30 Rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik dan Terpopuler, Dibuat dengan Biaya Produksi Mencapai Triliunan

Jika mendengar nama film animasi atau kartun pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah Disney. Ya, rumah produksi Walt Disney adalah sebuah perusahaan yang melahirkan banyak film-film animasi ternama. Bahkan, Disney sudah memulainya sejak 1937 melalui film animasi yang berjudul Snow White and the Seven Dwarfs.

Sampai saat ini banyak sekali film-film animasi dari Disney yang bisa kita nikmati dengan sajian berbagai macam genre, cerita hingga tema yang diangkat. Bahkan dalam pembuatan setiap filmnya, Disney tak segan untuk menggelontorkan biaya produksi yang tidak kecil, yakni hingga mencapai triliunan rupiah.

Lantas apa saja film-film animasi Disney terbaik yang bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian? Berikut adalah deretan filmnya dengan biaya produksi paling mahal hingga paling rendah

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Lightyear (2022)

loader

Lightyear via geektomeradio.com

Animasi yang digarap oleh Disney ini merupakan spin-off dari film Toy Story yang dirilis pada 2022 lalu. Lightyear menceritakan mengenai karakter Buzz Lightyear, namun dalam film ini merupakan seorang manusia yang beroperasi di ruang angkasa dan bukan sebagai mainan seperti yang ada di dalam karakter Toy Story.

Biaya Produksi: Rp3 Triliun

2. WALL-E (2008)

loader

Wall-e via hotstar.com

WALL-E merupakan salah satu film animasi yang populer dan juga mengedukasi para penontonnya, terutama anak-anak. Film ini menceritakan mengenai Robot Waste Allocation Load Lifter: Earth Class (WALL-E) yang tertinggal sendiri di bumi setelah seluruh manusia dievakuasi ke luar angkasa. 

Biaya Produksi: Rp2,7 Triliun

3. Turning Red (2022)

loader

Turning Red via hotstar.com

Serial animasi terbaru bergenre komedi ini sangat cocok dijadikan tontonan saat sedang senggang, dan membutuhkan hiburan. Pasalnya, Turning Red menyuguhkan cerita yang unik dan seru, yakni seorang anak perempuan bernama Mei Lee berusia 13 tahun yang berubah menjadi seekor panda besar berwarna merah ketika dirinya tidak bisa mengendalikan emosi.

Biaya Produksi: Rp2,6 Triliun

4. Up (2009)

Film animasi terbaik lainnya yang juga dapat memberikan edukasi serta bisa  ditonton bersama anak-anak dari Disney adalah Up. Film ini mengangkat kisah antara pria tua yang berusia 70 tahun bernama Carl Fredricksen yang bertemu dengan anak kecil berusia 8 tahun bernama Russell di kediamannya karena ingin mendapatkan sebuah lencana prestasi dari tugas sekolahnya.

Biaya Produksi: Rp2,6 Triliun

5. Inside Out (2015)

Film animasi terbaik dan juga sangat populer selanjutnya adalah produksi Pixar Animation Studios, yakni Inside Out yang dirilis pada 2015 lalu. Kartun ini menceritakan seorang anak berusia 12 tahun bernama Riley yang mencoba berjuang untuk mengatasi segala bentuk emosi yang dirasakannya pada saat remaja. 

Biaya Produksi: Rp2,6 Triliun

6. Big Hero 6 (2014)

loader

Big Hero 6 via hotstar.com

Film animasi Disney berikutnya adalah mengisahkan tentang seorang anak bernama Hiro Hamada, yakni pria berusia 14 tahun yang sangat tertarik dengan dunia robotik. Kemudian, suatu hari ia diajak oleh sang kakak ke universitas tempatnya belajar dan menghidupkan robot besar seperti balon berwarna putih bernama Baymax yang menemani kesehariannya.

Biaya Produksi: Rp2,4 Triliun

7. Wreck It Ralph (2012)

loader

Wreck it Ralph  via hotstar.com

Film animasi bergenre komedi ini cukup populer di antara karya yang diproduksi oleh Disney. Kartun tersebut menceritakan tentang salah satu karakter jahat yang terdapat di sebuah game yang bertekad ingin menjadi seorang pahlawan dan mewujudkan mimpi-mimpinya, namun rupanya rencananya tersebut membawanya ke dalam sebuah masalah.

Biaya Produksi: Rp2,4 Triliun

8. Frozen (2013)

loader

Frozen via hotstar.com

Animasi yang sejak penayangannya pada 2013 lalu ini menjadi salah satu film yang sangat populer di semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Cerita ringan, yakni mengenai sosok seorang gadis bernama Elsa yang menjadi ratu harus mengendalikan kekuatannya, berupa es atau salju yang bisa dikeluarkannya mampu menyihir mereka yang menonton.

Biaya Produksi: Rp2,2 Triliun

9. Ratatouille (2007)

Film animasi terbaik ini datang dari kartun bergenre komedi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures. Ratatouille menceritakan tentang seekor tikus bernama Remy yang memiliki indera perasa dan penciuman sangat tinggi, dan bercita-cita menjadi koki seperti idola manusianya yang bernama Auguste Gusteau, tapi keinginannya tersebut dihalangi oleh keluarganya.

Biaya Produksi: Rp2,2 Triliun

10. Tarzan (1999)

loader

Tarzan via tvinsider.com

Setelah The Jungle Book, Disney kembali memproduksi film animasi yang mengangkat kisah seorang manusia yang dibesarkan oleh seorang hewan di  hutan. Kali ini, kartun berjudul Tarzan yang diangkat dari cerita Tarzan of the Apes menceritakan pria bernama Tarzan yang dibesarkan seekor kera bernama Kala sejak kecil.

Baca Juga: Rekomendasi Film Animasi Terbaik yang Cocok Ditonton dengan Anak

Biaya Produksi: RP1,9 Triliun

11. Encanto (2021)

loader

Encante via disneymovie.com

Encanto merupakan film animasi Disney yang mengangkat kisah sebuah keluarga yang setiap anggotanya memiliki sebuah kemampuan, yakni berupa sihir. Kendati demikian, terdapat keluarganya bernama Mirabel yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang tidak memiliki kekuatan magis tersebut.

Biaya Produksi: Rp1,8 Triliun

12. Monster Inc (2001)

loader

Monster Inc via knowyourmeme.com

Monster Inc mengangkat kisah kehidupan para monster di sebuah kota yang mendapatkan energi dari jeritan anak-anak. Kemudian akhirnya sekumpulan monster tersebut dipekerjakan untuk menakuti anak-anak dan mengumpulkan jeritan mereka, namun pekerjaan itu terbilang berbahaya karena manusia diyakini beracun dan membunuh monster  tersebut melalui kontak fisik.

Biaya Produksi: Rp1,7 Triliun

13. The Princess and the Frog (2009)

loader

The Princess and the Frog via hotstar.com

Film animasi yang bertemakan musikal keluarga ini pun tidak bisa dilewatkan sebagai kartun terbaik dan populer yang digarap oleh Walt Disney Animation Studios pada 2009 lalu. The Princess and The Frog menceritakan tentang seorang pelayan bernama Tiana yang dikutuk menjadi katak usai mencium pangeran yang sebelumnya berbentuk katak.

Biaya Produksi: Rp1,5 Triliun

14. Raya and The Last Dragon (2021)

loader

Raya and the Last Dragon via disneymovie.com

Cerita dan kisah yang diangkat dari animasi garapan Disney ini cukup berbeda dari kebanyakannya karena mengangkat kisah dari tanah Tiongkok. Raya and The Last Dragon mengangkat kisah seorang gadis pejuang bernama Raya yang melakukan petualangan mencari naga terakhir guna mengembalikan permata naga yang mengembalikan ayahnya dan mengusir roh jahat dari tanah Kumandra.

Biaya Produksi: Rp1,5 Triliun

15. Finding Nemo (2003)

loader

Finding Nemo via hotstar.com

Film animasi berikutnya datang dari petualangan keluarga ikan yang mencari anggota keluarganya bernama Nemo yang hilang dan tersesat. Hal tersebut membuat sang ayah khawatir, dan meminta bantuan para kawanannya, termasuk salah satu ikan bernama Dory untuk menemukan Nemo.

Biaya Produksi: Rp1,4 Triliun

16. The Incredibles (2004)

loader

The Incredibles via hotstar.com

Film animasi terbaik selanjutnya ini cocok untuk ditonton bersama dengan keluarga, karena tema atau cerita yang diangkat adalah sebuah keluarga yang masing-masing memiliki kekuatan untuk menumpaskan kejahatan di dunia. Film yang digarap oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures ini pun memiliki sekuel hingga The Incredibles 3.

Biaya Produksi: Rp1,38 Triliun

17. Mulan (1998)

loader

Mulan via hotstar.com

Film animasi berikut ini diadaptasi dari cerita legenda Cina tentang seorang pahlawan wanita bernama Hua Mulan dalam sejarah Tiongkok. Dirilis Disney pada 1998 lalu, kisah Mulan berawal ketika dirinya menyamar sebagai laki-laki untuk menggantikan sang ayah yang diwajibkan mengikuti pelatihan militer karena tidak memiliki anak laki-laki.

Biaya Produksi: Rp1,3 Triliun

18. Pocahontas (1995)

loader

Pocahontas via hotstar.com

Film animasi dari Disney ini mengangkat kisah kehidupan seorang wanita yang merupakan penduduk asli Amerika bernama Pocahontas yang menjalin hubungan asmara dengan John Smith. Namun kisah cintanya tersebut rupanya tidak disetujui oleh sang ayah, dan hendak menjodohkannya dengan pria asli pribumi.

Biaya Produksi: Rp827 Miliar

19. The Lion King (1994)

loader

The Lion King via hotstar.com

Siapa yang tidak mengetahui film animasi populer dari Disney yang satu ini, ialah berjudul The Lion King yang digarap oleh Walt Disney Pictures pada 1994 silam. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan keluarga singa, yakni berawal ketika Raja Mufasa ingin menurunkan tahtanya kepada sang anak, Simba namun tidak disukai oleh sang paman.

Biaya Produksi: Rp677 Miliar

20. The Little Mermaid (1989)

loader

The Little Mermaid via hotstar.com

Film animasi Disney selanjutnya ini adalah mengangkat kisah putri duyung bernama Ariel yang jatuh cinta dengan kehidupan manusia, salah satunya terhadap seorang pria bernama Eric. Dikarenakan film animasi tersebut sangat populer, Disney pun membuat live actionnya belum lama ini dengan nama yang sama.

Biaya Produksi: Rp602 Miliar

Baca Juga: 15 Rekomendasi Serial dan Film Animasi Kartun Terbaik, Jadi Favorit Anak-anak!

21. Toy Story (1995)

loader

Toy Story via hotstar.com

Banyaknya sekuel dari film Toy Story menjadi salah satu animasi kartun terbaik yang jangan sampai kalian lewatkan untuk ditonton. Film kartun yang juga populer ini merupakan garapan Walt Disney ini mengambil cerita mengenai sekumpulan mainan anak-anak yang secara diam-diam bisa hidup.

Biaya Produksi: Rp451 Miliar

22. Aladdin (1992)

loader

Aladdin via thehollywoodreporter.com

Film animasi Disney pertama yang akan diulas adalah Aladdin yang dirilis pada November 1992 silam, dan disutradarai oleh Ron Clements serta John Musker. Kartun yang sangat populer hingga kini ini mengisahkan tentang seorang pemuda miskin yang ditugaskan untuk mengambil sebuah lampu yang berada di dalam gua.

Biaya Produksi: Rp421 Miliar

23. Beauty and The Beast (1991)

loader

Beauty and the Beast via hotstar.com

Beauty and The Beast merupakan sebuah karya yang diproduksi oleh Disney dengan genre fantasi romantis serta musikal pada 1991 silam. Film animasi ini sangat terkenal karena menceritakan tentang pangeran yang berubah menjadi Binatang buas, dan mantra tersebut akan hilang ketika dirinya menemukan seseorang yang ulis mencintainya.

Biaya Produksi: Rp376 Miliar

24. Sleeping Beauty (1959)

loader

Sleeping Beauty via hotstar.com

Animasi ini diangkat berdasarkan cerita dongeng dari Charles Perrault yang kemudian dijadikan film kartun Disney yang ke-16. Sleeping Beauty menceritakan tentang putri raja bernama Aurora yang dikutuk oleh penyihir jahat dengan tertidur panjang, ia pun akan bangun jika dicium oleh pria yang mencintainya dengan tulus.

Biaya Produksi: Rp90 Miliar

25. Robin Hood (1973)

loader

Robin Hood via hotstar.com

Film animasi ini dibuat oleh Disney berdasarkan kisah atau cerita legenda dari rakyat Inggris, yakni Robin Hood yang tinggal di Hutan Sherwood. Robin Hood bersama sahabatnya merencanakan petualangan berani untuk mengecoh Pangeran John yang serakah karena menekan pajak dari rakyat miskin.

Biaya Produksi: Rp75 Miliar

26. The Jungle Book (1967)

loader

The Jungle Book via slantmagazine.com

Salah satu film animasi ini mengusung cerita yang cukup berbeda pada awal kemunculannya, yakni mengisahkan tentang manusia atau seorang anak laki-laki bernama Mowgli yang hidup di hutan dan dibesarkan oleh sepasang serigala. Namun, Mowgli diyakinkan untuk meninggalkan hutan demi kembali ke peradaban manusia.

Biaya Produksi: Rp60 Miliar

27. Peter Pan

loader

Peter Pan via hotstar.com

Film animasi produksi Disney yang ke-14 ini merupakan salah satu kartun terbaiknya yang dirilis pertama kali pada 1953 silam, dan sangat melekat di ingatan masyarakat. Kartun ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Peter Pan yang suka berpetualang, namun tidak pernah tumbuh dewasa.

Biaya Produksi: Rp60 Miliar

28. Alice In Wonderland (1951)

loader

Alice in Wonderland via hotstar.com

Film animasi Disney lainnya yang tak kalah populer adalah Alice in Wonderland yang menceritakan sosok tokoh utama wanita muda yang menggunakan imajinasinya untuk melarikan diri dari kehidupan duniawinya. Keingintahuan Alice akan sesuatu hal yang baru tersebut pun membawanya ke dalam sebuah alam misterius yang dikenal sebagai Wonderland.

Biaya Produksi: Rp45 Miliar

29. Cinderella (1950)

loader

Cinderella via collider.com

Film animasi ini tidak hanya populer, namun juga sangat melegenda ceritanya hingga kini. Kartun ini pertama kali muncul dan digarap oleh Disney pada 1950 silam, dan langsung mencuri perhatian melalui ceritanya yang mengangkat kisah anak seorang wanita bernama Cinderella yang memiliki paras cantik, dan membuat ibu serta saudara tirinya iri.

Biaya Produksi: Rp33 Miliar

30. Dumbo (1942)

loader

Dumbo via hotstar.com

Film animasi Disney yang juga populer dan dibuatkan lve actionnya pada 2019 lalu adalah berjudul Dumbo yang kartun awalnya dirilis sejak 1941 silam. Dumbo mengisahkan tentang bayi gajah yang memiliki telinga sangat besar yang hidup di tempat sirkus.

Biaya Produksi: Rp14 Miliar

Mana Film Animasi Disney Favorit Kamu?

Itu tadi rangkuman film-film animasi Disney terbaik dengan detail biaya produksi yang dikeluarkan untuk menjadikannya sebuah karya layar lebar yang disukai oleh masyarakat. Kartun-kartun Disney hingga saat ini banyak yang sangat populer, dan bahkan menjadi legenda yang terus diingat oleh para penonton setianya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Animasi DreamWorks yang Cocok Ditonton Anak-anak, Apa Saja Ya?