Profil Summit Oto Finance, Ini Ulasan Perusahaan, Sejarah, hingga Review Produknya

Harga kendaraan bermotor, baik itu mobil ataupun sepeda motor, yang terbilang mahal mungkin membuatnya hanya bisa dibeli dengan cara kredit oleh kebanyakan orang. Karenanya, fasilitas kredit yang ditawarkan oleh perusahaan keuangan amat penting bagi masyarakat agar mampu membeli kendaraan yang kini termasuk sebagai kebutuhan tersebut. 

Berbicara soal perusahaan keuangan yang menawarkan fasilitas kredit pada transaksi kendaraan, kamu tentu tidak asing dengan Oto Finance. Bisa juga disebut sebagai Summit Oto Finance, perusahaan ini memang secara khusus menyasar layanannya pada aktivitas pembiayaan konsumen yang ingin membeli kendaraan secara mencicil. Selain itu, karena tak terikat kontrak kerja sama dengan suatu perusahaan otomotif tertentu, perusahaan ini bisa memberi pembiayaan dari kendaraan dengan merek berbeda.

Lalu, seperti apa sih profil Summit Oto Finance ini sebagai sebuah perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor? Di samping itu, bagaimana sejarah perjalanan dan review beragam produk yang ditawarkannya? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang perusahaan ini, simak ulasan tentang Oto Finance berikut ini.

Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Apa Itu Summit Oto Finance?

loader

Oto Finance adalah sebuah perusahaan pembiayaan yang mulai beroperasi semenjak tahun 1990. Kala itu, perusahaan ini bernama Summit Sinar Mas Finance yang merupakan hasil kerja sama dari Sumitomo Corporation asal Jepang dengan Sinar Mas Multi Artha. Kemudian, di tahun 2003, perusahaan ini resmi berganti nama menjadi Summit Oto Finance

Bersamaan dengan penggantian nama tersebut, perusahaan ini berfokus menjalankan aktivitas usahanya dalam bidang pembiayaan kepemilikan sepeda motor baru. Beragam layanan pembiayaan yang ditawarkan tersebut meliputi sewa guna bisnis, anjak piutang, modal ventura, pembiayaan konsumen, sampai kartu kredit. 

Perlu dipahami jika perusahaan pembiayaan ini tak memiliki keterikatan dengan perusahaan atau brand otomotif tertentu. Dalam kata lain, kredit Oto Finance bisa memberikan layanan pembiayaan bagi nasabahnya pada merek kendaraan apa pun. 

Hal ini disebabkan fokus utama dari perusahaan ini lebih mengarah ke konsumen personal, bukannya perusahaan atau brand tertentu. Alasannya agar terdapat penyebaran risiko dari aktivitas pembiayaan yang dilakukannya. 

Pencapaian Summit Oto Finance

Sepanjang kiprahnya dalam sektor bisnis yang digeluti, perusahaan pembiayaan yang terpercaya ini telah mempunyai hingga ribuan pelanggan serta karyawan. Bahkan, salah satu pencapaian terbaik dari perusahaan ini adalah pernah mengalami pertumbuhan nilai aset hingga 10,48 triliun Rupiah serta menghasilkan laba bersih hingga 281.43 miliar Rupiah di tahun 2016.

Perusahaan ini memiliki pedoman kinerja yang disebut sebagai 3M plus 1T, yang mana merupakan singkatan dari Man, Management, Money, dan Technology. Melalui pedoman kinerja tersebut, perusahaan ini mampu memberi kualitas pelayanan yang terbaik dan memuaskan pada setiap nasabahnya dan mencatatkan peningkatan kinerja secara signifikan di tahun 2013.

Sebagai usaha untuk menyediakan fasilitas “one stop service”, perusahaan ini mengembangkan sebuah situs yaitu otofinance.co.id. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga memperkuat sistem teknologi informasinya dengan cara mendorong efisiensi serta produktivitas pada kantor cabang terkait hal pelayanan konsumen. 

Perusahaan pembiayaan ini senantiasa berkomitmen untuk memberi kualitas pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Hingga akhir tahun 2018, Oto Finance sudah mengoperasikan lebih dari 184 jaringan bisnis yang tersebar merata di Tanah Air. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perbankan nasional dan Pos Indonesia dalam penerimaan pembayaran cicilan sehingga mampu memberi kemudahan serta kenyamanan pada para pelanggan.

Sejarah Perjalanan Oto Finance Sebagai Perusahaan Pembiayaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Oto Finance adalah perusahaan pembiayaan yang berdiri sejak tahun 1990, dan awalnya merupakan hasil kerja sama dari 2 perusahaan besar di sektor finance, yaitu Sinar Mas Multiartha dengan Sumitomo Corporation. Di awal perjalanan bisnisnya, perusahaan ini berfokus pada aktivitas bisnis berupa sewa guna bisnis atau usaha. Namun, semenjak berganti nama menjadi Summit Oto Finance di tahun 2003, perusahaan ini mengubah kegiatan bisnisnya menjadi perusahaan pembiayaan untuk transaksi kendaraan bermotor. 

Sekadar informasi, Sumitomo Corporation merupakan perusahaan perdagangan asal Jepang. Menjadi pemilik saham utama, perusahaan ini memberi dukungan dan kendali terhadap seluruh aspek bisnis Oto Finance, mulai dari manajemen, operasi, keuangan, hingga treasury. Melalui dukungan penuh dari perusahaan asal Jepang tersebut, Oto Finance berhasil bertumbuh dan berkembang meningkatkan pembiayaan sepeda motor dan juga mempunyai jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Perusahaan pembiayaan ini juga sudah menikmati kuatnya pertumbuhan industri motor domestik selama beberapa tahun terakhir. Di samping itu, perusahaan ini juga mampu mempertahankan posisinya menjadi salah satu perusahaan terkemuka dalam industri pembiayaan motor. Bahkan, di tahun 2017, perseroan ini masuk ke dalam peringkat 3 perusahaan pembiayaan terbesar Indonesia menurut Majalah Infobank.

Ragam Produk yang Ditawarkan Oto Finance dan Persyaratannya

Jasa pembiayaan dari Oto Finance Motor bisa didapatkan secara langsung oleh konsumen di sejumlah dealer yang telah menjalin kerja sama dengan perusahaan ini. Beragam jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ini bisa dibilang cukup lengkap, yaitu meliputi:

  • Pembiayaan sepeda motor baru.
  • Pembiayaan sepeda motor bekas.

Sama halnya dengan perusahaan pembiayaan lain, calon debitur diharuskan untuk menyiapkan uang muka dengan persentase yang dihitung berdasarkan harga dari kendaraan yang ingin dibeli secara kredit. Kamu bisa melihat daftar dealer terdekat yang telah menjalin kerja sama dengan perusahaan pembiayaan ini di situs resminya. 

Untuk bisa melihat daftar dealer terdekat, nasabah tinggal memasukkan provinsi, jenis kendaraan, serta merek yang diinginkan. Kemudian, daftar dealer terdekat akan ditampilkan pada situs resmi tersebut beserta dengan petunjuk arah dan petanya. Mengenai pengajuan kredit kendaraan yang menggunakan leasing dari Oto Finance, nasabah dapat mengakses situs resminya untuk melihat persyaratan dan cara hitung biaya kredit mobil. 

Terkait persyaratan pembiayaan kredit kendaraan, Oto Finance membaginya ke dalam 4 kategori konsumen, yakni, karyawan, wiraswasta, profesional, dan perusahaan. Berikut adalah deretan persyaratan yang harus dipenuhi oleh konsumen berdasarkan kategorinya.

  1. Karyawan

    • Fotokopi KTP suami & istri.
    • Fotokopi rekening listrik atau PBB.
    • Fotokopi KK.
    • Slip gaji.
    • Fotokopi NPWP.
    • Fotokopi tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir.
  2. Wiraswasta

    • Fotokopi KTP suami & istri.
    • Fotokopi rekening listrik atau PBB.
    • Fotokopi KK.
    • Fotokopi tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir.
    • Fotokopi NPWP.
    • Fotokopi TDP dan SIUP.
  3. Profesional

    • Fotokopi KTP suami & istri.
    • Fotokopi rekening listrik atau PBB.
    • Fotokopi KK.
    • Fotokopi NPWP.
    • Fotokopi tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir.
    • Fotokopi berkas izin praktik.
  4. Perusahaan

    • Fotokopi KTP pihak pejabat komisaris, direksi, atau surat keterangan wilayah.
    • Fotokopi TDP dan SIUP.
    • Fotokopi NPWP.
    • Fotokopi akta pendirian serta perubahan.
    • Fotokopi tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir.

Tak Lagi Bingung Pilih Jasa Pembiayaan Kendaraan Bermotor dengan Oto Finance

Oto Finance adalah salah satu perusahaan pembiayaan ternama yang kerap dipilih oleh masyarakat yang ingin melakukan kredit kendaraan bermotor. Dengan kualitas pelayanan yang terpadu serta keuntungan aktivitas pembiayaan yang bersaing, tidak sedikit orang tertarik untuk menggunakan layanan ini. Mengetahui hal tersebut, apakah kamu tertarik menjadi salah satu nasabahnya?