Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dan Kisaran Harga Terbarunya

Oli motor matic merupakan kebutuhan tersendiri bagi para pemilik kendaraan berjenis matic. Pada dasarnya, setiap pemilik kendaraan tentu menginginkan oli motor matic terbaik untuk motor kesayangannya.

Selain memberikan kinerja yang maksimal pada kendaraan, oli yang berkualitas baik juga akan memberi kenyamanan selama berkendara.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic?

Idealnya, oli motor matic diganti secara rutin. Hal ini penting, terutama untuk kendaraan yang digunakan sebagai pendukung rutinitas setiap harinya. Berikut ini adalah waktu penggantian oli motor matic yang tepat: 

Jarak Tempuh 2.000 KM

Saat sepeda motor sudah memiliki jarak tempuh sekitar 2.000 KM. Pada jarak tempuh sejauh ini, oli motor matic dianggap sudah tidak layak dan harus diganti dengan yang baru.

Jarak Tempuh 3.000 KM 

Jika kendaraan sudah menempuh jarak sekitar 3.000 KM, oli juga harus segera diganti dengan yang baru. Kondisi ini biasanya terjadi setelah motor matic digunakan sekitar 2 bulanan. 

Setiap 6-12 Bulan (Untuk Motor yang Jarang Digunakan)

Jika motor jarang digunakan dan tidak mencapai jarak tempuh 3.000 KM di 2 bulan pertama, maka lakukan penggantian oli setiap 6-12 bulan sekali. 

2 Minggu Sekali (Untuk Motor yang Menempuh 200 KM / Hari)

Jika motor digunakan untuk rutinitas dan menempuh perjalanan sekitar 200 KM setiap harinya, maka penggantian oli motor harus dilakukan setiap 2 minggu sekali. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Ganti Oli Motor Matic Secara Rutin dengan Oli Terbaik 

loader

Penggantian oli motor matic harus dilakukan secara rutin, sesuai dengan kondisi penggunaan motor itu sendiri. Hal ini akan menjaga performa motor matic tetap prima, sehingga kendaraan tersebut nyaman dan aman ketika digunakan. Penting untuk memilih oli motor yang tepat dan berkualitas, agar oli tersebut bisa bekerja secara maksimal pada mesin motor matic. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan oli motor matic terbaik yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Federal Oil - Federal Matic 30 Ecomaxx

Oli motor yang satu ini memiliki komposisi AE 10W-30 API SL JASO MB yang dianggap sebagai pelumas terbaik untuk motor matic. Oli sintetik ini cocok digunakan untuk berbagai varian motor matic 125cc hingga 150cc yang usia pemakaiannya masih di bawah 5 tahunan. Federal Matic 30 Ecomaxx hadir dalam beberapa ukuran kemasan yang berbeda. 

Kisaran harga: Rp 35 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

2. AHM - Oil MPX 2

AHM juga dikenal sebagai salah satu produsen oli motor matic terbaik hingga saat ini. Varian Oil MPX 2 ini bahkan diklaim bisa menghasilkan daya lubrikasi yang lebih maksimal pada mesin motor matic, bahkan dengan cara yang lebih baik dan hemat dari oli lainnya yang beredar di pasaran. Oli sintetis ini juga tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda. 

Kisaran harga: Rp 40 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

3. Yamalube - Super Matic

Jika menginginkan oli motor matic terbaik di pasaran, maka Yamalube Super Matic Oil ini bisa menjadi pilihan. Secara khusus oli yang satu ini memang dibuat untuk motor matic premium. Yamalube diklaim bisa memberikan pelumasan yang maksimal pada putaran mesin yang maksimal pada semua kondisi jalanan dan juga cuaca sekaligus. 

Kisaran harga: Rp 54 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

4. TOP1 - Action Matic SAE 10W-40

Sejak lama TOP 1 dikenal sebagai salah satu produsen oli untuk berbagai jenis kendaraan bermotor. Varian Action Matic SAE 10W-40 merupakan produk yang secara khusus dibuat untuk motor matic. Oli yang satu ini memiliki masa pakai yang panjang dan bisa memberikan perlindungan pada mesin dengan maksimal, termasuk dari gesekan. 

Kisaran harga: Rp 100 ribuan untuk kemasan 800 ml. 

5. Motul - Scooter LE 4T H-Tech 10W-30

Oli motor matic yang satu ini secara khusus dibuat untuk mesin motor matic yang memerlukan oli dengan tingkat kekentalan 10W-30. Oli andalan Motul ini bisa menghasilkan pelumasan yang maksimal pada mesin, namun penggunaannya tetap hemat dan efisien. 

Baca Juga: Jenis Spare Part Mobil dan Bagian yang Kerap Diganti

Kisaran harga: Rp 70 ribuan untuk kemasan 800 ml. 

6. Pertamina Lubricants - Enduro MATIC-V SAE 10W-40

Ini merupakan salah satu oli motor matic terbaik yang diproduksi di tanah air dan cukup banyak digunakan oleh pemilik motor matic. Produk ini sudah melewati proses pengujian hot tube tester, sebagaimana oli ternama lainnya yang beredar di pasaran. Lubricant Enduro Matic-V ini juga diklaim bisa membersihkan bagian mesin dengan maksimal. 

Kisaran harga: Rp 45 ribuan untuk kemasan 800 ml

7. Shell - Advance AX7 Matic 10W-40 4T

Oli motor matic andalan Shell ini dipercaya mampu memberikan perlindungan kebersihan pada mesin motor, bahkan untuk semua kondisi jalanan sekaligus. Bukan hanya itu saja, oli yang satu ini juga mampu meredam suara mesin ketika berkendara, sehingga perjalanan akan terasa lebih nyaman dan tenang. 

Kisaran harga: Rp 50 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

8. Evalube - SCOOTIC HX Synthetic 10W-30 

Oli andalan Evalube ini diklaim bisa membatasi friksi pada suhu mesin dan juga putaran yang tinggi. Oli motor matic SCOOTIC HX Synthetic ini sudah menggunakan Teknologi Veltec yang memungkinkan masa pakai mesin motor menjadi lebih panjang dan awet. 

Kisaran harga: Rp 55 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

9. Castrol - POWER1 Scooter 10W-40

Oli yang secara khusus dibuat untuk mesin motor matic ini menggunakan Power Release Technology, dimana teknologi tersebut dapat meningkatkan performa mesin secara maksimal. Hal ini didukung dengan optimalisasi gesekan yang dapat memberikan akselerasi maksimal dan cepat pada mesin. 

Kisaran harga: Rp 40 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

10. SyneRal - Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB

SyneRal secara khusus membuat formulasi oli yang satu ini untuk mesin motor matic. Menggunakan teknologi multi active, Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB bisa mengatur tingkat kelicinan oli ketika digunakan pada mesin motor dengan suhu yang berlebihan. 

Kisaran harga:  Rp 65 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

11. Repsol Moto 4T 10W30 Matic

Repsol tentu menjadi salah satu produsen oli mesin terbesar di dunia dan sudah mengeluarkan berbagai produk unggulan. Repsol Moto 4T 10W30 Matic secara khusus dibuat untuk mesin motor matic dan cukup populer. Oli yang satu ini diklaim bisa memberikan perlindungan pada mesin motor, terutama motor yang digunakan di kawasan perkotaan yang rentan kondisi jalanan macet. 

Kisaran harga: Rp 40 ribuan untuk ukuran 800 ml. 

12. BM1 PC 1500 Matic

Oli motor matic yang satu ini termasuk oli berbahan semi sintetik dan secara khusus dibuat untuk mesin yang menggunakan teknologi tinggi. Mengandalkan sistem PC-AFA, BM1 PC 1500 Matic mampu memberikan perlindungan pada mesin terhadap gesekan, sehingga bisa meminimalisir penggunaan bahan bakar. 

Kisaran harga: Rp 66 ribuan untuk kemasan 800 ml. 

Baca Juga: Waspada! 9 Hal Ini Dapat Menyebabkan Mobil Terbakar Di Jalan

Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tidak Rewel

Motor matic menjadi jenis motor yang paling banyak diminati selama belasan tahun belakangan ini. Sama seperti motor lainnya, motor matic juga membutuhkan perawatan yang tepat, sehingga mesinnya bisa awet dan tidak mudah mengalami kerusakan. Selain mengganti oli secara rutin, sejumlah tindakan lainnya juga tentu dibutuhkan. 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat motor matic awet: 

  • Panaskan mesin motor secara rutin setiap pagi sebelum digunakan. Hal ini akan memungkinkan mesin panas dan oli siap melumasi mesin, sehingga performa motor maksimal saat digunakan. 
  • Pastikan untuk selalu menggunakan bensin yang berkualitas baik dan hindari kondisi mesin kehabisan bensin. 
  • Lakukan servis secara rutin, sehingga kondisi mesin tetap terawat dengan baik dan maksimal. 
  • Lakukan penggantian oli secara rutin dan gunakanlah oli motor matic yang berkualitas baik. 
  • Cek kondisi aki secara berkala dan lakukan penggantian aki setidaknya 7-8 bulan sekali. 
  • Lakukan penggantian oli shockbreaker secara berkala, agar motor tetap nyaman ketika dikendarai. 

Rawat Motor dengan Gunakan Oli Motor Matic Berkualitas 

Melakukan perawatan yang tepat merupakan kebutuhan tersendiri bagi pemilik sepeda motor, termasuk motor matic. Penting untuk menggunakan oli motor matic terbaik dan tepat sejak awal. Selain itu, lakukan penggantian oli dan servis berkala secara rutin, agar kondisi motor tetap terawat dan bisa digunakan secara maksimal.

Baca Juga: Jenis Spare Part Mobil dan Bagian yang Kerap Diganti