10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bandung

Ibukota Provinsi Jawa Barat ini memang dikenal sebagai kota wisata yang memiliki udara dingin dan hawa yang sejuk. Bandung yang dijuluki sebagai Kota Kembang ini juga memiliki banyak sekali rekomendasi destinasi wisata alam yang menarik.

Selain menyuguhkan tempat wisata yang menarik, Bandung juga dikenal sebagai surganya kuliner, lho. Di sana, ada beragam kuliner khas yang sayang jika dilewatkan.

Berikut rekomendasi oleh-oleh Bandung yang wajib kamu coba dan beli untuk dibawa pulang.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh dari Medan yang Khas dan Populer

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bandung

1. Peuyeum Bandung

loader

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kamu memang bisa menemukan banyak sekali jenis peuyeum di berbagai kota di Indonesia. Tapi, peuyeum Bandung memang tak ada duanya.

Saking ikoniknya peuyeum Bandung, wisatawan pun bisa menemukan kuliner khas Bandung ini hampir di sepanjang jalan atau toko oleh-oleh.

Peuyeum sendiri adalah makanan tradisional khas masyarakat Sunda yang terbuat dari singkong yang telah difermentasi. Peuyeum memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta tekstur yang kenyal dan lengket.

Untuk peuyeum Bandung sendiri biasanya dijual per kilogram atau sesuai kebutuhan.

2. Cireng Bandung

loader

Sumber: food.detik.com

Di Bandung kamu bisa menemukan banyak sekali tempat yang memproduksi cireng atau aci digoreng yang rasanya lezat dan khas. Buat para pecinta cireng, jangan sampai melewatkan kuliner khas Bandung yang sedang viral satu ini, ya!

Cireng sendiri dibuat dari beberapa bahan, seperti, tepung kanji atau tapioka dan bumbu-bumbu pelengkapnya (merica, bawang putih, garam, micin, dan lainnya). 

Isiannya pun juga beragam, ada yang isi keju, sosis, daging sapi, suwiran daging ayam, jando sapi, dan sebagainya. Ada juga yang tanpa isian, jadi kamu bisa memilihnya sesuai selera. 

Untuk buah tangan, belilah cireng kemasan yang sudah dibekukan, kemudian goreng sendiri saat sampai di rumah.

3. Seblak Bandung

loader

Sumber: radartasikmalaya.tv

Mana nih pecinta seblak? Seblak khas Bandung memang tak ada duanya. Selain mencicipinya langsung di outlet atau kedainya, seblak juga bisa dijadikan sebagai buah tangan, lho. Biasanya, seblak untuk oleh-oleh akan di-packing dalam standing pouch atau kemasan lainnya.

Di dalamnya sudah ada bahan-bahan seblak yang bervariasi (sesuai jenisnya) dan bumbu-bumbunya. Nantinya, kamu tinggal memasaknya sendiri di rumah, konsepnya mirip dengan seblak instan.

4. Surabi Bandung

loader

Rekomendasi oleh-oleh Bandung yang keempat adalah surabi. Makanan tradisional ini bisa jadi alternatif buah tangan untukmu yang kebetulan bepergian jarak dekat atau tinggal di daerah sekitar Bandung yang waktu tempuhnya relatif pendek.

Untuk yang tinggal di wilayah luar Jawa Barat, sebaiknya cari pilihan oleh-oleh lainnya, ya. Tekstur surabi yang lembut dan lembek membuatnya cepat basi jadi jangan sampai surabi yang dibawa nantinya malah mubazir.

Untuk varian rasanya juga sangat beragam. Ada surabi original, kinca, atau juga yang diberi topping seperti, oncom, telur, pisang, cokelat, keju, dan masih banyak lagi.

5. Basreng

loader

Sumber: www.youtube.com

Rekomendasi cemilan favorit asal Bandung lainnya yang tak boleh terlewat adalah basreng atau bakso goreng. Basreng ini dibuat dari irisan bakso yang kemudian digoreng dan dibumbui dengan bumbu khusus seperti irisan daun jeruk, cabai, dan sejenisnya.

Untuk variannya ada basreng pedas dan basreng asin khusus untukmu yang tak suka makanan pedas.

6. Kartika Sari

loader

Sumber: lynndamya.blogspot.com

Kartika Sari adalah toko oleh-oleh yang menawarkan jajanan khas Bandung yang terkenal sejak tahun 1974. Toko ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh seperti brownies, bolen pisang, cheese stick, dan sejenisnya.

Kalau sedang ke Bandung, sempatkan dirimu untuk mampir ke tempat oleh-oleh ini ya karena dari tempat ini saja kamu sudah bisa memborong semua jajanan khas Bandung.

7. Prima Rasa

loader

Sumber: restaurantguru.com

Selanjutnya, ada Prima Rasa (Bakery & Pastry) yang juga merupakan toko oleh-oleh Bandung.

Toko oleh-oleh yang sudah berdiri sejak tahun 1986 ini, menawarkan banyak pilihan kudapan yang bisa kamu bawa pulang. Seperti, bolen pisang, brownies, hingga aneka kue kering.

8. Sale Pisang

loader

Sumber: food.detik.com

Sale pisang adalah cemilan khas Bandung yang terbuat dari pisang yang diiris tipis, dilapisi adonan, dan kemudian digoreng. Setelah dikeringkan, sale pisang siap dijadikan camilan yang renyah dan gurih. 

Sale pisang ini biasanya dijual di toko oleh-oleh Bandung.

9. Keripik Moring

loader

Sumber: cookpad.com

Keripik moring adalah keripik cimol kering dan masih satu “keluarga” dengan basreng, seblak, juga cireng. Untuk varian rasanya ada yang pedas dan ada juga yang asin.

Keripik moring ini bisa dinikmati sebagai camilan atau pelengkap lauk. Misalnya, taburan ketika sedang makan bakso.

10. Wajit Cililin

loader

Sumber: news.republika.co.id

Selanjutnya ada wajit Cililin yang terbuat dari gula merah, kelapa, dan beras ketan yang dimasak. Rasanya manis dan teksturnya lengket sama seperti dodol, hanya saja wajit ini dibungkus dengan kulit jagung.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Yogyakarta, Bukan Cuma Bakpia Pathok!

Plesiran ke Bandung, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh, Ya!

Itulah tadi rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang. Selain beberapa rekomendasi di atas, masih ada banyak sekali oleh-oleh khas Bandung yang menarik untuk dicoba.

Lain kali kalau jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa beli oleh-olehnya yang khas, ya!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Batam