatu produk reksa dana ini dilakukan oleh Manajer Investasi atau MI yang telah mendapatkan izin usaha dan layanan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Nah, pada layanan Reksa Dana CIMB Niaga, Bank CIMB Niaga ini bertindak sebagai pihak agen penjual efek dari produk reksa dana. Dalam menyediakan layanannya, CIMB Niaga mendistribusikan hingga 69 jenis produk reksa dana yang bisa dipilih oleh para pengguna atau investornya dengan menyesuaikan kebutuhan, kondisi keuangan, dan tujuan investasi.  

Baca Juga: Reksadana OVO: Layanan, Jenis Produk, Keunggulan, Serta Cara Belinya

Ragam Produk Reksa Dana CIMB Niaga

Dalam menawarkan layanannya, Reksa Dana CIMB Niaga menyediakan beberapa jenis produk reksa dana yang berbeda. Setiap jenis produk reksa dana tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan para investor. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai jenis produk reksa dana CIMB Niaga yang bisa dipilih oleh para nasabahnya. 

Jenis Produk   Keterangan Produk
Reksa Dana Pasar Uang

Pada jenis ini, seluruh modal yang terkumpul pada produk akan dialokasikan sepenuhnya pada instrumen investasi berupa pasar uang. Beberapa contohnya adalah SBI atau Surat Bank Indonesia, deposito, maupun obligasi yang memiliki waktu jatuh tempo di bawah 1 tahun. 

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, reksa dana pasar uang memiliki keunggulan pada fluktuasi nilainya yang cenderung stabil dan minim resiko. Meski begitu, peluang imbal hasil yang diberikannya masih terbilang menjanjikan dan lebih tinggi ketimbang deposito bank atau rekening tabungan biasa. 

Selain itu, produk ini juga bersifat likuid alias mudah dicairkan, tak memiliki beban biaya penjualan atau pembelian, dan cocok dipilih untuk investor dengan profil risiko konservatif. Jika kamu memiliki tujuan investasi berjangka pendek, produk ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang ideal. 

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Sementara pada jenis ini, dana investasi akan dialokasikan minimal 80 persen pada obligasi. Sehingga, peluang keuntungan yang diberikan relatif lebih tinggi dibanding jenis reksa dana sebelumnya, dan cocok dipilih untuk aktivitas investasi berjangka menengah. Keuntungan lainnya, investor juga berpeluang untuk mendapat unit penyertaan tambahan yang diberikan secara berkala di sejumlah produk reksa dana tertentu. 

Reksa Dana Terproteksi Jenis yang ketiga, reksa dana ini memberi jaminan modal investasi awal milik nasabah terjaga dan nilainya tak berkurang karena telah terproteksi. Hal tersebut bisa dilakukan melalui mekanisme pengelolaan portofolio dengan menempatkan dana di emiten bersifat utang yang tergolong layak investasi atau investment grade sehingga nilainya ketika jatuh tempo setidaknya mampu menutup nominal nilai yang terjamin. Keunggulan produk ini adalah imbal hasilnya lebih terukur pada durasi investasi tertentu.
Reksa Dana Campuran Sesuai namanya, jenis reksa dana ini mengalokasikan dana investasi ke sejumlah instrumen berbeda dengan rasio sesuai ketentuan. Biasanya, alokasi dana pada produk ini maksimal 79 persen berada pada produk obligasi, saham, atau pasar uang. Dengan peluang keuntungan lebih besar dan risiko yang cukup tinggi, produk ini cocok dipilih untuk tujuan investasi berjangka menengah hingga panjang.
Reksa Dana Index

Untuk jenis reksa dana ini, alokasi dananya akan disesuaikan dengan pengelolaan aset dari indeks acuannya, atau bisa juga disebut sebagai pengelolaan pasif. Strategi investasi pada produk ini bertujuan untuk memperoleh imbal hasil investasi mirip dengan index acuannya yang telah terbukti berhasil. Kelebihan jenis reksa dana ini adalah transparansi investasi serta pengelolaan investasi secara pasif guna mendapat hasil optimal. 

Reksa Dana Saham Terakhir, reksa dana saham menempatkan dana investasi minimal 80 persen di instrumen saham. Sementara sisanya dialokasikan di instrumen lain yang memiliki tingkat risiko lebih rendah sebagai strategi diversifikasi dan menjaga nilai portofolionya. Keunggulan produk ini adalah mampu memberikan peluang keuntungan paling tinggi, namun dengan risiko yang tak kalah besarnya sehingga ideal dipilih untuk tujuan investasi berjangka panjang.

Baca Juga:  Segala Hal tentang Layanan Reksadana IndoPremier yang Penting Dipahami Investor

Keunggulan Reksa Dana CIMB Niaga

Dengan berinvestasi reksa dana di CIMB Niaga, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Ragam jenis reksa dana yang lengkap dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan investor.
  • Bekerja sama dengan banyak manajer investasi ternama dan berkualitas di Indonesia.
  • Mulai investasi dengan modal minimal 100 ribu Rupiah. 
  • Beragam program investasi yang menguntungkan dan menarik untuk diikuti
  • Bisa diakses melalui aplikasi di smartphone atau situs resmi secara aman, nyaman, dan mudah.

Cara Investasi Reksa Dana CIMB Niaga

loader

Investasi reksa dana di CIMB Niaga bisa dilakukan melalui aplikasi OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Berikut adalah caranya.

  • Investasi Reksa Dana CIMB Niaga via OCTO Mobile

Langkah pertama, pastikan untuk mengunduh aplikasi OCTO Mobile terlebih dahulu di perangkatmu via Appstore atau Playstore. Kemudian, buat akun dan login dengan memasukkan ID dan kata sandi. 

Setelah itu pada bagian “Daftar & Investasi”, pilih opsi “Beli Reksa Dana”. Selanjutnya, tentukan kategori produk investasi yang ingin dibeli, dan pilih produknya. Kemudian, isi nominal dana produk investasi yang akan dibeli, setujui persyaratan dan ketentuan pembelian, lalu lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah dipilih. 

  • Investasi Reksa Dana CIMB Niaga via OCTO Clicks

Sementara jika melalui OCTO Clicks, kamu perlu mengunjungi langsung situs resminya dan melakukan login, atau registrasi jika belum memiliki akun. Setelah berada di halaman utama akun, pilih opsi “Daftar & Investasi”, kemudian tentukan jenis reksa dana yang ingin dibeli. Isi formulir yang berisi pertanyaan seputar profil risiko dan jawab dengan jujur. 

Setelah itu, nomor SID akan didapatkan dalam kurun waktu 2 hari kerja beserta profil risiko yang dimiliki. Jika kedua hal tersebut telah berada di tangan, pembelian reksa dana bisa dilakukan dengan memilih produk yang sesuai profil risiko. Lalu, masukkan nominal pembelian, setujui persyaratan dan ketentuan transaksi, dan lakukan pembayaran sesuai metode yang telah dipilih. 

Hindari Risiko Tertipu Saat Investasi Reksa Dana dengan Memilih Layanan yang Legal

Itulah penjelasan tentang Reksa Dana CIMB Niaga dan investasi yang disediakannya. Utamanya, hanya lakukan aktivitas menanam modal pada instrumen reksa dana ini di layanan yang terjamin aman, legal, dan kredibel. Barulah dengan begitu risiko tertipu saat investasi tidak sampai terjadi dan kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Baca Juga: Reksadana IPOT: Layanan, Ragam Produk, Keunggulan, dan Cara Belinya