Orang Bertipe ‘Humblebragging’ Tak Disukai dalam Bersosialisi, Mengapa?

Sikap menghargai sesama memang sangat dianjurkan, namun ada seseorang yang dijuluki humblebragger di mana sikapnya kurang disukai. Bagaimana tidak? Humblebragging merupakan sikap seseorang yang pamer tentang apa yang didapatnya, disertai dengan keluhan.

Sebagai contoh, dia mengakui bahwa mendapatkan project pekerjaan, tetapi dia mengeluh capek untuk mengerjakannya. Dan hal itu dia utarakan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pamer sekaligus mengeluh yang disampaikan secara langsung bisa ke teman atau orang-orang di sekitarnya. Sedangkan secara tidak langsung, seperti dia mengutarakannya menggunakan Instastrory, status di WhatssApp, dan media sosial lainnya.

Untuk itu, hindari diri Anda dari sikap seperti ini. Agar Anda tidak termasuk tipe orang yang humblebragging, sebaiknya biasakan diri melakukan hal-hal berikut ini.

1. Pahami Mental ‘Humblebagging’ dan Hindari

Guna mengingatkan diri sendiri akan buruknya memiliki sifat humblebragging, maka pahami karakter-karakter tipe ini dan jauhi sikap yang selama ini mungkin sudah jadi kebiasaan. Berpikirlah sejenak untuk menganalisa mengapa sifat itu tidak harus ada dalam diri Anda.

Jika perlu, cari di internet atau baca buku mengenai sisi buruk humblebragging yang berakibat fatal dalam hidup Anda. Dengan memahami diri sendiri akan adanya kemungkinan tipe humblebragger di dalam diri, maka sedikit demi sedikit Anda bisa mengikis sikap ini yang mungkin sudah mengendap dalam diri.

Jika Anda merasa tak yakin apakah diri terlah terkontaminasi mental humblebragger, Anda bisa minta masukan dari teman bagaimana perilaku Anda selama ini, apakah tanpa Anda sadari telah melakukan hal-hal yang biasanya ada dalam diri yang dengan tipe humblebragging atau tidak.

Dan sebagai sahabat, jangan segan untuk minta teman buat mengingatkan jika Anda berlaku humblebragging tanpa Anda sadari. Begitu juga sebaliknya, ketika teman baik Anda berbuat sifat buruk ini maka ingatkan dengan cara yang halus tanpa menyinggung perasaannya.